Notice: Function _load_textdomain_just_in_time was called incorrectly. Translation loading for the acf domain was triggered too early. This is usually an indicator for some code in the plugin or theme running too early. Translations should be loaded at the init action or later. Please see Debugging in WordPress for more information. (This message was added in version 6.7.0.) in /home/xcloud.id/public_html/wp-includes/functions.php on line 6121
Akumulasi Hilang Barang di KAI Senilai Rp1 Miliar Diamankan Petugas – Xcloud.id
Merangkum Semua Peristiwa
Indeks
Voi.id  

Akumulasi Hilang Barang di KAI Senilai Rp1 Miliar Diamankan Petugas

Akumulasi Hilang Barang di KAI Senilai Rp1 Miliar Diamankan Petugas

JAKARTA – Kehilangan barang di kereta api masih menjadi kejadian yang sering dialami penumpang. Beruntung, banyak barang yang tertinggal di kereta atau stasiun berhasil diamankan oleh petugas PT Kereta Api Indonesia (KAI), bahkan nilai total dari barang-barang yang ditemukan tersebut mencapai angka fantastis.

Kepala Stasiun Gambir, Hendra Hindarsah, menyebutkan sejak awal tahun 2025, total nilai barang yang ditemukan dan diamankan di berbagai stasiun di bawah naungan PT KAI telah mencapai lebih dari Rp1 miliar.

“Terakhir kemarin, jumlahnya sudah lebih dari Rp1 miliar. Itu khusus untuk tahun 2025 saja, dan mayoritas merupakan barang-barang berharga,” ungkap Hendra saat ditemui di Stasiun Gambir, Jakarta, seperti dikutip ANTARA.

Barang-barang yang sering kali ditemukan mencakup berbagai jenis, mulai dari laptop, ponsel, tas, botol minum, topi, hingga barang pribadi lainnya. Menurut Hendra, sebagian besar barang tersebut berhasil dikembalikan kepada pemiliknya setelah melalui proses verifikasi.

Proses verifikasi dilakukan guna memastikan barang tersebut benar-benar milik orang yang melapor. Salah satu kendala yang sering dihadapi adalah sulitnya menghubungi pemilik barang karena data kontak yang tidak tercantum atau tidak lengkap saat pembelian tiket.

“Kalau barangnya ditemukan di gerbong tertentu, misalnya eksekutif 4, maka kami bisa telusuri siapa saja yang duduk di sana berdasarkan data pembelian tiket,” jelas Hendra. Oleh karena itu, ia mengimbau para penumpang untuk selalu mencantumkan nomor kontak yang valid saat memesan tiket.

Sementara itu, untuk barang yang ditemukan di area stasiun, prosesnya sedikit berbeda. Petugas hanya bisa menindaklanjuti jika ada laporan dari penumpang melalui layanan call center KAI di nomor 121.

“Kalau merasa kehilangan, silakan lapor ke 121. Berikan informasi detail seperti nomor kereta dan lokasi kejadian. Nantinya tim kami akan menindaklanjuti,” tambahnya.

Di sisi lain, Manajer Humas KAI Daop 1 Jakarta, Ixfan Hendriwintoko, mengingatkan para penumpang agar lebih teliti saat naik maupun turun dari kereta, terutama saat membawa anak-anak.

“Pastikan semua barang bawaan tidak ada yang tertinggal sebelum meninggalkan kereta atau stasiun,” katanya. Ia juga menambahkan bahwa apabila terjadi kehilangan, penumpang dapat melapor langsung ke petugas terdekat atau menghubungi call center 121 untuk bantuan lebih lanjut.

Merangkum Semua Peristiwa