YouTube: Watch Time Melejit 400 Persen, Kreator Indonesia Ikut Bertumbuh

YouTube: Watch Time Melejit 400 Persen, Kreator Indonesia Ikut Bertumbuh

Kepercayaan yang dibangun oleh kreator dan penonton secara langsung meningkatkan iklan dan kampanye pemasaran. Jangkauan dan atensi kini menghasilkan konversi langsung yang menarik perhatian.

Principal Partner Client Leadership, WPP Media Rajan Vishwadeep menjelaskan bahwa dalam perencanaan media cross channel, YouTube memiliki peran sentral, khususnya dalam strategi multiformat storytelling.

Rajan memberikan tiga hal yang dapat digunakan untuk memanfaatkan dan mencapai efektivitas pemasaran, yaitu:

Konten Long Form

Konten ini digunakan untuk in depth storytelling atau penceritaan yang powerful karena penonton YouTube berada dalam lingkungan yang santai dan reseptif terhadap konten panjang.

Konten Shorts

Konten ini digunakan untuk brand discovery dan tap into the culture, sering kali melalui reaction video dengan kreator sehingga memungkinkan pencarian bagi kalangan audiens khususnya Gen Z.

Penggunaan Data

YouTube memungkinkan grant first party data diintegrasikan secara mulus ke dalam penargetan. Penggunaan data menghasilkan tindakan seperti kesadaran merek tinggi dan brand equity sehingga akhirnya mengarah pada penjualan dan konversi

Rajan menyoroti bahwa ROI (Return on Investment) meningkat saat shorts ditambahkan dalam bauran investasi brand marketing. Shorts memungkinkan quick reach dengan biaya yang lebih murah, dan kemudian dapat digunakan untuk retarget orang atau mengarahkan mereka ke konten long form.