Liputan6.com, Jakarta – XL Axiata memprediksi trafik internet di jaringannya akan naik antara 15-20 persen selama bulan Ramadan.
Tingginya trafik ini lantaran saat momen Ramadhan dan Lebaran yang ditunggu-tunggu pelanggan intens menggunakan internet untuk berbagai keperluan, baik komunikasi, main media sosial, streaming, hingga nge-game.
Kalau merujuk pada periode yang sama di tahun 2024, layanan digital paling populer digunakan pelanggan jaringan XL Axiata adalah streaming.
Streaming menempati 55 persen dari total trafik, di mana aplikasi video yang kini paling banyak mendulang trafik adalah TikTok.
Sementara 31 persen trafik berasal dari aktivitas browsing dan messenger. Adapun 9 persen trafik disumbang dari gaming, dan 5 persennya dari aktivitas obrolan alias telepon.
Direktur & Chief Technology Officer XL Axiata, I Gede Darmayusa, mengatakan, kenaikan trafik telekomunikasi di jaringan XL Axiata ini bisa jadi berkah sekaligus tantangan.
Oleh karenanya, momen Ramadan dan Idulfitri ia sebut menjadi salah satu pengungkit utama bisnis telko.
“XL Axiata harus mampu menjaga kualitas layanan jaringan di sepanjang periode khusus Ramadhan dan Idul Fitri,” tutur Gede.
Untuk itulah, XL Axiata berupaya memastikan jaringannya tetap optimal, jadi pelanggan bisa tetap nyaman menjalani ibadah puasa hingga Lebaran.
Baginya, bidang yang satu ini adalah bidang yang selalu berkembang dan cepat berubah