Jakarta: Davines Group berkolaborasi dengan Plastic Bank menciptakan dampak berkelanjutan dengan mendukung pengumpulan plastik dari lingkungan di Indonesia, Filipina, Thailand, dan Brasil.
Di tahun ini, Davines, melalui distributor eksklusifnya, PT Mutiara Artha Sinar Kemilau mengembangkan kolaborasinya bersama Plastic Bank dengan mensponsori collection points di enam salon di Bali. Collection points ini terbuat dari 60 persen plastik daur ulang yang memberi akses kepada pelanggan salon untuk dapat mendaur ulang plastik PET dan HDPE mereka, sehingga berkontribusi untuk mengubah sampah plastik menjadi dampak positif bagi lingkungan.
Plastik yang dikumpulkan melalui inisiatif ini akan diolah kembali menjadi bahan baku daur ulang sehingga dapat digunakan dalam produk dan kemasan baru, serta turut mengurangi jumlah sampah plastik di lingkungan.
Pada 2021, Davines Group memulai komitmennya untuk mendukung pengumpulan dan daur ulang sampah dari lingkungan. Sejak 2022, Davines Group telah mendukung pengumpulan sampah plastik dari lingkungan, yang setara dengan jumlah plastik yang digunakan dalam produknya yang terjual setiap tahunnya.
Komitmen ambisius ini menjamin agar Davines mengambil tindakan nyata untuk melindungi keanekaragaman ekosistem yang rusak akibat limbah dan mempromosikan model daur ulang sirkular. Sejak 2021 hingga 2023, melalui kemitraan globalnya dengan Plastic Bank, Davines Group telah membantu mengumpulkan kembali 1.702 ton sampah plastik dari lingkungan.
Bisnis kecantikan pilih produk berkelanjutan
“Davines menunjukan bagaimana produk dan bisnis kecantikan dapat menginspirasi konsumen untuk mengambil tindakan nyata, baik dalam memilih produk yang berkelanjutan maupun dalam mendaur ulang plastik. Saat ini, semakin banyak konsumen yang menyadari dan mencari produk yang berkelanjutan, yang secara aktif berkontribusi terhadap pelestarian lingkungan dan pemberdayaan masyarakat. Davines dan mitra salonnya membuktikan industri kecantikan dapat memimpin perubahan menuju masa depan yang lebih hijau dan sejahtera,” kata Country Manager Indonesia, Plastic Bank, Frederick Saman, dalam keterangan tertulis, Selasa, 24 Desember 2024.
Misi Plastic Bank tidak terbatas pada pelestarian lingkungan; tapi juga bagaimana mereka dapat membantu bisnis dan perusahaan untuk bertumbuh secara berkelanjutan. Dengan berkolaborasi melalui Professional Membership, perusahaan dari segala ukuran dapat menciptakan dampak lingkungan dan sosial bagi masyarakat. Melalui kontribusi bulanannya, bisnis dan perusahaan dapat memberdayakan komunitas Plastic Bank untuk mengumpulkan plastik daur ulang, mereka juga akan mendapatkan pendapatan tambahan dan berbagai manfaat sosial.
Perusahaan juga akan memperoleh akses ke platform eksklusif yang menampilkan data lingkungan mereka, cerita inspiratif dari komunitas, dan material pemasaran yang dapat digunakan untuk mengkomunikasikan kontribusi mereka bagi lingkungan dan masyarakat.
Sejak 2019, Plastic Bank telah memberdayakan lebih dari 22 ribu anggota pengumpul plastik di Indonesia, yang berhasil mengumpulkan lebih dari 70 juta kilogram plastik dari lingkungan untuk didaur ulang. Upaya ini tidak hanya mengurangi polusi plastik tetapi juga meningkatkan kesejahteraan masyarakat setempat.
Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
dan follow Channel WhatsApp Medcom.id
(AHL)