Jakarta: Pemerintah Provinsi DKI Jakarta melalui Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Provinsi DKI Jakarta melaksanakan program promosi digital yang komprehensif untuk terus memperkenalkan Jakarta sebagai destinasi wisata leisure dan MICE unggulan bertaraf internasional. Upaya ini sekaligus dalam rangka menuju Top 20 Kota Global Dunia.
Kampanye yang berlangsung dari Agustus hingga Oktober 2024, memanfaatkan platform digital dengan menggandeng situs pemesanan travel online seperti Agoda, serta media sosial populer seperti TikTok dan Snack Video. Pendekatan pemasaran yang memanfaatkan platform media sosial dan platform digital ini berhasil menampilkan pesona Jakarta.
Kepala Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Provinsi DKI Jakarta Andhika Permata mengatakan, program ini bertujuan untuk memperkenalkan Jakarta sebagai kota global dengan infrastruktur modern, transportasi publik yang terintegrasi, venue MICE dan akomodasi berskala internasional dengan berbagai pilihan wisata budaya, kuliner maupun sejarah.
“Kami telah merancang serangkaian strategi promosi digital untuk menghubungkan potensi wisata Jakarta dengan audiens global, memanfaatkan berbagai platform digital yang efektif. Penggunaan media sosial dan platform pemesanan online sangat tepat untuk memperkenalkan berbagai atraksi Jakarta,” kata dia dalam keterangan tertulisnya, Senin, 23 Desember 2024.
Salah satu elemen utama dari kampanye ini, Andhika menjelaskan, adalah kerjasama dengan Agoda, yang menampilkan iklan khusus yang memberikan penawaran eksklusif bagi pengguna yang ingin mengunjungi Jakarta. Iklan ini mengundang wisatawan untuk memanfaatkan diskon hotel serta paket wisata menarik di ibu kota Indonesia.
Selain itu, promosi melalui TikTok dan Snack Video juga memberikan dampak signifikan. Dengan menggunakan fitur-fitur ads yang premium dan relevan, Dinas Pariwisata dapat memanfaatkan format video dinamis yang mampu menarik perhatian audiens dalam waktu singkat yang menampilkan berbagai daya tarik Jakarta.
“Kami berusaha tidak hanya menarik kunjungan, tetapi juga memperkuat citra Jakarta sebagai kota global yang dinamis, penuh kreativitas, dan selalu berkembang. Feedback yang kami terima sangat positif, menunjukkan bahwa fitur short video di TikTok dan Snack Video sangat efektif,” kata Kepala Bidang Pemasaran dan Atraksi Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sherly Yuliana.
Sebagai hasil dari kampanye ini, Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Provinsi DKI Jakarta mencatatkan estimasi peningkatan transaksi langsung sebesar USD400.446 melalui Agoda, yang menunjukkan keberhasilan program dalam menarik perhatian wisatawan dan meningkatkan jumlah transaksi hotel serta atraksi wisata di Jakarta.
“Hasil ini memperkuat posisi Jakarta dalam peta pariwisata global, sekaligus memberikan kami panduan berharga untuk kegiatan promosi di masa depan. Kami semakin yakin bahwa pemanfaatan platform digital yang tepat dapat membawa dampak besar bagi pengembangan sektor pariwisata kota,” ujar Sekretaris Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Helma Dahlia.
Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
dan follow Channel WhatsApp Medcom.id
(END)