Transportasi: Toyota Innova

  • Ini Satu-satunya Mobil di Garasi Sri Mulyani

    Ini Satu-satunya Mobil di Garasi Sri Mulyani

    Jakarta

    Kijang Innova Zenix menjadi satu-satunya mobil di garasi Menteri Keuangan Sri Mulyani. Aset alat transportasi dan mesin lainnya milik Sri adalah motor. Ini rinciannya.

    Harta kekayaan Menteri Keuangan Sri Mulyani mengalami kenaikan. Sebagaimana terlihat dalam Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN) yang dirilis KPK, kenaikan harta kekayaan Sri Mulyani itu sebesar 16,3 persen atau sebesar Rp 13.013.107.535. Pada LHKPN 2023 yang disetor tahun 2024, Sri tercatat punya harta sebesar Rp 79.841.692.348. Kemudian pada LHKPN 2024 yang disetor tahun 2025, hartanya kini naik menjadi Rp 92.854.709.883.

    Ada sejumlah aset yang mengalami kenaikan, salah satunya berupa alat transportasi dan mesin. Aset ini berisi deretan kendaraan milik Sri Mulyani. Khusus aset alat transportasi dan mesin nilainya naik Rp 578,082 juta atau sebesar 282,24 persen dibandingkan tahun sebelumnya. Terpantau ada penambahan berupa satu unit mobil Toyota Innova Zenix lansiran tahun 2024.

    Mobil itu berstatus hasil sendiri dengan nilai Rp 638,9 juta. Menariknya, Innova Zenix ini menjadi satu-satunya mobil di garasi Sri Mulyani lantaran aset kendaraan lainnya adalah tiga motor. Untuk tahu lengkapnya berikut ini deretan kendaraan milik Sri Mulyani.

    Isi Garasi Sri Mulyani

    1. Motor Honda Rebel CMX500 tahun 2019, hasil sendiri senilai Rp 100 juta
    2. Motor Honda Scoopy tahun 2022, hasil sendiri senilai Rp 18 juta
    3. Motor Honda PCX tahun 2022, hasil sendiri senilai Rp 26 juta
    4. Mobil Toyota Innova Zenix tahun 2024, hasil sendiri senilai Rp 638,9 juta

    Selain aset alat transportasi dan mesin, aset berupa tanah dan bangunan juga nilainya naik dari sebelumnya Rp 48.985.882.232 menjadi Rp 49.541.046.561. Peningkatan juga terjadi di aset surat berharga, bahkan kenaikannya mencapai 43,93 persen atau sekitar Rp 10.666.917.717. Berkat kenaikan itu, aset surat berharga Sri nilainya Rp 34.947.646.914.

    Aset lain yang juga nilainya naik adalah kas dan setara kas. Kini nilai aset tersebut Rp 16.502.936.584. Terakhir ada aset berupa harta bergerak lainnya yang nilainya turun Rp 54.820.000 menjadi Rp 391.700.000. Utang Sri Mulyani yang sebelumnya mencapai Rp 9.531.643.128 itu juga turun dan kini menjadi Rp 9.311.520.176.

    (dry/din)

  • 3 Mobil Bernilai Miliaran Milik Bupati Pati Sudewo

    3 Mobil Bernilai Miliaran Milik Bupati Pati Sudewo

    Jakarta

    Ada tiga mobil yang per unitnya bernilai miliaran milik Bupati Pati Sudewo. Begini rinciannya.

    Bupati Pati Sudewo melaporkan memiliki delapan kendaraan. Khusus kendaraan yang tergabung dalam aset alat transportasi dan mesin itu, nilainya mencapai Rp 6.336.060.000 (6 miliaran).

    Mobil Miliaran di Garasi Sudewo

    Dari total delapan kendaraan itu, tiga di antaranya bernilai miliaran rupiah per unit. Dilihat detikOto dalam laman Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN) yang disetor Sudewo pada 11 April 2025 khusus awal menjabat sebagai Bupati Pati, tiga mobil yang nilianya miliaran itu adalah BMW X5, Toyota Alphard, dan Toyota Land Cruiser. Rinciannya sebagai berikut:

    – Mobil BMW X5 tahun 2023, hasil sendiri senilai Rp 1,9 miliar
    – Mobil Toyota Alphard tahun 2024, hasil sendiri senilai Rp 1,7 miliar
    – Mobil Toyota Land Cruiser tahun 2019, hasil sendiri senilai Rp 1,9 miliar.

    Sementara lima kendaraan lainnya nilainya bervariasi mulai dari Rp 4 juta hingga ratusan juta rupiah.

    – Mobil Toyota Innova tahun 2013, hasil sendiri senilai Rp 120 juta
    – Mobil Toyota Harrier tahun 2014, hasil sendiri senilai Rp 400 juta
    – Motor Honda BeAT tahun 2017, hasil sendiri senilai Rp 4 juta
    – Motor Suzuki TS125 tahun 2004, hasil sendiri senilai Rp 25 juta
    – Mobil Mitsubishi Pajero Sport tahun 2019, hasil sendiri senilai Rp 287,05 juta

    Jika dibandingkan dengan LHKPN sebelumnya, aset kendaraan Sudewo ini mengalami kenaikan nilai mencapai 48,31 persen. Pada LHKPN 2023, aset kendaraan Sudewo nilainya Rp 4.272.075.000 (4 miliaran).

    Sudewo Dituntut Mundur

    Di luar isi garasi, nama Sudewo memang tengah jadi sorotan. Sudewo juga dituntut mundur dari jabatannya usai mengumumkan kebijakan yang dinilai tidak pro masyarakat. Dikutip detikJateng, massa yang tergabung dalam Aliansi Masyarakat Pati Bersatu berunjuk rasa menuntut Sudewo mundur. Namun Sudewo menegaskan dia tidak akan berhenti atau mundur dari jabatannya.

    “Tuntutan sudah disampaikan tadi. Kalau saya dipilih oleh rakyat secara konstitusional. Secara demokratis jadi tidak bisa saya harus berhenti dengan tuntutan itu, semua ada mekanisme,” kata Sudewo.

    Sudewo juga merespons aksi demo yang berlangsung ricuh. Dia juga mengaku akan menjadikan kasus ini menjadi pelajaran untuknya.

    (dry/rgr)

  • Cerita Perjalanan Menuju Motaain, Titik Paling Ujung di Timur Indonesia 
                
                    
                        
                            Megapolitan
                        
                        13 Agustus 2025

    Cerita Perjalanan Menuju Motaain, Titik Paling Ujung di Timur Indonesia Megapolitan 13 Agustus 2025

    Cerita Perjalanan Menuju Motaain, Titik Paling Ujung di Timur Indonesia
    Tim Redaksi
    BELU, KOMPAS.com
    – “Mendaki gunung lewati lembah. Sungai mengalir indah ke samudra.”
    Sepenggal lirik lagu ost Ninja Hatori di atas menggambarkan perjalanan saya, Dzaky Nurcahyo—jurnalis Kompas.com— menuju salah satu titik paling timur di Indonesia.
    Bersama Badan Nasional Pengelola Perbatasan (BNPP), saya berkesempatan untuk menyambangi Pos Lintas Batas Negara (PLBN) Motaain yang terletak di Kecamatan Tasifeto, Belu, Nusa Tenggara Timur (NTT), Rabu (13/8/2025).
    PLBN Motaain merupakan perbatasan paling timur yang memisahkan Indonesia dengan wilayah Timor Leste.
    Perjalanan menuju tapal batas Indonesia saya mulai dari Jakarta dengan menumpangi pesawat pelat merah menuju Bandara El Tari, Kupang, NTT.
    Saya dan tim BNPP berangkat pukul 06.45 WIB dari Terminal 3 Bandara Soekarno-Hatta. Perjalanan ke Kupang memakan waktu kurang lebih 3 jam.
    Sesampainya di Bandara El Tari, kami bergegas menumpangi mobil Toyota Innova berwarna hitam menuju PLBN Motaain.
    Jefri, sopir yang membawa kami menuju PLBN Motaain mengungkapkan, perjalanan menuju Belu paling cepat sekitar 8 jam.
    “Jalan menuju ke Belu penuh kelok, melewati banyak bukit,” ujar dia sambil memacu mobilnya.
    Seingat saya, kami berangkat dari Bandara El Tari sekitar pukul 10.30 WITA. Saat itu, cuaca sangat terik sampai menembus kaca film mobil Jefri.
    Nyaris tak ada hambatan selama perjalanan, mobil bisa dipacu dengan kecepatan rata-rata 80 KM per jam.
    Saking tak ada hambatannya, saya bahkan banyak bertukar cerita dengan Jefri, yang ternyata keluarga besarnya banyak berwarga negara Timor Leste.
    “Keluarga mama kebanyakan di Timor Leste. Dulu kami mengungsi ke Kupang saat ada kerusuhan,” ucap Jefri.
    Sambil bercuap tentang keluarganya, tak terasa Jefri telah memacu mobilnya selama 1,5 jam.
    Kami kemudian memasuki wilayah Fatuleu di Kabupaten Kupang. Fatuleu merupakan salah satu wilayah dataran tinggi di NTT.
    Kata Jefri, perjalanan menantang baru dimulai di Fatuleu. Karena dari Fatuleu, kontur jalan mulai berkelok, menurun, dan naik melewati bukti.
    Benar saja, tak lama setelah memasuki kawasan Fatuleu, kami disambut dengan rimbunan pepohonan yang berada di kanan dan kiri jalan.
    Perut saya juga seketika terkocok karena kontur jalan berubah drastis. Saya bahkan sampai harus menahan lapar karena ditakutkan akan mual kalau mengisi perut.
    Perjalanan ini terus saya alami sekitar tujuh jam hingga tiba di Kabupaten Belu sekitar pukul 18.00 WITA.
    Meski tiba di Kabupaten Belu saat cahaya matahari memudar, tetapi perjalanan ke PLBN Motaain tak semudah melangkahkan kaki.
    Ibu kota Kabupaten Belu, Atambua, sedang ramai-ramainya hari ini. Masyarakat di Atambua kebetulan sedang melaksanakan pawai yang membuat jalan utama diblokade.
    Saya dan tim BNPP akhirnya memilih jalan memutar, yang seharusnya dari Atambua ke PLBN Motaain hanya 60 menit, menjadi 2 jam.
    Kami bahkan sampai membelah hutan dan menyusuri pesisir laut karena memilih jalan alternatif.
    Setelah 8,5 jam perjalanan darat, kami akhirnya tiba di PLBN Motaain dengan selamat tanpa kekurangan apapun.
    Kami lalu disambut dengan sejumlah pejabat PLBN Motaain yang kebetulan tengah mempersolek area PLBN menyambut HUT ke-80 RI.
    Ekspedisi wilayah perbatasan ini merupakan kerjasama redaksi Kompas.com dengan Badan Nasional Pengelola Perbatasan (BNPP).
    Selain PLBN Motaain, ekspedisi serupa juga dilaksanakan di PLBN Motamasin dan PLBN Aruk. Anda dapat mengikuti kisah perjalanan kami beserta liputan perayaan ulang tahun Indonesia di topik pilihan
    HUT ke-80 RI 2025
    .
    Copyright 2008 – 2025 PT. Kompas Cyber Media (Kompas Gramedia Digital Group). All Rights Reserved.

  • Wow, Harta Kekayaan Bupati Pati Sudewo Tembus Rp31,5 miliar

    Wow, Harta Kekayaan Bupati Pati Sudewo Tembus Rp31,5 miliar

    Bisnis.com, JAKARTA — Berikut jumlah harta kekayaan Bupati Pati Sudewo yang tengah didemo oleh warganya, karena mau menaikkan PBB hingga 250%.

    Masyarakat Pati, Jawa Tengah menggelar aksi unjuk rasa untuk menuntut Bupati Pati Sudewo mengundurkan diri dari jabatannya hari ini, Rabu (13/8/2025).

    Aksi unjuk rasa itu dipicu oleh sikap arogansi Bupati Pati Sudewo terkait penyesuaian tarif Pajak Bumi dan Bangunan Perdesaan dan Perkotaan (PBB-P2) sebesar 250 persen pada tahun 2025. Aksi demo Pati itu berlangsung anarkis dan diduga menelan korban jiwa. Petugas kepolisian pun membubarkan aksi dengan menembakkan gas air mata.

    Berapa jumlah harta kekayaan Bupati Pati Sudewo?

    Berdasarkan data situs laporan harta kekayaan penyelenggara negara (LHKPN), jumlah kekayaan Bupati Pati Sudewa alias Sudewo adalah Rp31,5 miliar.

    Sudewo melaporkan hartanya itu saat awal menjabat pada 11 April 2025. Adapun, harta kekayaan Sudewo mayoritas berasal dari aset tanah dan bangunan sebesar Rp17 miliar.

    Aset itu tersebar di Pati, Surakarta, Yogyakarta, Bogor, Depok, Blora hingga Tuban. Total, aset tanah dan bangunan milik Sudewo mencapai 31 aset.

    Kemudian, aset transportasi dan mesin Sudewo toral mencapai Rp6,3 miliar. Dalam membantu mobilitasnya, dia memiliki enam mobil seperti Toyota Alphard (2024) Rp1,7 miliar, Toyota Land Cruiser (2019) Rp1,9 miliar.

    Selanjutnya, Toyota Harrier (2014) Rp400 juta, BMW X5 (2023) Rp1,9 miliar, Mitsubishi Pajero (2019) dan Toyota Innova (2013) Rp120 juta. Selain mobil, Sudewo juga memiliki dua motor Honda Beat Rp4 juta dan Suzuki TS125 Rp25 juta 

    Selain kedua aset itu, Sudewo juga memiliki harta bergerak lainnya sebesar Rp795 juta, surat berharga Rp5,3 miliar dan harta kas setara kas Rp1,9 miliar. Tercatat, Sudewo juga tidak memiliki utang.

    Sejak pekan lalu, Bupati Pati, Sudewo menjadi viral karena mau menaikkan Pajak Bumi dan Bangunan Perdesaan dan Perkotaan (PBB-P2) tahun 2025 hingga 250 persen. Dia mengatakan bahwa bahwa penyesuaian ini PBB di Pati bertujuan untuk meningkatkan pendapatan daerah guna mendukung berbagai program pembangunan infrastruktur dan pelayanan publik.

    Namun, rencana Sudewo ini mendapat penolakan dari warga Pati, sebab kenaikan tersebut terlalu tinggi dan mempersulit masyarakat, apalagi di tengah maraknya badai PHK dan sulitnya mencari kerja.

  • Sederet Mobil Mewah Bupati Pati Sudewo yang Punya Harta Rp 31 Miliar

    Sederet Mobil Mewah Bupati Pati Sudewo yang Punya Harta Rp 31 Miliar

    Jakarta

    Ada deretan mobil mewah di garasi Bupati Pati Sudewo. Berikut ini isi garasi Bupati Pati Sudewo yang tercantum dalam LHKPN untuk periode 2024.

    Bupati Pati Sudewo diketahui memiliki harta kekayaan sebesar Rp 31.519.711.746. Harta kekayaan itu dilaporkan Sudewo untuk jabatan sebagai Bupati pada 11 April 2025 pada awal masa menjabat. Dalam LHKPN tersebut, Sudewo diketahui memiliki sejumlah aset mulai dari tanah dan bangunan, alat transportasi dan mesin, harta bergerak lainnya, surat berharga, serta kas dan setara kas.

    Aset paling besar berupa tanah dan bangunan. Nilainya mencapai Rp 17.030.885.000 (Rp 17 miliaran) dan terdiri dari 31 tanah dan bangunan yang tersebar di Surakarta, Pati, Yogyakarta, Bogor, Wonogiri, Pacitan, hingga Depok. Aset terbesar kedua berupa alat transportasi dan mesin yang berisikan enam mobil dan dua motor. Khusus roda empat, ada sejumlah mobil mewah yang dilaporkan sebagai aset milik Sudewo. Misalnya ada Toyota Harrier, BMW X5, Pajero Sport, Toyota Alphard, dan juga Toyota Land Cruiser.

    Isi Garasi Bupati Pati Sudewo

    Nilainya pun cukup fantastis yakni mencapai Rp 6.336.050.000 (Rp 6 miliaran). Keseluruhannya berstatus hasil sendiri. Rincian kendaraannya sebagai berikut:

    1. Mobil Toyota Innova tahun 2013, hasil sendiri senilai Rp 120 juta
    2. Mobil Toyota Harrier tahun 2014, hasil sendiri senilai Rp 400 juta
    3. Motor Honda BeAT tahun 2017, hasil sendiri senilai Rp 4 juta
    4. Motor Suzuki TS125 tahun 2004, hasil sendiri senilai Rp 25 juta
    5. Mobil Mitsubishi Pajero Sport tahun 2019, hasil sendiri senilai Rp 287,05 juta
    6. Mobil BMW X5 tahun 2023, hasil sendiri senilai Rp 1,9 miliar
    7. Mobil Toyota Alphard tahun 2024, hasil sendiri senilai Rp 1,7 miliar
    8. Mobil Toyota Land Cruiser tahun 2019, hasil sendiri senilai Rp 1,9 miliar

    Aset terbesar ketiga berupa surat berharga yang punya nilai Rp 5.397.500.000 (5 miliaran). Kemudian ada kas dan setara kas yang nilainya Rp 1.960.276.746 serta harta bergerak lainnya Rp 795 juta.

    Di luar harta kekayaan, nama Sudewo memang tengah menjadi sorotan. Dikutip detikJateng, gelombang protes besar-besaran tengah terjadi di Kabupaten Pati buntut dari kebijakan Sudewo yang dinilai kontroversial. Kenaikan Pajak Bumi dan Bangunan Perdesaan dan Perkotaan (PBB-P2) sebesar 250 persen menjadi pemicu utama ketegangan.

    Selain itu, sejumlah kebijakan lain seperti pemutusan hubungan kerja massal tenaga honorer RSUD dan regrouping sekolah semakin memperkeruh suasana. Berbagai kelompok masyarakat pun bersatu untuk menyuarakan penolakan dan menuntut perubahan.

    Simak Video ‘Demo Akbar Pati, Massa Coba Masuk ke Kantor Bupati’:

    (dry/rgr)

  • Laris Manis Diburu Orang Indonesia, Begini Spek Kijang Innova Reborn Diesel Matic

    Laris Manis Diburu Orang Indonesia, Begini Spek Kijang Innova Reborn Diesel Matic

    Jakarta

    Kijang Innova Reborn Diesel matic jadi kontributor terbesar dari keluarga Innova. Berikut ini spek MPV yang masih banyak diburu orang Indonesia tersebut.

    Meski tak terhitung sebagai model baru, Kijang Innova Reborn Diesel matic masih amat diminati masyarakat Indonesia. Itu bisa dilihat dari data penjualan wholesales yang dirilis Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) periode 2025, di mana Innova Reborn Diesel matic menjadi kontributor terbesar dari keseluruhan penjualan Innova.

    Data Gaikindo mencatat, sepanjang Januari hingga Juli 2025, distribusi Innova Reborn Diesel matic itu mencapai 11.690 unit, terbanyak dibandingkan tipe lainnya. Model terlaris kedua adalah Innova Zenix Hybrid varian paling tinggi yang mencatatkan distribusi 6.182 unit. Selisihnya antara keduanya cukup jauh.

    Sebagai wajah lama, popularitas Kijang Innova Reborn Diesel matic memang tak perlu diragukan lagi. Salah satu yang bikin Kijang Innova Reborn Diesel versi otomatis ini jadi favorit ini lantaran mesin dieselnya yang irit. Toyota pernah mengungkap bahwa pembeli Innova Reborn kebanyakan berada di luar Pulau Jawa dan Innova Zenix justru sebaliknya.

    Mereka yang memilih Innova Reborn Diesel kebanyakan lebih fokus ke fungsionalitas sekaligus keandalannya melahap segala medan jalan. Innova Reborn juga banyak digunakan sebagai kendaraan operasional perusahaan berkat keandalannya itu. Menyoal spesifikasi, Kijang Innova Reborn dilengkapi dengan mesin berkode 2GD FTV dengan empat silinder segaris 16 katup DOHC dengan VNT Intercooler. Mesin diesel Innova berkapasitas 2.393 cc. Tenaga maksimalnya mencapai 149 PS pada 3.400 rpm dengan torsi maksimal 342,2 Nm yang tersedia pada rentang 1.200-2.800 rpm.

    Mengutip laman resmi Toyota Astra Motor, saat ini hanya ada satu versi Innova Reborn yang ditawarkan yaitu mengusung mesin diesel. Sebelumnya, Toyota masih menawarkan Innova Reborn bermesin bensin. Bicara harga, Kijang Innova Reborn Diesel versi manual dibanderol Rp 416,6 juta sedangkan versi maticnya Rp 437,5 juta.

    (dry/rgr)

  • Laris Manis Diburu Orang Indonesia, Begini Spek Kijang Innova Reborn Diesel Matic

    Ternyata, Kijang Innova Harga Segini yang Paling Laris Diburu Orang Indonesia

    Jakarta

    Kijang Innova Reborn Diesel matic menjadi yang paling laris di keluarga Innova. Mobil itu dibanderol seharga Rp 430 jutaan.

    Model paling murah memang tak menjamin bakal jadi yang paling laris. Konsumen tentunya punya pertimbangan tersendiri sebelum membeli mobil dan memilih tipe tertentu. Contohnya konsumen yang membeli Kijang Innova. Untuk diketahui saat ini ada dua model utama Innova yang ditawarkan yaitu Reborn dan Zenix.

    Kalau bicara harga, dari keseluruhan model Kijang Innova varian termurah ada pada diesel bertransmisi manual. Namun, yang terlaris justru bukan model tersebut. Innova paling laris adalah Reborn diesel bertransmisi otomatis yang harganya Rp 437,5 juta. Kijang Innova Reborn Diesel matic ini merupakan model termurah ketiga setelah Innova Reborn Diesel manual dan Innova Zenix bensin varian terendah.

    Mengacu pada data distribusi wholesales yang dirilis Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), sepanjang Januari hingga Juli 2025, distribusi Innova Reborn Diesel matic itu mencapai 11.690 unit, terbanyak dibandingkan tipe lainnya.

    Model terlaris kedua adalah Innova Zenix Hybrid varian paling tinggi. Dengan harga Rp 620 jutaan, distribusi Innova Zenix Hybrid itu mencapai 6.182 unit. Selanjutnya yang paling laris ketiga adalah Innova Zenix Hybrid V yang punya harga sekitar Rp 520-540 jutaan tersebut.

    Menyoal spesifikasi, Kijang Innova Reborn Diesel matic itu dibekali dengan mesin berkapasitas 2.393 cc. Tenaga maksimalnya mencapai 149 PS pada 3.400 rpm dengan torsi maksimal 342,2 Nm yang tersedia pada rentang 1.200-2.800 rpm. Fitur yang tersedia di Innova Reborn Diesel di antaranya tiga airbag di depan, vehicle stability control, hill start assist control, dan emergency brake signal.

    Sementara Innova Zenix Hybrid mengusung mesin M20A-FXS berkapasitas 1.987 cc. Mesin itu memiliki daya 152 PS. Mesinnya dipasangkan dengan motor listrik bertenaga 113 PS. Secara keseluruhan, sistem hybridnya membuat mobil bertenaga 186 PS pada torsi 6.000 rpm. Sedangkan torsi dari mesin 19,1 kgm pada 4.400-5.200 rpm dan torsi motor listrik 21 kgm.

    Terakhir ada Innova Zenix bensin yang menggendong mesin M20A-FKS 4 silinder Dual VVT-i berkapasitas 1.987 cc. Berbekal mesin tersebut, Innova Zenix bensin tipe termurah ini bisa menyemburkan tenaga 174 PS pada 6.600 rpm dan torsi 20,9 kgm pada 4.500-4.900 rpm.

    (dry/rgr)

  • Lagi, Kijang Innova Reborn Lebih Laris Ketimbang Innova Zenix

    Lagi, Kijang Innova Reborn Lebih Laris Ketimbang Innova Zenix

    Jakarta

    Meski terhitung model lama, Kijang Innova Reborn masih sangat bertaji. Buktinya penjualan Innova Reborn periode Juli 2025 kembali melampaui Innova Zenix.

    Kijang Innova Reborn masih banyak diincar orang Indonesia. Penjualannya pun masih sangat moncer. Bahkan pada periode Juli 2025, meski terhitung sebagai model lama Innova Reborn malah lebih laris ketimbang model terbaru Innova Zenix. Data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) mencatat, sepanjang bulan ketujuh itu ada 2.451 unit Kijang Innova Reborn yang terdistribusi ke dealer-dealer Toyota.

    Sebagai perbandingan, seluruh distribusi Kijang Innova Zenix ditotal jumlahnya hanya 1.860 unit. Ini bukan kali pertama distribusi Innova Reborn unggul jauh ketimbang Innova Zenix. Dalam catatan detikOto, pada Mei 2024, Innova Reborn juga pernah unggul ketimbang Innova Zenix. Kala itu distribusi Innova Reborn mencapai 3.024 unit sementara Zenix 2.357 unit.

    Kendati demikian, bila dihitung secara menyeluruh Innova Zenix masih lebih unggul. Distribusinya dari Januari-Juli 2025 itu mencapai 18.994 unit. Sementara Innova Reborn untuk periode yang sama hanya 16.424 unit

    Secara keseluruhan, kontribusi Innova Zenix dan Innova Reborn itu mencapai 4.311 unit dan menjadikannya mobil terlaris di Indonesia selama Juli 2025. Per bulan bila dirata-rata, ada 2.300-an unit Kijang Innova Reborn yang terdistribusi. Sedangkan rata-rata distribusi Innova Zenix per bulan 2.700-an unit. Bicara model, Innova Zenix tentu lebih lengkap dari sisi fitur ketimbang Innova Reborn. Bagaimana dengan harganya?

    Soal harga, mengutip laman resmi Toyota Astra Motor, hanya ada dua varian Innova Reborn yang ditawarkan yakni versi diesel dengan opsi transmisi manual dan matic. Termurahnya kini dibanderol Rp 416 jutaan. Sedangkan Innova Zenix

    Harga Kijang Innova RebornInnova 2.4 G M/T Diesel (Spot Order): Rp 416,6 jutaInnova 2.4 G A/T Diesel (Spot Order): Rp 437,5 jutaHarga Kijang Innova ZenixInnova Zenix 2.0 G CVT: Rp 430,6 jutaInnova Zenix 2.0 G CVT (Premium Color): Rp 439,1 jutaInnova Zenix 2.0 V CVT Non RSE (Non Premium Color): Rp 474,3 jutaInnova Zenix 2.0 V CVT Non RSE (Premium Color): Rp 477,3 jutaInnova Zenix 2.0 V CVT (Non Premium Color): Rp 482,6 jutaInnova Zenix 2.0 V CVT (Premium Color): Rp 485,6 jutaHarga Kijang Innova Zenix Hybrid2.0 G HV CVT (Non Premium Color): Rp 473,4 juta2.0 G HV CVT (Premium Color): Rp 476,1 juta2.0 V HV CVT Non Modelista Non RSE (Non Premium Color): Rp 528,8 juta2.0 V HV CVT Non Modelista Non RSE (Premium Color): Rp 531,7 juta2.0 V HV CVT Non Modelista (Non Premium Color): Rp 537 juta2.0 V HV Modelista CVT Non RSE (Non Premium Color): Rp 538,7 juta2.0 V HV CVT Non Modelista (Premium Color): Rp 540 juta2.0 V HV Modelista CVT Non RSE (Premium Color): Rp 541,6 juta2.0 V HV Modelista CVT (Non Premium Color): Rp 547 juta2.0 V HV Modelista CVT (Premium Color): Rp 549,9 juta2.0 Q HV CVT TSS NON MODELISTA (Non Premium Color): Rp 615,4 juta2.0 Q HV CVT TSS MODELISTA Non RSE (Non Premium Color): Rp 617 juta2.0 Q HV CVT TSS NON MODELISTA (Premium Color): Rp 618,3 juta2.0 Q HV CVT TSS MODELISTA Non RSE (Premium Color): Rp 619 juta2.0 Q HV CVT TSS MODELISTA (Non Premium Color): Rp 625,3 juta2.0 Q HV CVT TSS MODELISTA (Premium Color): Rp 628,2 juta

    (dry/rgr)

  • 20 Mobil Terlaris di Indonesia Juli 2025

    20 Mobil Terlaris di Indonesia Juli 2025

    Jakarta

    Kijang Innova masih jadi raja di Indonesia. Innova masih jadi mobil yang paling banyak diburu orang Indonesia periode Juli 2025.

    Penjualan mobil di Indonesia periode Juli 2025 naik tipis dibandingkan Juni. Berdasarkan data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), secara wholesales (distribusi pabrik ke dealer) per Juli 2025, distribusi tercatat mencapai 60.552 unit, atau naik 4,8 persen dibanding bulan sebelumnya. Sementara penjualan retail naik tipis sekitar 1,8 persen dari 61.887 unit menjadi 62.770 unit.

    Ketua I Gaikindo, Jongkie D. Sugiarto mengatakan pertumbuhan ini salah satu faktornya karena ditopang dari pameran GIIAS 2025. Namun dia menegaskan angka persis kontribusi pameran itu sendiri baru terlihat pada bulan berikutnya.

    “Ya antara lain (pertumbuhan penjualan Juli karena pameran GIIAS), tapi kan pameran baru berakhir tanggal 3 Agustus. Jadi hasil pameran kayaknya belum kelihatan di angka-angka Juli ya,” kata Jongkie kepada detikOto belum lama ini.

    Menyoal mobil terlaris, kontributor besar masih dipegang raja MPV Kijang Innova. Distribusi Innova yang disumbang dua model, yakni Reborn dan Zenix, tercatat sebanyak 4.311 unit. Persis di bawah Innova, ada Toyota Avanza yang mencatatkan distribusi sebanyak 3.348 unit.

    Selanjutnya di posisi ketiga ada Daihatsu Gran Max pikap. Distribusi mobil komersial ini mencapai 3.175 unit selama bulan ketujuh tahun 2025. Daihatsu Sigra menjadi mobil terlaris keempat dengan torehan distribusi sebanyak 2.951 unit. Menutup posisi lima besar ada Toyota Calya yang mencatatkan distribusi sebanyak 2.525 unit. Untuk tahu lebih lengkapnya, berikut ini 20 mobil terlaris Juli 2025.

    Mobil Terlaris di Indonesia Juli 2025

    1. Toyota Kijang Innova (Zenix dan Reborn): 4.311 unit
    2. Toyota Avanza: 3.348 unit
    3. Daihatsu Gran Max Pikap: 3.175 unit
    4. Daihatsu Sigra: 2.951 unit
    5. Toyota Calya: 2.525 unit
    6. Suzuki Carry pikap: 2.400 unit
    7. Toyota Rush: 2.400 unit
    8. Honda Brio (Satya dan RS): 2.267 unit
    9. Suzuki Fronx: 2.197 unit
    10. Mitsubishi Xpander (termasuk Xpander Cross): 1.999 unit
    11. Honda HR-V: 1.949 unit
    12. BYD M6: 1.442 unit
    13. Daihatsu Gran Max Blind Van and minibus: 1.416 unit
    14. Daihatsu Terios: 1.375 unit
    15. Toyota Hilux: 1.237 unit
    16. Toyota Fortuner: 1.110 unit
    17. Toyota Agya: 1.057 unit
    18. Isuzu Traga: 947 unit
    19. BYD Sealion 7: 939 unit
    20. Mitsubishi L300 pikap: 877 unit

    (dry/rgr)

  • OLXmobbi Hadir di GIIAS 2025, Bawa Layanan Trade-In dan Jual Mobil Bekas Langsung di Lokasi

    OLXmobbi Hadir di GIIAS 2025, Bawa Layanan Trade-In dan Jual Mobil Bekas Langsung di Lokasi

    Kampanye ini diharapkan bisa meningkatkan kesadaran masyarakat untuk menghindari risiko bertransaksi dengan pihak yang tidak memiliki rekam jejak jelas, sekaligus memanfaatkan layanan yang sudah teruji.

    Akses ke Pilihan Mobil Pengganti

    Selain menjual mobil lama, pengunjung yang sudah melakukan trade-in dapat langsung mencari mobil pengganti melalui jaringan OLXmobbi. Pilihan unitnya beragam, dari mobil keluarga, SUV, city car, hingga MPV populer seperti Innova Reborn.

    Dengan ekosistem yang terhubung, transaksi bisa dilakukan lebih cepat dan terintegrasi, mulai dari inspeksi, penawaran, pembayaran, hingga pencarian mobil baru atau bekas sesuai kebutuhan.

    Alternatif Transaksi di Pameran

    Kehadiran OLXmobbi di GIIAS 2025 menjadi alternatif bagi pengunjung yang ingin memanfaatkan momen pameran otomotif untuk meng-upgrade kendaraan. Semua proses dilakukan di satu lokasi, tanpa harus berpindah-pindah tempat.

    Bagi sebagian orang, pameran otomotif biasanya hanya menjadi ajang melihat model mobil terbaru. Namun, dengan adanya layanan seperti OLXmobbi, GIIAS juga bisa menjadi tempat memulai transaksi nyata baik menjual mobil lama, mencari mobil pengganti, atau sekadar mendapatkan gambaran harga pasar kendaraan yang dimiliki.(*)