Transportasi: Sepeda Motor Listrik

  • Kapan Subsidi Motor Listrik Keluar?

    Kapan Subsidi Motor Listrik Keluar?

    Jakarta

    Pemerintah hingga saat ini belum memberikan insentif untuk sepeda motor listrik. Namun, pemerintah mengungkapkan, insentif motor listrik akan masuk dalam paket stimulus ekonomi berikutnya.

    Dikutip Antara, Sekretaris Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian Susiwijono Moegiarso mengatakan insentif untuk pembelian motor listrik bakal digabungkan dalam paket stimulus ekonomi kuartal III 2025.

    “Justru itu, karena (jadwal penerapannya) mundur kan. Kemarin kita terima surat, kita barengin sekaligus dalam satu paket stimulus ekonomi,” kata Susiwijono.

    Menurut Susiwijono, pihaknya telah menerima surat dari Kementerian Perindustrian (Kemenperin) terkait usulan insentif motor listrik. Usulan itu akan segera dikaji ulang terkait finalisasi aturan rincinya.

    Ditegaskan, insentif motor listrik akan tetap dilanjutkan. Kebijakan itu akan digabung dalam satu paket stimulus ekonomi yang lebih luas. Namun, waktu penerapannya masih dalam pembahasan.

    “Ya, kan kita terima surat. Terus Pak Menko (Airlangga Hartarto) kan sudah menyampaikan. Kita sedang mereview kembali program-program stimulus ekonomi yang kuartal III. Selain itu juga Pak Menko sedang menyiapkan berapa program yang di 2026. Jadi, sekalian kita sudah terima suratnya, sekarang kita review semuanya,” katanya.

    Ia menambahkan pemerintah juga masih mengkaji mekanisme pemberian insentif agar lebih mudah diakses masyarakat, mengingat pemanfaatan program sebelumnya belum optimal.

    “Kita masih belum bahas teknisnya dengan teman-teman Kemenperin. Sekarang baru terima surat,” ujarnya.

    Sebelumnya, insentif motor listrik dijanjikan akan keluar pada Agustus 2025. Namun, sampai saat ini insentif motor listrik belum ada kejelasan.

    Kelanjutan dari subsidi motor listrik ini memang sempat jadi tanda tanya. Ketidakpastian itu pun sudah berdampak signifikan terhadap penurunan penjualan motor listrik. Konsumen menunda pembelian karena insentif yang tak kunjung turun.

    Menurut data Asosiasi Industri Sepeda Motor Listrik Indonesia (Aismoli), pada kuartal pertama 2025, penjualan motor listrik turun hingga 30-40%. Artinya, penjualan motor listrik sangat bergantung kepada bantuan pemerintah. Sebab, harga motor listrik dirasa masih cukup mahal tanpa insentif maupun diskon dealer.

    (rgr/dry)

  • Sederet Produk Honda yang Dibawa ke Japan Mobility Show 2025

    Sederet Produk Honda yang Dibawa ke Japan Mobility Show 2025

    Jakarta

    Honda Motor Co. Ltd akan menghadirkan produk mobilitas masa depan di Japan Mobility Show atau JMS 2025 yang berlangsung di Tokyo, Jepang, mulai 29 Oktober hingga 9 November mendatang.

    Bukan hanya mobil dan motor, Honda juga akan menampilkan Power Products, pesawat terbang, serta teknologi terbaru dan kendaraan konsep di pameran yang digelar setiap dua tahun tersebut.

    Hadir dengan semangat The Power of Dreams, booth Honda akan memamerkan Honda 0 Series EV yang siap dipasarkan secara global tahun depan. Dua model andalan, yakni Honda 0 Saloon Prototype dan Honda 0 SUV Prototype akan tampil perdana di kawasan Asia & Oseania setelah sebelumnya debut global di Amerika Serikat.

    Honda 0 Saloon dan Honda 0 SUV Foto: Dok. Honda

    Selain kendaraan listrik, Honda juga akan menampilkan mock-up interior penuh dari HondaJet Elite II, jet bisnis ringan yang memungkinkan pengunjung masuk dan merasakan langsung kenyamanan ruang kabinnya.

    Dari segmen roda dua, pengunjung dapat melihat Honda CUV e:, sepeda motor listrik kategori Class-2 dengan baterai Mobile Power Pack e: yang dapat ditukar, serta Honda Rebel 1100 S Edition, model cruiser besar yang dilengkapi transmisi kopling ganda.

    Sedangkan untuk lini Power Products, Honda menghadirkan Miimo Series, robot pemotong rumput cerdas, serta UNI-ONE, perangkat mobilitas personal inovatif yang dapat bergerak ke segala arah hanya dengan menggeser berat badan pengguna.

    Sejak didirikan, Honda telah menjadi perusahaan mobilitas komprehensif yang digerakkan mimpi, teknologi, dan ide-ide kreatif, serta terus menantang diri untuk menciptakan solusi mobilitas yang memberi kemungkinan baru bagi masyarakat.

    Detail lengkap seluruh konten pameran Honda akan diumumkan selanjutnya pada akhir September 2025, serta dapat diakses melalui situs khusus Honda Japan Mobility Show 2025.

    (sfn/rgr)

  • Ada Diskon Motor Listrik Honda, Harga Jadi Segini

    Ada Diskon Motor Listrik Honda, Harga Jadi Segini

    Jakarta

    Ada diskon buat kamu yang mau membeli motor listrik Honda. Diskonnya pun beragam, dan membuat harganya jadi sedikit lebih murah.

    Motor listrik Honda bisa dimiliki dengan harga lebih rendah. Sebab, ada promo diskon yang kamu bisa manfaatkan sepanjang September 2025. Dilihat detikOto dalam laman resmi dealer sekaligus distributor resmi motor Honda untuk wilayah Jakarta serta Tangerang, Wahana Honda, ada diskon untuk motor listrik CUV e:, EM1 e:, dan Icon E.

    Honda CUV e: misalnya, ada potongan hingga Rp 2 juta. Potongan itu berlaku untuk potongan angsuran maksimal Rp 2 juta dan juga potongan tenor sampai dengan tiga kali. Adapun motor listrik CUV e: itu harganya Rp 54,45 juta.

    Selanjutnya, ada juga potongan harga sebesar Rp 17,76 juta yang ditawarkan untuk pembelian EM1 e:. Dari harga Rp 40 juta, berkat potongan tersebut EM1 e: bisa dimiliki mulai Rp 22 jutaan.

    Terakhir ada potongan harga untuk Honda Icon e:. Promonya berupa potongan hingga Rp 1 juta yakni potongan angsuran maksimal Rp 1 juta dan potongan tenor sampai dengan tiga kali. Icon e: merupakan motor listrik termurah Honda dengan banderol Rp 28 juta.

    Dari ketiga motor listrik Honda yang dijual, CUV e: merupakan yang termahal. Punya banderol tembus Rp 50 jutaan, Honda CUV e: ditenagai motor listrik yang bisa menghasilkan power 6 kW. Motor listrik ini bisa melaju hingga kecepatan 83 km/jam dengan jarak tempuh maksimal 80,7 km.

    Sumber tenaganya berasal dari dua baterai Honda Mobile Power Pack e: yang dapat di-swap (ditukar) atau di-charge sendiri dengan off-board charger. Honda CUV e: dibekali baterai lithium-ion dengan voltase 50,26 V x 2 dan kapasitas 29,4 Ah x 2. Pengisian baterai dari kosong hingga penuh memakan waktu 6 jam dan 2,7 jam (160 menit) buat pengisian dari 25% ke 75%.

    Sementara Icon e: mengambil basis model EM1 e:, dilengkapi dengan Honda Mobile Power Pack e:. Komponen listrik utama, termasuk baterai telah diganti, dan juga eksteriornya telah didesain ulang sesuai selera konsumen Indonesia.

    Honda Icon e: hadir untuk konsumen yang mencari fleksibilitas mengendarai sepeda motor listrik, dengan menawarkan bodi yang ringan dan kelincahan di jalan raya. Honda ICON e: mengusung konsep Advance – Compact yang cocok untuk penggunaan harian. Konsumen dapat melakukan pengisian daya dengan Honda Power Pack Charger e: dengan waktu pengisian daya 2,7 jam (160 menit) untuk 25%-75% dan 6 jam untuk 0%-100%. Dijual mulai dari Rp 5 juta. Harga itu di luar dari pembelian motor.

    (dry/rgr)

  • Pabrik Yadea di Karawang Bakal Lebih Canggih dari di China

    Pabrik Yadea di Karawang Bakal Lebih Canggih dari di China

    Jakarta

    Yadea serius menggarap pasar Indonesia, buktinya dengan membangun pabrik baru di Karawang, Jawa Barat. Nantinya pabrik tersebut digadang-gadang bakal lebih canggih dari manufaktur terbesar Yadea di Jinzhai, Anhui, China.

    Yadea mengadakan upacara peletakan batu pertama untuk Pabrik Karawang di Indonesia pada medio 2024. Pabrik itu disebut bakap punya kapasitas produksi tahunan diperkirakan mencapai 2 juta unit pada 2026, yang akan menjadikannya pabrik terbesar Yadea di luar negeri.

    Pabrik ini akan mengintegrasikan teknologi canggih dan sistem konveyor inovatif untuk mencapai produksi real-time dan sesuai permintaan pasar Indonesia.

    Detikcom mendapat kesempatan mengikuti tur pabrik terbesar di Jinzhai, China. Sistemnya sudah dikawinkan antara otomisasai dan tangan terampil manusia. Di sana, produksi dalam waktu satu jam saja bisa keluar ratusan unit kendaraan listrik.

    “Sekitar 25 detik per unit. Efisiensi ini berasal dari manajemen rantai pasokan yang kuat dan teknologi manufaktur canggih, dengan kontrol ketat di setiap tahap,” kata Zhu Yi Dong, Head of Factory Yadea di Jinzhai, Anhui, China.

    Pabrik Jinzhai saat ini mampu menghasilkan 15.000 unit per hari, dengan kapasitas produksi bulanan rata-rata 500.000 sepeda motor listrik, dan kapasitas produksi tahunan maksimum 5 juta unit.

    Lantas bagaimana dengan pabrik Yadea di Cikarang?

    Dalam informasi yang diterima detikcom sebelumnya, pabrik Yadea di Karawang punya luas sekira 270 ribu meter persegi dan akan mulai beroperasi penuh pada 2026. Sementara total investasinya mencapai US$ 150 juta atau Rp 2,4 triliun.

    “Pabrik di Indonesia saat ini berada dalam tahap desain. Pabrik ini akan lebih canggih, otomatis, dan berkualitas lebih tinggi dibandingkan dengan fasilitas di Jinzhai (China). Kenapa? Seperti pepatah China mengatakan kesuksesan datang kepada mereka yang siap. Kami membawa keahlian yang telah terakumulasi dalam pengendalian kualitas dan manufaktur dari China, dan kami akan melaksanakannya dengan lebih baik di Indonesia atau luar negeri,” ujar dia.

    Sebagai catatan, saat ini Yadea sudah merakit lokal motor listriknya di pabrik rekanan di Cikarang, Jawa Barat. Ketika pabrik di Karawang sudah selesai, kegiatan produksi kemungkinan besar akan dipindahkan sepenuhnya.

    Saat ini Yadea sudah mendirikan gudang 2.000 purna jual seluas 700 meter persegi. Di sana tersimpan 2.000 jenis suku cadang dengan 139.459 unit dalam stok. Pengiriman suku cadang disebut memakan waktu 2-3 hari untuk wilayah Jakarta, dan 5-7 hari untuk daerah lain.

    (riar/din)

  • Motor Listrik Yadea ‘Disiksa’ Sebelum Dijual ke Mancanegara

    Motor Listrik Yadea ‘Disiksa’ Sebelum Dijual ke Mancanegara

    Wuxi

    Yadea mengajak awak media mengunjungi fasilitas riset dan pengembangan (R&D) di Wuxi, Jiangsu, China. Di sana, Yadea memiliki standar uji coba dan inovasi yang diterapkan sebelum motor listriknya dilepas ke pasaran.

    Tim redaksi detikOto termasuk salah satu yang diajak ke markas utama Yadea, – brand motor listrik yang diklaim sudah 8 tahun berturut-turut memimpin penjualan kendaraan listrik secara global.

    Area seluas 6.600 meter persegi ini menjadi pusat inovasi sekaligus “ruang penyiksaan” untuk produk-produk mereka sebelum dilepas ke pasar global.

    Yadea membagi 51 laboratorium di Wuxi. Setiap komponen motor listrik itu diuji dari berbagai aspek, mulai dari performa daya, daya tahan material, hingga keselamatan berkendara.

    Laboratorium Wuxi punya kemampuan melakukan 220 jenis pengujian komponen dan 41 pengujian kendaraan utuh. Seluruh uji coba tersebut dirancang untuk meniru kondisi dunia nyata-misalnya suhu ekstrem, kelembapan tinggi, getaran, atau beban berat di jalanan.

    Tim redaksi detikOto melihat dari luar berbagai kegiatan di laboratorium di Wuxi. Pertama, kita diajak melihat laboratorium metal materials, fasilitas ini digunakan untuk menguji bahan atau material yang digunakan oleh Yadea.

    Selanjutnya terdapat juga laboratorium pengujian baterai dan pengisi daya. Salah satunya mensimulasikan pengisian dan pengosongan baterai yang berulang-ulang, pengisian daya di bawah suhu tinggi dan rendah.

    Tur fasilitas RnD ini berlanjut ke ruangan electrical durability. Ini merupakan laboratorium untuk pengujian daya tahan komponen listrik.

    Selanjutnya kami melihat laboratorium motor performance. Ruangan ini dipakai pengujian kinerja motor dan pengontrol. Ini terutama mensimulasikan operasi normal motor dan menguji parameter utama seperti arus keluaran motor, daya, torsi motor, kecepatan motor, efisiensi konversi energi pengontrol, waktu respons, kinerja pengereman, dan parameter penting lainnya.

    Yadea juga memiliki ruangan electrical safety regulation. Laboratorium ini berfokus pada pengujian performa keselamatan komponen listrik. Beberapa pengujiannya antara lain ketahanan isolasi, uji ketahanan tegangan, hingga gaya tarik ekstraksi untuk berbagai komponen listrik. Melalui pengujian, Yadea bisa memverifikasi kinerja insulasi, ketahanan tegangan, arus bocor, sehingga mencegah terjadinya potensi bahaya seperti sengatan listrik, kebakaran, cedera mekanis. Selain itu, Yadea bisa memverifikasi apakah produknya memenuhi standar dan peraturan keselamatan negara atau wilayah terkait.

    Yadea juga memiliki pengujian daya tahan peredam kejut depan dan belakang. Peredam kejut dimuat dengan beban 70 kilogram, lalu dites bergetar terus menerus selama 600.000 kali.

    Sebenarnya Yadea juga memiliki laboratorium lain untuk menguji ketahanan rangka, rem, velg, stang dan komponen sepeda motor listrik lain. Salah satu laboratorium yang sedang diuji ialah rangka.

    Pengujian rangka itu dipasang di atas meja getaran dengan beban 200 kg, lalu mensimulasikan parameter seperti frekuensi getaran dan amplitudo yang dialami frame selama proses berkendara, rangka ini terus menerus digoyangkan selama 1 juta kali.

    Fasilitas RnD Yadea di Wuxi, China Foto: Ridwan Arifin

    Yadea bertujuan pengujian ini untuk mengetahui daya tahan dan stabilitas rangka dalam pengoperasian jangka panjang dalam kondisi ekstrem itu bisa terdeteksi, dan performa strukturalnya dievaluasi secara komprehensif.

    Yadea telah memperkenalkan 4 model terbaru di Indonesia: Velax, RS20, Vekoo, dan Mia.

    Untuk mengatasi iklim tropis hujan yang panas dan lembab di Indonesia, Yadea di Indonesia telah menjalani peningkatan kualitas khusus dalam hal kedap air, tahan karat, dan perlindungan dari sinar matahari. Misalnya, lampu, saklar kombinasi, panel instrumen, dan kabel penghubung, komponen-komponen kunci ini semuanya memiliki rating IPX7; rangka, braket, lengan ayun, dan garpu depan menjalani uji tahan karat; bahan baja karbon digunakan untuk menjaga kekokohan dan menjalani uji getaran 300.000 siklus.

    Yadea saat ini menjamin semua pengguna di Indonesia dengan garansi 2 tahun untuk baterai graphene, 3 tahun untuk baterai lithium, dan 5 tahun untuk rangka, plus pemeriksaan gratis seumur hidup di semua dealer Yadea.

    (riar/dry)

  • Gebuk Bantal, Titian Air, dan Panjat Pinang Warnai Perayaan HUT RI di Cipinang Melayu
                
                    
                        
                            Megapolitan
                        
                        17 Agustus 2025

    Gebuk Bantal, Titian Air, dan Panjat Pinang Warnai Perayaan HUT RI di Cipinang Melayu Megapolitan 17 Agustus 2025

    Gebuk Bantal, Titian Air, dan Panjat Pinang Warnai Perayaan HUT RI di Cipinang Melayu
    Tim Redaksi
    JAKARTA, KOMPAS.com –
    Ratusan warga memeriahkan Semarak Kalimalang dalam rangka Hari Ulang Tahun (HUT) ke-80 Republik Indonesia di RW 04, Cipinang Melayu, Kecamatan Makasar, Jakarta Timur.
    Wakil Ketua RW 04 Cipinang Melayu, Narto, menjelaskan, ada tiga lomba yang digelar, yakni gebuk bantal, titian air, dan panjat pinang.
    “Untuk perlombaan gebuk bantal, titian air, sama panjat pinang, masing-masing RT mengirimkan lima orang perwakilan, jadi ada total sembilan grup (dari 9 RT) untuk masing-masing perlombaan,” ungkap Narto saat ditemui
    Kompas.com,
    Minggu (17/8/2025).
    Menurut Narto, perlombaan ini disambut antusias tidak hanya oleh warga RW 04, tetapi juga masyarakat sekitar.

    Alhamdulilah
    , untuk tahun ini sangat luar biasa. Pas kebetulan ada bantuan dari Wakil Presiden, jadi bisa menarik sembilan RT lainnya dan warga untuk menonton,” tambah Narto.
    Selain memberikan hadiah untuk lomba panjat pinang, Wakil Presiden Gibran Rakabuming Raka juga menyalurkan bantuan sosial berupa 500 paket sembako untuk anak sekolah, lansia, dan balita.
    “Sembako itu dari Pak Wapres, untuk dibagikan saja, bukan hadiah lomba,” jelas Narto.
    Sebelumnya, hadiah lomba panjat pinang di aliran Kalimalang yang disumbangkan oleh Wakil Presiden Gibran, hingga Sabtu (16/8/2025), belum berhasil dimenangkan peserta.
    Hadiah utama berupa dua sepeda gunung dan tiga sepeda motor listrik akan kembali diperebutkan pada Minggu (17/8/2025) siang.
    “Belum ada pemenang, hari ini diperebutkan hadiah Wapres,” kata Sekretaris RW 04 Cipinang Melayu, Eko Ariyanto.
    Untuk mengantisipasi potensi insiden selama perlombaan, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) menyiagakan tim rescue.
    Sejumlah personel BPBD Jakarta Timur mempersiapkan perahu karet lengkap dengan mesin dan ban di sekitar area lomba untuk memudahkan pergerakan di sungai.
    Selain itu, panitia juga menyiapkan berbagai hadiah yang akan diperebutkan peserta, termasuk sepeda dengan tulisan “Hadiah dari Wakil Presiden RI”.
    Komandan Regu BPBD Jakarta Timur, Abu, menjelaskan, timnya menyiapkan lima personel khusus untuk mengantisipasi potensi insiden selama perlombaan.
     
    Copyright 2008 – 2025 PT. Kompas Cyber Media (Kompas Gramedia Digital Group). All Rights Reserved.

  • Sepeda-Motor Listrik dari Gibran Diincar Peserta Panjat Pinang di Kalimalang

    Sepeda-Motor Listrik dari Gibran Diincar Peserta Panjat Pinang di Kalimalang

    Jakarta

    Lomba panjat pinang untuk memperingati HUT ke-80 RI di aliran Kalimalang, Jakarta Timur, mulai digelar hari ini. Macam-macam hadiah pun digantung buat para peserta lomba.

    Dari banyaknya hadiah, ada dua unit sepeda dan satu unit sepeda motor listrik dari Wakil Presiden RI, Gibran Rakabuming Raka. Sepeda dan motor listrik dari Gibran menjadi hadiah yang jadi incaran peserta lomba.

    Salah satu peserta yang kepengin banget dapat sepeda dari Wapres yakni Johan. Dia mengaku hadiah berupa sepeda dan motor listrik menjadi daya tari tersendiri bagi para peserta lomba.

    “Oh iya, pasti makin semangat, bikin tambah semangat,” kata Johan di lokasi lomba panjat pinang RW 04, Cipinang Melayu, Makasar, Jakarta Timur, Sabtu (16/8/2025).

    Bukan cuma Johan, peserta lomba lainnya, Teguh, juga sudah mengincar hadiah sepeda dari Wapres Gibran. Dia bilang jika berhasil mendapat sepeda, akan dipakai untuk Car Free Day (CFD) tiap minggunya.

    “Kalau dapet sih mau dipake, buat CFD-lah,” ujarnya.

    Selain sepeda dari Wapres Gibran, panitia juga sudah menyiapkan hadiah-hadiah lain. Mulai dari sandal, tas, payung, botol minum, rice cocker, termos, sepaket gelas piring, kaos sampai kemeja.

    Lomba Panjat Pinang di Kalimalang Disaksikan Langsung Gibran

    Wakil Presiden RI, Gibran Rakabuming Raka hadir dalam acara lomba panjat pinang di Cipinang Melayu, Makasar, Jakarta Timur. Gibran datang untuk melihat langsung kemeriahan lomba panjat pinang.

    Gibran menyaksikan perlombaan mulai pukul 16.50 WIB hingga pukul 17.34 WIB. Gibran menonton bersama Lurah Cipinang Melayu, Ketua RW 04 dan para warga yang hadir.

    Kedatangan Gibran langsung disambut meriah warga. Gibran pun menyempatkan untuk menyalami dan menyapa para warga yang hadir.

    Kedatangan Gibran pun disambut antusiasme warga. Gibran terlihat menyalami dan menyapa para warga yang hadir.

    Selama Gibran di lokasi, warga terus berebut ingin berfoto bersamanya. Putra sulung Presiden ke-7 RI Joko Widodo (Jokowi) itu juga tampak membagi-bagikan buku ke anak-anak.

    Selain itu, Gibran juga memberikan sejumlah hadiah untuk perlombaan panjat pinang tersebut. Hadiah yang diberikan berupa dua unit sepeda dan tiga unit sepeda motor listrik.

    Lihat Video ‘Momen Wapres Gibran Nonton Panjat Pinang di Kalimalang’:

    Halaman 2 dari 2

    (maa/maa)

  • Tiap 25 Detik Bisa Keluar 1 Kendaraan Listrik

    Tiap 25 Detik Bisa Keluar 1 Kendaraan Listrik

    Wuxi

    Pabrik Yadea di Jinzhai, Anhui, China merupakan manufaktur cerdas yang terbesar. Kami berkesempatan melihat langsung bagaimana raksasa roda dua ini memproduksi kendaraan.

    Yadea memiliki 10 pabrik di seluruh dunia, termasuk di Indonesia, China, Vietnam, Thailand, Meksiko, dan Brasil, dengan 100 lini perakitan sepeda motor listrik dan kapasitas produksi tahunan maksimum sebesar 30 juta unit.

    Pabrik Jinzhai, sebagai pabrik produksi terbesar Yadea untuk produk premium di tingkat global, saat ini mampu menghasilkan 15.000 unit per hari, dengan kapasitas produksi bulanan rata-rata 500.000 sepeda motor listrik, dan kapasitas produksi tahunan maksimum 5 juta unit.

    Tingkat produksi rata-rata tercepat ialah bisa menghasilkan satu kendaraan listrik setiap 25 detik.

    “Produk paling advance di China dan paling maju dibanding brand lain,” kata Zhu Yi Dong, Head of Factory Yadea di Jinzhai, Anhui, China.

    Pabrik ini juga mengintegrasikan teknologi canggih dan sistem konveyor untuk mencapai produksi real-time.

    Yadea menyebut pabrik pintar itu menjaga suhu pada ±1°C, kesalahan pencampuran bahan baku di bawah 0,1 persen dan tingkat keberhasilan produksi pertama melebihi 99%.

    Fasilitas di sini punya luas 1.067 hektar. Fasilitas ini bagian dari rencana pembangunan fase pertama Yadea untuk produksi kendaraan roda dua dan komponen inti.

    Di lokasi yang sama, Yadea sudah membangun area untuk produksi kendaraan roda tiga seluas 557 hektar. Yadea akan menambah area pabrik seluas 640 hektar yang diproyeksikan menjadi kompleks terpadu yang mencakup penelitian dan pengembangan, pelatihan, fasilitas konferensi, akomodasi, wisata, dan kegiatan rekreasi.

    Selain itu, tim redaksi detikOto juga diajak masuk ke fasilitas lain yang berlokasi di Wuxi. Area ini memiliki luas 6.600 meter persegi dan terdiri dari 51 laboratorium kecil di enam bidang-lingkungan, listrik, mekanik, kendaraan lengkap, optik, dan ketahanan/keandalan. Di sini dapat dilakukan 220 uji komponen dan 41 uji kendaraan, yang mensimulasikan kondisi dunia nyata untuk memvalidasi arsitektur listrik dan komponen mekanik.

    Agenda kali ini juga menampilkan pameran khusus produk dari semua kategori dan menawarkan uji coba berkendara. Model andalan seperti Yadea Velax telah menjalani uji ketahanan getaran jutaan siklus dan penyesuaian ergonomis yang ekstensif untuk memberikan pengalaman berkendara listrik yang luar biasa.

    Yadea telah memperkenalkan 4 model terbaru di Indonesia: Velax, RS20, Vekoo, dan Mia.

    Untuk mengatasi iklim tropis hujan yang panas dan lembab di Indonesia, Yadea di Indonesia telah menjalani peningkatan kualitas khusus dalam hal kedap air, tahan karat, dan perlindungan dari sinar matahari. Misalnya, lampu, saklar kombinasi, panel instrumen, dan kabel penghubung, komponen-komponen kunci ini semuanya memiliki rating IPX7; rangka, braket, lengan ayun, dan garpu depan menjalani uji tahan karat; bahan baja karbon digunakan untuk menjaga kekokohan dan menjalani uji getaran 300.000 siklus.

    (riar/rgr)

  • Tanpa Stimulus, RI Disebut Cuma Jadi Pasar Motor Listrik Impor

    Tanpa Stimulus, RI Disebut Cuma Jadi Pasar Motor Listrik Impor

    Jakarta

    Pakar otomotif dari Institut Teknologi Bandung (ITB) Yannes Martinus Pasaribu menilai rencana pemberlakuan kembali stimulus untuk pembelian sepeda motor listrik akan menjadi pendorong penting transisi energi di sektor transportasi.

    “Insentif jelas akan mendorong masyarakat kelas menengah ke bawah untuk beralih dari sepeda motor berbahan bakar fosil ke teknologi listrik. Hal itu bisa mempercepat program transisi energi Indonesia di sektor transportasi,” ujar Yannes di Jakarta Rabu (13/8/2025).

    Menurutnya, kebijakan insentif tersebut bisa menjadi katalis transformasi sistemik, mulai dari peningkatan daya beli masyarakat, pembangunan industri hijau, hingga pembentukan fondasi ekonomi rendah karbon di masa depan.

    Ia menekankan, insentif sangat penting untuk mengatasi hambatan harga awal yang selama ini menjadi kendala utama adopsi kendaraan listrik roda dua. “Kebijakan ini berpotensi memberi manfaat ekonomi jangka panjang yang signifikan,” katanya.

    Yannes mengungkapkan, penjualan motor listrik di Indonesia sepanjang 2025 mengalami perlambatan tajam akibat ketidakpastian kebijakan insentif. “Kalau tidak salah, penurunannya sampai 70-80%,” ungkapnya.

    Dengan adanya stimulus, ia meyakini harga motor listrik akan menjadi lebih terjangkau sehingga mendorong kenaikan penjualan. Hal ini dinilai akan memperkuat industri dalam negeri dan sektor komponen pendukung, sekaligus meningkatkan daya saing industri otomotif nasional.

    “Segmentasi pasar terbesarnya adalah kelompok masyarakat lower income class yang sangat sensitif terhadap harga beli awal. Stimulus dapat menjawab hal itu dan membangun kembali kepercayaan konsumen,” kata Yannes.

    Ia juga menyoroti dampak ketidakpastian insentif terhadap pelaku industri lokal. Beberapa startup kendaraan listrik diketahui sudah menutup usahanya, sementara yang lain mulai melakukan pemutusan hubungan kerja terhadap pegawai.

    “Padahal, startup seperti mereka itu yang bisa menjadi motor pertumbuhan industri kendaraan listrik nasional. Kalau tidak didukung, kita hanya akan menjadi pasar produk impor,” ujarnya.

    Yannes menambahkan, karakter transportasi Indonesia yang masih didominasi sepeda motor membuat transisi ke kendaraan listrik menjadi langkah strategis. “Dengan stimulus yang tepat, kita tidak hanya mengatasi polusi udara, tapi juga membuka peluang ekonomi baru dan memperkuat posisi Indonesia di industri kendaraan listrik global,” tutupnya.

    Tonton juga Video: Dua Motor Konsep Listrik Honda Tebar Pesona di IIMS 2025

    (rrd/rrd)

  • Ngeri! Motor Listrik Tiba-tiba Terbakar di Garasi, Merambat ke Mobil

    Ngeri! Motor Listrik Tiba-tiba Terbakar di Garasi, Merambat ke Mobil

    Jakarta

    Kasus kebakaran kendaraan listrik menjadi momok bagi konsumen. Tak cuma mobil, sepeda motor listrik pun tak lepas dari risiko kebakaran.

    Baru-baru ini ada kejadian motor listrik terbakar saat diparkir di garasi rumah. Peristiwa itu terjadi di India. Mirisnya, api juga merambat ke mobil yang juga diparkir di garasi rumah.

    Dikutip Cartoq, motor listrik yang terbakar itu adalah skuter listrik TVS iQube. Skuter listrik itu tidak hanya terbakar sendiri, tapi juga menghancurkan sebuah mobil MG Hextor yang diparkir tepat di sebelahnya. Rumah juga mengalami kerusakan.

    Diberitakan, kebakaran terjadi pada dini hari sekitar pukul 3.30 waktu setempat. Itu terjadi di rumah Rajesh Kumar yang tinggal di wilayah Tripunithura, Ernakulam, India.

    Berdasarkan rekaman kamera CCTC di rumah tetangga, api menyala di garasi rumah Rajesh sekitar pukul 3.30 dini hari. Tetangga melihat skuter terbakar dan segera memberi tahu pemilik rumah. Saat mencoba memadamkan api di skuter listriknya, pemilik menyadari api mulai menjalar ke MG Hector miliknya. Bagian depan mobil terbakar.

    Pemiliknya segera bertindak. Ia membuka kunci mobil dan mendorongnya keluar dari teras. Meskipun berhasil memindahkannya, bagian depan mobil sudah terbakar, dan kemudian seluruh mobil dilalap api.

    Tim pemadam kebakaran tiba di lokasi dan berhasil memadamkan api. Namun mobil, skuter listrik, dan rumah sudah rusak.

    Pemilik skuter listrik itu membeli motor dua tahun lalu. Dia langsung melaporkan kejadian ini ke pihak dealer.

    Pemiliknya menyebutkan bahwa staf dealer awalnya berjanji untuk menyelidiki masalah ini dan mengatakan mereka akan memberikan kompensasi atas kerusakan tersebut. Namun, setelah sekitar seminggu, pihak dealer kembali dan memberi tahu pemilik bahwa api tidak berasal dari skuter. Menurut pihak dealer, pengisi daya mengalami korsleting, yang menyebabkan kebakaran.

    Menurutnya, tim TVS mengklaim korsleting terjadi karena ada payung basah di dekat soket pengisi daya. Air dari payung tersebut diduga menetes ke pengisi daya dan memicu korsleting.

    Namun, pemilik bersikeras bahwa api berasal dari skuter, karena baterai pada skuter hancur total. Pengisi daya meleleh karena panas setelah skuter terbakar. Api kemudian menyebar ke mobilnya.

    (rgr/din)