Misalnya, ketika Mcilwain melamar di perusahaan yang ingin meningkatkan strategi media sosial, ia dapat menampilkan pengalamannya dalam mengelola Instagram, TikTok, YouTube, dan platform lain di tempat kerja sebelumnya, lengkap dengan data pertumbuhan dan tingkat keterlibatan yang berhasil ia capai.
Kuncinya, menurut Mcilwain, adalah tetap menekankan bagaimana Anda dapat menjawab kebutuhan bisnis mereka.
“Meskipun orang-orang senang menceritakan riwayat karier mereka secara lengkap (dalam surat lamaran), jangan bicarakan hal lain selain satu hal yang mereka sebutkan bahwa mereka membutuhkan seseorang untuk melakukannya,” ujarnya.
Peran AI dalam Strategi Lamaran McIlwain
Mcilwain menekankan usaha yang dicurahkan untuk menulis surat lamaran sangatlah berharga. Ia melihat banyak pencari kerja justru sepenuhnya bergantung pada AI untuk menyusunnya, kurang memberi perhatian, atau bahkan melewatkan surat lamaran sama sekali. Menurut survei Jobscan 2024, sekitar dua dari tiga pencari kerja mengaku tidak secara konsisten menyertakan surat lamaran saat melamar pekerjaan.
:strip_icc():format(jpeg)/kly-media-production/medias/4714324/original/015661900_1705060478-Ilustrasi_interviu__wawancara_kerja.jpg?w=1200&resize=1200,0&ssl=1)