Inovasi Asuransi Astra, Usai Periksa Dokter Langsung Pulang Tanpa Antre Kasir dan Apotek

Inovasi Asuransi Astra, Usai Periksa Dokter Langsung Pulang Tanpa Antre Kasir dan Apotek

Liputan6.com, Jakarta – Asuransi Astra melalui divisi asuransi kesehatan komersial Garda Medika meluncurkan layanan terbaru “Express Discharge”. Layanan baru ini menegaskan komitmen Asuransi Astra terhadap nilai inti customer first dengan menghadirkan Layanan hasil transformasi digital.

Express Discharge yang dirancang untuk memberikan pengalaman pulang dari rumah sakit tanpa harus antre kasir hingga apotek.

Operation Director Asuransi Astra Hendry Yoga menjelaskan, sejak awal Asuransi Astra berdiri, semangatnya adalah menjadi perusahaan yang berfokus pada pelanggan.

“Kami dari awal sudah bilang bahwa  Asuransi Astra harus menjadi customer centric company. Sebagai customer centric company, apapun yang kami lakukan pasti mulainya dari customer,” ujar Hendry dikutip Kamis (13/11/2025).

Ia mengakui, bisnis asuransi sering disebut hanya jualan kertas, sebab tidak menjual produk fisik, melainkan layanan. Karena itu, Asuransi Astra memandang pelayanan sebagai inti dari bisnisnya.

Dalam konteks Garda Medika, perusahaan ingin menghadirkan solusi yang membuat proses pelayanan kesehatan menjadi lebih cepat, efisien, dan nyaman bagi nasabahnya.

“Kami ada di industri asuransi, industri service. Dulu tuh kami suka diejek ke teman-teman, katanya asuransi bisnis itu jualan kertas sebenarnya,” tuturnya.

Menjawab tantangan tersebut, Asuransi Astra memperkenalkan inovasi terbaru “Express Discharge”. Fitur ini memungkinkan pasien rawat jalan untuk langsung pulang setelah konsultasi dokter tanpa harus antre di kasir dan apotek.

Dengan ekosistem digital yang dibangun menyeluruh, Asuransi Astra berupaya menjadikan Garda Medika asuransi kesehatan paling mudah dan cepat digunakan.