Transportasi: Toyota Innova

  • Viral Ban Innova Masih Bagus Tiba-tiba Pecah, Ini Pelajaran Pentingnya!

    Viral Ban Innova Masih Bagus Tiba-tiba Pecah, Ini Pelajaran Pentingnya!

    Jakarta

    Di media sosial viral ban mobil Innova tiba-tiba pecah saat dikendarai di tol. Padahal disebutkan, ban tersebut masih dalam kondisi bagus. Tapi, ban itu pecah di bagian dindingnya.

    Video viral itu diunggah akun TikTok ratna.listy1. Unggahan video itu menarasikan, ban mobil tersebut masih terlihat bagus. Umur ban juga belum tua. Tapi ban bisa pecah dan terlihat hancur.

    “Benar-benar kejadian di luar nalar. Ban masih bagus, umur belum tua, tiba2 pecah dan hancur seperti kerupuk begini. Ada petugas Derek dari Astra Tol Cipali @astratolcipali lewat dan ikut menjaga situasi agar insiden ini tidak sampai mengganggu lalu lintas jalan tol. Serem ya kalau lihat penampakan bannya. Sepertinya mustahil kita selamat jika bukan karena pertolongan Allah,” tulisnya di unggahan TikTok.

    Dalam video yang diunggah tersebut, terlihat ban Innova itu pecah di bagian dinding ban. Tampak bagian dinding ban hancur. Pengendara Innova itu akhirnya menggantinya dengan ban serep.

    Menurut praktisi keselamatan berkendara sekaligus Director Training Safety Defensive Consultant Indonesia (SDCI) Sony Susmana, ban mobil meski terlihat bagus bisa saja mengalami pecah di tengah perjalanan. Hal itu biasanya terkait dengan perawatan ban.

    Sony bilang, dari semua bagian ban, dinding ban adalah yang paling rentan. Makanya, ban mobil kebanyakan pecah di bagian dinding ban.

    “Dari semua bagian ban, yang paling tipis adalah dinding ban, sehingga rata-rata pecah dan rusaknya di situ,” katanya.

    Ada beberapa faktor yang menyebabkan dinding ban pecah saat dikendarai. Faktor-faktor seperti kurang dirawat kebanyakan menjadi pemicunya.

    “Biasanya rusak atau pecah karena sering kurang tekanan angin pada bannya, atau ban sering disemir oplosan, atau tertusuk benda tajam yang tidak terdeteksi, atau cacat produksi (kemungkinan terkecil),” sebut Sony.

    Pelajaran Penting

    Untuk itu, Sony menyarankan sebelum melakukan perjalanan biasakan mengecek kondisi ban, paling tidak secara visual. Kalau tekanan angin berkurang, langsung tambahkan tekanan angin sesuai rekomendasi pabrikan. Untuk berapa besar tekanan angin sesuai rekomendasi pabrikan, biasanya di bagian pintu pengemudi ada tabel spesifikasi tekanan ban yang sesuai.

    “Pahami bahwa ban itu buatan pabrik yang bukan berarti tidak perlu perawatan. Dan di kendaraan, ban tersebut kerjanya paling berat,” ujar Sony.

    “Untuk menghindari kerusakan, biasakan dicek secara visual bannya dan tekanan anginnya setiap pagi hari. Kemudian jangan disemir dengan semir oplosan. Sesuaikan kecepatan kendaraan dengan aturan lalu lintas (maksimal 80 km/jam) karena harapannya jika pecah pun kendaraan masih bisa dikontrol oleh pengemudi,” bebernya.

    (rgr/din)

  • Pecah Ban di Cipali, Ratna Listy: Alhamdulillah, Allah Melindungi Kami

    Pecah Ban di Cipali, Ratna Listy: Alhamdulillah, Allah Melindungi Kami

    Jakarta, Beritasatu.com – Selebritas senior Ratna Listy mengucapkan rasa syukurnya telah diselamatkan oleh Sang Pencipta atas musibah pecah ban mobil Toyota Kijang Innova miliknya di Km 95 Tol Cipali ketika menuju Madiun, Jawa Timur.

    “Alhamdulillah, Allah masih melindungi kami. Coba kalau enggak sempat berhenti, bisa-bisa keburu meledak mobilnya,” ujar Ratna Listy dikutip dari Instagram miliknya, Minggu (7/12/2025).

    Ratna Listy mengatakan saat mengalami pecah ban tersebut, tiba-tiba mengeluarkan asap dari bagian sebelah kiri.

    Ratna Listy mengalami pecah ban di jalan tol Cipali, beruntung Ratna Listy dalam kondisi selamat. – (Beritasatu.com/Instagram)

    “Saat kita menepi, kemudian melihat bannya ternyata banyak mengeluarkan asap dan bannya habis. Padahal, kembang mobilnya masih bagus,” ujarnya.

    “Sampai sekarang masih berasap mobilnya,” lanjutnya.

    Ia mengaku, sebelum berangkat dirinya tiba-tiba merasakan feeling yang enggak enak.

    “Pantesan pagi sebelum berangkat tiba-tiba ada piring pecah di dapur. Biasanya ini merupakan firasat, pertanda agar kita waspada. Ternyata ini yang terjadi,” tutupnya.

  • Hindari Truk, Innova Hitam Terobos Taman dan Tabrak Tiang PJU di Rajawali Surabaya

    Hindari Truk, Innova Hitam Terobos Taman dan Tabrak Tiang PJU di Rajawali Surabaya

    Surabaya (beritajatim.com) – Sebuah Mobil Toyota Innova bernomor polisi L 1406 ABV menerobos masuk ke taman median jalan di ruas Jl Rajawali, Kecamatan Krembangan, Surabaya pada Minggu dini hari, (7/12/2025), setelah mengalami kecelakaan menghindari truk.

    Mobil hitam itu mengalami ringsek cukup parah pada bagian depan bodi mobil, setelah sempat menabrak tiang Penerangan Jalan Umum (PJU) dan sebuah gerobak di pinggir jalan.

    Kabid Pemadam Kebakaran dari Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan (DPKP) Kota Surabaya, Wasis Sutikno, mengungkapkan bahwa insiden kecelakaan itu bermula sekitar pukul 03.05 WIB.

    “Mobil Innova dari arah Pelabuhan Tanjung Perak menuju ke Jalan Rajawali. Saat di traffic light antara Jalan Gresik dan Jalan Rajawali, pengemudi mengindari truk dan lantas hilang kendali,” kata Wasis Sutikno, Minggu (7/12/2025).

    Wasis mengatakan, dalam insiden tersebut tidak ada korban jiwa. Namun demikian mobil mengalami kerusakan dan mendapatkan bantuan evakuasi dari petugas.

    “Unit Team Rescue tiba di lokasi langsung melakukan koordinasi dan evakuasi. Proses evakuasi dilakukan dengan bantuan alat berat dari DPKP Kota Surabaya,” terangnya.

    Penanganan kecelakaan selesai sekitar pukul 05.00 WIB. Wasis mengimbau kepada masyarakat untuk senantiasa berhati-hati saat berkendara, dan apabila mengahadapi situasi darurat diminta menghubungi Call Centre Kedaruratan Kota Surabaya 112.

    “Apabila warga menghadapi kondisi darurat, segera menghubungi Call Center 112 Kota Surabaya atau nomor kedaruratan (WA) 081131112112 untuk penanganan,” tutup Wasis. [rma/suf]

  • Yang Irit Banyak, yang Kencang Ada

    Yang Irit Banyak, yang Kencang Ada

    Jakarta

    Toyota mengundang puluhan media nasional untuk menguji jajaran komplet kendaraan mereka. Market leader kendaraan roda empat ini seakan mau membuktikan kalau mereka punya semua pilihan untuk masyarakat Indonesia: dari yang irit sampai yang kencang.

    Cuaca Lombok, Nusa Tenggara Barat, di awal Desember sebenarnya tidak bisa dibilang menyenangkan. Hujan deras, panas, dan gerimis seenaknya saja bergantian datang dan pergi. Tiga hari menjelajah Lombok mengendarai mobil-mobil hybrid Toyota dan line up GR-nya, kondisi cuaca seperti itu jadi menu tetap saya bersama puluhan wartawan lain.

    Test drive di Lombok ini digelar hanya sekitar dua pekan setelah Veloz Hybrid secara globol meluncur. Toyota memang menjadikan ajang test drive ini untuk lebih mengenalkan jagoan terbarunya ke khalayak banyak–meski sejatinya mereka tetap menurunkan banyak pilihan kendaraan hybrid lain.

    Toyota Veloz Hybrid Foto: Toyota Astra Motor

    Ada dua Veloz Hybrid yang diturunkan Toyota pada kesempatan test drive tiga hari ini. Sementara kendaraan elektrifikasi hybrid lainnya yang diturunkan adalah Yaris Cross HEV, Corolla Cross HEV, Innova Zenix HEV, Alphard HEV, Vellfire HEV, sampai Corolla Altis HEV, dan Camry HEV.

    Bandara Internasional Lombok menjadi titik start kami. Karakter jalanan Lombok yang berliku dan naik-turun membuat sesi test drive ini menjadi menyenangkan. Untungnya juga, jalanan di Lombok sangat minim volume kendaraan, ini membuat eksplorasi terhadap mobil jadi lebih optimal.

    Total ada tujuh mobil saya naikin sepanjang tiga hari test drive di Lombok ini. Mulai dari Corolla Cross hybrid, Veloz hybrid, Vellfire Hybrid, Alphard hybrid, Camry hybrid, Altis hybrid, serta Innova Zenix hybrid.

    Bergantian menjadi sopir dan penumpang, terasa betul bagaimana line up mobil-mobil hybrid Toyota bisa melibas jalur-jalur jalanan pusat kota Lombok sampai ke luar kota tanpa kendala sama sekali.

    Iring-iringan mobil hybrid Toyota saat digelar sesi test drive di Lombok. Foto: Toyota Astra Motor

    Sama sekali tidak ada masalah soal tenaga, Toyota menunjukkan kenapa mereka jadi produsen mobil hybrid paling laris di Indonesia. Termasuk ketika saya harus duduk di baris kedua Veloz hybrid yang baru saja launching. Sebagai pengguna lama Veloz, bangku baris kedua versi hybrid ini sungguh menawarkan kenyamanan yang jauh lebih baik.

    Menaklukkan GR Toyota di Sirkuit Mandalika

    Selain menjelajah jalan-jalan kota Lombok dan sekitarnya, kami juga sempat menghabiskan satu hari di Sirkuit Mandalika. Tentunya tidak lagi naik mobil-mobil hybrid. Toyota menyediakan kami line up terbuasnya yang dijual di Indonesia: Toyota GR.

    Ada lima unit GR yang disiapkan Toyota untuk disiksa di Sirkuit Mandalika, yakni New GR Yaris MT, GR Supra, GR Corolla serta GR86 MT dan AT.

    Ada dua mobil yang saya coba di atas lintasan, GR 86 AT dan GR Yaris MT. Meski masing-masing mobil hanya digeber dua lap, sungguh itu jadi pengalaman yang luar biasa.

    Dengan handling yang stabil dan penuh akurasi, GR 86 AT dan GR Yaris MT mampu mengikuti apa pun input driver dengan akurat. Kata Toyota, ini memang menjadi fokus pengembangan GAZOO Racing, yang mengutamakan keinginan driver begitu berada di balik kemudi, alias driver-first.

    GR86 dipersenjatai mesin 4-silinder 2.387 cc yang menghasilkan tenaga 235 PS pada 7.000 rpm dan torsi 250 Nm pada 3.700 rpm. Power sebesar itu didistribusikan ke roda belakang. Keberadaan Torsen limited-slip differential, memberikan traksi yang meyakinkan saat menikung.

    Mobil GR Toyota di Sirkuit Mandalika (Foto: Toyota Astra Motor)

    Toyota menyebut GR86 mengadopsi pengembangan yang dilakukan pada kompetisi motorsport global. Termasuk pengalaman berkendara yang responsif dan powerful, serta desain yang stylish. Sistem suspensi sebagai penopang kinerja mobil saat manuver cepat ikut direvisi untuk memberikan pergerakan yang dapat diprediksi oleh pengemudi.

    GR Yaris dibekali mesin G16E-GTS 1.600 cc 3 silinder direct injection turbocharger penggerak 4 roda (4WD) GR-FOUR. Dari konfigurasi itu dihasilkan tenaga maksimal 300 HP pada putaran mesin 6.500 rpm. Sedangkan torsinya 400 Nm pada putaran 3.250-4.600 rpm. Menariknya, ini merupakan salah satu mesin pabrikan dengan kubikasi kecil tapi punya tenaga paling besar di dunia.

    (din/rgr)

  • Viral Ban Innova Masih Bagus Tiba-tiba Pecah, Ini Pelajaran Pentingnya!

    Viral Ban Innova Masih Bagus Tiba-tiba Pecah, Kok Bisa?

    Jakarta

    Di media sosial TikTok viral ban mobil Kijang Innova tiba-tiba pecah saat dikendarai. Dinarasikan, ban dalam kondisi bagus, tapi tetap pecah hingga terlihat hancur. Kok bisa?

    Video viral itu diunggah akun TikTok ratna.listy1. Dia menarasikan, ban mobil tersebut masih terlihat bagus. Umur ban juga belum tua. Tapi ban bisa pecah dan terlihat hancur.

    “Benar-benar kejadian di luar nalar. Ban masih bagus, umur belum tua, tiba2 pecah dan hancur seperti kerupuk begini. Ada petugas Derek dari Astra Tol Cipali @astratolcipali lewat dan ikut menjaga situasi agar insiden ini tidak sampai mengganggu lalu lintas jalan tol. Serem ya kalau lihat penampakan bannya. Sepertinya mustahil kita selamat jika bukan karena pertolongan Allah,” tulisnya di unggahan TikTok.

    Dalam video yang diunggah tersebut, terlihat ban Innova itu pecah di bagian dinding ban. Terlihat bagian dinding ban hancur. Pengendara Innova itu akhirnya menggantinya dengan ban serep.

    @ratna.listy1 Benar-benar kejadian di luar nalar. Ban masih bagus, umur belum tua, tiba2 pecah dan hancur seperti kerupuk begini. Ada petugas Derek dari Astra Tol Cipali @astratolcipali lewat dan ikut menjaga situasi agar insiden ini tidak sampai mengganggu lalu lintas jalan tol. Serem ya kalau lihat penampakan bannya. Sepertinya mustahil kita selamat jika bukan karena pertolongan Allah. 😢 #tolcipali #banmeletus #kecelakaantolcipali ♬ suara asli – Ratna Listy

    Praktisi keselamatan berkendara sekaligus Director Training Safety Defensive Consultant Indonesia (SDCI) Sony Susmana bilang, memang tetap ada kemungkinan ban mobil pecah meski kondisinya masih bagus. Hal itu disebabkan karena faktor perawatan.

    “Ban bisa pecah karena banyak hal, terutama salah dalam perawatan sekalipun belum habis masa pakai sesuai dengan umur penggantian,” kata Sony kepada detikOto, Minggu (7/12/2025).

    Menurut Sony, dari semua bagian ban, dinding ban adalah yang paling rentan. Makanya, ban mobil kebanyakan pecah di bagian dinding ban.

    “Dari semua bagian ban, yang paling tipis adalah dinding ban, sehingga rata-rata pecah dan rusaknya di situ,” katanya.

    Ada beberapa faktor yang menyebabkan dinding ban pecah saat dikendarai. Faktor-faktor seperti kurang dirawat kebanyakan menjadi pemicunya.

    “Biasanya rusak atau pecah karena sering kurang tekanan angin pada bannya, atau ban sering disemir oplosan, atau tertusuk benda tajam yang tidak terdeteksi, atau kemungkinan terkecil cacat produksi,” sebut Sony.

    Untuk itu, Sony menyarankan sebelum melakukan perjalanan biasakan mengecek kondisi ban, paling tidak secara visual. Kalau tekanan angin berkurang, segera tambahkan tekanan angin sesuai rekomendasi pabrikan. Untuk berapa besar tekanan angin sesuai rekomendasi pabrikan, biasanya di bagian pintu pengemudi ada tabel spesifikasi tekanan ban yang sesuai.

    (rgr/din)

  • Skema Nyicil Kijang Innova Reborn Berwajah Baru, Bayar Segini Tiap Bulan

    Skema Nyicil Kijang Innova Reborn Berwajah Baru, Bayar Segini Tiap Bulan

    Jakarta

    Kijang Innova Reborn tampilannya disegarkan. Meski begitu, harganya tak berubah. Kalau kamu belinya kredit, segini nih besar cicilannya tiap bulan.

    Harga Kijang Innova Reborn tak mengalami perubahan. Padahal, Toyota baru-baru ini memberikan enam ubahan pada bagian eksterior dan interior Innova Reborn Diesel. Kijang Innova Reborn Diesel terbaru harganya paling murah Rp 416,6 juta dan yang termahal Rp 437,5 juta. Kalau kamu mau nyicil, dengan opsi DP rendah 20 persen, maka cicilannya mulai Rp 8 jutaan. Nah berikut ini simulasi cicilan DP 20 persen untuk Kijang Innova Reborn Diesel.

    Skema Cicilan Kijang Innova Reborn Diesel

    Kijang Innova Reborn 2.4 G M/T: Rp 416,6 juta
    DP 20 persen: Rp 83,32 juta

    Tenor: 12 bulan
    Total pembayaran pertama: Rp 121.797.958
    Cicilan per bulan: Rp 30,326 jutaTenor: 24 bulan
    Total pembayaran pertama: Rp 107.916.414
    Cicilan per bulan: Rp 16,431 jutaTenor: 36 bulan
    Total pembayaran pertama: Rp 103.415.287
    Cicilan per bulan: Rp 11,918 jutaTenor: 48 bulan
    Total pembayaran pertama: Rp 101.166.369
    Cicilan per bulan: Rp 9,658 jutaTenor: 60 bulan
    Total pembayaran pertama: Rp 99.933.659
    Cicilan per bulan: Rp 8,415 juta

    Kijang Innova Reborn 2.4 G A/T: Rp 437,5 juta
    DP 20 persen: Rp 87,5 juta

    Tenor: 12 bulan
    Total pembayaran pertama: Rp 127.669.875
    Cicilan per bulan: Rp 31,848 jutaTenor: 24 bulan
    Total pembayaran pertama: Rp 113.091.006
    Cicilan per bulan: Rp 17,255 jutaTenor: 36 bulan
    Total pembayaran pertama: Rp 108.363.475
    Cicilan per bulan: Rp 12,515 jutaTenor: 48 bulan
    Total pembayaran pertama: Rp 106.002.113
    Cicilan per bulan: Rp 10,142 jutaTenor: 60 bulan
    Total pembayaran pertama: Rp 105.107.919
    Cicilan per bulan: Rp 8,837 juta6 Perubahan Kijang Innova Reborn Diesel

    Itu tadi skema cicilan Kijang Innova Reborn Diesel terbaru. Kalau dirasa cicilannya terlalu berat, maka kamu bisa menyesuaikan besar uang mukanya. Makin besar uang muka, cicilannya tentu akan lebih ringan.

    Kijang Innova Reborn Diesel versi anyar ini punya enam pembaruan. Pertama, di bagian depan Innova Reborn mendapatkan sentuhan grill baru. Grille trapesium kini menampilkan tiga palang abu-abu yang dipadukan dengan bezel hitam ramping, menciptakan tampilan yang lebih mencolok dan percaya diri di jalan.

    Selanjutnya desain lampu depan yang baru. Lampu depannya dibuat dengan sudut tajam dan bentuk yang khas, tidak hanya memberikan visibilitas yang jelas tetapi juga tampilan yang bergengsi di jalan.

    Di bagian belakang juga ada penyegaran. Bagian belakang kini menampilkan emblem yang diposisikan ulang dan garnish hitam ramping, yang semakin mempercantik tampilannya.

    Lanjut, di bagian interior ada beberapa pembaruan. Kini, Kijang Innova Reborn mendapatkan layar head unit 9 inci terbaru dengan konektivitas smartphone. Layar yang lebih besar yang dilengkapi dengan integrasi ponsel pintar canggih.

    Kemudian ada ornamen panel kayu yang baru. Warna kayu yang elegan pada panel instrumen meningkatkan kesan mewah dan nyaman di dalam kabin.

    Terakhir penggunaan pola kain jok baru dan sandaran tangan berwarna hitam. Innova Reborn kini dilengkapi dengan jok berbahan kain halus dengan pola yang elegan, serta sandaran tangan berwarna gelap yang menciptakan kesan mewah sekaligus menjamin kenyamanan.

    (dry/rgr)

  • Kijang Innova Reborn Diesel Masih Banyak yang Nyari

    Kijang Innova Reborn Diesel Masih Banyak yang Nyari

    Jakarta

    Kijang Innova Reborn diesel masih banyak dicari orang Indonesia. Ini lantaran Innova Reborn diesel mengusung kombinasi RWD, platform ladder-frame, dan mesin diesel.

    Toyota belum lama ini menyegarkan tampilan Kijang Innova Reborn Diesel. Ada beberapa pembaruan yang disematkan pada bagian interior maupun eksterior. Setidaknya ada enam pembaruan pada Innova Reborn terbaru ini.

    Pertama, di bagian depan Innova Reborn mendapatkan sentuhan grill baru. Grille trapesium kini menampilkan tiga palang abu-abu yang dipadukan dengan bezel hitam ramping, menciptakan tampilan yang lebih mencolok dan percaya diri di jalan.

    Selanjutnya desain lampu depan yang baru. Lampu depannya dibuat dengan sudut tajam dan bentuk yang khas, tidak hanya memberikan visibilitas yang jelas tetapi juga tampilan yang bergengsi di jalan.

    Di bagian belakang juga ada penyegaran. Bagian belakang kini menampilkan emblem yang diposisikan ulang dan garnish hitam ramping, yang semakin mempercantik tampilannya.

    Lanjut, di bagian interior ada beberapa pembaruan. Kini, Kijang Innova Reborn mendapatkan layar head unit 9 inci terbaru dengan konektivitas smartphone. Layar yang lebih besar yang dilengkapi dengan integrasi ponsel pintar canggih.

    Kemudian ada ornamen panel kayu yang baru. Warna kayu yang elegan pada panel instrumen meningkatkan kesan mewah dan nyaman di dalam kabin.

    Terakhir penggunaan pola kain jok baru dan sandaran tangan berwarna hitam. Innova Reborn kini dilengkapi dengan jok berbahan kain halus dengan pola yang elegan, serta sandaran tangan berwarna gelap yang menciptakan kesan mewah sekaligus menjamin kenyamanan.

    Innova Reborn Diesel Masih Banyak Dicari

    Penyegaran itu memang sengaja dilakukan Toyota lantaran permintaan akan Innova Reborn Diesel masih cukup tinggi. Direktur Marketing PT Toyota Astra Motor Jap Ernando Demily mengungkap penyegaran dilakukan agar Innova Reborn Diesel masih sesuai dengan perkembangan tren di Tanah Air.

    “Innova Reborn tetap menjadi ultimate MPV bagi pelanggan yang membutuhkan kenyamanan dan ketangguhan untuk menghadapi berbagai kondisi jalan, berkat konfigurasi RWD, platform ladder-frame, serta mesin diesel,” kata Ernando dilansir CNN Indonesia.

    Meski terhitung sebagai model lama, nyatanya Innova Reborn Diesel masih memberikan kontribusi signifikan terhadap keseluruhan penjualan Innova. Pun dengan Innova Zenix, penjualannya hanya berselisih tipis.

    “Porsi Reborn di sekitar 45 persen. Karena memang kami melihat masih ada kebutuhan yang cukup tinggi untuk model ini, terutama di luar Pulau Jawa seperti Sumatera, serta mostly rural area ya,” lanjut Ernando.

    (dry/din)

  • Duh! Masih Ada Aja Innova-Pajero Gaya-gayaan Pakai Pelat Polisi Palsu dan Strobo

    Duh! Masih Ada Aja Innova-Pajero Gaya-gayaan Pakai Pelat Polisi Palsu dan Strobo

    Jakarta

    Kijang Innova dan Pajero Sport kedapatan menggunakan pelat dinas polisi palsu disertai dengan atribut strobo-sirene. Pemilik mobil pun ditindak sebagai upaya pemberian efek jera.

    Penggunaan lampu strobo dan sirene telah dibekukan Korlantas Polri. Nyatanya pembekuan itu tak serta merta bikin pengendara kapok. Buktinya, masih ada aja pengendara yang menggunakan atribut strobo dan sirene pada mobilnya. Lebih parahnya lagi, menggunakan pelat dinas polisi palsu! Ya, pelat polisi palsu itu nekat disematkan oleh pengendara Kijang Innova Reborn dan Mitsubishi Pajero Sport di Bandung.

    Dikutip dari Instagram tmcpolrestabesbandung, Satlantas Polrestabes Bandung mengamankan kendaraan yang menggunakan nopol dinas, strobo, dan sirene yang tidak sesuai peruntukannya. Diketahui pemilik kendaraan tersebut bukan merupakan anggota Polri dan menggunakan nopol dinas palsu untuk kepentingan pribadi dan gaya.

    Pertama Pajero Sport, terlihat memiliki empat pelat nomor. Dua di antaranya merupakan pelat khusus dengan akhiran ‘ZZP’. Kemudian satu sisanya adalah pelat dinas polri 1205-00. Satunya lagi adalah pelat nomor biasa D-44-ASA.

    Kemudian untuk Kijang Innova Reborn, tersemat pelat dinas Polri palsu 3030-01. Pelat aslinya adalah B 2621 KMF sebagaimana terlihat dalam video.

    “Satlantas Polrestabes Bandung menindak tegas dengan melepas semua atribut yang berhubungan dengan Instansi Polri yang menempel pada kendaraan tersebut, dan melepas Sirini serta Strobo yang terpasang di kendaraan tersebut,” demikian penjelasannya.

    Penindakan tersebut diharapkan bisa memberikan efek jera kepada siapapun yang sengaja menggunakan atribut Polri baik pelat nomor palsu, sirene, dan juga strobo. Apalagi penggunaannya hanya untuk bergaya.

    Strobo dan Sirene Dibekukan

    Sebagai pengingat, penggunaan strobo dan sirene telah dibekukan oleh Korps Lalu Lintas (Korlantas) Polri. Korlantas telah mengambil langkah tegas soal penggunaan strobo dan sirene di jalan raya. Mereka membekukan pemakaian dua perangkat tersebut.

    “Kami menghentikan sementara penggunaan suara-suara itu, sembari dievaluasi secara menyeluruh. Pengawalan tetap bisa berjalan, hanya saja untuk penggunaan sirene dan strobo sifatnya dievaluasi. Kalau memang tidak prioritas, sebaiknya tidak dibunyikan,” ujar Kepala Korps Lalu Lintas (Kakorlantas) Polri Irjen Pol Agus Suryonugroho, beberapa pekan lalu.

    Lebih jauh, Agus menekankan, penggunaan sirene hanya boleh dilakukan pada kondisi tertentu yang benar-benar membutuhkan prioritas. Bukan asal-asalan demi mengejar kecepatan.

    “Kalaupun digunakan, sirene itu untuk hal-hal khusus, tidak sembarangan. Sementara ini sifatnya imbauan agar tidak dipakai bila tidak mendesak,” tegasnya

    (dry/din)

  • Intip Garasi Menhut Raja Juli yang Diminta Mundur oleh Anggota DPR

    Intip Garasi Menhut Raja Juli yang Diminta Mundur oleh Anggota DPR

    Jakarta

    Menteri Kehutanan Raja Juli Antoni diminta mundur oleh anggota DPR Usman Husin. Menilik sisi lain, intip isi garasi Raja Juli.

    Anggota Komisi IV DPR RI, Usman Husin meminta agar Menteri Kehutanan Raja Juli Antoni mundur dari posisinya. Usman menyebut Raja Juli tak paham dengan kondisi kehutanan berkaitan dengan bencana yang terjadi di Sumatra.

    “Mohon izin teman-teman Komisi IV, saya keras karena saya paling hatinya kasih sehingga saya saran Pak Menteri, kalau Pak Menteri nggak mampu, mundur aja. Pak Menteri nggak paham tentang kehutanan,” tegas Usman dikutip detikNews.

    Ia menyinggung kabar Kemenhut mengeluarkan izin di Tapanuli Selatan untuk pelepasan kawasan hutan. Usman lantas mempertanyakan kapan daerah yang gundul di Sumatera ditanami pohon-pohon lagi.

    “Kenapa saya katakan gitu? saya contoh di Tapanuli Selatan bulan Oktober Pak Menteri keluarkan izin, Bupati sudah katakan syukur-syukur izin ditutup. Ternyata Oktober, 30 November izinnya keluar sehingga apa yang disampaikan oleh Pak Menteri tidak sejalan semua Pak,” kata Usman.

    “Jadi seolah-olahnya kita nih ya bisa diakal-akalin semua Ini ruangan yang terhormat. Saya minta Pak Menteri sekali lagi tolong fokus tiga provinsi ini kapan bisa tanam kembali pohon untuk bisa hidup yang gundul itu,” tambahnya.

    Raja Juli mengatakan tak pernah mengeluarkan izin pelepasan kawasan hutan termasuk di tiga provinsi yang terdampak bencana banjir dan longsor saat ini. Ia menegaskan selalu mengikuti arahan Prabowo untuk hati-hati memberikan izin.

    “Saya bisa bersaksi, saya secara ketat seperti apa yang diperintahkan Pak Presiden Prabowo Subianto tidak pernah mengeluarkan atau menurunkan fungsi hutan,” ujar Raja Juli.

    “Termasuk Ketua, Pak Wakil Ketua, di 3 provinsi terdampak. Satu jengkal pun saya tidak pernah melakukan pelepasan kawasan di tempat tersebut,” tambahnya lagi.

    Raja Juli memang tengah jadi sorotan di tengah bencana Sumatra. Pun sebelum bencana Sumatra, dirinya juga pernah disorot lantaran kedapatan main domino bersama tersangka kasus pembalakan liar. Di luar hal itu, harta kekayaan Raja Juli jadi ikut disorot.

    Isi Garasi Raja Juli Antoni

    Dalam Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN) yang disetor Raja Juli pada 16 Januari 2025, dia diketahui punya harta Rp 11 miliaran. Khusus isi garasi, ada empat kendaraan yang menjadi asetnya dengan rincian sebagai berikut.

    1. Mobil Nissan Xtrail tahun 2014, hasil sendiri senilai Rp 138 juta
    2. Mobil Ford Fiesta tahun 2014, hasil sendiri senilai Rp 86 juta
    3. Mobil Toyota Innova tahun 2018, hasil sendiri senilai Rp 309 juta
    4. Motor Honda Supra Fit tahun 2005, hasil sendiri senilai Rp 3,1 juta

    Bila ditotal, mobil dan motor yang masuk dalam aset alat transportasi dan mesin itu nilainya Rp 536,1 juta. Alat transportasi dan mesin itu merupakan aset terbesar keempat setelah tanah dan bangunan senilai Rp 8.729.585.000 (8 miliaran), kas dan setara kas senilai Rp 3.106.826.820 (3 miliaran), harta bergerak lainnya senilai Rp 681,75 juta, dan surat berharga Rp 86 juta. Raja Juli juga melapor memiliki utang sebesar Rp 1.880.788.000 (1,88 miliaran). Secara keseluruhan, harta kekayaan Raja Juli senilai Rp 11.259.473.820 (11 miliaran).

    (dry/din)

  • Intip Garasi Bos Bea Cukai yang Janji Berbenah usai Diancam Purbaya

    Intip Garasi Bos Bea Cukai yang Janji Berbenah usai Diancam Purbaya

    Jakarta

    Dirjen Bea Cukai, Djaka Budi Utama berjanji instansinya akan berbenah usai diancam Menteri Keuangan Purbaya Yudhi Sadewa. Menilik sisi lain dari bos Bea Cukai di Indonesia, apa saja isi garasinya?

    Dikutip dari Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN) terakhir yang dilaporkan Djaka sebagai Asintel Panglima TNI, dia punya harta sebesar Rp 4.703.334.767 (Rp 4,7 miliaran).

    Khusus isi garasinya, pada LHKPN yang disetor pada 28 Juni 2024, Djaka hanya mendaftarkan satu unit mobil yakni Toyota Innova lansiran 2021. Harga mobil itu ditaksir Rp 256 juta.

    Tidak ada daftar kendaraan lain yang dilaporkan Djaka. Status mobil itu diperoleh atas hasil sendiri.

    Purbaya ancam Bea Cukai dibubarkan

    Menteri Keuangan (Menkeu) Purbaya Yudhi Sadewa meminta waktu satu tahun kepada Presiden Prabowo Subianto untuk memperbaiki kinerja Bea Cukai. Jika tak ada perbaikan, Bendahara Negara mengancam akan membekukan instansi tersebut.

    Menanggapi ini, Dirjen Bea Cukai, Djaka Budi Utama optimis mampu memperbaiki instansinya dalam kurun waktu satu tahun. Pasalnya jika tidak, Bea Cukai akan benar-benar dibekukan sehingga karyawan dirumahkan dan makan gaji buta.

    “Ya optimis, harus optimis (perbaikan dalam waktu satu tahun). Kalau kita nggak optimis, tahun depan kita selesai semua. Apakah mau Bea Cukai ataupun pegawai Bea Cukai dirumahkan dengan makan gaji buta aja itu? Tentu tidak akan mau,” sebut Djaka saat ditemui di Kantor Wilayah Bea Cukai Jakarta, Rabu (3/12/2025).

    Purbaya berkali-kali mengancam akan membekukan Bea Cukai jika instansi tersebut tak menunjukkan perbaikan. Bahkan sebanyak 16.000 pegawai terancam dirumahkan.

    “Kalau memang nggak bisa perform ya kita bekukan, dan betul-betul beku. Artinya 16.000 pegawai Bea Cukai kita rumahkan. Tapi saya minta waktu ke Presiden untuk memperbaiki Bea Cukai,” ujar Purbaya di sela-sela Rapimnas KADIN 2025 di The Park Hyatt Hotel Jakarta, Senin (1/12/2025).

    (riar/dry)