Transportasi: mobil listrik

  • Spesifikasi Xpeng X9 yang Dijual Lebih Tinggi dari Denza D9 di Indonesia

    Spesifikasi Xpeng X9 yang Dijual Lebih Tinggi dari Denza D9 di Indonesia

    Jakarta

    Xpeng meluncurkan MPV premium X9 untuk pasar Indonesia. Mobil pintu geser ini menjadi penantang bagi Denza D9 hingga Toyota Alphard. Simak spesifikasi yang ditawarkan dari Xpeng X9 ini.

    “MPV andalan kami, X9, telah mencetak sejarah sebagai MPV listrik premium dengan pengiriman tercepat secara global, dengan lebih dari 30.000 unit telah dikirimkan. Namun, apa yang membuatnya istimewa untuk Indonesia?,” kata James Wu, Vice President Xpeng saat konferensi pers di Jakarta Selatan, Kamis (19/6/2025).

    James Wu menjelaskan Xpeng X9 punya kabin yang nyaman buat perjalanan di Jakarta. Berbeda dengan MPV lain yang ditawarkan di Indonesia saat ini.

    “X9 mendefinisikan apa yang MPV bisa lakukan. Saya sangat menyarankan Anda menjajal zero gravity di sofa X9, kenyamanannya berada di level yang berbeda,” tambah dia.

    Kursi zero gravity terinspirasi dari posisi netral tubuh manusia di luar angkasa-posisi di mana beban tubuh tersebar merata. Tujuannya adalah menciptakan rasa rileks alami dan mengurangi kelelahan selama berkendara.

    Perlu diketahui, harga Xpeng X9 dibanderol lebih mahal dari rival sekelas seperti Denza D9 yang juga merupakan MPV listrik premium dari Tiongkok. Xpeng X9 dijual di Indonesia dengan harga mulai Rp 990.000.000.

    Dimensi

    Secara dimensi, Xpeng mirip-mirip dengan MPV premium di Indonesia. Panjangnya 5.293 mm, lebar 1.988 mm, tinggi 1.785 mm, dan wheelbase-nya 3.160 mm.

    Cukup menarik jika dibandingkan dengan kompetitornya.

    Misalnya Toyota Alphard, mobil itu punya panjang 5.010 mm, lebar 1.850 mm, dan tinggi 1.945 mm. Sedangkan wheelbase-nya 3.000 mm.

    Lalu, Denza D9 yang menawarkan panjang 5.250 mm, lebar 1.960 mm, dan tinggi 1.920 mm. Sedangkan wheelbase-nya 3.110 mm

    Baterai dan jarak tempuh

    Mobil berpenggerak roda depan ini punya tiga varian yang ditawarkan yakni standar range pro, long range pro, dan long range pro+.

    Jenis baterai yang digunakan berbeda, LFP (Lithium Ferro Phospate) dengan kapasitas 84,5 kWh terpasang pada varian standar, sedangkan NCM (Nickel Cobalt Mangan) dengan kapasitas 101,5 kWh dipasangkan ke varian long range pro dan long range pro+.

    Berikut ini jarak tempuh dari masing-masing varian:

    WLTP

    Standard Range Pro: 500 kmLong Range Pro: 590 kmLong Range Pro+: 590 km

    NEDC

    Standard Range Pro: 580 kmLong Range Pro: 690 kmLong Range Pro+: 690 km

    Sebagai pembanding, Denza D9 dengan baterai kapasitas 103,36 kWh, bisa menempuh jarak 600 (NEDC).

    Waktu pengisian dari titik 5 ke 100 persen sistem pengisian ulang AC selama 11 jam. Sedangkan menggunakan sistem arus DC dari 10 ke 80 persen bisa memakan waktu 20 menit.

    Fitur unggulan

    Sebagai mobil premium yang kental dengan nuansa masa depan, Xpeng X9 juga dilengkapi sistem keamanan tingkat tinggi.

    Starship Universe Cockpit: 21,4″ 4K rotatable display, 23-speaker Xopera system, zero-gravity seats dengan pijat 8 titikInovasi praktis: kulkas kompresor 6,5L, sistem microclimate 3-zona, konfigurasi kursi one-touch, serta kapasitas bagasi 2.554LSuspensi udara cerdas 5-mode + platform 800V XPower (efisiensi 15,5 kWh/100km)XPILOT 4.0: autonomous parking dengan memori 20 lokasi + 360° protection system

    Harga dan pilihan warna

    Xpeng X9 hadir dengan warna Crescent Silver, Dark Night Black, Nebula White, dan Matte Gray. Berikut ini daftarnya:

    Xpeng X9 Standard Range Pro: Rp 990.000.000Xpeng X9 Long Range Pro: Rp 1.059.000.000Xpeng X9 Long Range Pro+: Rp 1.099.000.000

    Garansi untuk mobil listrik XPeng X9 di Indonesia mencakupgaransi baterai dan kendaraan selama 8 tahun, serta garansi ban selama 1 tahun untuk pembelian awal, selain itu juga ada penawaran gratis pengisian daya selama 1 tahun.

    Sebagai pembanding, saat peluncuran lalu, Denza D9 dijual dengan harga yang cukup kompetitif yaitu Rp 950.000.000.

    (riar/din)

  • Komentar Bos Formula E Usai Lihat Sirkuit Ancol: Istimewa

    Komentar Bos Formula E Usai Lihat Sirkuit Ancol: Istimewa

    Jakarta

    Co-founder sekaligus Chief Championship Officer Formula E, Alberto Longo kembali mengunjungi Jakarta International E-Prix Circuit di Ancol, Jakarta Utara. Lantas, apa kata Longo mengenai lintasan tersebut?

    Longo mengatakan, Sirkuit Formula E di Ancol sangat spesial. Hal tersebut disampaikan dalam acara ‘Formula E Paddock Tour and Unboxing Mobil GEN3 2025’ yang digelar di lintasan setempat.

    “Apa yang kami katakan tentang (sirkuit di) Ancol, lokasi yang sangat istimewa,” ujar Longo kepada awak media, dikutip dari Antaranews, Kamis (19/6).

    Petugas mempersiapkan peralatan menjelang balap mobil listrik Formula E World Championship musim ke-11 di Jakarta International E-Prix Circuit (JIEC), Jakarta, Kamis (19/6/2025). Formula E World Championship musim ke-11 yang diikuti 22 pembalap dari 11 tim tersebut akan berlangsung pada 21 Juni 2025 di Jakarta. ANTARA FOTO/Bayu Pratama S/YU Foto: ANTARA FOTO/BAYU PRATAMA S

    Menurutnya, keistimewaan Sirkuit Ancol bukan hanya dari desain lintasannya, melainkan juga dari lokasinya yang dianggap ideal. Sebab, arena balap tersebut tak menggunakan jalanan umum yang mengganggu kegiatan masyarakat.

    “Kami tidak perlu memblokir siapa pun (yang melintas),” kata Alberto, menegaskan mobilitas warga sekitar tetap lancar selama balapan berlangsung.

    Longo juga mengaku sangat antusias bisa kembali menggelar balapan di Jakarta. Dia menyebut Jakarta merupakan kota besar dan menakjubkan.

    “Kami memiliki basis penggemar terbesar di dunia di Indonesia, khususnya di Jakarta,” kata dia.

    Formula E Jakarta. Foto: ANTARA FOTO/BAYU PRATAMA S

    Tingginya antusiasme dari masyarakat dan berbagai pihak disebut Longo sebagai energi tambahan untuk penyelenggara, tim, dan pembalap yang akan tampil.

    Balapan Jakarta E-Prix 2025 sendiri akan digelar pekan ini. Perlombaan tersebut diikuti 11 tim berbeda dan ditargetkan mampu dipenuhi 20 ribu penonton dari berbagai dunia.

    Berikut Jadwal Lengkap Formula E Jakarta 2025

    Jumat, 20 Juni 2025

    Pukul 16.00 WIB: Free Practice 1

    Sabtu, 21 Juni 2025

    Pukul 08.00 WIB: Free Practice 2

    Pukul 10.20 WIB: Kualifikasi

    Pukul 15.05 WIB: Main Race.

    (sfn/din)

  • Manajemen Ancol rekayasa lalin saat Jakarta International E-Prix 2025

    Manajemen Ancol rekayasa lalin saat Jakarta International E-Prix 2025

    Jakarta (ANTARA) – Manajemen PT Pembangunan Jaya Ancol Tbk akan melakukan rekayasa lalu lintas saat pelaksanaan balap mobil listrik Formula E di Jakarta International E-Prix yang akan digelar di kawasan Ancol, Jakarta Utara, Sabtu (21/6).

    “Kami melakukan koordinasi dengan banyak pihak, termasuk penyelenggara agar pelaksanaan Jakarta International E-Prix 2025 ini berjalan aman dan lancar,” kata Corporate Communication PT Pembangunan Jaya Ancol Tbk Daniel Windriatmoko di Jakarta, Kamis.

    Khusus untuk jalur dari bundaran Symphony of The Sea yang berada di depan gerbang timur Ancol akan ditutup untuk umum hingga ke kawasan Bende yang menjadi pintu masuk ke sirkuit Jakarta International E-Prix.

    “Penonton yang memiliki tiket baik grand stand, festival maupun VIP dapat memarkir kendaraan di E Convention, Pasar Seni dan lainnya,” kata dia.

    Penonton akan dijemput menggunakan shuttle bus dari lokasi parkir menuju arena International Jakarta E-Prix 2025.

    Selanjutnya, penonton yang memiliki tiket President Suite dan Royal Suite dapat memarkir kendaraan di area parkir Jakarta International Stadium (JIS) dan pihaknya juga akan menyediakan bus yang akan menjemput penonton dari lokasi parkir ke arena balapan.

    “Kami sudah mempersiapkan dengan baik untuk mendukung penyelenggara Jakpro dan Pemprov DKI untuk menyukseskan acara balapan mobil listrik Formula E berlangsung paripurna (sempurna),” kata Daniel.

    Selain itu, pihaknya memastikan kawasan Ancol serta unit-unit rekreasi yang ada tetap beroperasi seperti biasa dan seluruh gerbang masuk dibuka seperti biasa mulai dari Gerbang Barat, Gerbang Dermaga Marina dan Gerbang Timur.

    Seluruh unit rekreasi mulai dari Samudra Ancol, Dunia Fanstasi, Atlantik, Jakarta Bird Land dan lainnya tetap beroperasi menghibur warga Jakarta yang datang berlibur.

    “Pengunjung juga akan langsung diarahkan ke kantong-kantong parkir yang telah kami siapkan,” kata ujarnya.

    Pewarta: Mario Sofia Nasution
    Editor: Syaiful Hakim
    Copyright © ANTARA 2025

    Dilarang keras mengambil konten, melakukan crawling atau pengindeksan otomatis untuk AI di situs web ini tanpa izin tertulis dari Kantor Berita ANTARA.

  • Xpeng Umumkan Harga G6 dan X9 di Indonesia, Mulai Rp 599 Juta

    Xpeng Umumkan Harga G6 dan X9 di Indonesia, Mulai Rp 599 Juta

    Jakarta

    Erajaya Active Lifestyle, Agen Tunggal Pemegang Merek (ATPM) Xpeng di Indonesia, mengumumkan harga dua mobil listrik Xpeng G6 dan Xpeng X9.

    “Itu adalah dua ikon mobil listrik cerdas yang mengubah cara kita berkendara,” kata Hasan Aula, Vice President Erajaya Group saat peluncuran harga di Main Atrium Kota Kasablanka, Jakarta Selatan, Kamis (19/6/2025).

    Xpeng G6 merupakan SUV coupe 5-seater yang memadukan desain aerodinamis elegan dengan mobilitas listrik canggih.

    G6 meuncur di Indonesia Foto: Ridwan Arifin

    Steven Sulung, VP Commercial of Xpeng Indonesia menjelaskan Xpeng G6 punya kemampuan efisiensi dan pengisian daya cepat.

    “10 menit bisa mengisi jarak tempuh 230 kilometer,” jelas dia.

    Xpeng X9 dan G6 meuncur di Indonesia Foto: Ridwan Arifin

    Ditenagai platform 800V XPower, G6 ini mampu menghasilkan tenaga hingga 210 kW dan torsi 440 Nm. Teknologi one-pedal driving, memory seats, dan XPilot Assist hadir untuk kenyamanan dan keamanan maksimal. Mobil listrik ini bisa menempuh jarak hingga 550 km dan dicas 10-80% hanya dalam 20 menit.

    Selanjutnya, Xpeng X9, VP Marketing of Xpeng Indonesia, Hari Arifianto menjelaskan mobil ini merupakan MPV ultra-smart 7-seater yang menggabungkan SUV dengan kenyamanan MPV.

    “Meskipun kendaraan ini punya panjang 5,3 meter. Radius putarnya bisa sampai 5,4 meter,” kata Hari.

    Xpeng X9 dilengkapi teknologi mutakhir dan fitur cerdas, Xpeng menghadirkan pengalaman berkendara yang mulus, mewah, dan serbaguna.

    “6000 micro perforasi, ini tidak bisa bikin masuk angin,” kata Hari.

    Terlebih mobil ini memudahkan saat parkir lantaran memiliki fitur Automatic Parking Assistance.

    Xpeng X9 tersedia dalam tiga opsi Standard Range, Long Range Pro, dan Long Range Pro+. Xpeng X9 saat ini tersedia dalam pilihan warna Crescent Silver, Dark Night Black, Nebula White, dan Matte Gray (Khusus varian Long Range Pro+).

    Xpeng X9 varian standar bisa menempuh jarak hingga 580 kilometer (berdasarkan pengetesan WLTC), sementara itu varian long range bisa 690 kilometer.

    Di dalam kabinnya yang futuristis, X9 menawarkan kursi baris ketiga yang dapat dilipat secara elektrik, serta ruang penyimpanan yang fleksibel hingga 2.554 liter.

    Didukung oleh platform 800V XPower dan sistem suspensi udara dual-chamber cerdas, X9 juga dilengkapi teknologi keselamatan XPilot Assist. Secara performa, mobil MPV listrik premium ini diklaim bisa mengeluarkan tenaga hingga 235 kW dan top speed mencapai 200 km/jam.

    Daftar Harga Mobil Xpeng

    Berikut ini harga dari Xpeng X9:

    Standard Range: Rp 990 jutaLong Range Pro: Rp 1,059 miliarLong Range Pro+: 1,099 miliar

    Berikut ini harga dari Xpeng G6

    Standard range: Rp 599 juta

    (riar/dry)

  • Bos Formula E Ingin Jakarta Masuk Kalender Balap Musim Depan
                
                    
                        
                            Megapolitan
                        
                        19 Juni 2025

    Bos Formula E Ingin Jakarta Masuk Kalender Balap Musim Depan Megapolitan 19 Juni 2025

    Bos Formula E Ingin Jakarta Masuk Kalender Balap Musim Depan
    Tim Redaksi
    JAKARTA, KOMPAS.com –
    Penyelenggara ajang
    Formula E
    menginginkan
    Jakarta
    tetap masuk kalendar balap pada musim depan tahun 2026.
    “Kami berharap Jakarta masih ada di musim depan, kami sedang berbicara dengan pemangku kepentingan untuk memperbarui kontrak,” ujar Co-founder dan Chief Championship Officer Formula E
    Alberto Longo
     di Ancol, Kamis (19/6/2025).
    Alberto mengaku akan membahas balapan Formula E 2026 dengan Gubernur Jakarta Pramono Anung dan pemerintah pusat.
    Dia berharap ada niat baik dari pemerintah Indonesia untuk mengadakan ajang balapan ini tahun depan.
    “Tapi saya pikir ada niat baik dari Gubernur dan pemerintah pusat untuk Formula E menemukan cara agar melanjutkan selama bertahun-tahun,” ucapnya.
    Dia mengaku senang balapan Formula E berada di Jakarta karena pusat kota. 
    “Orang-orang sangat bersemangat tentang balapan ini di sini (Jakarta), saya pun akan mengatakan gairah,” imbuhnya.
    Selain itu, menurut dia, para pembalap dan tim sangat bersemangat ajang Formula E digelar di Jakarta.
    “Tetapi yang paling penting adalah para pengemudi dan tim, mereka merasakan ketika berjalan-jalan bagaimana orang-orang bersorak untuk mereka,” kata dia.
    Diketahui, sebanyak 12 tim dari berbagai negara akan bertarung dalam ajang balap mobil listrik Formula E atau
    Jakarta E-Prix 2025
    di Jakarta International E-Prix Circuit, Ancol, Sabtu (21/6/2025).
    Balapan ini merupakan bagian dari musim ke-11 ABB FIA Formula E Championship.
    PT Jakarta Propertindo (Jakpro) sebagai penyelenggara menargetkan kehadiran 20.000 penonton.
    Tiket dijual dengan harga mulai dari Rp 500.000 hingga Rp 10 juta untuk kategori tertinggi.
    Copyright 2008 – 2025 PT. Kompas Cyber Media (Kompas Gramedia Digital Group). All Rights Reserved.

  • Masih Dijual! Begini Cara Beli Tiket Formula E Jakarta 2025

    Masih Dijual! Begini Cara Beli Tiket Formula E Jakarta 2025

    Jakarta

    Setelah absen semusim, ajang Formula E kembali menyambangi Jakarta tahun ini. Balapan mobil listrik ini akan berlangsung di kawasan Ancol, Jakarta Utara, mulai Jumat (20/6). Buat kamu yang mau nonton langsung di sirkuit, begini cara beli tiket Formula E Jakarta 2025.

    Berbeda dengan dua tahun lalu, balapan Formula E Jakarta musim ini hanya digelar sekali alias bukan double header. Selain itu, balapan akhir pekan nanti kemungkinan menjadi yang terakhir untuk Jakarta. Sebab, kontraknya akan berakhir dan belum ada rencana perpanjangan.

    Nah, buat kalian yang penasaran dan mau datang langsung ke lintasan, berikut kami rangkum cara beli tiket Formula E Jakarta 2025.

    Cara Beli Tiket Formula E Jakarta 2025Kunjungi laman resmi: https://jakartaeprix.goersapp.com/idScroll ke bawah untuk menemukan menu pembelian tiketPilih kategori tiket sesuai keinginanPilih kursi, lalu klik “Tambah” dan lanjutkan dengan “Beli Tiket”Masukkan data diri seperti nama lengkap, email, dan nomor teleponKlik “Oke” dan lanjutkan ke proses pembayaranSetelah pembayaran berhasil, e-ticket akan dikirim ke email kamu

    Pilihan dan Harga Tiket Formula E Jakarta 2025

    Panitia menyediakan beberapa kategori tiket, mulai dari Festival yang paling terjangkau, hingga VVIP untuk kamu yang ingin menikmati balapan dengan kenyamanan ekstra. Berikut daftar harganya:

    Festival

    Festival – Rp 550 ribu

    Grandstand

    Grandstand 2A – Rp 1,1 juta

    Grandstand 2B – Rp 1,1 juta

    Grandstand 2C – Rp 1,1 juta

    Grandstand 2D – Rp 1,1 juta

    Grandstand 2E – Rp 1,1 juta

    Grandstand 2F – Rp 1,1 juta

    Grandstand 2G – Rp 1,1 juta

    Grandstand 2H – Rp 1,1 juta

    Grandstand 2I – Rp 1,1 juta

    VIP

    VIP Suite Ombak Laut – Rp 3,3 juta

    VIP Suite Walking Drums – Rp 3,3 juta

    VIP Suite Jimbaran – Rp 3,3 juta.

    VVIP

    VVIP Royal Suite – Rp 11 juta.

    (sfn/rgr)

  • Wacana Mobil Hybrid Pakai Pelat Biru dan Bebas Ganjil-Genap, Kamu Setuju?

    Wacana Mobil Hybrid Pakai Pelat Biru dan Bebas Ganjil-Genap, Kamu Setuju?

    Jakarta

    Saat ini cuma mobil full listrik yang diberi kebebasan keluar-masuk wilayah ganjil-genap di Jakarta. Jika kebijakan tersebut juga diberikan pada kendaraan hybrid, penjualan diprediksi bisa meningkat.

    PT Chery Sales Indonesia (CSI) buka suara soal ramainya usulan pabrikan yang meminta mobil hybrid mendapat pelat biru dan bebas ganjil-genap. Menurut mereka, kondisi itu bisa meningkatkan minat konsumen membeli kendaraan tersebut.

    Budi Darmawan selaku Direktur Pemasaran PT CSI mengatakan, pihaknya mendukung rencana mobil hybrid bebas ganjil-genap. Namun, pada akhirnya, keputusan final tetap di tangan pemerintah.

    “Kita kembalikan lagi ke pemerintah untuk mengambil keputusan, karena tentunya hal itu perlu pertimbangan matang dari pemangku kebijakan. Kita saat ini sudah mengajukan, tapi keputusannya kan ada regulasi-regulasi yang harus dipenuhin,” ujar Budi di Pantai Indah Kapuk (PIK), Jakarta Utara, Selasa (17/6).

    Chery Tiggo 8 CSH. Foto: Septian Farhan Nurhuda/detik.com

    Menurut Budi, ‘bebas ganjil-genap’ merupakan salah satu privilege yang membuat konsumen mau membeli mobil listrik. Itulah mengapa, ketika diterapkan ke mobil hybrid, maka permintaannya akan meningkat.

    “Tentunya kalau kami berpikir hal itu mungkin terjadi ya, karena biar bagaimana pun konsumen ada keinginan memakai mobil EV untuk keperluan sehari-hari. Hybrid kan bisa menjadi jembatan, kita kembalikan ke pemerintah dan kita support,” ungkapnya.

    Sebelumnya, usulan mobil hybrid bebas ganjil-genap disampaikan sejumlah pabrikan roda empat di Indonesia, termasuk Honda dan BAIC. Mereka menganggap, kebijakan nonfiskal tersebut baik untuk industri.

    “Fiskal kan sudah dikasih 3 persen relaksasi PPnBM, terima kasih banget. Kalau nonfiskalnya bisa dikasih free ganjil genap, karena (mobil) strong hybrid kita masuk dalam kota di bawah kecepatan 60 km/jam juga banyak pakai baterai,” ujar Yusak Billy selaku Direktur Pemasaran PT Honda Prospect Motor (HPM).

    “Jadi masuk dalam kota itu sangat ramah lingkungan. Kalau itu diberikan kebijakan bebas genap-ganjil di area-area tertentu, maka market Jakarta akan lebih agresif lagi,” tambahnya.

    Ganjil genap Jakarta. Foto: Grandyos Zafna

    Selain Honda, BAIC melalui agen pemegang mereknya, JHL Group juga memiliki asumsi yang sama. Dia berharap, pemerintah memberikan perlakuan yang sama antara mobil listrik dan hybrid. Sebab, menurut mereka, keduanya sama-sama ramah lingkungan.

    “Ini ada sedikit usul, kalau bisa mobil hybrid dihilangkan ganjil-genapnya, (pelatnya) dikasih (garis) biru seperti mobil listrik, supaya ada daya saingnya,” pinta Jerry Hermawan Lo selaku pendiri JHL Group.

    Di lokasi yang sama, Jerry juga menekankan pentingnya dukungan pemerintah daerah (Pemda) agar mobil hybrid dibebaskan dari aturan-ganjil.

    “Kalau bisa diusahakan di kota-kota besar, ganjil-genapnya, tolong diusulkan ke Pemda dihilangkan dari mobil hybrid,” kata dia.

    (sfn/din)

  • Daftar Mobil Baru yang Meluncur di GIIAS 2025: Toyota, BYD, sampai Honda

    Daftar Mobil Baru yang Meluncur di GIIAS 2025: Toyota, BYD, sampai Honda

    Jakarta

    Pameran GIIAS 2025 akan diselenggarakan pada 24 Juli hingga 3 Agustus di ICE-BSD City, Tangerang. Pameran ini tentunya akan menjadi tempat bagi peluncuran sejumlah kendaraan roda empat terbaru. Kira-kira apa saja merek mobil baru yang akan diluncurkan di pameran ini?

    Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2025 akan diikuti lebih dari 60 peserta. Dari kendaraan komersial ada Hino, Isuzu, Mitsubishi Fuso, dan juga UD Trucks. Kemudian dari sektor karoseri ada Adiputro, Laksana, New Armada, serta Tentrem.

    Sejumlah model mobil baru akan meluncur di GIIAS 2025 Foto: Luthfi Anshori/detikOto

    Selanjutnya dari kategori mobil penumpang ada merek-merek meliputi AION, Aletra, Audi, Citroën, DFSK, GWM, Hyundai, Jaecoo, Jeep, Jetour, KIA, Maxus, Mercedes-Benz, Nissan, Seres, Subaru, VinFast, Volkswagen, Volvo, Xpeng, BMW, Ford, Geely, MINI, Polytron, BAIC, BYD, Chery, Daihatsu, Denza, Honda, Lexus, Mazda, MG, Mitsubishi Motors, Suzuki, Toyota, Wuling, dan Lepas.

    Sementara dari brand sepeda motor atau roda dua, merek yang berpartisipasi adalah Astra Honda Motor (AHM), Harley-Davidson, Royal Enfield, Scomadi, Piaggio, U-Winfly, Vespa, Aprilia, Moto Guzzi, Alva, Dubbs Electric Vehicle, Exotic, Pacific, Kupprum, Polytron, U-Winfly, dan Wedison.

    Sejumlah model mobil baru akan meluncur di GIIAS 2025 Foto: Luthfi Anshori/detikOto

    Dalam pemaparan di Press Conference GIIAS 2025, di Jakarta, Rabu (18/6/2025), sejumlah Agen Pemegang Merek (APM) memberi teaser calon mobil baru yang diluncurkan pada GIIAS 2025 nanti. Beberapa brand yang akan memperkenalkan produk baru adalah BAIC, BYD, Chery, Honda, Hyundai, Mitsubishi, Mazda, serta Xpeng.

    BAIC

    – BJ30 Hybrid

    BYD

    – BYD Yangwang U9
    – Denza Z9 GT
    – Satu new model (kemungkinan BYD Seagull)

    Chery

    – Lepas L8
    – New model Chery

    Citroen & Jeep

    – Dua special display Citroen
    – Satu new model Jeep

    DFSK & Seres

    – Seres 3 (rilis harga)

    Ford

    – New Mustang Gen 7

    Geely

    – Meluncurkan tiga produk baru

    Honda

    – STEP WGN e:HEV
    – Dua mobil listrik baru

    Hyundai

    – The real Indonesian car (mobil baru yang khusus dirancang sesuai kebutuhan konsumen Indonesia)

    Isuzu

    – Traga special 50th edition limited order only at GIIAS 2025
    – New MU-X

    Jaecoo

    – J7 Series
    – J8 AWD
    – J5

    Jetour

    – Mobil listrik X50e
    – Mobil offroad T2

    KIA

    – EV3

    Mazda

    – The New Edition Large SUV
    – The New Small SUV

    Mercedes-Benz

    – New high performance car

    MG

    – Dua new model

    Mitsubishi Fuso

    – New varian MDT class

    Mitsubishi Motors

    – New model SUV

    Nissan

    – New product segment C-SUV
    – Race car Formula E gen 3

    Subaru

    – New SUV

    Toyota

    – New electric car
    – New GR (Gazoo Racing) HEV

    Volvo

    – 3 model facelift

    Xpeng

    – Mobil terbang
    – New SUV

    (lua/din)

  • Kasus Tambang Raja Ampat Jadi Momentum Evaluasi Hilirisasi Nikel

    Kasus Tambang Raja Ampat Jadi Momentum Evaluasi Hilirisasi Nikel

    Bisnis.com,JAKARTA- Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) dinilai tidak mematuhi putusan Mahkamah Konstitusi (MK) yang melarang penambangan di pulau-pulau kecil.

    Bhima Yudhistira, Direktur Eksekutif Center of Economic and Law Studies (Celios) mengatakan bahwa empat izin usaha pertambangan (IUP) di Raja Ampat yang dicabut oleh pemerintah, masih berada pada tahap eksplorasi. Tersisa satu IUP yang tidak turut dicabut yakni di Pulau Gag.

    Menurut Bhima, memang IUP di pulau itu sudah terbit sejak lama dan PT Gag Nikel merupakan subholding dari PT Aneka Tambang Tbk. (ANTM). Lanjutnya, ketika Mahkamah Konstitusi memutuskan bahwa pulau kecil tidak boleh ditambang, seharusnya Kementerian ESDM langsung menyatakan bahwa semua aktivitas pertambangan itu dihentikan di pulau-pulau kecil.

    “Problemnya masih berpaku pada, oh izinnya sudah ada sebelum aturan itu dikeluarkan. Kan seharusnya tidak bisa begitu ya. Ya ke depan tidak boleh lagi di pulau kecil ada tambang,” dalam program Broadcast, di kanal youtube Bisniscom, dikutip Selasa (17/6/2025).

    Bhima melanjutkan persoalan penambangan di Raja Ampat mesti menjadi momentum untuk mengevaluasi program hilirisasi, karena hasil tambang di kepulauan itu dialirkan ke smelter yang berada di wilayah Maluku Utara. Di sana, katanya, sedang dibangun pula beberapa smelter sehingga saat ini di Indonesia terdapat 44 smelter.

    Evaluasi hilirisasi, tuturnya, mesti menjawab pertanyaan mengenai jumlah pasokan nikel terhadap jumlah smelter sebanyak itu. Dia menilai, dengan jumlah smelter sebanyak itu, pada akhirnya menyebabkan bahan galian nikel tidak terserap, yang berujung pada jatuhnya harga nikel di mana harga saat ini, terangnya, sama dengan harga pada 2022.

    Menurutnya, jika produksi nikel Indonesia mayoritasnya diarahkan menjadi ekosistem kendaraan listrik, maka smelter sebanyak itu merupakan suatu kewajaran. Akan tetapi, produksi nikel Indonesia lebih banyak digunakan untuk memproduksi stainless steel atau baja tahan karat.

    “Sudah beda itu hilirisasinya ya. Sebagian besar investasi dan pasar dari smelter nikel, ini tujuannya ke China yang ekonominya sedang menurun sektor propertinya. Itu pengaruhnya bukan kepada mobil listrik secara langsung tapi pengaruhnya adalah baja tahan karat yang dipakai bahan baku konstruksi di sana, sementara kita juga melihat ini buat apa izin smelter baru lagi ada,” ucapnya.

    Bhima melanjutkan nikel yang paling baik adalah nikel yang tidak pernah ditambang. Filosofi ini disebut juga dengan nikel yang berkelanjutan. Sebagai alternatif, tuturnya, bisa memanfaatkan daur ulang limbah baterai alat elektronik seperti ponsel dan laptop.

    “Ada mineral kritis di barang-barang elektronik. Kenapa kita tidak fokus untuk melakukan daur ulang. Kalau dikumpulkan dengan jumlah konsumsi elektronik yang sangat besar itu pemurnian ulang dari nikel yang ada di sana tembaga termasuk timah itu juga bisa menghambat izin tambang baru,” ujarnya.

    Jika pendaurulangan limbah elektronik itu sudah dijalankan dan dinilai belum cukup kapasitasnya, bisa melakukan penambangan tetapi harus diukur secara cermat, mulai dari lokasi penambangan, tata kelola serta komunikasi dengan masyarakat adat setempat.

    Pada kesempatan itu dia mengataan Indonesia mestinya berpikir jauh ke depan untuk menyertakan sektor pertambangan sebagai penopang menuju visi Indonesia Emas 2045.

    Kalau caranya disokong oleh sektor pertambangan, Indonesia bisa mendapatkan sekitar Rp1.000-an triliun sampai 2045. Tapi, bebernya, kalau menggunakan ekonomi hijau, Indonesia bisa mendapatkan Rp2.000-an triliun.

    “Selain itu, kita membandingkan dengan data 75.000 desa di Indonesia, desa tambang versus desa non-tambang. Jadi untuk melihat dari sisi ekonomi iya, tapi bagaimana dari sisi kesehatan, akses kesehatan, kemudian dampak lingkungan, bencana alam. Itu hasilnya desa yang ada basis pertambangannya, itu lebih susah akses ke puskesmas daripada desa yang tidak ada tambangnya. Desa yang tidak ada tambangnya, itu prevalensi gizi buruknya lebih tinggi daripada desa tanpa tambang. Desa yang punya basis tambang, akses untuk ke sekolahnya, terutama sekolah menengah pertama, itu jauh lebih susah daripada desa yang non-tambang. Ini data di seluruh Indonesia,” pungkasnya.

  • Elon Musk Tukang Bohong, Tesla Makin Hancur Lebur

    Elon Musk Tukang Bohong, Tesla Makin Hancur Lebur

    Jakarta, CNBC Indonesia – Industri taksi otomatis (robotaxi) yang membawa ‘kiamat’ bagi profesi driver online kian kompetitif. Pabrikan otomotif dari China dan Amerika Serikat (AS) berbondong-bondong mengembangkan teknologi pengemudian otomatis paling canggih dan aman.

    Layanan ride-hailing seperti Uber dan Lyft juga makin kencang menggandeng mitra untuk mewujudkan layanan transportasi online berbasis robotaxi.

    Konsep mobil tanpa sopir sebenarnya sudah lama digaungkan oleh CEO Tesla, Elon Musk. Pada 2016 lalu, Tesla pertama kali memperkenalkan sistem pengemudian otomatis penuh (Full Self-Driving/FSD).

    Namun, kebohongan Musk terungkap. Tesla ternyata menggunakan video rekayasa untuk menampilkan mobil otomatis tanpa sopir yang berjalan aman di kondisi menantang. Video itu sudah dihapus dan Tesla mengklaim teknologinya sudah ada, hanya tinggal memvalidasi software-nya.

    Tak berhenti sampai di situ, 6 tahun lalu Musk menggembar-gemborkan rencana Tesla untuk mengoperasikan 1 juta robotaxi di jalanan pada 2020. Lagi-lagi, omongan itu hanya bualan.

    Bahkan, perusahaan robotaxi asal China seperti WeRide sudah mulai mengoperasikan armadanya hingga ke Abu Dhabi. Pabrikan robotaxi asal AS seperti Waymo juga terus memperluas jangkauan operasionalnya di beberapa negara bagian.

    Di kala perusahaan lain sudah berkembang pesat, Tesla masih jalan di tempat, berkutat pada izin operasional dan isu keamanan. Beberapa kali Musk memasang tenggat untuk pengoperasian robotaxi Tesla, tak beberapa kali pula mengalami penundaan.

    Beberapa saat lalu, Musk mengatakan robotaxi Tesla akan mulai beroperasi di Austin, Texas, pada 22 Juni 2025 mendatang. Namun, Musk menyebut tanggal itu ‘tentatif’. Kita tunggu saja apakah omongan kali ini terbukti benar atau lagi-lagi kebohongan semata.

    Tesla Makin Kacau

    Masalah bertubi-tubi dihadapi Tesla akibat kebohongan Musk, berbagai kecelakaan dan isu keselamatan pengemudi, hingga sikap politik Musk di pemerintah Trump yang memicu gerakan boikot di mana-mana.

    Di saat bersamaan, Tesla menghadapi tekanan kompetisi mobil listrik dari pabrikan China seperti BYD, Xpeng, Chery, dan Geely. Terbaru, muncul laporan bahwa Tesla menghentikan produksi Cybertruck dan Model Y selama sepekan di Austin, Texas.

    Business Insider melaporkan pemberhentian produksi akan dimulai pada 30 Juni mendatang, menurut informasi dari pertemuan para staf ketika penghentian produksi tersebut diumumkan.

    Hal ini menandai kali ketiga fasilitas Tesla di Austin mengalami penghentian produksi sepanjang tahun lalu hingga sekarang, menurut laporan Business Insider.

    Investor langsung bereaksi dan membuat saham Tesla anjlok 4% pada Selasa (17/6) waktu setempat. Sebagai informasi, Model Y merupakan salah satu model paling laris Tesla.

    Selain itu, Model Y juga merupakan salah satu model yang akan ditanamkan sistem FSD Tesla untuk peluncuran robotaxi pada 22 Juni 2025 mendatang.

    Saat Musk mengumbar soal robotaxi, ia membagikan klip video Model Y dan Model X yang dibenamkan teknologi robotaxi dan melintas di jalan raya Austin.

    Demo Besar-besaran

    Kelompok advokasi keselamatan publik mengatakan bahwa sistem pengemudian otomatis parsial Tesla (Autopilot) memiliki masalah keselamatan. Namun, fitur premium FSD juga belum sepenuhnya aman.

    Kendaraan dengan sistem FSD, yang mencakup fitur-fitur seperti menjaga lajur, kemudi, dan parkir otomatis, telah terlibat dalam ratusan tabrakan, termasuk puluhan kematian, menurut data Administrasi Keselamatan Lalu Lintas Jalan Raya Nasional (NHTSA).

    Robotaxi Tesla yang direncanakan meluncur pada 22 Juni 2025 dilengkapi dengan software FSD terbaru. Teknologi FSD “tanpa pengawasan” itu belum tersedia untuk umum.

    Beberapa kelompok di Austin pada pekan lalu memprotes peluncuran pilot robotaxi Tesla dan keterlibatan Musk dalam pemerintahan Trump.

    Dawn Project, kelompok keselamatan teknologi yang mengkritik kemampuan FSD Tesla, mendemonstrasikan situasi keselamatan menggunakan Model Y yang dilengkapi dengan software yang tersedia saat ini.

    Dalam demonstrasi FSD, Model Y melaju melewati bus sekolah yang berhenti dengan tanda berhenti dan menabrak manekin seukuran anak-anak yang ditarik di depan mobil yang sedang melaju, yang mensimulasikan seorang anak berlari menyeberang jalan untuk mengejar bus.

    Pendiri Dawn Project Dan O’Dowd juga mengelola Green Hills Software, yang menjual teknologi kepada pesaing Tesla.

    (fab/fab)

    [Gambas:Video CNBC]