Merangkum Semua Peristiwa
Indeks

Tol Semarang – Demak Bakal Tersambung Penuh pada 2027

Tol Semarang – Demak Bakal Tersambung Penuh pada 2027

Bisnis.com, JAKARTA – Jalan Tol Semarang – Demak ditargetkan bakal mulai tersambung sepenuhnya pada 2027.

Adapun, saat ini baru Tol Semarang – Demak Seksi 2 ruas Sayung – Demak yang telah beroperasi.

Direktur Jenderal Bina Marga Kementerian Pekerjaan Umum (PU), Rachman Arief Dienaputra menyebut saat ini konstruksi Tol Semarang – Demak Seksi 1 Kaligawe – Sayung progres fisiknya baru mencapai 24,66%.

Untuk itu, dirinya menegaskan pada para pelaku pekerja konstruksi agar dapat memastikan proses pembangunan berjalan sesuai timeline yang telah ditetapkan.

“Kasatker dan para PPK Pembangunan Jalan Tol Semarang – Demak untuk lebih memacu progres sehingga target operasional tol ini di tahun 2027 dapat tercapai,” tuturnya dalam keterangan resmi, dikutip Minggu (17/11/2024).

Untuk diketahui, Tol Semarang – Demak memiliki total panjang 26,95 km yang dibangun dalam 2 seksi. Yakni Seksi 1 Kaligawe – Sayung sepanjang 10,64 km yang saat ini tengah dalam tahap konstruksi dan Seksi 2 ruas Sayung – Demak sepanjang 16,31 km yang berada di daratan dan telah beroperasi sejak 25 Februari 2023. 

Khusus untuk Seksi 1 ruas Kaligawe – Sayung, proses pengerjaannya dibagi ke dalam 3 paket yakni paket 1 A dengan  Penyedia Jasa Hutama Karya (HK) dan Beijing Urban Construction Group (BUCG), Paket 1B adalah Pembangunan Perumahan (PP), Wijaya Karya (WIKA) dan China Road and Bridge Corporation (CRBC) serta Paket 1C adalah Adhi Karya dan Sinohydro.  

Adapun, ruang lingkup pekerjaan Tol Semarang – Demak Seksi 1 meliputi  peninggian Jembatan Kaligawe, elevated freeway, dan pile slab untuk 1A; pekerjaan tanggul laut dan jalan utama, On/Off Ramp, Jembatan Kali Babon dan Sayung serta rest area dan Gerbang Tol untuk 1B.

Kemudian, pembangunan  Kolam Retensi Terboyo kurang lebih seluas 189 Ha dan Sriwulan 28 Ha, Rumah Pompa Terboyo dan Sriwulan untuk 1C.  

Sejalan dengan hal itu, Wakil Menteri Pekerjaan Umum Diana Kusumastuti menegaskan bahwa agar seluruh pekerja konstruksi memperhatikan aspek kualitas konstruksi, aspek waktu, dan aspek estetika.

Pasalnya, Tol Semarang – Demak ruas Kaligawe – Sayung bakal terintegrasi dengan tanggul laut dengan polder diharapkan menjadi solusi permasalahan banjir rob di Pantura khususnya kawasan Kaligawe – Sayung. 

“Tolong ya tetap perhatikan beutifikasi, tidak hanya jalan tolnya tetapi juga rest area. Desain rest area mesti ada landmark dengan pemandangan laut biar sebagai ikon,” pungkasnya.