Jakarta: PT Caturkarda Depo Bangunan Tbk (DEPO) pada kuartal ketiga 2024 mencatatkan kenaikan penjualan sebesar 2,5 persen mencapai Rp2,02 triliun dengan rata-rata basket size sebesar Rp1,35 juta per transaksi, naik 2,7 persen dibandingkan tahun sebelumnya.
Direktur Utama Caturkarda Depo Bangunan Kambiyanto Kettin mengatakan, sektor penjualan online turut memperlihatkan pertumbuhan dengan kontribusi Rp210,43 miliar, meningkat 12,7 persen dari periode yang sama di 2023 dan kini menyumbang 10,3 persen dari total penjualan perusahaan.
Meskipun diakuinya laba bersih mengalami penurunan sebesar 6,7 persen, namun laba kotor tercatat meningkat 7,1 persen hingga mencapai Rp389,08 miliar, atau setara dengan 19,1 persen dari total penjualan.
“Tahun depan kita optimis kita akan mencapai pendapatan sales-nya adalah sekitar Rp3 triliun,” tutur Kambiyanto dalam paparan publik di Jakarta, Jumat, 15 November 2024.
Dengan fondasi yang semakin kokoh, tegas Kambiyanto, DEPO berencana untuk membuka tiga toko tambahan pada tahun depan di Palembang, Pekanbaru, dan Samarinda.
Perusahaan optimis menghadapi tahun mendatang dengan strategi pertumbuhan yang matang dan fokus pada efisiensi proses, ekspansi kanal distribusi, serta pengembangan layanan omni-channel guna memenuhi kebutuhan pelanggan di seluruh Indonesia.
Strategi pertumbuhan dan inovasi produk
Dalam upaya meningkatkan kepuasan pelanggan, DEPO terus memperluas variasi produk dan mengoptimalkan margin laba. Perusahaan mencatat pertumbuhan penjualan house brand sebesar 65,8 persen dari periode yang sama tahun lalu, dengan kontribusi 8,1 persen dari total penjualan.
Untuk meningkatkan efisiensi operasional, DEPO telah melakukan modernisasi sistem pemesanan toko yang terintegrasi dengan ERP dan POS, dengan target implementasi penuh pada 2025.
Adapun DEPO telah membuka dua toko baru pada akhir 2024, yaitu di Rungkut (Oktober) dan Rempoa (November), dengan satu toko lagi yang akan segera dibuka di Depok pada Desember mendatang.
Dengan demikian, total jaringan toko DEPO kini mencapai 16 lokasi di seluruh Indonesia. “Ini menjadi komitmen untuk memperluas jangkauan dan memudahkan konsumen dalam memperoleh produk-produk berkualitas,” imbuh Kambiyanto.
Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
dan follow Channel WhatsApp Medcom.id
(HUS)