Untuk Kali Keempat, Bandara Pattimura Ambon Jadi Bandara Terbaik di Asia Pasifik Regional 29 April 2025

Untuk Kali Keempat, Bandara Pattimura Ambon Jadi Bandara Terbaik di Asia Pasifik
                
                    
                        
                            Regional
                        
                        29 April 2025

Untuk Kali Keempat, Bandara Pattimura Ambon Jadi Bandara Terbaik di Asia Pasifik
Tim Redaksi
AMBON, KOMPAS.com

Bandara Pattimura
Ambon kembali mengukir prestasi dengan meraih penghargaan sebagai bandara terbaik di kawasan Asia Pasifik.
Ini merupakan kali keempat Bandara Pattimura mendapatkan predikat bergengsi tersebut. Sebelumnya, bandara ini juga menerima penghargaan serupa pada tahun 2021, 2022, dan 2023.
General Manager Bandara Pattimura Ambon,
Shively Sanssouci
, mengungkapkan bahwa penghargaan tersebut diberikan dalam ajang Airport Service Quality (ASQ) Awards 2024 yang diselenggarakan Airport Council International (ACI), sebuah organisasi internasional yang menaungi bandara di seluruh dunia.
“Bandara Pattimura Ambon untuk keempat kalinya meraih penghargaan sebagai bandara terbaik di kawasan Asia Pasifik pada ajang bergengsi ASQ tahun 2024 kategori bandara dengan kapasitas kurang dari 2 juta penumpang per tahun,” kata Shively kepada Kompas.com dalam keterangan tertulis, Selasa (29/4/2025).
Shively menjelaskan bahwa Bandara Pattimura merupakan satu dari 10 bandara yang mendapatkan penghargaan untuk customer experience berdasarkan pilihan penumpang pesawat.
“Total ada 27
penghargaan ASQ
Awards 2024 yang diraih 10 bandara yang dikelola oleh InJourney Airports, dan satu dari 10 bandara tersebut adalah Bandara Pattimura Ambon,” tambahnya.
Penghargaan ini, menurut Shively, merupakan bentuk pengakuan atas upaya berkelanjutan yang dilakukan Bandara Pattimura dalam meningkatkan standar pelayanan kepada pengguna jasa.
“Upaya berkelanjutan tersebut ditunjukkan berdasarkan peningkatan skor dalam penilaian pelayanan bandara melalui program ASQ dari tahun 2021 sampai dengan 2024,” ujarnya.
Ia merinci bahwa pada tahun 2021, Bandara Pattimura Ambon memperoleh skor penilaian 4,98 dari skala 5.
Skor tersebut meningkat menjadi 5 pada tahun 2022, dan pada tahun 2023 kembali mencatatkan skor 4,99.
Untuk tahun 2024, bandara ini berhasil mencapai nilai sempurna dengan skor 5 dari skala 5.
Pada tahun 2024, PT Angkasa Pura Indonesia Cabang Bandar Udara Pattimura Ambon mencatatkan pelayanan kepada 820.742 penumpang, dengan rata-rata 2.762 penumpang per bulan.
Pergerakan pesawat udara tercatat mencapai 9.154 dengan rata-rata 25 pergerakan per bulan, sementara kargo mencapai 7.577.777 kg dengan rata-rata pergerakan 20.816 kg per bulan.
Shively menekankan bahwa keberhasilan meraih penghargaan terbaik di kawasan Asia Pasifik selama empat tahun berturut-turut menjadi motivasi bagi seluruh pegawai Bandara Pattimura Ambon untuk terus memberikan
pelayanan terbaik
.
“Sebagaimana semboyan kami, melayani sepenuh hati, tidak lupa juga kami sampaikan terima kasih sebesar-besarnya kepada seluruh mitra usaha dan mitra kerja, atas bantuan dan kerjasama dalam mewujudkan pelayanan dan pengalaman terbaik bagi penumpang pesawat udara,” ujarnya.
Ia juga memastikan bahwa ke depan, Bandara Pattimura Ambon akan terus berkomitmen untuk berinovasi dalam memberikan layanan kepada pengguna jasa, terutama dalam implementasi teknologi dan digitalisasi untuk pelayanan penumpang pesawat udara.
Copyright 2008 – 2025 PT. Kompas Cyber Media (Kompas Gramedia Digital Group). All Rights Reserved.