Jakarta –
Tokopedia dan ShopTokopedia mencatat temuan menarik tentang perilaku masyarakat dalam bertransaksi online pada masa peralihan tahun.
“Platform e-commerce seperti Tokopedia dan ShopTokopedia masih menjadi andalan masyarakat dalam menciptakan peluang usaha atau mendapatkan produk kebutuhan, termasuk di momen menjelang tahun baru 2025,” kata Communications Senior Lead, Tokopedia and TikTok E-commerce, Antonia Adega melalui keterangan tertulis.
Tokopedia dan ShopTokopedia mempermudah masyarakat menciptakan peluang usaha sekaligus mengakses produk kebutuhan menjelang Tahun Baru lewat pengalaman yang mulus, kohesif, dan komprehensif, termasuk kampanye seperti Beli Lokal, etalase khusus bagi produk dari brand lokal.
“Di momen ini, kalender, perlengkapan pesta, dan buku kewirausahaan menjadi beberapa produk dengan kenaikan tertinggi jumlah pesanan di Tokopedia, rata-rata sekitar 2,5 kali lipat,” ujarnya.
Momen Tahun Baru biasanya dimanfaatkan untuk membuat resolusi dalam mencapai sesuatu yang spesifik dan lebih baik di tahun yang akan datang. Misalnya, dalam hal kesehatan, pengembangan diri, keuangan, dan masih banyak lagi.
Berkaitan dengan kebiasaan itu, berikut beberapa produk yang paling laris diburu lewat Tokopedia pada momen menjelang Tahun Baru 2025.
Foto: Tokopedia1. Kalender Tahun Baru
Kalender menjadi salah satu produk paling laris saat menjelang Tahun Baru. Di Tokopedia, jumlah pesanan kalender naik hampir 2,5 kali lipat pada akhir tahun 2024.
Brand lokal di Tokopedia dan ShopTokopedia, salah satunya Bukuqu, dapat menjadi tujuan untuk mendapatkan kalender dengan desain menarik.
“Masyarakat bisa mendapatkan kalender, lengkap dengan penawaran yang bisa membuat belanja online lebih terjangkau, lewat Beli Lokal di Tokopedia dan ShopTokopedia,” jelas Antonia.
2. Perlengkapan Pesta
“Antusiasme masyarakat dalam berbelanja perlengkapan pesta saat menjelang tahun baru terlihat meningkat. Perlengkapan pesta, seperti topi, confetti, dan terompet, mengalami kenaikkan jumlah pesanan di Tokopedia rata-rata hampir 2,5 kali lipat,” sebut Antonia.
Perlengkapan pesta bisa didapatkan melalui brand lokal di Tokopedia dan ShopTokopedia, misalnya deParcel Ribbon dan Sekawan Toys yang juga berpartisipasi dalam kampanye Beli Lokal.
Foto: Tokopedia
3. Buku Kewirausahaan
Tahun baru identik dengan resolusi baru, salah satunya memulai bisnis baru. Antonia menyebutkan, peningkatan signifikan jumlah pesanan buku kewirausahaan melalui Tokopedia rata-rata lebih dari 2,5 kali lipat.
“Ini bisa menandakan makin tingginya ketertarikan masyarakat untuk menciptakan peluang usaha atau mengembangkan bisnis di tahun yang baru,” jelas Antonia.
Ada jutaan penjual di Tokopedia dan ShopTokopedia termasuk yang menjual buku kewirausahaan, misalnya Gramedia Official Store dan Penerbit Bumi Aksara.
“Agar makin terjangkau, manfaatkan Beli Lokal di Tokopedia dan ShopTokopedia, atau flash sale 90% di Bookarnaval Tokopedia untuk pembelian berbagai buku termasuk yang berkaitan dengan kewirausahaan,” kata Antonia.
(rns/rns)