5 Pekerjaan Kantoran Bisa Dioptimalkan dengan Layanan Outsourcing  – Page 3

5 Pekerjaan Kantoran Bisa Dioptimalkan dengan Layanan Outsourcing  – Page 3

Liputan6.com, Jakarta Di tengah dinamika dunia usaha yang makin kompleks dan terdigitalisasi, layanan Business Process Outsourcing (BPO) kian menjadi pilihan strategis bagi perusahaan untuk meningkatkan efisiensi operasional.

Tak lagi terbatas pada pekerjaan lapangan atau call center, kini BPO juga mengakomodasi beragam fungsi bisnis strategis, mulai dari perlindungan data hingga perekrutan tenaga kerja.

Vice President Director Transcosmos Indonesia (TCID), Ardi Sudarto, menjelaskan bahwa BPO telah berevolusi menjadi solusi bisnis menyeluruh bagi berbagai industri.

“Masih banyak yang mengira BPO hanya untuk pekerjaan manual atau repetitif. Padahal, kini BPO menjadi alat strategis untuk mempercepat dan mengamankan fungsi penting perusahaan,” jelasnya, Senin (5/5/2025).

Berikut adalah lima jenis pekerjaan kantoran yang kini dapat dioptimalkan melalui layanan BPO:

1. Digitalisasi dan Entri Data Skala Besar

Proses input dan digitalisasi dokumen, seperti formulir nasabah atau polis asuransi, dapat menyita banyak waktu dan tenaga. Melalui layanan BPO, perusahaan dapat mempercepat proses ini dengan akurasi tinggi.

Salah satu perusahaan asuransi nasional bahkan berhasil memangkas waktu onboarding nasabah setelah menggunakan layanan input data dan pemindaian dokumen dari tenaga outsourcing.

2. Data Protection Officer (DPO) untuk Kepatuhan Regulasi

Seiring berlakunya Undang-Undang Perlindungan Data Pribadi (UU PDP), kebutuhan akan DPO meningkat pesat. BPO kini menyediakan tenaga profesional yang khusus menangani kepatuhan data, audit keamanan informasi, hingga menjadi penghubung antara perusahaan dan otoritas regulasi. Layanan ini membantu perusahaan menghindari risiko hukum tanpa harus membentuk divisi baru.