Debut Spektakuler Huawei Maextro S800, Mampukah Geser Dominasi Maybach?

Debut Spektakuler Huawei Maextro S800, Mampukah Geser Dominasi Maybach?

JAKARTA – Maextro, merek mobil mewah yang lahir dari kolaborasi Huawei dan JAC Motors, membuat gebrakan amat positif di pasar otomotif China. Model mobil mewah perdananya, Maextro S800, mencatatkan pengiriman retail yang impresif, mencapai 1.006 unit di bulan pertama setelah diluncurkan.

Pencapaian ini bukan main-main. Meski ditawarkan cukup mahal dengan rentang harga mencapai 1.018.000 yuan (sekitar Rp2,3 miliar), penjualannya telah menyumbang hingga 1 miliar yuan (sekitar Rp2,3 trilun) untuk JAC.

Mobil inimenjadi model pertama yang dibangun di atas sistem sasis pintar Tuling generasi kedua dari Huawei dan dirancang dengan arsitektur smart driving L3. Secara dimensi, Maextro S800 memiliki panjang 5.480 mm, lebar 2.000 mm, tinggi 1.536 mm, dengan jarak sumbu roda mencapai 3.370 mm.

Maextro S800 hadir dengan beragam pilihan untuk memenuhi selera konsumen kelas atas, termasuk varian Battery Electric Vehicle (BEV) dan Extended-Range Electric Vehicle (EREV). Selain itu, konsumen dapat memilih antara konfigurasi empat kursi yang lebih eksklusif atau lima kursi yang lebih lapang.

Respons pasar menunjukkan bahwa konsumen China kini semakin terbuka menerima kendaraan energi baru merek lokal. Selain memanfaatkan reputasi Huawei, daya tarik desain eksterior yang canggih dan teknologi range-extender yang praktis menjadi faktor kunci yang meredam kekhawatiran jarak tempuh.

Pesanan Melebihi Maybach S-Class

Dikutip dari laporan ChinaEVHome, Kamis, 11 September, angka pengiriman yang menjanjikan ini sejalan dengan minat pasar yang sangat tinggi. Direktur Eksekutif Huawei, Richard Yu, mengungkapkan bahwa S800 telah mengamankan lebih dari 10.000 pesanan dalam 67 hari pertama. Angka resmi terbaru bahkan menunjukkan pesanan kumulatif mencapai 12.000 unit dalam 87 hari.

Sebagai perbandingan, Mercedes-Maybach S-Class, yang merupakan salah satu simbol kemewahan, mencatatkan total 12.449 penjualan di Tiongkok sepanjang tahun 2024. Ini berarti Maybach S-Class hanya menjual rata-rata 1.037 unit per bulan, angka yang nyaris setara dengan debut S800. Momentum pesanan Maextro S800 bahkan sudah menyaingi merek legendaris asal Jerman tersebut.

Kini, persaingan di segmen EV mewah domestik semakin memanas. NIO juga telah meluncurkan sedan andalannya, ET9, dengan harga mulai dari RMB 788.000. Model ini mencatatkan pengiriman 835 unit di bulan April, menambah ketatnya persaingan.

Saat ini, produksi S800 masih dalam tahap peningkatan. Sumber industri melaporkan pengiriman 330 unit minggu lalu, dengan proyeksi volume September mencapai sekitar 1.500 unit. Diharapkan, produksi akan stabil di kuartal keempat, mencapai 2.000–3.000 unit per bulan, menandakan bahwa Maextro siap menjadi pemain besar di pasar mobil mewah.