MyPertamina Bidik 16 Juta Transaksi di Akhir 2025, Pengguna Aktif Terus Bertumbuh

MyPertamina Bidik 16 Juta Transaksi di Akhir 2025, Pengguna Aktif Terus Bertumbuh

JAKARTA – Target transaksi dengan menggunakan aplikasi MyPertamina adalah tembus 16 juta pada akhir 2025. Hal ini diungkap PT Pertamina Patra Niaga, subholding commercial & trading PT Pertamina (Persero).

“Dengan 6.800 SPBU di seluruh Indonesia yang sudah terintegrasi, MyPertamina saat ini memiliki 2,5 juta pengguna aktif bulanan dengan potensi transaksi mencapai 16 juta transaksi pada akhir 2025,” kata Direktur Utama Pertamina Patra Niaga Mars Ega Legowo Putra, dikutip dari ANTARA, Sabtu, 27 September.

Menurut Ega, sepanjang 2024, jumlah unique user yang menukarkan poin juga meningkat hingga 36 persen, yang mencerminkan tingginya loyalitas konsumen dalam penggunaan aplikasi MyPertamina.

“MyPertamina kini menghadirkan layanan konsumen lebih terintegrasi, modern, dan mendukung percepatan ekosistem transaksi digital di Indonesia,” ujar Ega.

Atas keberhasilan transformasi digital melalui aplikasi MyPertamina tersebut, Pertamina Patra Niaga meraih penghargaan Indonesia Digital Experience of the Year Kategori Perusahaan Oil & Gas pada ajang internasional Asian Experience Awards 2025.

Menurut dia, penghargaan itu menjadi bukti bahwa digitalisasi Pertamina Patra Niaga mampu memberikan dampak nyata bagi jutaan konsumen di Indonesia.

“Kami berkomitmen menjadikan MyPertamina sebagai platform energi dan mobilitas yang bukan hanya sekadar aplikasi pembayaran, tetapi juga solusi gaya hidup digital masyarakat,” jelas Ega.

Ke depan, MyPertamina akan semakin dikembangkan sebagai ekosistem layanan yang lengkap, berkelanjutan, dan memberikan pengalaman terbaik di setiap titik layanan Pertamina.

“Aplikasi MyPertamina saat ini telah berkembang dengan fitur pencarian SPBU terdekat, pembayaran digital, loyalti poin, perencanaan perjalanan, hingga pemesanan LPG,” sebutnya.

Dari sisi loyalitas, MyPertamina juga terus memperkuat value proposition bagi pelanggan.

Setiap transaksi menghasilkan poin yang bisa ditukar dengan berbagai hadiah voucher, merchandise, undian berhadiah maupun peningkatan level keanggotaan.

Selain energi, MyPertamina kini juga memperluas layanannya dengan akses pemesanan hotel hingga maskapai penerbangan, membentuk ekosistem digital yang lebih luas untuk masyarakat.

Ega menambahkan ke depan MyPertamina akan terus dikembangkan tidak hanya dari sisi fitur, tetapi juga kualitas layanan dan kepuasan konsumen.

“Kami melihat tren kepuasan pengguna meningkat dari skor 4,22 pada 2023 menjadi 4,29 pada 2024. Angka ini menunjukkan konsumen semakin merasakan manfaat nyata dari transformasi digital yang kami lakukan,” sebutnya.