Perubahan utama ada di sisi sistem. Ketika pengguna mengklik “Beli,” proses pembayaran dilakukan melalui sistem Tokopedia. Tokopedia adalah pemain kunci di Indonesia, salah satu bagian dari konglomerat teknologi Indonesia, GoTo.
Perusahaan-perusahaan di belakang GoTo telah mengembangkan teknologi pembayaran dan pengiriman yang memungkinkan pengguna di negara berpenduduk 270 juta orang dan 17.000 pulau untuk membeli barang online dan menerimanya dalam satu atau dua hari.
“Kombinasi konten dan pengalaman di TikTok ini unik,” kata analis senior di Samuel Sekuritas, Farras Farhan.
TikTok memperoleh kepemilikan mayoritas di Tokopedia, yang membayar TikTok untuk hak mengoperasikan TikTok Shop di Indonesia. GoTo mempertahankan kurang dari seperempat saham Tokopedia dan dijanjikan bagian dari keuntungan penjualan TikTok Shop di masa depan.
Melissa Siska Juminto, yang berusia 36 tahun, menghabiskan 12 tahun di Tokopedia membangun sistem e-commerce. Setelah kesepakatan, TikTok menempatkannya sebagai presiden dan direktur TikTok e-commerce dan Tokopedia.
Dalam kunjungan ke Tokopedia Tower, ia menjelaskan bahwa kerjasama ini saling menguntungkan.
“Kami belum pernah belajar sebanyak dalam enam bulan terakhir ini,” katanya.