Yogyakarta, Beritasatu.com – Ketua Umum Pimpinan Pusat Muhammadiyah, Haedar Nashir, menekankan, ibadah kurban dalam momentum Iduladha tidak hanya bermakna penyembelihan hewan secara fisik, tetapi lebih dalam merupakan bentuk pengorbanan untuk membebaskan diri dari keterikatan pada pesona duniawi.
Dalam ceramahnya pada Jumat (6/6/2025), Haedar mengutip salah satu ayat Al-Qur’an, Lan yanala Allaha luhumuha wa la dimauuha wa lakin yanaluhu at-taqwa minkum, yang menegaskan bahwa bukan daging maupun darah hewan kurban yang sampai kepada Allah, melainkan ketakwaan dari hamba-Nya.
“Maka makna terdalamnya apa yang kita miliki dalam kehidupan ini baik harta, kekuasaan, dan segala kesenangan yang kita peroleh sebenarnya nisbi, maka Allah Swt mengajarkan pada kaum beriman berkurbanlah, manfaatkan harta dan segala hal duniawi itu untuk kepentingan beribadah dan kemaslahatan orang banyak, bukan untuk dimiliki, ditumpuk-tumpuk bahkan dengan rasa rakus ingin hidup serba gelimang duniawi,” tutur Haedar.
Menurutnya, berkurban adalah latihan spiritual untuk melepaskan keterikatan terhadap harta dan kekuasaan. Proses ini merupakan wujud ketundukan total kepada Allah Swt, sekaligus langkah konkret dalam mengedepankan kemaslahatan umat.
Haedar juga mengingatkan tentang kecenderungan manusia yang tidak pernah puas dengan dunia. Dorongan untuk menguasai, menumpuk kekayaan, dan mengejar jabatan sering kali membuat manusia terjerumus ke dalam praktik korupsi dan penyalahgunaan kekuasaan.
“Manusia yang rakus, dengan segala pesona duniawi, Ia tidak akan pernah cukup sampai Tuhan menghentikan ajalnya. Al-hâkumut-takâtsur, ḫattâ zurtumul-maqâbir,” ungkapnya.
Ia pun mengajak umat Islam untuk menjadikan momen Iduladha sebagai refleksi diri, apakah selama ini hidup telah dijalani dengan penuh ketakwaan atau justru dikuasai oleh ambisi dan keserakahan. Menurut Haedar, nilai kurban sejatinya dapat menjadi jalan menuju kehidupan yang cukup, moderat, dan bermanfaat, baik secara duniawi maupun ukhrawi.
“Lepas segala kepentingan demi kebenaran, kebaikan, dan keluhuran, dan untuk kemaslahatan hidup orang banyak. Jika itu bisa dipenuhi, maka berkurban berarti telah membebaskan kita dari segala pesona duniawi itu untuk hidup yang cukup dan moderat tetapi membawa kemaslahatan duniawi dan ukhrawi,” tutup Haedar.
