Merangkum Semua Peristiwa
Indeks

Mantap! E-Commerce Ini Dongkrak Penjualan Produk BASE Hingga 550%

Mantap! E-Commerce Ini Dongkrak Penjualan Produk BASE Hingga 550%

Jakarta, CNBC Indonesia – Gaya hidup vegan makin merambah, bukan hanya untuk makanan namun juga pada produk kecantikan, baik skincare ataupun make-up. Bahkan, setiap tanggal 1 November setiap tahunnya diperingati sebagai Hari Vegan Sedunia.

Berdasarkan laporan Pasar Kosmetik Vegan Global (Business Research Company, 2024), secara global, pasar ini bernilai USD18,61 miliar pada tahun 2024 dan diprediksi akan terus mengalami pertumbuhan yang kuat hingga USD25,61 miliar pada tahun 2028.

Di Indonesia, banyak brand perawatan kulit yang kini juga sudah mulai mengadopsi konsep vegan dan salah satu contohnya adalah BASE. Didirikan oleh Yaumi Fauziah Sugiharta dan Ratih Permata Sari pada tahun 2019, BASE membuat produknya dengan memadukan kekayaan nabati dan sains untuk memastikan produk yang efektif dan tetap ramah lingkungan.

“Kami berkomitmen untuk menjadi Vegan Beauty Brand nomor 1 di Indonesia yang dapat menjawab kebutuhan kulit setiap orang. Oleh karena itu, kami menghadirkan beragam produk yang disesuaikan dengan berbagai jenis dan kondisi kulit. Untuk memperluas jangkauan produk BASE, kami juga mulai masuk ke platform e-commerce di tahun 2021. Awalnya kami hanya memanfaatkan website sendiri, namun kami sadar bahwa platform e-commerce seperti Shopee sudah punya trafik yang lebih tinggi dan bisa membantu kami menjangkau konsumen baru,” jelas BASE Co-Founder & Chief Executive Officer, Yaumi Fauziah Sugiharta, Senin, (4/11/2024).

Seluruh produk BASE sendiri 100% vegan dengan lebih dari 140 bahan organik yang diformulasikan tanpa phthalates, paraben, SLS, pewangi artifisial, dan pewarna artifisial. Berdasarkan data internal Shopee, berikut adalah tiga produk andalan BASE yang menarik banyak pemerhati vegan beauty saat ini:

1. Rich Moisture & Youthful Firming Serum Produk alternatif retinol ini menjadi incaran nomor satu pembeli produk BASE di Shopee. Bahkan secara total, BASE juga telah menjual lebih dari 50 ribu Rich Moisture & Youthful Firming Serum. Serum ini memiliki kandungan peptida dari ekstrak biji quinoa serta prebiotik dari ekstrak fermentasi oat yang menyeimbangkan mikrobioma kulit, beberapa bahan vegan yang dapat mencegah penuaan dini.

2. Gloss & Go Lip Tint Tidak hanya skin care, make up/lip care dari BASE juga menjadi produk pilihan di Shopee. Lip Tint vegan yang diperkaya dengan Olive Squalane yang melembutkan bibir, Sodium Hyaluronate yang melembabkan, dan Spirulina yang kaya antioksidan, sukses membuatnya menjadi salah satu produk favorit.

3. Daily Renewal Natural Exfoliating Pads Proses pembersihan wajah yang efektif merupakan kunci utama dalam penyerapan produk Skin Care. Double cleansing disarankan untuk memastikan wajah bebas dari kotoran dan sisa makeup, sehingga produk Skin Care dapat menyerap dengan lebih baik dan bekerja secara optimal.

Produk ini merupakan eksfoliator vegan dengan gentle natural acid, ideal digunakan setelah wajah dibersihkan untuk membantu merangsang regenerasi sel kulit tanpa menyebabkan iritasi, serta menenangkan jerawat. Yaumi menambahkan bahwa, pemanfaatan platform e-commerce mendorong pertumbuhan bisnis BASE secara signifikan. Di Shopee contohnya, pendapatan BASE di Semester I-2024 meningkat hingga 550% jika dibandingkan Semester I-2023.

“Penggunaan fitur dan program di Shopee membantu mendorong pendapatan kami secara konsisten. Tidak hanya mengalami peningkatan pendapatan setiap bulannya, pemilihan platform e-commerce yang tepat juga membantu kami meningkatkan average daily order karena banyak pelanggan kami yang checkout lebih dari satu produk di Shopee dan bahkan juga melakukan pembelian berulang,” jelas Yaumi.

Pertumbuhan bisnis BASE juga tidak terlepas dari dukungan komunitas Affiliates BASE yang kini sudah beranggotakan ribuan orang dan turut berkontribusi terhadap hampir 25% dari total penjualan BASE di Shopee tahun ini. Menariknya, banyak dari Affiliates BASE di Shopee adalah pengguna biasa atau konten kreator baru, bukan influencer atau konten kreator besar.

Namun justru para konten kreator baru inilah yang turut menjadi pendorong utama kesuksesan penjualan produk BASE. Selain program Affiliates, pertumbuhan BASE juga terdorong oleh beberapa fitur dan program promosi Shopee lainnya.

“Sejak bergabung di Shopee, kami sangat senang melihat antusiasme masyarakat Indonesia yang begitu tinggi terhadap produk kami. Dengan terus berinvestasi dan mengembangkan strategi pada fitur Iklan Shopee, program kampanye, Shopee Live, dan Affiliates Marketing Solutions, kami bisa menjangkau lebih banyak konsumen yang membutuhkan produk skincare vegan,” tutup Ratih Permata Sari, BASE Co-Founder & Chief Product Officer.

Pemanfaatan teknologi e-commerce adalah salah satu langkah efektif yang terbukti dapat turut membantu BASE mewujudkan komitmennya untuk menjadi Vegan Beauty Brand nomor 1 di Indonesia. Ke depannya, BASE terus berkomitmen untuk terus berinovasi menghadirkan beragam produk yang dapat membantu memenuhi kebutuhan kulit masyarakat Indonesia.

(dpu/dpu)