Merangkum Semua Peristiwa
Indeks

Kolaborasi BRI dan Fintech untuk Inklusi Keuangan yang Lebih Luas

Kolaborasi BRI dan Fintech untuk Inklusi Keuangan yang Lebih Luas

Jakarta

Kehadiran pinjaman online (pinjol) membuka peluang bagi perbankan untuk berkolaborasi dengan fintech dalam menciptakan solusi keuangan inklusif. BRI merespons tantangan ini dengan inovasi layanan digital dan edukasi keuangan untuk menjangkau masyarakat unbanked secara lebih luas.

Perbankan seperti BRI yang memiliki nasabah di segmen mikro dan ritel merasakan dampak dari kehadiran pinjol. Nasabah BRI yang biasanya menggunakan produk KUR atau pinjaman mikro kini memiliki alternatif pinjol dengan proses lebih cepat.

Direktur Bisnis Konsumer BRI Handayani mengatakan perbankan tidak melihat fenomena pinjol sebagai ancaman, melainkan peluang. Dengan keunggulan infrastruktur dan modal, perbankan bisa memanfaatkan teknologi fintech untuk menawarkan produk yang memenuhi kebutuhan nasabah, baik dalam hal fleksibilitas maupun biaya.

Menurutnya, perbankan perlu cepat mengembangkan produk digital untuk bersaing dengan platform pinjaman online yang menawarkan akses mudah dan layanan cepat. Ini mendorong bank untuk berinovasi, seperti mobile banking dan pinjaman digital berbasis aplikasi.

Lebih lanjut, ia menjelaskan pinjol telah memperluas akses ke layanan keuangan, terutama bagi masyarakat yang sebelumnya sulit mendapatkan pinjaman formal karena persyaratan ketat. Fenomena ini memberikan tantangan dan peluang bagi perbankan.

“Karena sebagai bank dengan fokus inklusi keuangan, perbankan bisa memperkuat posisi dengan menyediakan produk pinjaman yang lebih terjangkau dan ramah bagi masyarakat yang belum terlayani,” ungkapnya dalam keterangan tertulis, Kamis (5/12/2024).

BRI menyadari kemudahan dan kecepatan pinjol membuat banyak masyarakat beralih ke sana. Untuk bersaing, BRI meluncurkan BRIGuna Digital melalui platform BRImo sebagai strategi menarik kembali nasabah yang mungkin beralih ke pinjaman online.

Dengan menerapkan beberapa strategi kunci terkait BRIGuna Digital seperti kemudahan akses, kecepatan layanan, bunga kompetitif dan transparansi, serta integrasi dengan ekosistem BRImo. Untuk menangkal pengaruh pinjaman online dengan bunga tinggi, BRI juga fokus pada edukasi keuangan.

Selain itu, BRI membantu mengedukasi nasabah tentang risiko pinjol ilegal, pentingnya pengelolaan keuangan yang baik, dan manfaat menggunakan layanan dari lembaga perbankan terpercaya. BRI juga mengembangkan layanan berbasis data.

BRI terus memberikan literasi keuangan kepada berbagai segmen nasabah, mulai dari pelajar hingga pensiunan. Mereka juga rutin mengunjungi universitas untuk meningkatkan pemahaman generasi muda tentang pengelolaan keuangan, termasuk memilih instrumen investasi dan menghindari pinjaman online.

(akn/ega)