Seluruh bandara telah dipersiapkan untuk mengantisipasi peningkatan pergerakan penumpang pesawat.
Tangerang, Banten (ANTARA) – PT Aviasi Pariwisata Indonesia (Persero) atau InJourney memastikan 37 bandara yang dikelola PT Angkasa Pura Indonesia (InJourney Airports) siap mengantisipasi peningkatan lalu lintas penerbangan dan pergerakan penumpang pesawat saat Natal dan Tahun Baru 2025/2026.
Direktur Utama InJourney Airports Mohammad R Pahlevi mengatakan sepanjang periode Natal dan tahun baru, yakni 15 Desember 2025 hingga 4 Januari 2026, jumlah penumpang pesawat melalui 37 bandara yang dikelola diperkirakan meningkat 4,1 persen dibandingkan dengan periode yang sama tahun lalu.
“Pada periode Natal dan tahun baru ini jumlah penumpang pesawat di seluruh bandara InJourney Airports secara kumulatif diproyeksikan 10,5 juta penumpang atau naik 4,1 persen. Seluruh bandara telah dipersiapkan untuk mengantisipasi peningkatan pergerakan penumpang pesawat,” kata Pahlevi dalam jumpa pers, di Bandara Soekarno-Hatta Tangerang, Banten, Rabu.
Dia menyampaikan arus puncak lalu lintas penerbangan sebelum Natal diperkirakan pada 20 dan 21 Desember 2025 dengan jumlah penumpang pada masing-masing tanggal tersebut sekitar 590 ribu.
“Kemudian puncak arus penerbangan setelah Tahun Baru 2026, kami perkirakan pada 3 Januari dengan sekitar 560 ribu penumpang pesawat dan pada 4 Januari sekitar 522 ribu penumpang pesawat,” ujar Pahlevi.
Khusus di Bandara Soekarno-Hatta yang merupakan bandara tersibuk di Indonesia, jumlah penumpang pesawat pada periode Natal dan Tahun Baru 2025/2026 diproyeksikan mencapai sekitar 3 juta penumpang atau naik 3,3 persen dibandingkan dengan Natal dan Tahun Baru 2024/2026.
Sementara itu, di Bandara I Gusti Ngurah Rai, Bali, jumlah penumpang pesawat saat Natal dan tahun baru sebanyak 1,36 juta penumpang atau tumbuh dua digit mencapai 13,3 persen. Salah satu faktor yang mendorong peningkatan penumpang di Bandara I Gusti Ngurah Rai adalah rute internasional yang terus tumbuh sejak awal 2025.
Direktur Utama InJourney Airports Mohammad R Pahlevi (tengah), Wakil Direktur Utama InJourney Airports Achmad Syahir (kiri) dalam jumpa pers, di Tangerang, Banten, Rabu (17/12/2025). ANTARA/Harianto
Wakil Direktur Utama InJourney Airports Achmad Syahir mengatakan pihaknya menghadirkan berbagai program customer experience untuk pengalaman perjalanan terbaik.
“Program aktivasi customer experience di bandara dapat dirasakan lima panca indera untuk memberikan seamless journey experience kepada seluruh keluarga yang melakukan perjalanan pada libur panjang akhir tahun,” ujarnya.
Sepanjang Natal dan tahun baru bandara-bandara InJourney Airports menghadirkan focal point, menggelar berbagai program ground activation, serta menghadirkan customer service mobile yang bertugas memastikan penyampaikan layanan oleh setiap petugas bandara dapat dirasakan langsung oleh pengguna jasa bandara.
Program ground activation di bandara, antara lain pertunjukan tarian tradisional, live music, parade akhir tahun, kegiatan pergantian tahun, penyambutan penumpang pertama 2026, dan lain sebagainya.
Direktur Utama InJourney Maya Watono mengatakan aspek operasional bandara dan pelayanan kepada penumpang pesawat telah disiapkan InJourney Airports.
“Pada aspek operasional bandara, seluruh bandara disiagakan 24 jam menyesuaikan kebutuhan maskapai. Ini dilakukan untuk memastikan ketersediaan layanan penerbangan bagi masyarakat,” kata Maya.
Pewarta: Muhammad Harianto
Editor: Budisantoso Budiman
Copyright © ANTARA 2025
Dilarang keras mengambil konten, melakukan crawling atau pengindeksan otomatis untuk AI di situs web ini tanpa izin tertulis dari Kantor Berita ANTARA.
