Kementerian PANRB sebut sedang dorong pelayanan publik secara digital

Kementerian PANRB sebut sedang dorong pelayanan publik secara digital

Jadi, kami tidak menginginkan masyarakat itu juga kesulitan. Nah makanya mal-mal pelayanan publik itu sekarang kami lebih diarahkan kepada mal pelayanan publik digital

Jakarta (ANTARA) – Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Rini Widyantini mengatakan bahwa kementeriannya sedang mendorong pelayanan publik secara digital, terutama untuk urusan yang berkaitan dengan administrasi.

Menteri Rini menyampaikan pernyataan tersebut untuk merespons pertanyaan jurnalis terkait jam kerja layanan publik yang maksimal sampai pukul 15:00 waktu setempat, dan tidak buka di akhir pekan.

“Jadi, kami tidak menginginkan masyarakat itu juga kesulitan. Nah makanya mal-mal pelayanan publik itu sekarang kami lebih diarahkan kepada mal pelayanan publik digital,” kata Rini usai menghadiri acara Satu Dekade Zona Integritas di kawasan Tebet, Jakarta, Rabu.

Selain itu, kata dia, saat ini pemerintah sedang membangun portal pelayanan publik secara nasional yang masih diujicobakan.

“Insya-Allah kalau memang nanti sudah terbangun dengan baik, masyarakat tidak perlu lagi hadir ke tempat itu, tetapi cukup dengan online karena sekarang birokrasi kita memang difokuskan kepada transformasi digital,” jelasnya.

Walaupun demikian, dia mengatakan bahwa dirinya menerima masukan tersebut, dan akan mengomunikasikannya kepada layanan-layanan publik yang bersifat administrasi.

“Tentunya ini menjadi salah satu masukan bagi kami kepada UPP-UPP (unit pelayanan publik) dari instansi pemerintah untuk bisa menyesuaikan,” ujarnya.

Pewarta: Rio Feisal
Editor: Chandra Hamdani Noor
Copyright © ANTARA 2024