Merangkum Semua Peristiwa
Indeks

Catat 54,8 juta penumpang pada 2024, Bandara Soetta optimistis di 2025

Catat 54,8 juta penumpang pada 2024, Bandara Soetta optimistis di 2025

Sumber foto: Mus Mulyadi/elshinta.com.

Catat 54,8 juta penumpang pada 2024, Bandara Soetta optimistis di 2025
Dalam Negeri   
Editor: Sigit Kurniawan   
Kamis, 09 Januari 2025 – 23:11 WIB

Elshinta.com – PT Angkasa Pura Indonesia Kantor Cabang Bandara Soekarno-Hatta terus mencatatkan torehan positif sepanjang tahun 2024. Melalui pencapaian ini, Bandara Soekarno-Hatta kembali mempertegas posisinya sebagai pusat konektivitas perjalanan udara di Indonesia, sekaligus mendukung mobilitas masyarakat dalam skala nasional maupun internasional.

Sepanjang tahun 2024, jumlah penumpang di Bandara Soekarno-Hatta mencapai 54,8 juta penumpang, mencatatkan pertumbuhan sebesar 7 persen dibandingkan tahun sebelumnya. Sementara itu, pergerakan pesawat meningkat sebesar 4 persen dengan total 362.643 pergerakan. Pertumbuhan ini mencerminkan optimisme terhadap pemulihan sektor penerbangan di tengah meningkatnya kebutuhan masyarakat akan perjalanan udara.  

Destinasi dengan jumlah penerbangan tertinggi sepanjang 2024 untuk rute domestik meliputi Denpasar (DPS), Kualanamu (KNO), Surabaya (SUB), Ujung Pandang (UPG), dan Balikpapan (BPN). Sedangkan untuk rute internasional, Bandara Soekarno-Hatta menjadi penghubung utama menuju Singapura (SIN), Kuala Lumpur (KUL), Jeddah (JED), Doha (DOH), dan Hong Kong (HKG).   

Sepanjang tahun 2024, Bandara Soekarno-Hatta bertransformasi untuk meningkatkan kualitas pelayanannya, salah satunya melalui beautifikasi Terminal 3. Langkah ini mencakup pembaruan desain interior, penambahan layar raksasa yang menampilkan nuansa Indonesia, serta elemen estetika lainnya, seperti tanaman di area bagasi dan taman hijau, yang dirancang untuk menciptakan ambience yang nyaman bagi para penumpang.

M. Holik Muardi, Asst. Deputy Communication and Legal Bandara Soekarno-Hatta, menyampaikan rasa syukur atas capaian tahun 2024. “Kami sangat mengapresiasi kerja sama dan dukungan dari berbagai pihak yang memungkinkan kami mencatatkan pertumbuhan positif. Hal ini mendorong kami untuk terus memberikan layanan terbaik dan memastikan kepuasan para pengguna jasa bandara,” ujarnya.  

Lebih lanjut, Holik menyampaikan harapannya untuk tahun 2025. “Dengan berbagai transformasi yang telah dilakukan, kami optimis dapat terus memberikan layanan yang lebih baik, menjangkau lebih banyak penumpang, dan mendukung konektivitas yang lebih luas, baik di tingkat domestik maupun internasional,” tambahnya seperti dilaporkan Kontributor Elshinta, Mus Mulyadi, Kamis (9/1).

Tidak hanya beautifikasi di Terminal 3, Bandara Soekarno-Hatta juga terus mempersiapkan Terminal 2F Lounge Umrah guna memberikan kenyamanan maksimal bagi para jamaah. Upaya ini menjadi bagian dari komitmen untuk terus meningkatkan standar pelayanan. Dengan semangat yang sama, pada tahun 2025, Bandara Soekarno-Hatta optimis dapat memberikan pengalaman perjalanan yang lebih baik, memperkuat posisinya sebagai bandara kebanggaan Indonesia, dan mendukung pertumbuhan industri penerbangan di masa mendatang.

Sumber : Radio Elshinta