Dukung Literasi Publik, Pertamina Sediakan Ruang Baca di Layanan Informasi

Dukung Literasi Publik, Pertamina Sediakan Ruang Baca di Layanan Informasi

Jakarta

Pertamina (Persero) terus memperkuat komitmennya dalam menghadirkan layanan informasi yang terbuka, edukatif, dan inklusif bagi masyarakat. Komitmen itu diwujudkan melalui penyediaan ruang baca publik sebagai fasilitas tambahan yang terintegrasi dengan layanan informasi publik Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) Pertamina.

Ruang baca publik ini berlokasi di area layanan informasi publik Pertamina dan terhubung langsung dengan Perpustakaan Ibnu Sutowo di Kantor Pusat Pertamina, Medan Merdeka, Jakarta.

VP Corporate Communication Pertamina, Muhammad Baron mengatakan pengembangan fasilitas layanan informasi tersebut merupakan bagian dari upaya Pertamina dalam mendorong keterbukaan informasi publik sekaligus memperkuat budaya literasi di tengah masyarakat.

“Kami ingin memastikan masyarakat tidak hanya memperoleh informasi yang transparan dan akuntabel, tetapi juga mendapatkan ruang membaca yang nyaman dan edukatif. Kehadiran ruang baca ini menjadi wujud komitmen Pertamina dalam membangun ekosistem literasi edukasi kepada masyarakat,” ujar Baron, dalam keterangan tertulis, Jumat (26/12/2025).

Menurutnya, inisiatif tersebut sejalan dengan Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (Sustainable Development Goals/SDGs), khususnya pada pilar pendidikan berkualitas, sekaligus mendukung implementasi keterbukaan informasi publik di lingkungan Pertamina.

Baron menambahkan, kehadiran ruang baca publik ini menegaskan peran Pertamina yang tidak hanya sebagai perusahaan energi nasional, tetapi juga sebagai mitra strategis dalam pembangunan bangsa yang aktif memperkuat literasi, transparansi, dan pemberdayaan masyarakat.

Lebih lanjut, Baron mengatakan ruang baca publik tersebut menyediakan beragam bacaan informatif, termasuk majalah Energia Pertamina yang secara khusus mengedukasi masyarakat mengenai aktivitas, kinerja, inovasi, serta kontribusi Pertamina dalam mendukung ketahanan energi nasional.

Adapun layanan informasi publik ini beroperasi pada Senin hingga Jumat pukul 08.00-16.00 WIB. Untuk berkunjung, pengunjung dapat melakukan registrasi data melalui aplikasi mobile layanan informasi publik Pertamina yang dapat diunduh melalui Play Store.

Upaya tersebut sejalan dengan transformasi Pertamina yang berorientasi pada penguatan tata kelola, pelayanan publik, serta keberlanjutan usaha dan lingkungan melalui penerapan prinsip Environmental, Social, and Governance (ESG) di seluruh lini bisnis dan operasional perusahaan.

(prf/ega)