Transformasi Berlanjut, AZKO Tampilkan Konsep Gerai yang Lebih Relevan

Transformasi Berlanjut, AZKO Tampilkan Konsep Gerai yang Lebih Relevan

Bisnis.com, JAKARTA — PT Aspirasi Hidup Indonesia Tbk. (ACES) melalui AZKO fokus inovasi konsep toko yang relevan dengan masa kini dalam transformasi bisnisnya agar terus selaras dengan gaya hidup masyarakat. 

Dengan konsep yang berorientasi pada minat generasi masa kini dan mendatang, AZKO mengubah gerai yang berada di Pondok Indah Mall 1 dan Living Plaza Bintaro menjadi lebih modern dan tampil berbeda dari konsep tokonya yang dulu.

Direktur PT Aspirasi Hidup Indonesia Tbk. Gregory S. Widjaja menyampaikan bahwa kehadiran gerai AZKO dengan konsep modern ini merupakan langkah perusahaan untuk terus beradaptasi dan menjaga relevansi, sejalan dengan perubahan preferensi konsumen. 

Konsep tersebut diwujudkan melalui format toko yang benar-benar baru dibandingkan era ACE, dengan pembaruan pada desain, tampilan, dan penataan kosmetik toko, alur pengalaman belanja, serta integrasi elemen digital yang selaras dengan gaya hidup masa kini.

AZKO PIM dan Living Plaza Bintaro juga menawarkan berbagai spot eksploratif baru, seperti area yang akan menampilkan produk-produk kekinian, area yang menampilkan produk rumah pintar dari SYNC by Krisbow, hingga kehadiran inovasi lini produk dapur pintar baru dari KLAZ yang memberi nilai tambah bagi pelanggan.

Gerai Integrasi teknologi seperti Scan & Go, pengalaman omnichannel shopping di toko melalui aplikasi rupa rupa yang lebih cepat, seamless, dan efisien, serta kehadiran area baru seperti live shopping, menunjukkan bagaimana adaptasi digital AZKO bergerak lebih cepat.

AZKO Pondok Indah Mall 1/Azko

“Melalui konsep terbaru, AZKO menegaskan fokus pengembangan ritel diarahkan pada pengalaman belanja lebih modern dengan dukungan integrasi digital yang berorientasi pada pelanggan,” ujar Gregory kepada Bisnis, Rabu (24/12/2025).

Sementara itu, Analis Teknikal BRI Danareksa Sekuritas Abida Massi Armand mengatakan strategi transformasi konsep gerai yang dilakukan AZKO berpotensi memberikan dampak positif secara struktural terhadap bisnis dalam jangka menengah–panjang.

Dengan menghadirkan gerai yang lebih modern, terkurasi, dan relevan dengan gaya hidup generasi saat ini dan mendatang, AZKO tidak hanya meningkatkan customer experience, tetapi juga mendorong kualitas penjualan melalui product mix yang lebih premium dan aspiratif.

“Pendekatan ini berpeluang meningkatkan traffic berkualitas, basket size, serta brand perception sebagai “Your Home Life Improvement Partner”, bukan sekadar ritel perkakas,” kata Abdi kepada Bisnis.

Dia mengatakan meski dampak terhadap SSSG mungkin tidak instan, strategi ini penting sebagai fondasi untuk recovery pertumbuhan dan diferensiasi di tengah perubahan perilaku konsumen yang semakin experience-driven.

SSSG atau Same-Store Sales Growth adalah metrik kunci di industri ritel yang mengukur kenaikan penjualan di toko-toko yang telah beroperasi setidaknya satu tahun, tanpa memasukkan toko baru, untuk menilai performa organik bisnis yang sudah ada, sering digunakan investor untuk melihat tren penjualan sebenarnya.

Dia juga mengatakan langkah ini cenderung memperkuat posisi AZKO di pasar ketika pemain ritel lain kembali agresif, terutama di segmen menengah–atas dan mal kelas A/A+. Konsep gerai yang lebih relevan dan modern justru menjadi alat defensif untuk menjaga relevansi brand agar tidak ditinggalkan generasi muda dan urban consumers.

Risiko kehilangan pelanggan eksisting relatif terbatas selama AZKO tetap menjaga value proposition inti—kelengkapan produk, harga rasional, dan fungsi praktis—serta mengimbanginya dengan format lain.

”Dengan demikian, transformasi ini lebih bersifat segment expansion dan brand rejuvenation, bukan alienasi pelanggan lama,” kata Abida.