Transportasi: mobil listrik

  • Ramai Harga Mobil Listrik Wuling Diskon Gede-gedean, Gara-gara BYD Atto 1?

    Ramai Harga Mobil Listrik Wuling Diskon Gede-gedean, Gara-gara BYD Atto 1?

    Jakarta

    Beredar di media sosial harga mobil listrik turun. Kebanyakan dijual di rentang Rp 180-190 jutaan. Benarkah demikian?

    Harga mobil listrik Wuling dikabarkan turun. Sebagaimana beredar di media sosial, disebutkan harga mobil listrik Wuling turun cukup signifikan hingga dijual di kisaran Rp 170-190 jutaan. Dalam informasi tersebut, disebutkan Wuling Air ev range 200 km yang awalnya dibanderol Rp 216,2 juta mendapat diskon besar hingga harganya drop menjadi Rp 170 juta.

    Selanjutnya untuk Wuling Air ev range 300 km yang seharusnya dijual Rp 250 jutaan, mendapat diskon tak kalah besar sehingga menjadi Rp 180 juta.

    Harga Wuling BinguoEV juga ikut dapat diskon. Harusnya mobil listrik dengan jarak tempuh hingga 410 km itu dijual Rp 414 jutaan, namun kini menjadi Rp 250 juta. Begitu juga BinguoEV versi 333 km yang harusnya dibanderol Rp 364 juta menjadi Rp 195 juta.

    Penurunan harga mobil-mobil listrik Wuling ini dirumorkan terjadi setelah meluncurnya BYD Atto 1. Resmi launching pada hari perdana GIIAS 2025, BYD Atto 1 bikin geger dengan harga jual mulai Rp 190 jutaan.

    Brand Communication Senior Manager Wuling Motors Brian Gomgom menjelaskan bahwa saat ini tidak ada penurunan harga pada tiga mobil listrik yang dijual pabrikan berlogo lima berlian itu. Namun demikian, menyoal promo dia mengamini diberikan dealer-dealer pada ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2025.

    “Kami menyampaikan bahwa Wuling tidak melakukan revisi harga untuk Air ev dan BinguoEV. Untuk harga tersebut dapat dilihat langsung di website resmi Wuling. Adapun yang beredar saat ini merupakan tawaran yang diberikan oleh pihak dealer berupa spesial deal dalam pameran GIIAS 2025 ini. Sehingga tidak ada penyesuaian atau penurunan harga,” terang Gomgom saat dikonfirmasi detikOto, Senin (28/7/2025).

    Wuling BinguoEv Foto: Grandyos Zafna/detikcom

    Dengan demikian, harga mobil listrik Wuling masih sama dengan sebelumnya. Nah buat kamu yang baru mau membeli mobil listrik Wuling, berikut daftar harganya.

    Daftar Harga Mobil Listrik Wuling Terbaru

    Harga Wuling Air ev

    Wuling Air ev Lite Standard Range: Rp 184 jutaanWuling Air ev Lite Long Range: Rp 195 jutaanWuling Air ev Pro Long Range: Rp 252 jutaan

    Harga Wuling BinguoEV

    Wuling BinguoEV Lite: Rp 279 jutaanWuling BinguoEV Pro: Rp 332 jutaan

    Harga Wuling Cloud EV

    Wuling Cloud EV Lite: Rp 365 jutaanWuling Cloud EV Pro: Rp 404 jutaan

    (dry/din)

  • Drama Tarif AS-China: Babak Akhir Negosiasi, Adu Strategi 2 Raksasa

    Drama Tarif AS-China: Babak Akhir Negosiasi, Adu Strategi 2 Raksasa

    Jakarta, CNBC Indonesia – Amerika Serikat (AS) dan China kembali duduk di meja perundingan di Stockholm, Swedia, untuk meredakan ketegangan dagang yang telah lama membayangi hubungan kedua raksasa ekonomi dunia.

    Melansir Reuters, negosiasi kedua negara tersebut memasuki hari kedua pada Selasa (29/7/2025) waktu setempat, dengan harapan mencegah eskalasi tarif yang bisa mengguncang rantai pasokan global.

    Meski belum ada sinyal akan tercapai terobosan besar, perundingan ini diyakini dapat menghasilkan perpanjangan gencatan senjata tarif selama 90 hari. Ini sekaligus membuka peluang pertemuan antara Presiden AS Donald Trump dan Presiden China Xi Jinping di akhir tahun, walau Trump membantah telah mengupayakan hal tersebut.

    “Ini tidak benar, saya tidak MENCARI apapun! Saya mungkin pergi ke China, tetapi itu hanya atas undangan Presiden Xi, yang telah diperpanjang. Jika tidak, tidak ada minat!” tulis Trump dalam unggahannya di Truth Social.

    Delegasi kedua negara bertemu selama lebih dari lima jam pada Senin di kantor Perdana Menteri Swedia, Rosenbad, di pusat kota Stockholm. Menteri Keuangan AS, Scott Bessent, dan Wakil Perdana Menteri China, He Lifeng, terlihat hadir dalam sesi perundingan pada hari kedua.

    Belum ada pernyataan resmi yang dirilis usai hari pertama negosiasi. Namun, China dihadapkan pada tenggat waktu 12 Agustus untuk mencapai kesepakatan tarif permanen dengan Washington. Jika gagal, tarif impor AS terhadap produk China bisa kembali melonjak ke level tiga digit, setara dengan embargo bilateral yang berpotensi melumpuhkan perdagangan global.

    Menurut Financial Times, AS telah menghentikan sementara pembatasan ekspor teknologi ke China demi menjaga momentum perundingan. Langkah ini juga dinilai sebagai strategi untuk mendukung kemungkinan pertemuan antara Trump dan Xi.

    Tantangan Ekstra dari Capitol Hill

    Di tengah perundingan yang sensitif, muncul tekanan politik domestik dari Washington. Sejumlah senator lintas partai dilaporkan tengah menyiapkan rancangan undang-undang yang menargetkan China atas isu hak asasi manusia, perlakuan terhadap kelompok minoritas, dan kebijakan terhadap Taiwan.

    Kondisi ini berpotensi memperumit dinamika negosiasi, terutama mengingat Beijing sangat menentang dukungan AS terhadap Taipei.

    Sumber Reuters menyebutkan Presiden Taiwan Lai Ching-te bahkan menunda kunjungan ke AS yang sebelumnya direncanakan pada Agustus, demi menghindari ketegangan tambahan di tengah proses negosiasi.

    Tekanan dari Perdagangan dan Teknologi

    Perundingan di Stockholm melanjutkan pembicaraan serupa yang sebelumnya digelar di Jenewa dan London. Fokus utama mencakup penurunan tarif balasan, pencabutan penghentian ekspor mineral tanah jarang oleh China, serta ekspor chip AI dan barang strategis lainnya oleh AS.

    Washington menuding Beijing menggunakan model ekonomi berbasis ekspor untuk membanjiri pasar global dengan barang murah, merusak persaingan industri dalam negeri AS. Sebaliknya, China menilai kebijakan kontrol ekspor teknologi AS sebagai bentuk penghambatan terhadap pertumbuhan ekonomi mereka.

    Menteri Keuangan AS Scott Bessent sebelumnya menyatakan, AS membuka peluang perpanjangan tenggat negosiasi. Ia menekankan pentingnya transformasi ekonomi China agar lebih bergantung pada konsumsi domestik daripada ekspor.

    “Kami berharap China mulai menyeimbangkan kembali pertumbuhan ekonominya, karena ini tidak hanya penting bagi mereka, tetapi juga bagi stabilitas ekonomi global,” kata Bessent dalam pernyataan singkatnya.

    Selain itu, isu mineral tanah jarang menjadi salah satu titik krusial dalam negosiasi. China menguasai sebagian besar pasokan global bahan penting ini, digunakan dalam berbagai industri, mulai dari perangkat keras militer hingga motor mobil listrik. Posisi dominan ini menjadikan mineral tanah jarang sebagai alat tawar Beijing yang efektif terhadap AS.

    Para analis memperkirakan pembicaraan AS-China akan berlangsung lebih rumit dibanding negosiasi dagang dengan negara Asia lainnya. Kompleksitas kepentingan geopolitik dan ekonomi membuat proses ini diperkirakan berlangsung berbulan-bulan, tanpa jaminan hasil dalam waktu dekat.

     

    (luc/luc)

    [Gambas:Video CNBC]

  • Mobil China Makin Banyak di Indonesia, yang Penting Wajib Investasi

    Mobil China Makin Banyak di Indonesia, yang Penting Wajib Investasi

    Jakarta

    Merek China terus berdatangan ke Indonesia. Bagi Gaikindo, itu bukan masalah berarti. Terpenting, para produsen China itu melakukan investasi besar Indonesia.

    Delapan tahun terakhir, pasar otomotif Indonesia kian dijejali mobil-mobil China. Dimulai dari Wuling dan DFSK pada tahun 2018, kini sudah ada belasan merek mobil China menjajakan produknya di dalam negeri.

    Dalam data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), beberapa merek China yang terdaftar yaitu BYD, Chery, Wuling Denza, AION, Geely, GWM (Great Wall Motor), DFSK, Neta, FAW, Jetour, BAIC, Jaecoo, Xpeng, dan baru-baru ini meluncur ada Lepas.

    Menurut Gaikindo, kian banyaknya merek China di Indonesia bukan masalah. Justru bisa meningkatkan angka penjualan. Namun yang paling penting, para produsen China itu menanamkan duitnya di Tanah Air.

    “Saya nggak membedakan Chinese brand itu apa. Buat saya dari Gaikindo, mau siapa yang jualan paling banyak, nggak ada urusan, yang penting mereka melakukan investasinya di Indonesia, memajukan industri otomotif Indonesia, dan harapan saya melakukan ekspor dari Indonesia,” tutur Ketua Umum Gaikindo Yohannes Nangoi ditemui di ajang GIIAS belum lama ini.

    Menurut Nangoi, sektor otomotif Indonesia saat ini mempekerjakan jutaan orang. Dengan banyaknya investasi di Indonesia, maka roda perekonomian dari sektor otomotif juga ikut berputar. Diketahui dari belasan merek China itu, beberapa di antaranya sudah membangun pabrik di sini seperti Wuling dan DFSK. Kalaupun tak membangun pabrik, beberapa merek juga melakukan perakitan mobilnya di dalam negeri.

    “Mau mereknya apa nggak ada masalah. Buat saya kucing warnanya apa nggak penting, yang penting bisa nangkap tikus,” lanjut Nangoi.

    Dari sisi konsumen, keberadaan merek-merek China itu tentu menjadi angin segar. Sebab, pilihan masyarakat juga kian beragam. Lebih lagi, merek-merek China itu menjual mobilnya dengan harga ramah di kantong. Kebanyakan memang menawarkan mobil listrik dengan harga bersaing dengan mobil-mobil bermesin konvensional.

    “Pilihan yang baik buat customer, Anda kan sekarang milih, lihat Mazda bagus, Toyota bagus, Chery bagus bisa lihat semua,” pungkas Nangoi.

    Meski merek-merek China terus berdatangan, nyatanya penjualan mobil di dalam negeri masih didominasi oleh mobil Jepang. Buktinya sepanjang semester satu tahun 2025, lima merek terlaris adalah Toyota, Daihatsu, Honda, Mitsubishi, dan Suzuki.

    (dry/rgr)

  • Segini Jarak Tempuh Toyota bZ4X Rakitan Lokal

    Segini Jarak Tempuh Toyota bZ4X Rakitan Lokal

    Jakarta

    Toyota mengenalkan bZ4X rakitan lokal di ajang GIIAS 2025. Dirakit di dalam negeri, berapa jarak tempuh Toyota bZ4X?

    Toyota bZ4X kini dirakit lokal. Ini merupakan mobil listrik pertama Toyota yang dirakit di Indonesia. Perakitan mobil listrik bZ4X secara lokal ini merupakan langkah Toyota dalam mendukung kebijakan pemerintah dalam mempercepat adopsi kendaraan listrik. Diharapkan dengan diproduksi lokal, bZ4X akan lebih mudah dijangkau. Begitu juga dengan ketersediaan suku cadang diharapkan bisa memudahkan konsumen dalam perawatan kendaraannya.

    “Kita kepengin growth with Indonesia, selalu ada untuk Indonesia jadi kita datang, kita nggak janji, kita buktikan bahwa kita local production di sini. Dengan local production, akan ada multiplier effect, menciptakan employement rate, consumption akan bergerak, dengan demikian spiral effect-nya tumbuh bareng, Indonesia tumbuh. Itu dua tujuan kenapa kita putusin untuk local production bZ4X,” ungkap Direktur Marketing PT Toyota Astra Motor Jap Ernando Demily.

    Soal spesifikasi belum diungkap lebih lanjut. Namun soal jarak tempuhnya tak berbeda dengan versi global. Untuk diketahui, Toyota bZ4X dibekali dengan baterai lithium-ion berkapasitas 71,4 kWh. Berbekal baterai tersebut, Toyota bisa menempuh jarak hingga 500 km. Artinya kamu bisa menempuh Jakarta-Semarang dalam satu kali pengecasan.

    Meski sudah mengenalkan bZ4X rakitan lokal, Toyota belum mengungkap secara blak-blakan kapan mobil listrik itu masuk jalur produksi. Namun yang jelas produksinya akan mengikuti permintaan di pasar. Dirakit secara lokal, Toyota juga belum secara gamblang mengungkap soal Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN) pada bZ4X.

    “Lokal produksi kan juga secara bertahap mulai dari assembly dan kita bangun pabrik engine, baru kemudian lokalisasi komponennya, tahapan kaya gitu. Kalau serius bangun industri kan begitu, nah kita juga melampaui stepping seperti itu,” jelas Vice President Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) Bob Azam.

    Begitu juga soal harga. Saat ini belum diungkap dengan merinci karena produk memang belum dijual. Yang jelas, ketika nanti masuk jalur produksi di Indonesia, baik Ernando dan Bob sepakat harga bZ4X itu bakal lebih kompetitif. Sebagai informasi, saat ini Toyota bZ4X ditawarkan dengan banderol Rp 1,2 miliaran.

    (dry/rgr)

  • Keluar dari Bayang-bayang Jadi Mobil Taksi, VinFast Pajang VF7 Edisi Disney

    Keluar dari Bayang-bayang Jadi Mobil Taksi, VinFast Pajang VF7 Edisi Disney

    Jakarta

    Pada ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2025 produsen ternama asal Vietnam, VinFast, juga tidak mau ketinggalan untuk menggoda pecinta otomotif tanah air. Kali ini VinFast coba menggoda dengan menghadirkan edisi spesial VF6 dan VF7 yang berkolaborasi dengan Disney, keluar dari bayang-bayang menjadi kendaraan taksi di Indonesia.

    Dalam pantauan detikOto, meski belum dijual kedua mobil listrik ini mampu menarik perhatian pengunjung. Strategi ini dijelaskan menjadi simbol dari upaya VinFast membangun brand awareness melalui pendekatan budaya pop.

    “Kolaborasi ini merupakan bagian dari strategi global VinFast yang ingin dikenal sebagai brand yang lifestyle-oriented, trendi, dan dekat dengan generasi muda. Kami juga akan berupaya menjadikan kolaborasi-kolaborasi lainnya. Untuk masyarakat lebih mengenal VinFast, salah satunya lewat jalur budaya, musik, film,” ujar CEO VinFast Indonesia, Kariyanto Hardjosoemarto.

    Selain itu orang nomor satu VinFast di Indonesia ini juga mengatakan, hadirnya VF6 dan VF7 edisi Disney, bertujuan mengubah persepsi masyarakat yang selama ini mengaitkan VinFast dengan mobil taksi atau kendaraan utilitarian semata.

    “Segmennya kalau kita bicara VinFast itu yang stylish, fun, cocok untuk anak muda dan keluarga,” tambahnya.

    Sebagai gambaran unit VF7 Fantastic Four Edition, yang hadir dalam balutan warna biru tua mengilap dengan aksen perak, menghadirkan nuansa futuristik dan kekuatan, sejalan dengan citra superhero Marvel. Logo Fantastic Four tersemat elegan di bagian pintu dan fender depan.

    Edisi spesial VinFast VF6 dan VF7 yang berkolaborasi dengan Disney. Foto: dok. FinVast

    Filosofi dari edisi ini mencerminkan nilai-nilai keberanian, kecerdasan, solidaritas, dan inovasi-empat karakteristik utama dalam dunia superhero yang juga ingin diadopsi oleh VinFast sebagai DNA produknya yaitu tangguh di medan jalan, canggih secara teknologi, serta mampu menjawab kebutuhan mobilitas masa depan secara kolektif.

    Sementara itu, VF6 Lilo & Stitch Edition tampil lebih playful. Ornamen berwarna cerah dan hiasan karakter Stitch di konsol tengah menyatu dengan desain interior bernuansa tropikal.

    Mobil ini mewakili nilai keluarga, kebahagiaan, dan kehangatan, refleksi dari semangat ‘Ohana’ (keluarga) yang melekat pada karakter Lilo & Stitch. Nilai-nilai ini juga sejalan dengan filosofi VinFast yang ingin menghadirkan kendaraan yang tak hanya fungsional, tetapi juga menyenangkan dan penuh kedekatan emosional bagi penggunanya.

    (lth/rgr)

  • Beli Mobil Listrik Bekas Bisa Untung Besar, Asal Tahu Caranya

    Beli Mobil Listrik Bekas Bisa Untung Besar, Asal Tahu Caranya

    JAKARTA – Harga mobil listrik bekas memang mengalami penurunan yang lebih signifikan dibandingkan dengan mobil bermesin pembakaran internal (ICE) di pasar global. Hal ini karena tingginya produksi dan persaingan di pasar mobil listrik, berimbas harga mobil listrik baru terus menurun, yang berdampak pada nilai jual kembali mobil bekas. Misalnya, data dari Auto Trader di Inggris menunjukkan bahwa harga mobil listrik bekas turun 20,7 persen tahun-ke-tahun pada Juni 2023, sementara mobil ICE juga mengalami penurunan, tetapi tidak sebesar itu.

    Dengan tingginya produksi, pasokan mobil listrik bekas juga meningkat pesat, terutama di pasar seperti Eropa, di mana delapan dari sepuluh orang membeli mobil bekas. Ini menyebabkan oversupply, yang menekan harga lebih jauh. Padahal, menurut IEA (International Energy Agency), pasar mobil bekas sangat penting untuk adopsi massal mobil listrik, terutama karena mobil baru tetap mahal.

    Namun, penting untuk dicatat bahwa tren ini bisa berubah seiring waktu, terutama dengan peningkatan umur baterai, insentif pemerintah, dan peningkatan infrastruktur pengisian daya, yang dapat membantu menstabilkan atau bahkan meningkatkan nilai mobil listrik bekas di masa depan.

    Nah, ada kisah menarik soal membeli mobil listrik bekas seperti generasi pertama dari Tesla Model S. Dilaporkan InsideEVs, Senin, 28 Juli, harga bekas Tesla Model S generasi awal di Amerika Serikat mulai dari 6.000 dolar AS atau setara Rp98,3 juta. Sayangnya, banyak yang belum mengetahui yaitu perbaikan baterai bertegangan tingginya bisa menyebabkan biaya perbaikan lebih dari 20.000 dolar AS (setara Rp327 juta). Namun bagi yang paham ternyata Tesla Model S ini bisa diubah jadi lebih bertenaga dan hemat di kantong.

    Adalah Alex dari Out of Spec Renew, bengkel khusus EV yang membocorkannya. Ia memberi solusi cerdas dengan ganti baterai lama dengan baterai bekas berkapasitas lebih besar dari model Tesla yang lebih baru.

    Contohnya, Tesla Model S 2015 milik Alex. Awalnya memakai baterai 70 kWh, mobil ini sudah menempuh lebih dari 470.000 mil (756.391km). Kini, baterainya ditukar dengan versi 100 kWh dari Tesla lain, hanya dengan biaya sekitar 12.000 dolar AS (setara Rp196 juta).

    Hasilnya? Jauh lebih efisien dan bertenaga. Pengisian Supercharger selama 15 menit yang dulu hanya menambah 15 kWh energi dan 66 kilometer jarak tempuh (41 mil), kini bisa menyerap 29 kWh—cukup untuk 122 kilometer (76 mil). Artinya, peningkatan jangkauan hingga 85 persen!

    Meski ada sedikit penurunan efisiensi sekitar 5 persen karena bobot baterai yang lebih berat, manfaatnya tetap jauh lebih besar. Biaya lebih murah dari beli mobil listrik baru, jangkauan lebih jauh, dan performa meningkat—membuktikan bahwa beli mobil listrik bekas bukan hanya hemat, tapi juga bisa sangat menguntungkan jika tahu trik dan solusinya.

  • Reaksi Menteri Prabowo saat Dengar Harga BYD Atto 1 Cuma Rp 195 Juta

    Reaksi Menteri Prabowo saat Dengar Harga BYD Atto 1 Cuma Rp 195 Juta

    Jakarta

    Belum lama ini, Menteri Perindustrian (Menperin) Agus Gumiwang Kartasasmita mengunjungi pameran Gaikindo Indonesia International Auto Show atau GIIAS 2025. Pada kesempatan tersebut, dia turut melihat langsung mobil listrik BYD Atto 1 yang fenomenal.

    Sejak pertama tiba di booth BYD, Agus Gumiwang langsung dibuat penasaran Atto 1 yang menjadi sorotan utama di pameran. Salah satu menteri Prabowo Subianto itu lantas melontarkan pertanyaan ke perwakilan produsen, terutama mengenai harga.

    “Ini harganya Rp 195 juta, Pak,” demikian respons Head of PR & Government BYD Indonesia Luther Panjaitan kepada Menperin Agus Gumiwang di ICE BSD, Tangerang Selatan, dikutip dari CNBC Indonesia.

    Menteri Perindustrian Agus Gumiwang membuka secara resmi GIIAS 2025 di ICE BSD City, Tangerang, Kamis (24/7/2025). Setelah sambutan, beliau menyempatkan diri mengunjungi berbagai booth peserta pameran. Foto: Rifkianto Nugroho

    Menperin kemudian meraba-raba mobil listrik tersebut. Dia penasaran, dengan harga semurah itu, bagaimana spesifikasinya? Luther lantas memberikan penjelasan secara singkat, termasuk mengenai jarak tempuh kendaraan.

    Mendengar harganya yang murah, ditambah spesifikasi yang mumpuni, Menperin langsung terkejut. Dia menunjukkan ekspresi seakan tak sepenuhnya percaya.

    “(Jarak tempuh) 300 km?” tanya Agus kembali. “Saya rasa ini sudah buat place baru di pasar BEV murah.”

    BYD Atto 1 Foto: Dok. BYD Motor Indonesia

    Sebagai catatan, BYD Atto 1 tersedia dalam dua varian berbeda, yakni Dynamic seharga Rp 195 juta dan Premium yang Rp 40 juta lebih mahal. Keduanya berstatus on the road Jakarta.

    BYD Atto 1 varian Dynamic menggunakan baterai Blade 30,08 kwh dengan jarak tempuh maksimum 300 km. Sementara varian Premium mengadopsi baterai Blade 38,88 kwh dengan jangkauan puncak 380 km.

    BYD Atto 1 menggunakan motor listrik yang mampu menghasilkan tenaga 75 kw, torsi 135 Nm dan kecepatan maksimum 120 km/jam. Sedangkan untuk berakselerasi dari nol ke 50 km/jam hanya memerlukan waktu 4,9 detik.

    (sfn/din)

  • Mau Punya Mobil Esemka? Begini Cara Pesannya

    Mau Punya Mobil Esemka? Begini Cara Pesannya

    Jakarta

    Kalau kamu penggemar otomotif dan mau kelihatan beda di jalan raya, kamu bisa beli mobil Esemka. Percaya deh, kamu pasti jadi sorotan orang-orang sekitar! Eh tapi bagaimana, sih, cara pesan mobil Esemka?

    Pilihan mobil Esemka di Indonesia memang belum banyak. Bahkan, segmennya cuma komersial ringan. Kamu bisa pilih antara Esemka Bima dan Esemka Bima EV.

    Nah, banderolnya bisa dibilang ‘gelap’ nih, detikers. Soalnya, mereka udah lama banget nggak update harga terbaru. Karuan aja, Esemka terakhir kali nongol di publik pas pameran Indonesia International Motor Show atau IIMS 2023.

    Mobil listrik Esemka Bima EV di IIMS 2023. Foto: Septian Farhan Nurhuda / detik.com

    Menurut informasi yang diterima detikOto, sih, Esemka Bima versi biasa dibanderol mulai Rp 125 jutaan. Sementara versi listriknya mulai Rp 530 jutaan. Keduanya berstatus on the road Jakarta.

    Pas pameran IIMS 2023, kami sempat ngobrol sama perwakilan Esemka soal keberadaan dealer mereka di Indonesia. Menariknya, kata mereka, fasilitas itu cuma ada satu dan bertempat di Boyolali, Jawa Tengah.

    Tapi jangan khawatir, mereka punya dealer rekanan di kawasan Lampung dan Jakarta. Sementara untuk pemesanan unit, selain datang langsung ke dealer di Boyolali, konsumen bisa melakukannya secara online lewat laman resmi perusahaan.

    Cara pesan mobil Esemka secara online. Foto: Andhika Prasetia/detikcom

    Nantinya, setelah melalui sejumlah tahap verifikasi dan konfirmasi, mobil Esemka yang dipesan akan dikirim langsung ke rumah konsumen. Nah, biar nggak pesanan, berikut kami rangkum cara memesan kendaraan lewat laman resmi pabrikan.

    Begini Cara Pesan Mobil EsemkaBuka esemkaindonesia.co.idKlik ‘pemesanan’Isi biodata seperti nama, tanggal lahir, email dan nomor HPIsi alamat rumah secara lengkapLampirkan foto diri di kolom terbawahKemudian klik ‘simpan’Pilih model mobil yang dibeliTunggu proses verifikasi dan konfirmasiJika pesanan belum juga diproses, bisa hubungi information@esemka.org

    (sfn/din)

  • Tampang Mobil Listrik Mungil China yang Harganya Cuma Rp 70 Jutaan

    Tampang Mobil Listrik Mungil China yang Harganya Cuma Rp 70 Jutaan

    Foto Oto

    Septian Farhan Nurhuda – detikOto

    Selasa, 29 Jul 2025 09:00 WIB

    Jakarta – First Automobile Works (FAW) meluncurkan mobil listrik mungil, Besturn Pony EV di China. Kendaraan tersebut hanya dibanderol 34.900 yuan atau Rp 70 jutaan!

  • Gak Cuma Murah, BYD Atto 1 Dilengkapi Banyak Fitur Wah

    Gak Cuma Murah, BYD Atto 1 Dilengkapi Banyak Fitur Wah

    Jakarta

    BYD Atto 1 tak hanya dijual dengan harga murah alias terjangkau, tapi juga banyak dilengkapi fitur dan teknologi yang wah. Apa saja yang ditawarkan mobil listrik berdimensi mungil ini?

    “Dari segi eksterior, mobil ini didesain untuk yang berjiwa muda, youthful,” ujar Head of Product PT BYD Motor Indonesia Bobby Bharata dalam acara Bedah Produk BYD Atto 1 di arena GIIAS 2025, ICE-BSD City, Tangerang, Jumat (25/7/2025).

    Secara tampilan, BYD Atto 1 memiliki tampilan ala crossover dengan desain bodi yang agresif dan sporty. Mobil ini dilengkapi wind breaker pada bumper depan, automatic LED headlamp, hingga daytime running lights.

    Acara Bedah Produk BYD Atto 1 di arena GIIAS 2025, ICE-BSD City, Tangerang, Jumat (25/7/2025) Foto: Luthfi Anshori/detikOto

    Geser ke belakang, Atto 1 dilengkapi LED high mounted, brake light, electric unlock tailgate, rear window defogger, rear fog lamp, dan one piece LED tail lights. Kaca spion Atto 1 juga dilengkapi electric adjustable & heated outer mirror.

    Kesan sporty juga tampak pada bagian atap dengan adanya shark fin antenna, sign turn outer mirror, dan 3D gradient diamond shape. Selanjutnya pada bagian kaki-kaki ada velg 16 inci yang diklaim terbesar di kelasnya, juga ada empat rem cakram yang diklaim paling lengkap di kelasnya. Sementara bannya pakai profil 185/55.

    Dari segi dimensi, mobil ini punya panjang 3.925 mm, tinggi 1.720 mm, dan lebar 1.590 mm. Sementara jarak sumbu rodanya 2.500 mm dan ground clearance-nya 155 mm. Dengan dimensi kompak, mobil ini juga diklaim gampang masuk ke gang-gang sempit.

    BYD Atto 1 Foto: Andhika Prasetia

    Beralih ke interior, mobil ini mengusung nuansa grey black interior color with soft touch material. Setirnya sudah teleskopik dan tilt. “Kabinnya lega, mirip-mirip dengan model Dolphin. Joknya menggunakan material leather, bentuk jok mengikuti kontur bodi, sporty look, dan sporty design. Juga ada 6-way electric driver seat,” sambung Bobby.

    Mobil ini juga diklaim bisa menampung hingga lima penumpang, di mana jok baris kedua sudah dilengkapi tiga headrest. Selain itu juga ada fitur ISOFIX. Soal akomodasi, Atto 1 memiliki kapasitas bagasi 230 liter dan kapasitas maksimal 930 liter jika kursi belakang direbahkan.

    Lanjut ke area kokpit, di area dasbor dilengkapi layar sentuh 10 inci 1080p yang mendukung fitur Apple CarPlay dan Android Auto dengan wired dan wireless. Ada juga cruise control yang aktif di kecepatan 40 km/jam, ada soft opening box, hingga electric auto up down power window di kursi pengemudi.

    Konsol tengahnya ada power outlet 12V, USB type C dan A, wireless charging, electric parking brake with auto hold, hingga driving mode (eco, normal, sport). Tak hanya itu, Atto 1 juga sudah memiliki fitur perintah suara alias voice command dalam bahasa Inggris, Indonesia, hingga bahasa Mandarin. Fitur ini bisa untuk menyalakan musik, pengaturan AC, suara, hingga kontrol semburan angin AC.

    Sebagai informasi, BYD Atto 1 meluncur di GIIAS2025, tersedia dalam dua varian berbeda yakni Dynamic seharga Rp 195 juta dan Premium yang dijual Rp 235 juta. Harga tersebut berstatus on the road Jakarta.

    (lua/din)