Bentley Luncurkan Supersports Terbaru, Continental GT Paling Ekstrem!

Bentley Luncurkan Supersports Terbaru, Continental GT Paling Ekstrem!

JAKARTA — Tepat seabad setelah Bentley “Super Sports” pertama menembus batas 100 mph (160 km/jam), nama legendaris itu kembali hidup.

Pada 14 November 2025, Bentley Motors resmi memperkenalkan Bentley Supersports terbaru, yang sekaligus menjadi Continental GT paling berfokus pada pengemudi dalam sejarah perusahaan.

Model edisi terbatas ini disebut di laman pabrikan bukan sekadar penyegaran wajah, melainkan penanda kembalinya Bentley ke dunia mobil performa ekstrem dengan menggabungkan kemampuan harian yang khas Bentley dengan sensasi berkendara murni yang lebih tajam dari sebelumnya.

Untuk pertama kalinya, Continental GT hadir dengan konfigurasi penggerak roda belakang, sekaligus memangkas bobot hingga di bawah dua ton. Ini menjadikannya Bentley paling ringan dalam 85 tahun terakhir.

Di balik kapnya tersimpan mesin V8 twin-turbo 4.0 liter non-hybrid yang telah disempurnakan khusus untuk Supersports. Tenaganya mencapai 666 PS dengan torsi 800 Nm, memungkinkan akselerasi 0–100 km/jam sekitar 3,7 detik dan kecepatan puncak mendekati 310 km/jam.

Tenaga tersebut dialirkan melalui transmisi dual-clutch delapan percepatan ZF yang dibuat lebih responsif, sekaligus menjadikan mesin ini memiliki kepadatan daya tertinggi dalam jajaran Bentley modern.

Supersports juga dirancang untuk menghasilkan performa menikung yang jauh lebih agresif. Bentley mengklaim peningkatan hingga 30 persen dari Continental GT Speed dalam kemampuan menikung, dengan gaya lateral puncak mencapai 1.3g—angka yang sudah memasuki wilayah supercar. Pencapaian ini diperoleh melalui rekayasa aerodinamika yang sangat ekstensif, termasuk bumper depan baru dengan splitter terbesar yang pernah dipasang pada mobil jalan raya Bentley, lengkap dengan dive planes serat karbon, side sills, fender blades, diffuser masif, hingga sayap belakang permanen. Paket aerodinamika tersebut menghasilkan tambahan downforce lebih dari 300 kg dibanding GT Speed.

Tidak hanya itu, sistem pengeremannya menggunakan cakram Carbon-Silicon-Carbide 440 mm di depan dan 410 mm di belakang yang disebut sebagai sistem pengereman otomotif terbesar di dunia. Pelek tempa 22 inci hasil kolaborasi dengan Manthey Racing serta pilihan ban performa tinggi Pirelli Trofeo RS menjadi pelengkap kaki-kaki sekaligus penguat karakter lintasan.

Sementara itu, suara mesin diperkuat oleh sistem knalpot titanium Akrapovič full-length yang menghasilkan karakter V8 yang alami tanpa bantuan suara buatan di kabin.

Masuk ke dalam kabin, fokus terhadap pengemudi semakin terasa. Supersports hanya memiliki dua kursi, dengan desain sport yang lebih rendah dan penahan samping yang lebih tegas. Area belakang sepenuhnya dihapus dan digantikan dengan tub serat karbon berlapis kulit untuk mengurangi bobot. Material interior didominasi kulit, Dinamica, dan serat karbon, menciptakan atmosfer performa yang tetap mewah ala Bentley.

Sebagaimana Supersports original yang hanya dibuat 18 unit pada tahun 1925, model terbaru ini juga tampil sangat eksklusif. Bentley membatasi produksinya hanya 500 unit bernomor di seluruh dunia. Proyek rahasia yang dikembangkan dengan kode “Mildred”, menghormati pembalap Bentley era 1920-an, Mildred Mary Petre—ini disebut dikerjakan dalam waktu sangat singkat sejak pertama kali dipresentasikan pada September 2024.

Pemesanan akan dibuka pada Maret 2026, produksi dimulai pada kuartal keempat 2026, dan pengiriman pertama dijadwalkan pada awal 2027.