Viral Suara Tak Pantas di Speaker GBK, Pengelola Minta Maaf Megapolitan 13 Juli 2025

Viral Suara Tak Pantas di Speaker GBK, Pengelola Minta Maaf
                
                    
                        
                            Megapolitan
                        
                        13 Juli 2025

Viral Suara Tak Pantas di Speaker GBK, Pengelola Minta Maaf
Tim Redaksi
JAKARTA, KOMPAS.com 
– Sebuah video yang menunjukkan
speaker 
di kawasan
Gelora Bung Karno
(
GBK
) mengeluarkan suara desahan wanita viral di media sosial.
Dalam video yang diunggah Instagram @info_jabodetabek, salah satu pengunjung merekam suara 
speaker 
tersebut dari tempat parkir. Sementara, 
speaker 
terpasang di tiang tepi taman GBK. 
“Sebuah kejadian tak biasa terjadi di Gelora Bung Karno,
Jakarta
. Seorang pengunjung merekam momen ketika
speaker
umum di area tersebut, yang biasanya memutar musik dan pengumuman, tiba-tiba mengeluarkan suara aneh yang mengundang perhatian para pengunjung yang sedang berolahraga maupun melintas,” tulis akun @info_jabodetabek. 
Terkait ini, Manajemen Pusat Pengelolaan Komplek Gelora Bung Karno (PPK-GBK) menyampaikan permohonan maaf.
“Manajemen PPKGBK menyampaikan permohonan maaf atas insiden suara tidak pantas yang sempat terdengar melalui pengeras suara di area publik,” tulis PPK-GBK dalam keterangannya melalui akun Twitter @love_GBK, Minggu (13/7/2025).
Manajemen PPKGBK mengakui adanya kelalaian petugas dalam memutar audio di pengeras suara area GBK.
“Hasil evaluasi internal menyimpulkan bahwa kejadian ini berasal dari kelalaian petugas yang memutar salah satu
playlist
bebas hak cipta (
no copyright
) tanpa melakukan pengecekan menyeluruh,” tulis PPK-GBK. 
Menanggapi kelalaian tersebut, manajemen PPK-GBK telah memberikan teguran keras dan evaluasi terhadap petugas terkait.
Seluruh
playlist
audio juga disebut telah diulas ulang. Ke depan, hanya
playlist
kurasi resmi yang diperbolehkan digunakan ke depannya.
“Sistem pemutaran audio kini diperketat, hanya dapat diakses oleh personel terverifikasi,” tulis PPK-GBK. 
Terakhir, pihak manajemen berjanji mengawasi konten dan memberikan pelatihan kedisiplinan teknis yang juga diperbarui untuk mencegah kejadian serupa.
“Kami memahami bahwa GBK adalah ruang publik yang dihormati dan digunakan oleh berbagai kalangan masyarakat, termasuk anak-anak dan keluarga. Kami menyesalkan kejadian ini dan berkomitmen untuk meningkatkan kualitas pengawasan dan pelayanan secara menyeluruh,” tulis manajemen.
Copyright 2008 – 2025 PT. Kompas Cyber Media (Kompas Gramedia Digital Group). All Rights Reserved.