Merangkum Semua Peristiwa
Indeks

Begini Cara Biar Brand Indonesia Bisa Bersaing di Dunia

Begini Cara Biar Brand Indonesia Bisa Bersaing di Dunia

Jakarta: Jenama (brand) Indonesia dituntut untuk mampu bersaing di tingkat dunia guna dapat membantu meningkatkan ekspor. Salah satunya bisa dilakukan dengan kegiatan tahunan Brand Indonesia Summit 2024 yang diselenggarakan Infobrand.id dengan Indonesia Brand Community (IBC).
 
CEO Infobrand.id Susilowati Ningsih mengatakan, acara ini bertujuan untuk memberikan wawasan mendalam dan pengalaman praktis dalam membangun brand nasional yang tangguh menghadapi berbagai tantangan global serta pasar yang semakin dinamis.
 
Brand Indonesia Summit 2024, juga dirancang sebagai kegiatan rutin bagi perusahaan-perusahaan dan brand di Indonesia untuk saling berbagi pengetahuan dan pengalaman, memperluas jaringan bisnis, serta memperkuat hubungan profesional yang saling menguntungkan.  
“Kegiatan ini bertujuan untuk men-support pertumbuhan brand-brand asli Indonesia. Kami berharap Brand Indonesia Summit 2024 dapat menjadi katalis bagi brand-brand nasional dalam meningkatkan daya saing, inovasi, dan daya tahan di tengah perkembangan industri yang semakin dinamis,” ujar Susi dikutip dari keterangan tertulis, Selasa, 5 November 2024.
 

 

Dorong brand lokal yang unggul

Dalam seminarnya, Guru Besar Universitas Prasetiya Mulya Agus W. Soehadi menyatakan, Indonesia merupakan pasar yang luar biasa bagi brand-brand luar. Untuk menjadi brand lokal yang unggul, maka brand tersebut harus memposisikan diri sebagai teman konsumen.
 
“Selain itu, sebagai orang lokal, kita tentunya memiliki pengetahuan lebih baik ketimbang brand-brand dari luar negeri. Karena itu saat ini ada beberapa brand lokal yang mampu bersaing dengan brand luar,” ungkap dia.
 
Brand Activist & Founder Gambaran Brand Arto Soebiantoro menambahkan, dalam dunia bisnis yang semakin kompetitif brand harus memiliki dua elemen penting, yaitu positioning dan diferensiasi untuk dapat bersaing.
 
“Dengan positioning yang kuat menjadikan sebuah brand mampu bertahan di pasar yang begitu kuat, seperti brand mudah ditemukan dan mudah diingat. Sementara untuk differentiation sebuah brand harus mempunyai keunikan, sehingga sulit ditiru,” terang Arto.
 
Chairman Indonesia Brand Community (IBC) Tri Raharjo mengungkapkan, brand partnership adalah kolaborasi antara dua atau lebih brand yang bekerja sama untuk mencapai tujuan bisnis bersama, seperti meningkatkan kesadaran merek, memperluas jangkauan pasar, atau menciptakan nilai tambah bagi pelanggan.
 
“Strategi pengembangan bisnis melalui berbagai bentuk brand partnership seperti co-branding, sponsorship, content partnership, licensing, franchising, distribution partnership, integration partnership,” kata dia.
 
Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
dan follow Channel WhatsApp Medcom.id

(HUS)