Merangkum Semua Peristiwa
Indeks

Tren Belanja Ramadan 2025, Sahur Jadi Waktu Favorit Bertransaksi di Tokopedia dan TikTok Shop

Tren Belanja Ramadan 2025, Sahur Jadi Waktu Favorit Bertransaksi di Tokopedia dan TikTok Shop

FAJAR.CO.ID, JAKARTA – Selama bulan Ramadhan 2025, kebiasaan belanja masyarakat Indonesia mengalami perubahan yang cukup menarik. Kepala Komunikasi Tokopedia dan TikTok E-commerce, Aditia Grasio Nelwan, mengungkapkan bahwa waktu favorit masyarakat untuk berbelanja di platform Tokopedia dan TikTok Shop by Tokopedia ternyata bukan saat ngabuburit, melainkan saat sahur.

“Kita pikir mungkin (berbelanja) itu buat ngabuburit, ya, kata orang Sunda itu menghabiskan waktu sebelum buka mungkin itu salah satu waktu yang ingin digunakan. Cuma ternyata waktu yang paling digemari masyarakat itu waktu sahur,” ujar Adit dalam acara “Bicara Tren Ramadhan 2025” di Jakarta, Senin.

Menurut Adit, momen sahur dianggap sebagai waktu yang ideal bagi masyarakat untuk melakukan transaksi dan pembelian produk. Hal ini berdasarkan data perilaku belanja masyarakat di Tokopedia dan TikTok Shop selama pekan pertama Ramadhan, yakni 1-6 Maret 2025.

“Kami melihat nilai transaksi di Tokopedia dan TikTok Shop itu naik 10,5 kali lipat di bulan Ramadhan saat sahur. Jadi, itu luar biasa sekali, itu adalah waktu yang cukup menarik dari waktu awal bulan Ramadhan ini,” tambahnya.

Adapun produk yang paling banyak dicari selama awal Ramadhan 2025 mencerminkan kebutuhan utama masyarakat selama bulan suci ini. Di Tokopedia, kategori makanan dan minuman didominasi oleh parsel, kurma, dan camilan sebagai produk terlaris. Sementara di TikTok Shop, bahan pokok seperti minyak goreng, gula, kue, serta kurma menjadi pilihan utama pembeli.

Merangkum Semua Peristiwa