Merangkum Semua Peristiwa
Indeks

Muncul Ojol Zendo Milik Muhammadiyah, Ini Bedanya dengan Gojek-Grab

Muncul Ojol Zendo Milik Muhammadiyah, Ini Bedanya dengan Gojek-Grab

Daftar Isi

Jakarta, CNBC Indonesia – Organisasi masyarakat Muhammadiyah dan Nahdlatul Ulama (NU) sama-sama mengelola platform ojek online (ojol) dengan naam Zendo dan NUjek.

Keduanya membawa angin segar bagi transportasi online di Indonesia.

NUjek diluncurkan pada 2018 lalu oleh Mochammad Ghozali yang saat ini menjabat sebagai CEO di NUjek.

NUjek Menyediakan layanan transportasi online, pengiriman barang, pesan antar makanan, belanja kebutuhan sehari-hari dan penyedia jasa profesional secara on demand dalam satu platform aplikasi mobile.

Sementara Zendo dikelola oleh Serikat Usaha Muhammadiyah (SUMU). Zendo didirikan oleh Lutfy Azizah yang kini juga menjabat sebagai CEO Zendo. Layanan Zendo sudah hadir sejak 2015 dan kini tersedia di lebih dari 70 kota.

Lantas, apa beda layanan Zendo dan NUjek dibandingkan dengan layanan ojol yang sudah ada seperti Gojek dan Grab?

Layanan Zendo Muhammadiyah sebagai berikut:

Zendo Bike: Layanan transportasi motor untuk perjalanan singkat

Zendo Car: Transportasi mobil yang cocok untuk perjalanan keluarga dan bisnis

Zendo Delivery: Layanan pengiriman barang yang aman dan cepat

Zendo Food: Pesan-antar makanan dari berbagai restoran

Zendo Shopping: Layanan belanja kebutuhan harian

Layanan NUjek yang dikelola oleh Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) sebagai berikut:

nu-Ride: layanan antar-jemput penumpang dengan kapasitas satu orang

nu-Taxi alias taksi online: layanan antar-jemput penumpang dengan kapasitas satu sampai empat orang

nu-Fast atau pengantaran barang dengan dimensi maksimal 30x30x30 dan berat paling besar 30 kg

nu-Cargo alias layanan pengantaran barang dengan dimensi maksimal 100x90x90 dan berat paling besar 150 kg

nu-Food: layanan pesan antar makanan dan minuman

nu-Mart : layanan belanja kebutuhan harian

nu-Serv : layanan jasa profesional mulai dari tukang, rental, dan guru

Layanan Gojek di antaranya:

GoRide: Layanan transportasi roda dua

GoCar: Layanan transportasi roda empat

GoFood: Layanan pesan-antar makanan

GoSend: Layanan pengiriman barang atau dokumen

GoMart: Belanja kebutuhan sehari-hari dari toko terdekat

GoShop: Membeli barang khusus di toko tertentu sesuai permintaan

GoTix: Pemesanan tiket acara, film, atau hiburan lainnya

GoBluebird: Pemesanan taksi Bluebird langsung dari aplikasi

GoPulsa: Pengisian pulsa atau paket data GoTagihan: Pembayaran tagihan listrik, air, internet, dll

GoPay: Dompet digital untuk pembayaran layanan dan transaksi lainnya

GoPayLater: Fitur pembayaran ‘beli sekarang, bayar nanti’

Layanan Grab yakni:

GrabBike: Layanan transportasi roda dua

GrabCar: Layanan transportasi roda empat

GrabFood: Layanan pesan-antar makanan

GrabExpress: Layanan pengiriman barang atau dokumen

GrabMart: Belanja kebutuhan harian dari toko terdekat

GrabRent: Sewa kendaraan dengan supir untuk jangka waktu tertentu

GrabJastip: layanan yang memungkinkan pengguna untuk memesan barang dan diantarkan ke alamat tujuan

(fab/fab)