Jakarta –
Shopee mencatatkan kesuksesan besar dalam event 12.12 Birthday Sale yang berlangsung pada 12 Desember silam. Penjualan UMKM dan brand lokal mengalami kenaikan yang signifikan.
“Event ini mendapat respons sangat positif dan antusiasme yang bisa dilihat dari peningkatan penjualan dari brand lokal dan UMKM pada 12 Desember kemarin itu 7 kali lipat dibandingkan hari biasa,” cetus Sarah Christina, Public Relations Manajer Shopee Indonesia dalam acara Media Luncheon Year-End Celebration with Shopee di Jakarta, Selasa (17/12).
Lebih lanjut dikatakannya bahwa produk favorit selama kampanye ini antara lain termasuk fashion, kosmetik, dan kebutuhan rumah tangga. Atasan dan tas perempuan, contohnya kemeja dan tas selempang, meningkat sampai 7 kali lipat. Di kategori kosmetik wajah dan parfum, peningkatannya 11 kali lipat, sedangkan kategori kebersihan dan perabotan rumah tangga mencatat lonjakan hingga 18 kali lipat.
Selain transaksi, fitur interaktif seperti Shopee Live, Shopee Video dan Shopee Affiliate Program juga mencatat kenaikan yang baik. “Pada Shopee Live sendiri, kita melihat peningkatan transaksi di puncak kampanye itu Shopee Live lebih dari 9 kali lipat, jadi kita melihat antusiasme pengguna dalam fitur ini,” cetus Sarah.
Selain itu, peran konten kreator dalam membagikan link produk di Shopee juga membantu keberhasilan event tersebut. “Ada lima kali peningkatan jumlah klik pada rekomendasi produk dari para kreator,” ungkapnya.
Adapun Jerry Gunawan, selaku Senior Director Brand Marketing Shopee Indonesia, juga mengaku bersyukur dengan pencapaian Shopee yang sudah lama berkiprah di Indonesia. “Tahun ini 2024 merupakan sesuatu yang sangat spesial, karena tidak terasa sudah 9 tahun Shopee melayani masyarakat indonesia,” katanya di event yang sama.
“Selama 9 tahun Shopee diberi kesempatan menghubungkan produk luar biasa dari brand lokal dan UMKM ke masyarakat Indonesia, membantu pelaku usaha lokal dan UMKM, tak cuman di kancah lokal tapi juga internasional melalui program program yang kami tawarkan pada para pelaku usaha,” tambahnya.
Sinergi dengan para konten kreator juga semakin baik, di mana Shopee memberi ruang kreativitas sebaik mungkin bagi mereka untuk berkreasi dan menjadikan peluang mendapat penghasilan tambahan.
(fyk/fay)