Transportasi: Toyota Innova

  • Banyak Dicari, Segini Harga Pasaran Kijang Innova Bekas

    Banyak Dicari, Segini Harga Pasaran Kijang Innova Bekas

    Jakarta

    Kijang Innova masih jadi primadona di pasar mobil bekas. Harga jual kembali dipercaya jadi salah satu faktor di baliknya. Memang berapa sih harga jual Innova bekas?

    Kijang Innova bukan hanya menguasai pasar mobil baru. Di pasar mobil bekas, Kijang Innova juga rupanya banyak dicari. Dalam data yang dihimpun situs jual mobil bekas online OLX, Innova berada di puncak pencarian. Posisi Innova di puncak itu belum tergantikan sejak tahun 2024. Diketahui pada tahun lalu, Innova juga banyak dicari orang Indonesia.

    Direktur OLXMobbi pernah mengungkap nilai jual kembali Innova memang masih cukup bagus. Inilah yang menjadi faktor utama yang membuat Innova masih banyak dicari.

    “Faktor resale value yang tinggi menjadi pertimbangan krusial bagi konsumen. Keunggulan ini diperkuat oleh adanya ekosistem purnajual, dengan jaringan servis dan ketersediaan suku cadang yang merata hingga ke pelosok negeri,” terang Agung kepada detikOto beberapa waktu lalu.

    Harga Pasaran Kijang Innova Bekas

    Memang berapa sih harga Innova bekas? Merujuk pada laman OLX, harga Kijang Innova bekas ini cukup bervariasi tergantung dari tahun dan juga kondisi mobilnya. Sebagai contoh, Kijang Innova tahun 2019, harga jualnya masih di atas Rp 200 juta. Ada yang menawarkan dengan harga Rp 230-240 jutaan. Innova tahun 2020 harga bekasnya juga masih di rentang segitu. Banyak yang menawarkan dengan banderol Rp 240-250 juta. Namun tidak sedikit juga menawarkan dengan harga Rp 300 juta ke atas.

    Makin muda tahunnya, harga juga makin tinggi. Innova bekas tahun 2021 ditawarkan dengan harga Rp 250 juta ke atas. Tidak jarang juga ditemukan Innova tahun 2021 dengan harga di atas Rp 320 jutaan. Selanjutnya Innova tahun 2022 sudah diwarnai dengan kehadiran Zenix. Harganya juga lumayan tinggi, yang jelas hampir semuanya di atas Rp 300 juta. Ada juga yang menawarkan dengan banderol Rp 440 jutaan.

    Kijang Innova bekas 2023 harganya lebih tinggi lagi. Banyak yang menawarkan dengan harga Rp 400 juta ke atas. Kebanyakan didominasi model Zenix. Selanjutnya untuk Innova bekas 2024, harganya juga masih di atas Rp 400 jutaan. Bahkan untuk kilometer rendah ada yang menawarkan di atas Rp 500 juta.

    Itu tadi harga Kijang Innova bekas di pasaran. Untuk diketahui, Kijang Innova saat ini paling murah bisa dimiliki mulai Rp 416 juta lewat model Reborn. Sementara Kijang Innova Zenix, harga paling murahnya Rp 430,6 juta.

    (dry/rgr)

  • Ini Mobil Bekas Paling Banyak Dicari Orang Indonesia Sepanjang 2025

    Ini Mobil Bekas Paling Banyak Dicari Orang Indonesia Sepanjang 2025

    Jakarta

    Ada lima mobil bekas yang paling banyak dicari orang Indonesia. Paling banyak dicari adalah Kijang Innova. Berikut daftar lengkapnya.

    Mobil-mobil Toyota masih memuncaki daftar mobil bekas yang paling banyak dicari orang Indonesia. Dari lima mobil bekas paling banyak dicari, tiga di antaranya berasal dari merek Toyota.

    Toyota Kijang Innova masih menjadi mobil bekas paling banyak dicari orang Indonesia sepanjang tahun 2025. Data internal yang dihimpun situs OLX periode Januari-November 2025 menunjukkan Kijang Innova berada di puncak pencarian. Innova mempertahankan takhtanya sejak tahun lalu. Tahun 2024, Kijang Innova juga tercatat sebagai mobil bekas yang paling banyak dicari.

    Populernya Kijang Innova di pasar mobil bekas bukan tanpa alasan. Direktur OLXMobbi pernah mengungkap nilai jual kembali Innova memang masih cukup bagus. Inilah yang menjadi faktor utama yang membuat Innova masih banyak dicari.

    “Faktor resale value yang tinggi menjadi pertimbangan krusial bagi konsumen. Keunggulan ini diperkuat oleh adanya ekosistem purnajual, dengan jaringan servis dan ketersediaan suku cadang yang merata hingga ke pelosok negeri,” terang Agung kepada detikOto beberapa waktu lalu.

    Kalau merujuk pada laman OLX, harga Kijang Innova bekas memang masih cukup baik. Bahkan Innova berusia lima tahun, harga jualnya masih di atas Rp 250 juta. Padahal harga baru Innova baik itu Zenix ataupun Reborn Rp 400 jutaan. Makin muda usianya, harganya juga masih tinggi. Misalnya Innova Zenix tahun 2023, harga bekasnya Rp 400 juta ke atas.

    5 Mobil Bekas Paling Banyak Dicari di Indonesia sepanjang 2025

    Kijang Innova diikuti oleh adiknya Toyota Avanza di posisi kedua mobil bekas paling banyak dicari. Selanjutnya di tempat ketiga ada Toyota Fortuner. Tren pencarian itu belum berubah sejak tahun lalu. Lengkapnya, berikut ini daftar mobil bekas paling banyak dicari orang Indonesia

    1. Toyota Kijang Innova
    2. Toyota Avanza
    3. Toyota Fortuner
    4. Honda HR-V
    5. Honda Brio

    Kalau bicara merek, deretan mobil Jepang memang masih diminati di pasar mobil bekas. Toyota, Honda, Suzuki, Daihatsu, dan Mitsubishi adalah lima merek yang paling banyak dicari di pasar mobil bekas.

    Selanjutnya kalau bicara jenis, MPV masih ada di puncak pencarian dengan angka 22 persen. Angka serupa juga ditorehkan oleh mobil jenis SUV. Baru kemudian hatchback, sedan, dan LCGC.

    (dry/din)

  • Daftar Mobil Bekas yang Bakal Diburu Jelang Tahun Baru

    Daftar Mobil Bekas yang Bakal Diburu Jelang Tahun Baru

    Jakarta

    Penjualan mobil bekas di Indonesia umumnya naik menjelang pergantian tahun. Sebab, sejumlah masyarakat menggunakan momen tahun baru untuk berlibur ke luar kota. Lantas, model apa yang diprediksi menjadi buruan konsumen?

    Direktur platform kendaraan bekas OLX, Agung Iskandar menjelaskan, mobil dengan ruang kabin lega masih menjadi incaran konsumen yang mau berlibur di akhir tahun. Sementara untuk model, kata dia, ada MPV dan SUV.

    “Biasanya, liburan Natal dan Tahun Baru dijadikan momentum untuk pergi bareng keluarga. Jadi, orang yang mau beli mobil bekas di OLX, biasanya lebih kepengen upgrade kapasitas yang bisa mengangkut anggota keluarganya,” ujar Agung Iskandar melalui rilis resmi, Jumat (19/12).

    “Nggak heran kalau mobil jenis SUV dan MPV banyak diincar sejak tahun lalu hingga November tahun ini, bahkan diprediksi akan terus menjadi favorit sampai akhir Desember 2025. Data ini bisa jadi inspirasi bagi para konsumen yang ingin ganti mobil jelang akhir tahun ini,” tambahnya.

    Mobil bekas. Foto: Andhika Prasetia/detikcom

    Berdasarkan data yang dihimpun OLX, preferensi konsumen mobil bekas sepanjang Januari hingga November 2025 masih mengarah ke Toyota. Tiga model yang paling banyak dicari adalah Toyota Kijang Innova, Toyota Avanza, dan Toyota Fortuner. Ketiganya dibuntuti Honda HR-V dan Honda Brio.

    Sehingga, kendaraan yang paling banyak dicari di akhir tahun ini, kemungkinan masih model-model tersebut. Selain itu, dari segi harga, mobil bekas di kisaran Rp 100-200 jutaan tetap menjadi primadona hingga penghujung 2025.

    Minat konsumen dalam membeli mobil bekas di akhir tahun ini kurang lebih mirip dengan akhir tahun lalu. Pada bulan Desember 2024, jenis mobil yang diincar juga MPV, SUV dan hatchback buatan merek Jepang. Misalnya seperti Toyota Kijang Innova, Avanza dan Fortuner.

    “Jika konsumen ingin membeli mobil bekas dengan jenis SUV maupun MPV, mereka harus mengecek kondisi suspensi dan kaki-kaki yang merupakan area paling fundamental. Hal ini menentukan kenyamanan, keamanan, dan biaya perawatan ke depannya,” kata Agung.

    (sfn/dry)

  • Momen Kijang Innova Reborn Dipakai Buat Bersih-bersih Lumpur

    Momen Kijang Innova Reborn Dipakai Buat Bersih-bersih Lumpur

    Jakarta

    Musibah banjir yang melanda Sumatra jadi perhatian kita bersama, mengingat ribuan jiwa menjadi korban. Saat ini masyarakat Aceh, Sumatera Utara dan Sumatera Barat coba bangkit. Rumah-rumah pun mulai dibersihkan dari lumpur yang tersisa.

    Pembersihan pun dilakukan berbagai cara. Termasuk menggunakan mobil Kijang Innova Reborn untuk membersihkan lumpur. Seperti terlihat dalam video yang diunggah akun instagram undercover.id, terlihat seorang warga menggunakan Innova Reborn untuk menarik lumpur keluar dari perkarangan rumahnya.

    “Sehat-sehat semua saudaraku…,” tulis akun undercover.id.

    Berbagai doa pun dipanjatkan agar Sumatera kembali pulih.

    “Semoga Allah mudahkan kalian saudaraku di jauh sana, dikala pemerintahan pada acuh, percayalah hanya Allah yg menolong kita, Allah yg mendatangkan musibah ini maka Allah juga yg akan menggantikan keadaan ini jauh lebih baik dari sebelumnya. Salam hangat dari kami yg tidak bisa membantu banyak dan sekali lagi maaf kami belum bisa berbuat banyak untuk kalian,” tulis pemilik akun riseupon77_.

    Hal senada juga disampaikan akun risma_riady, yang mendoakan agar masyarakat Sumatera bisa bangkit.

    “Sehat-sehat, kuat-kuat, dan semoga dimudahkan Recover nya saudara-saudaraku yang terkena dampak bencana yang ada campur tangan pemerintah, tapi rakyat Recovery sendiri.. Semoga Allah naikkan Rejeki kalian,” tulis akun risma_riady.

    Jika melihat video yang diunggah, Innova Reborn berkelir putih dengan berpelat nomor kota Medan berwarna itu dikaitkan dengan sebuah papan yang lebarnya seukuran mobil. Hal ini berguna untuk menarik lumpur yang di halaman rumah. Kemudian begitu digas, papan tersebut ikut menyeret lumpur-lumpur di halaman rumah.

    Kijang Innova Reborn memang memiliki tenaga yang besar. Innova Reborn mesin bensin hadir dengan dapur pacu berkode 1TR-FE empat silinder segaris 16 katup DOHC Dual VVT-i berkapasitas 1.998 cc. Tenaga maksimal mesin bensin itu mencapai 139 PS pada 5.600 rpm dengan torsi maksimal 183,3 Nm pada 4.000 rpm.

    Model Innova diesel matic dilengkapi dengan mesin berkode 2GD FTV dengan empat silinder segaris 16 katup DOHC dengan VNT Intercooler. Mesin diesel Innova berkapasitas 2.393 cc. Tenaga maksimalnya mencapai 149 PS pada 3.400 rpm dengan torsi maksimal 342,2 Nm yang tersedia pada rentang 1.200-2.800 rpm.

    (lth/dry)

  • Hakim PN Tanjung Karang Vonis Mati 2 Kurir Sabu 15 Kg Asal Aceh

    Hakim PN Tanjung Karang Vonis Mati 2 Kurir Sabu 15 Kg Asal Aceh

    Kasus tersebut bermula pada Maret 2025, saat Husni Mubarak bersama Muslim Usman dan seorang rekannya, Hendra alias Hen (meninggal dunia), melakukan perjalanan dari Lampung menuju Medan untuk mengambil sabu. Di Medan, para terdakwa menerima 15 bungkus besar sabu atau sekitar 15 kilogram dari jaringan yang dikendalikan buronan bernama Brojo (DPO). 

    Barang haram tersebut kemudian disembunyikan di sejumlah bagian mobil Toyota Kijang Innova milik Husni Mubarak, dengan nomor polisi B 2854 PFG.

    Dalam perjalanan kembali ke Lampung, sabu disembunyikan di bumper depan dekat radiator mesin serta di bawah dashboard stir mobil. Namun, saat melintas di Exit Tol Simpang Pematang, Kabupaten Mesuji pada 16 Maret 2025, kendaraan yang mereka tumpangi dihentikan petugas Badan Narkotika Nasional (BNN) Provinsi Lampung. 

    Dari hasil penggeledahan, petugas menemukan 14 bungkus besar sabu yang dikemas dalam bungkus teh China merek Guanyinwang. Selain sabu, petugas juga mengamankan sejumlah barang bukti lain, termasuk telepon genggam, uang tunai, serta kendaraan yang digunakan para terdakwa.

     

  • 10 Mobil Hybrid Terlaris di Indonesia Sepanjang 2025

    10 Mobil Hybrid Terlaris di Indonesia Sepanjang 2025

    Jakarta

    Penjualan mobil hybrid electric vehicles (HEV) sepanjang Januari-November 2025 sudah tembus 57.311 unit. Model apa saja yang terlaris?

    Mobil hybrid mencatatkan kenaikan sekitar lima persen dibandingkan periode yang sama pada tahun sebelumnya. Pertumbuhan ini menegaskan mobil hybrid masih menjadi pilihan utama masyarakat Indonesia sebagai “jembatan” menuju era kendaraan listrik sepenuhnya (BEV).

    Tercatat ada 12 pabrikan yang menjual mobil hybrid di Indonesia. Berdasarkan data wholesales Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo). Toyota menjual model mobil hybrid paling banyak dengan penjualan tembus 27.802 unit. Lalu Suzuki menjual empat model laku 18.306 unit, Honda dengan lima model yang masih diimpor utuh dari Jepang menutup posisi tiga besar, torehannya 5.950 unit.

    Bila dirinci per modelnya, posisi lima besar adalah mobil hybrid yang terlaris sudah dirakit secara lokal. Pemimpin penjualan mobil hybrid di Indonesia adalah Toyota Innova Zenix. MPV ini terdistribusi sebanyak 22.195 unit.

    Suzuki dengan strategi mild hybrid bisa menduduki peringkat dua klasemen mobil hybrid terlaris. Suzuki XL7 menjadi model yang populer dengan total penjualan sebanyak 8.005 unit.

    Suzuki Fronx menempati urutan ketiga. SUV compact ini terdistribusi sebanyak 7.419 unit.

    Honda HR-V Hybrid nggak ketinggalan tempat. SUV ini sudah terdistribusi sebanyak 5.118 unit sepanjang Januari-November 2025. Atas hasil ini, Honda HR-V e:HEV duduk di peringkat empat. Posisi lima besar ditempati oleh Toyota Yaris Cross. Mobil SUV ini terdistribusi sebanyak 2.997 unit sepanjang tahun 2025.

    Sebenarnya ada brand China yang ikut bermain di segmen mobil hybrid, tapi penjualannya kurang moncer alias tidak tembus 1.000 unit. Contohnya Great Wall Motor, merek ini hanya mendistribusikan 616 unit. Wuling yang sudah punya pabrik di Indonesia cuma mengirim 73 unit lewat satu model, Almaz Hybrid.

    Dengan sisa satu bulan di tahun 2025, dominasi Toyota dan Suzuki diprediksi akan bertahan hingga tutup tahun, mengingat kuatnya loyalitas konsumen pada model MPV dan SUV yang diproduksi secara lokal.

    10 Mobil Hybrid Terlaris di Indonesia

    Berikut ini 10 mobil hybrid terlaris sepanjang Januari-November 2025

    1. Toyota Innova Zenix: 22.195 unit
    2. Suzuki XL7: 8.005 unit
    3. Suzuki Fronx: 7.419 unit
    4. Honda HR-V: 5.118 unit
    5. Toyota Yaris Cross: 2.997 unit
    6. Toyota Alphard Hybrid: 1.756 unit
    7. Suzuki Grand Vitara: 1.714 unit
    8. Hyundai Santa Fe: 1.250 unit
    9. Suzuki Ertiga Hybrid: 1.168 unit
    10. Hyundai Palisade: 994 unit

    (riar/dry)

  • Harga Bekasnya Sulit Turun, Menguliti Daya Tahan Kijang Innova Reborn Diesel

    Harga Bekasnya Sulit Turun, Menguliti Daya Tahan Kijang Innova Reborn Diesel

    FAJAR.CO.ID – Di pasar mobil bekas Indonesia, Kijang Innova Reborn diesel menempati posisi yang unik. Saat banyak MPV lain mengalami koreksi harga seiring usia, Innova Reborn diesel justru cenderung stagnan bahkan pada beberapa kasus tetap tinggi. Fenomena ini bukan kebetulan, melainkan hasil dari kombinasi desain teknis, karakter mesin, dan pola pemakaian di lapangan.

    Tingginya minat terhadap Innova Reborn diesel menunjukkan bahwa model ini masih dianggap relevan, meskipun secara generasi bukan lagi yang paling baru.

    Mesin 2GD-FTV: Kunci Utama Nilai Bertahan

    Jantung utama Innova Reborn diesel adalah mesin 2GD-FTV 2.4 liter. Mesin ini bukan hanya soal tenaga, tetapi soal karakter. Dengan torsi besar di putaran rendah, mesin ini sangat cocok untuk kondisi riil Indonesia macet, muatan penuh, hingga perjalanan antarkota.

    Secara teknis, mesin 2GD-FTV dikenal memiliki:

    Blok mesin yang kuat untuk kerja jangka panjang

    Sistem pendinginan yang relatif stabil

    Karakter pembakaran yang efisien di putaran rendah-menengah

    Inilah alasan mengapa banyak unit Kijang Innova Reborn diesel tetap terasa “sehat” meski jarak tempuh sudah ratusan ribu kilometer, selama perawatan dilakukan sesuai jadwal.

    Sasis Ladder Frame yang Masih Relevan

    Berbeda dengan banyak MPV monokok modern, Innova Reborn masih menggunakan ladder frame. Secara teori, pendekatan ini memang lebih berat, namun memberikan keunggulan struktural.

    Dalam penggunaan nyata, ladder frame memberi:

    Ketahanan saat membawa beban penuh

    Stabilitas saat dipakai jarak jauh

    Umur pakai sasis yang panjang untuk pemakaian keras

    Kombinasi ladder frame dan suspensi yang relatif empuk membuat Innova Reborn diesel banyak dipilih oleh pengguna travel, fleet, hingga keluarga besar yang sering membawa muatan penuh.

  • Baru 2 Bulan, Penjualan BYD Atto 1 di Indonesia Tembus 17 Ribu Unit!

    Baru 2 Bulan, Penjualan BYD Atto 1 di Indonesia Tembus 17 Ribu Unit!

    Jakarta

    Penjualan BYD Atto 1 membludak meski baru didistribusikan dalam dua bulan. Total sudah lebih dari 17.000 unit Atto 1 yang terjual di Indonesia.

    Terlahir sebagai pendatang baru, BYD Atto 1 sukses membetot perhatian publik Tanah Air. Penjualannya membludak, bahkan melampaui model-model ternama sekelas Kijang Innova hingga Avanza. BYD mencatat, penjualan Atto 1 sudah lebih dari 17.700 unit dalam kurun waktu dua bulan. Berkat torehan itu juga, Atto 1 sudah memuncaki daftar mobil terlaris di RI pada periode Oktober dan November 2025. Untuk pertama kalinya juga di Indonesia, mobil listrik menjadi yang terlaris ketimbang mobil bensin.

    Di grup BYD, Atto 1 juga menjadi yang terlaris meski didatangkan paling akhir. Penjualannya juga melampaui M6 yang sebelumnya menjadi tulang punggung bagi pabrikan asal Shenzhen tersebut. Sebaagai perbandingan, penjualan M6 baru menyentuh 9.900 unit sepanjang Januari-November 2025.

    Fenomena ini dipercaya bisa bertahan lama. Pengamat otomotif sekaligus akademisi ITB Yannes Pasaribu menilai fenomena BYD Atto 1 memuncaki penjualan justru menjadi sinyal kuat persaingan baru di industri otomotif dalam negeri.

    “Keberhasilan Atto 1 menunjukkan bahwa hambatan utama adopsi EV selama ini bukan soal minat atau penerimaan teknologi, melainkan semata-mata terbuktinya ada affordability gap di masyarakat terkait capex terhadap EV,” ujar Yannes belum lama ini.

    Tak bisa dipungkiri, faktor harga menjadi salah satu pemikatnya. Untuk diketahui, BYD Atto 1 hadir dalam dua varian dengan harga Rp 199 juta dan Rp 235 juta. Dari komposisi harga, terlihat menantang langsung deretan mobil di segmen LCGC (Low Cost Green Car) sekelas Agya, Ayla, dkk.

    Ditambah lagi, pajak tahunannya juga amat ringan. Tak ada PKB (Pajak Kendaraan Bermotor) yang dibebankan terhadap BYD Atto 1. Setiap tahun, pemilik Atto 1 hanya perlu membayar SWDKLLJ (Sumbangan Wajib Dana Kecelakaan Lalu Lintas Jalan) sebesar Rp 143 ribu. INi tentunya makin meringankan bagi mereka yang mau beli mobil tapi tak dikenai pajak tinggi tiap tahun.

    “Begitu BYD berani menempatkan Atto 1 di rentang harga yg menyenggol LCGC dan city car konvensional (di bawah Rp 250 jutaan), resistensi konsumen terhadap EV langsung runtuh,” tambahnya lagi.

    (dry/din)

  • 5 Mobil Bernilai Rp 5,1 Miliar di Garasi Eks Menteri Dito Ariotedjo

    5 Mobil Bernilai Rp 5,1 Miliar di Garasi Eks Menteri Dito Ariotedjo

    Jakarta

    Ada lima mobil di garasi eks Menteri Dito Ariotedjo. Secara keseluruhan, nilainya mencapai Rp 5,1 miliar.

    Eks Menteri Pemuda dan Olahraga Dito Ariotedjo diketahui memiliki total harta kekayaan senilai Rp 292 miliaran. Dalam catatan detikOto, Dito terakhir melaporkan harta kekayaannya pada 20 Januari 2025 untuk periodik 2024 saat dirinya masih menjabat sebagai Menpora.

    Harta kekayaan itu terdiri dari sejumlah aset, termasuk lima mobil yang tergabung dalam alat transportasi dan mesin. Tercatat ada lima mobil dan satu kapal yang terdaftar sebagai aset Dito. Dalam LHKPN tersebut, diketahui garasi Dito ketambahan satu mobil mewah berupa Toyota Land Cruiser 300 VX-R lansiran tahun 2023. Secara total, khusus mobil kalau digabung secara keseluruhan nilainya Rp 5,171 miliar. Rinciannya sebagai berikut.

    5 Mobil Dito Ariotedjo

    1. Toyota Fortuner VRZ tahun 2020, hasil sendiri senilai Rp 480 juta
    2. Toyota Alphard 2.5 G tahun 2019, hibah tanpa akta senilai Rp 900 juta
    3. Hyundai Ioniq 5 tahun 2022, lainnya senilai Rp 800 juta
    4. Toyota Kijang Innova Zenix 2.0 Q tahun 2023, hasil sendiri senilai Rp 641 juta
    5. Toyota Land Cruiser 300 VX-R 4×4 tahun 2023, hasil sendiri senilai Rp 2,35 miliar

    Namun demikian, bila ditambahkan dengan aset kapal laut yang diperoleh dari hasil sendiri senilai Rp 2,5 miliar, total aset alat transportasi dan mesin itu jumlahnya Rp 7,671 miliar. Adapun dari berbagai aset itu, tanah dan bangunan nilainya paling besar yakni Rp 187.595.355.600 (Rp 187 miliaran) Selain itu juga ada aset harta bergerak dan surat berharga dengan nilai masing-masing Rp 6.607.193.070 dan Rp 89.342.924.072. Kemudian, Dito juga punya aset kas dan setara kas yang nilainya Rp 14.376.100.851. Dia juga melapor memiliki utang sebesar Rp 13.388.722.164 (13 miliaran).

    Di luar soal harta kekayaan, nama Dito Ariotedjo tengah ramah jadi sorotan. Hal itu berkaitan dengan isu hubungannya dengan aktris berinisial DK yang membuat rumah tangannya retak. Dito menepis kabar tersebut. Politikus Partai Golkar ini menyebut proses perceraian dengan istrinya berlangsung jauh sebelum dirinya mengenal DK.

    “Hari ini, saya cuma bisa pastikan bukan DK penyebab saya berpisah. Semua proses perceraian sudah berjalan jauh sebelum saya mengenal DK. Faktanya, saya sudah berpisah sejak 31 Mei dan proses gugatan di pengadilan sudah mulai berproses resmi sejak 12 Juni. Setelah itu sidang perdana adalah pada 9 Juli. Saya baru pertama kali mengenal DK pada akhir Juli,” ujar Dito dikutip detikNews.

    Dito menyebut ada alasan lain di balik keretakan rumah tangganya. Dito menegaskan isu orang ketiga bukanlah penyebabnya.

    “Ada alasan lain di ranah privasi saya yang tidak bisa dibuka ke publik, namun yang pasti bukan karena ada faktor DK. Jadi benar saya memang kenal, tapi tidak benar jika dia dibilang sebagai penyebab gugatan cerai. Karena gugatan terjadi sebelum saya kenal dengan DK,” imbuh Dito.

    (dry/din)

  • 10 Mobil Hybrid Terlaris di Indonesia Sepanjang 2025

    Pajak Kijang Innova Zenix Hybrid 2025, Mulai Rp 7 Jutaan

    Jakarta

    Kijang Innova Zenix hybrid terbaru bisa dimiliki mulai Rp 470 jutaan. Dengan harga segitu berapa ya pajak tahunan Kijang Innova Zenix hybrid?

    Kijang Innova Zenix hybrid paling murah ditawarkan mulai Rp 470 jutaan. Paling mahalnya bisa ditebus dengan mahar Rp 628,2 juta. Dengan banderol di rentang Rp 400-600 jutaan, bagi yang mau membeli mungkin bertanya-tanya soal pajak tahunannya. Sebab, pajak kendaraan wajib dibayarkan setiap tahun. Untuk diketahui, pajak tahunan Kijang Innova Zenix hybrid itu ternyata mulai Rp 7 jutaan. Rincian hitungan pajaknya sebagai berikut.

    Pajak Kijang Innova Zenix Hybrid

    Sebagai catatan, besar pajak tahunan bisa dihitung apabila mengetahui Dasar Pengenaan Pajak Kendaraan Bermotor (DP PKB) dengan tarif pajak yang berlaku. Adapun informasi soal DP PKB itu bisa ditelisik dari Peraturan Menteri Dalam Negeri. Khusus tahun 2025, besarannya diatur dalam Permendagri nomor 7 tahun 2025 tentang Dasar Pengenaan Pajak Kendaraan Bermotor, Bea Balik Nama Kendaraan Bermotor, dan Pajak Alat Berat tahun 2025. Kemudian dalam perhitungan kali ini, tarif PKB yang digunakan untuk daerah Jakarta yakni 2 persen. Dengan demikian, berikut ini pajak Kijang Innova Zenix hybrid.

    Pajak Innova Zenix Hybrid 2.0 G Hybrid

    PKB Pokok: DP PKB Innova Zenix Hybrid G x tarif PKB
    = Rp 378 juta x 2%
    = Rp 7,56 jutaPajak tahunan: PKB Pokok + SWDKLLJ
    = Rp 7,56 juta + 143 ribu
    = Rp 7,703 juta

    Pajak Innova Zenix Hybrid 2.0 V CVT

    PKB Pokok: DP PKB Innova Zenix Hybrid V x tarif PKB
    = Rp 429,25 juta x 2%
    = Rp 8,585 jutaPajak tahunan: PKB Pokok + SWDKLLJ
    = Rp 8,585 juta + 143 ribu
    = Rp 8,728 juta

    Pajak Innova Zenix Hybrid 2.0 Q CVT

    PKB Pokok: DP PKB Innova Zenix Hybrid Q x tarif PKB
    = Rp 492,45 juta x 2%
    = Rp 9,849 jutaPajak tahunan: PKB Pokok + SWDKLLJ
    = Rp 8,585 juta + 143 ribu
    = Rp 9,992 juta

    Itu tadi besar pajak tahunan Kijang Innova Zenix hybrid. Besar pajaknya bisa jadi berbeda bila terdaftar di luar wilayah Jakarta ataupun bukan kepemilikan pertama.

    Spesifikasi Kijang Innova Zenix Hybrid

    Sebagai informasi tambahan, tampilan Kijang Innova Zenix hybrid belum lama ini disegarkan. Salah satunya pada bagian fitur. Pada varian Q HEV kini dilengkapi Power Back Door dengan Kick Sensor. Termasuk pula peningkatan kualitas Panoramic View Monitor menjadi HD Resolution agar visual jalan dan area sekitar mobil dapat terlihat lebih jelas dan detail. Pada tipe G, V, G HEV dan V HEV kualitas Back Camera turut ditingkatkan menjadi HD Resolution. Peningkatan pada fitur Safety lainnya dengan menambahkan Tire Inflator pada seluruh tipe untuk mengisi udara pada ban dan mengukur tekanan udara ban.

    Toyota Kijang Innova Zenix Hybrid menggabungkan mesin TNGA 2.000 cc M20A-FXS (152 PS pada 6.000 rpm dan torsi maksimal 187,3 Nm pada 4.400-5.200 rpm) dengan motor listrik berdaya 113 PS dan torsi 205,9 Nm. Hasilnya, tenaga gabungan mencapai 186 PS. Tenaganya meningkat dibanding Innova Reborn bensin (139 PS) maupun diesel (149 PS). Toyota Kijang Innova Zenix Hybrid EV dibekali baterai hybrid Ni-MH yang dikemas dalam paket compact dan disimpan di bawah kedua jok depan tanpa mengurangi ruang di area kabin.

    (dry/din)