Merangkum Semua Peristiwa
Indeks

Wamenparekraf: Esports Lebih dari Sekadar Game, Kini Jadi Peluang Karir dan Ekonomi – Page 3

Wamenparekraf: Esports Lebih dari Sekadar Game, Kini Jadi Peluang Karir dan Ekonomi – Page 3

Liputan6.com, Jakarta Esports semakin menunjukkan potensinya sebagai sektor strategis dalam ekonomi kreatif di Indonesia. Tak hanya sebatas pertandingan, esports telah menjadi ekosistem besar mencakup pelatihan, produksi konten, sampai penyelenggaraan turnamen.

Hal ini diungkap langsung oleh Wakil Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Wamenparekraf), Irene Umar, saat menghadiri pertandingan MPL ID S15 pada Minggu, 16 Maret 2025.

“Esports bukan hanya tentang game, tetapi juga menciptakan ekosistem melibatkan banyak sektor dan menciptakan lapangan kerja baru bagi masyarakat.” katanya, sebagaimana dikutip dari Antara, Senin (18/3/2025).

Wamenaker juga mengapresiasi Mobile Legends: Bang Bang Professional League (MPL) Indonesia mampu menarik perhatian penggemar dan pelaku industri.

Memasuki musim ke-15 di tahun ini, turnamen esports ini tidak hanya berfungsi sebagai ajang kompetisi, tetapi juga sebagai batu loncatan bagi talenta muda di Tanah Air untuk berkiprah di tingkat global.

Selain itu, turnamen MLBB ini juga membuka jalan bagi tim profesional menuju kejuaraan dunia, seperi Mobile Legends: Bang Bang Southeast Asia Cup (MSC) dan MLBB World Championship (M Series).

Pemerintah Dukung Esports Sebagai Sektor Ekonomi Kreatif

Melalui Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf), Pemerintah berkomitmen terus mendorong pertumbuhan esports agar mampu bersaing secara global.

“Esports mirip dengan industri olahraga lainnya di Indonesia. Agar berkembang secara profesional dan berkelanjutan, dibutuhkan dukungan ekosistem kuat,” tambah Irene.

Selain menarik minat generasi muda, esports juga memberikan kontribusi pada sektor pariwisata dengan menarik wisatawan asing datang untuk menyaksikan turnamen secara langsung.

Merangkum Semua Peristiwa