Jakarta: Mengikuti pameran adalah salah satu langkah strategis bagi Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) untuk meningkatkan skala bisnis mereka dari level regional ke nasional.
Hal ini terlihat dari partisipasi 20 UMKM binaan Pertamina Patra Niaga, yang merupakan peserta UMK Academy Kelas 2 di Regional Jawa Bagian Barat (JBB), dalam pameran Small Medium Enterprise (SME) Market 2024 yang berlangsung pada 15-17 November 2024 di Bandung.
“Melalui pameran SME Market 2024 ini, diharapkan para mitra binaan dapat berkembang lebih maju dan meningkatkan potensinya dalam hal pemasaran, sehingga produk mereka lebih dikenal oleh masyarakat secara luas,” ujar Pjs. Area Manager Communication, Relations & CSR Pertamina Patra Niaga Regional JBB, Muslim Dharmawan, dalam keterangan tertulis, Senin, 18 November 2024.
Muslim menambahkan, kemajuan UMKM di Indonesia tidak hanya membawa dampak positif pada pertumbuhan ekonomi, tetapi juga berkontribusi dalam menciptakan lapangan kerja, yang membantu mengatasi permasalahan ketenagakerjaan di Tanah Air.
Kisah pelaku UMKM
Salah satu peserta pameran, Vidi Ferdinand, pemilik usaha Tinatani Indonesia, menceritakan perjalanan bisnisnya yang dimulai pada 2019. Bisnisnya lahir dari keinginannya untuk memudahkan orang mendapatkan kebutuhan seperti buah dan sayuran, yang seringkali sulit dicari.
“Melalui UMK Academy, saya mendapatkan banyak masukan berharga terkait bisnis, mulai dari produksi, administrasi keuangan, hingga persiapan untuk mengikuti pameran melalui proses kurasi yang ketat,” kata Vidi.
Ia juga merasa bangga menjadi bagian dari program binaan Pertamina. “Harapan saya ke depan, semoga kami bisa menarik potential buyer untuk produk-produk yang kami tawarkan,” tambah Vidi.
Sena Okaravianti Novita, pemilik usaha Suraya Tea, juga berbagi cerita. Ia memulai usaha Surayati pada tahun 2022 dan meluncurkan produk Soraya Tea pada 2024 setelah melalui perjalanan panjang untuk memperdalam ilmu tentang teh.
“Awalnya, usaha Surayati didirikan pada 2022, tetapi kami belum memiliki produk. Selama dua tahun, saya belajar dengan bersekolah teh sebelum akhirnya meluncurkan Soraya Tea,” ungkap Sena.
Motivasi utamanya mengikuti program UMK Academy adalah untuk mencapai target pencapaian bisnis lima tahun ke depan.
Sena mengetahui program ini melalui akun Instagram Pertamina dan merasa bersyukur terpilih menjadi bagian dari peserta nasional. “Dengan mengikuti pameran ini, saya berharap usaha kami bisa dikenal lebih luas oleh masyarakat,” tutur Sena.
Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
dan follow Channel WhatsApp Medcom.id
(ANN)