Transportasi: mobil listrik

  • 10 Orang Terkaya di Dunia dan Sumber Kekayaannya, Siapa Saja?

    10 Orang Terkaya di Dunia dan Sumber Kekayaannya, Siapa Saja?

    Jakarta, Beritasatu.com – Daftar orang terkaya di dunia versi Forbes Real Time Billionaires List kembali menjadi sorotan publik. Peringkat ini diperbarui setiap saat, mengikuti pergerakan kekayaan para miliarder dunia berdasarkan nilai saham, aset, dan transaksi terbaru.

    Pada Desember 2025 ini, Elon Musk masih kokoh di puncak daftar sebagai orang paling kaya di dunia, berkat lonjakan valuasi perusahaan-perusahaannya yang terus menarik perhatian pasar global. Tepat di bawahnya, posisi kedua ditempati raksasa teknologi Larry Ellison, pendiri Oracle, yang kekayaannya melonjak signifikan seiring pertumbuhan industri komputasi awan dan ekspansi bisnis perusahaan tersebut.

    Dominasi dua tokoh besar ini mencerminkan bagaimana sektor teknologi tetap menjadi pendorong utama terciptanya para jawara finansial dunia.

    Dikutip dari Forbes, Senin (8/12/2025), berikut daftar lengkap 10 orang terkaya di dunia:

    1. Elon Musk. Nilai kekayaan US$ 496,6 miliar

    Elon Musk adalah pendiri bersama dari tujuh perusahaan besar, termasuk produsen mobil listrik Tesla, perusahaan roket SpaceX, dan startup kecerdasan buatan xAI. Ia memiliki sekitar 12% saham Tesla, perusahaan yang mulai ia dukung pada 2004 dan ia pimpin sebagai CEO sejak 2008.

    SpaceX, yang didirikan Musk pada 2002, kini bernilai sekitar US$ 400 miliar berdasarkan penawaran tender privat pada Agustus 2025. Musk diperkirakan memiliki sekitar 42% saham perusahaan tersebut.

    Pada 2022, Musk membeli Twitter (sekarang X) dalam transaksi senilai US$ 44 miliar. Pada Maret 2025, ia menggabungkan Twitter dengan xAI dalam kesepakatan yang menempatkan valuasi gabungan perusahaan mencapai US$ 113 miliar.

    Selain itu, Musk juga mendirikan perusahaan pengeboran terowongan The Boring Company serta perusahaan implan otak Neuralink. Kedua startup tersebut telah mengumpulkan total sekitar US$ 2 miliar dari investor privat.

    2. Larry Ellison. Nilai kekayan US$ 269,9 miliar

    Larry Ellison adalah chief technology officer sekaligus salah satu pendiri raksasa perangkat lunak Oracle, tempat ia masih memegang sekitar 40% saham. Ellison mundur dari posisi CEO pada 2014 setelah memimpin perusahaan selama 37 tahun.

    Pada September 2025, Ellison menjadi orang kedua dalam sejarah yang memiliki kekayaan lebih dari US$ 400 miliar, didorong oleh lonjakan harga saham Oracle yang meningkat pesat berkat perkembangan teknologi AI. Selain bisnis teknologi, Ellison juga memiliki hampir 50% saham Paramount Skydance.

    Ellison pindah secara permanen ke Pulau Lanai di Hawaii pada 2020, pulau yang hampir seluruhnya ia beli pada 2012 dengan harga US$ 300 juta.

  • Ribuan Warga Padati Pergelaran Seni Hakordia 2025 di Yogyakarta

    Ribuan Warga Padati Pergelaran Seni Hakordia 2025 di Yogyakarta

    Yogyakarta, Beritasatu.com — Kawasan Malioboro hingga Titik Nol Kilometer Yogyakarta berubah menjadi panggung terbuka bagi ribuan warga yang meramaikan pergelaran seni dan budaya dalam rangka memperingati Hari Antikorupsi Sedunia (Hakordia) 2025, Sabtu (6/12/2025) dan Minggu (7/12/2025).

    Perayaan ini bukan sekadar hiburan, tetapi juga sarana menguatkan nilai integritas melalui pendekatan seni yang dekat dengan masyarakat.

    Rangkaian acara dibuka dengan doa bersama yang dipimpin pimpinan KPK dan para seniman untuk para korban bencana di Aceh, Sumatera Utara, dan Sumatera Barat. Momen tersebut menjadi pengingat bahwa Hakordia selalu berpijak pada solidaritas, kepedulian, dan pentingnya kejujuran di tengah berbagai tantangan bangsa.

    Selama dua hari, berbagai komunitas budaya menghidupkan panggung di Titik Nol. Pergelaran diawali sendratari Amurbo Cahyaningrat dari Dinas Kebudayaan DIY, yang menggambarkan negeri kehilangan cahaya akibat ketamakan hingga dipulihkan kembali oleh kejujuran.

    Pertunjukan dilanjutkan Dagelan Mataraman Ubet Kesrimpet, penampilan Bidadari Band, Sedhut Senut, hingga komunitas Hip Hop Jumat Gombrong.

    “Sudah lama Hakordia dipusatkan di Jakarta. Dengan digelar di luar Jakarta, masyarakat bisa melihat langsung apa itu Hakordia, tidak hanya dalam ruangan formal,” ujar Ketua KPK Setyo Budiyanto.

    Setyo menegaskan, Yogyakarta dipilih karena merupakan kota pendidikan dan wisata, memiliki infrastruktur memadai, serta didukung ekosistem seni yang kuat.

    “Harapannya ini memotivasi kota lain. Tidak menutup kemungkinan tahun berikutnya Hakordia digelar di daerah berbeda,” katanya.

    Karnaval budaya menjadi magnet bagi warga. Parade dimulai dari gedung DPRD DIY menuju Titik Nol, melibatkan Sanggar Seni Kinanti Sekar, Jumat Gombrong, ABDW Art Project, Forum Komunikasi Jathilan Bantul, komunitas becak dan mobil listrik, hingga Bregodo Suryatmaja dan Segoro Amarto. Tim PAKSI dan Drumband Gita Dirgantara Taruna AAU turut memeriahkan suasana.

    Salah satu momen paling simbolik adalah prosesi penyerahan sapu emas, didahului tarian sigrak reresikan. Sapu emas diserahkan kepada Ketua KPK sebagai simbol tekad membersihkan praktik korupsi. Pesan moral makin kuat melalui refleksi antikorupsi yang dibacakan Ibnu Basuki Widodo.

    “Rakyat tahu, betapa pun majunya ekonomi, semuanya bisa hancur jika korupsi dibiarkan. Sekali berhenti melawan korupsi, kita mati. Sekali lengah, kita kalah. Satukan aksi, berantas korupsi,” ucapnya.

    Dengan tema “Satukan Aksi, Basmi Korupsi”, rangkaian Hakordia 2025 di Yogyakarta menjadi ruang kolaboratif antara KPK, pemerintah daerah, komunitas seni, dan masyarakat. Di tengah duka bencana di Sumatera, pergelaran ini mengingatkan bahwa kejujuran dan empati merupakan fondasi penting dalam kehidupan berbangsa.

  • 7 Figur inspiratif di Mata VinFast

    7 Figur inspiratif di Mata VinFast

    Jakarta

    Produsen mobil listrik asal Vietnam, VinFast tahu bagaimana cara mendorong kaula muda Indonesia untuk all out dalam mengejar passion yang diinginkan. Untuk itu sesuai dengan semangat VinFast ‘Drive Your Passion’, VinFast Indonesia menggelar acara untuk mengapresiasi tujuh figure inspiratif terpilih di The Langham Jakarta, Hampton Garden, 6th Floor, District 8 SCBD, pada Jumat, 5 Desember 2025.

    Dalam siaran resminya dijelaskan, acara bertajuk The Party in Mo7ion: Early New Year 7urn Up digelar untuk mengapresiasi 7 figure inspiratif yang telah menekuni passion mereka sepanjang 2025, sekaligus menegaskan visi VinFast yakni menjadi inspirasi bagi masyarakat untuk mengejar impian dan passion mereka tanpa kompromi.

    “Kami ingin memberikan apresiasi kepada para individu yang telah all out mengejar passion mereka selama setahun terakhir. Filosofi Drive Your Passion tidak hanya menjadi semangat kami dalam menghadirkan VinFast VF 7, tetapi juga menjadi inspirasi bagi seluruh masyarakat Indonesia untuk berani mengejar apa yang mereka cintai,” ujar Kariyanto Hardjosoemarto, Chief Executive Officer VinFast Indonesia.

    Selanjutnya dijelaskan, tujuh persona yang mendapatkan apresiasi datang dari latar belakang yang berbeda. Mereka adalah musisi David Bayu, kreator konten Wendy Walters, pengusaha muda Giorgio Antonio, Darbotz, selebritas Anya Geraldine, pesepak bola Stefano Lilipaly, dan sutradara ternama Angga Dwimas Sasongko.

    Ketujuh persona tersebut dipilih karena semangat mereka yang sejalan dengan visi salah satu produk terbaru VinFast yang dihadirkan untuk memenuhi kebutuhan masyarakat Indonesia akan kendaraan energi baru yang ideal dan fungsional, VinFast VF 7.

    David Bayu, sebagai musisi yang sangat menekankan penampilan, selalu mencari cara agar performa dan gaya hidupnya terlihat selaras. VinFast VF 7 memberikan platform yang tepat untuk itu.

    The Party in Mo7ion: Early New Year 7urn Up digelar untuk mengapresiasi 7 figure inspiratif yang telah menekuni passion mereka sepanjang 2025 Foto: mxm/VinFast/Istimewa

    “VinFast VF 7 ini punya exterior body yang aerodynamic, sporty, dan futuristic,” ujar David, yang bahkan membuat jingle mobil Listrik untuk mengekspresikan pengalaman electrified-nya saat mengendarai VinFast VF 7.

    Bagi Wendy Walters, yang gemar melakukan aktivitas outdoor, kendaraan bukan hanya alat transportasi, tetapi partner untuk menjelajahi dunia. VF 7 menawarkan kombinasi fitur dan performa yang membuat setiap perjalanan lebih mulus, aman, nyaman, dan menyenangkan.

    “VF 7 memiliki 18 fitur ADAS dan sistem suspensi multi-link yang meningkatkan agility di trek perjalananku,” ungkap Wendy.

    Pengalaman yang sama juga dirasakan Giorgio Antonio, seorang entrepreneur muda. Dia menekankan bahwa beralih ke mobil listrik kadang menimbulkan kekhawatiran mengenai baterai dan nilai jual kembali. Setelah berkenalan lebih dekat dengan VinFast, ia meyakini VinFast VF 7 memberikan solusi inovatif untuk itu.

    “Beberapa benefit yang ditawarkan oleh VinFast VF 7, seperti opsi Battery Subscription dengan garansi seumur hidup untuk baterai yang health-nya di bawah 70%, Resale Value Guarantee sampai 90%, dan free charging hingga 1 Maret 2028, mengurangi kekhawatiran umum pembeli yang ingin berpindah dari mobil konvensional ke mobil listrik,” jelas Giorgio.

    The Party in Mo7ion: Early New Year 7urn Up digelar untuk mengapresiasi 7 figure inspiratif yang telah menekuni passion mereka sepanjang 2025 Foto: mxm/VinFast/Istimewa

    Sementara itu, seniman muda inspiratif Indonesia, Darbotz melihat kendaraan sebagai media kreatif. Hal ini yang ia rasakan saat menyentuh langsung VinFast VF7.
    Menurutnya, setiap detail desain VinFast VF 7 bisa menjadi sumber inspirasi untuk karyanya. “Body VinFast VF 7 bisa jadi sumber inspirasi sekaligus medium saya untuk berkreasi dengan seni,” kata Darbotz.

    Anya Geraldine, selebritas dan influencer dengan gaya hidup aktif, menekankan pentingnya kendaraan yang mendukung fleksibilitasnya. Dari tampilan sporty hingga elegan, VF 7 membuat aktivitasnya lebih mudah dan stylish.

    “Exterior VinFast VF 7 ini mendukung looks saya dari sporty sampai elegan. Virtual Assistant yang disebut Vivi juga memudahkan selama perjalananku,” ungkap Anya.

    Bagi Stefano Lilipaly, atlet sepak bola, performa mobil sangat penting untuk merepresentasikan diri dan gaya hidupnya. VF 7 dirancang untuk mencerminkan dinamika tersebut. “VF 7 itu bisa represent skill saya, mulai dari Quick Acceleration, Agility, dan 360° camera,” ujar Stefano.

    Sementara Angga Sasongko, sutradara film, melihat VF 7 sebagai kombinasi antara desain futuristik dan fungsi yang mendukung kegiatan profesionalnya. “Dari sisi visual, VF 7 punya Futuristic Design dan Stylish Interior. Secara fitur juga memiliki spacious trunk & seats, serta smart interface dan HUD, yang sangat mendukung aktivitas saya sehari-hari,” jelas Angga.

    VinFast VF 7 memang dirancang untuk memenuhi kebutuhan para persona yang aktivitas hariannya padat dan cepat. Setiap fitur mobil ini mendukung mereka tetap produktif dan nyaman dalam menjalani aktivitas sehari-hari. Dengan akselerasi dari 0-100 km/jam hanya 5,8 detik, fast charging 10-70% dalam 28 menit, tenaga maksimum 349 HP, torsi hingga 500 Nm, serta kapasitas bagasi luas 1.765 L, VF 7 memungkinkan para persona membawa perlengkapan dan peralatan yang dibutuhkan tanpa mengorbankan kenyamanan maupun performa.

    Lebih dari itu, Battery Subscription dan Resale Value Guarantee memberikan ketenangan ekstra, sementara garansi kendaraan 10 tahun/200.000 km, jaringan showroom & workshop yang siap pakai, dan free charging hingga 1 Maret 2028 memastikan pengalaman berkendara yang efisien dan menyenangkan.

    “Kami berharap kolaborasi VF 7 bersama para 7 Personas ini bisa menjadi wake up call bagi setiap orang untuk all out mengejar passion mereka. Setelah mereka berhasil melakukannya, kami ingin mengingatkan bahwa mereka juga pantas memberi reward pada diri sendiri dengan memiliki VinFast VF 7-mobil listrik yang spirit-nya sepenuhnya passion driven,” tutup Kariyanto Hardjosoemarto.

    (lth/rgr)

  • Mobil Nasional Bikinan RI Bakal Dijual di Bawah Rp 300 Juta, Ini Rival-rivalnya

    Mobil Nasional Bikinan RI Bakal Dijual di Bawah Rp 300 Juta, Ini Rival-rivalnya

    Jakarta

    Mobil nasional bikinan Indonesia bakal dijual di bawah Rp 300 juta. Berikut ini calon rival-rivalnya.

    Harga menjadi salah satu pertimbangan orang Indonesia sebelum membeli mobil. Maka dari itu, penentuan harga yang dilakukan oleh pabrikan harus diperhitungkan dengan matang. Terlebih lagi, di Indonesia mobil-mobil yang banyak diburu kebanyakan punya harga di rentang Rp 200-300 juta. Hal ini pula yang jadi pertimbangan pemerintah dalam menggodok proyek mobil nasional bikinan Indonesia.

    “Kami sudah cek di lapangan dari Gaikindo memang sekarang terbesar, market terbesar pangsanya adalah mobil-mobil di bawah Rp 300 juta sehingga ini juga yang didorong oleh pemerintah sehingga affordability menjadi tantangan,” ungkap Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto dalam Pembukaan Rapimnas Kadin belum lama ini.

    Daftar Mobil di Bawah Rp 300 Juta Calon Rival Mobil Nasional RI

    Adapun, opsi mobil di bawah Rp 300 juta cukup banyak, ada mobil LCGC, Low MPV, low SUV, bahkan mobil listrik pun tersedia. Misalnya ada Toyota Calya, Daihatsu Sigra, Toyota Avanza, Honda Brio, dan beberapa model lainnya. Nah deretan mobil itulah yang bakal menjadi rival dari calon mobil nasional bikinan RI. Lengkapnya, berikut ini daftar mobil di bawah Rp 300 juta yang bakalan menjadi rival mobil nasional Indonesia.

    1. Toyota

    Toyota Avanza dan Veloz Foto: Dok.Toyota Astra Motor

    Toyota memiliki beberapa model mobil yang dijual dengan harga di bawah Rp 300 juta. Pertama ada Calya yang dibanderol dengan harga Rp 169,6 juta hingga yang termahal Rp 192,6 juta. Selanjutnya ada Toyota Avanza. Low MPV berjuluk mobil sejuta umat ini menjadi salah satu calon rival terberat karena harganya mulai Rp 243 juga hingga Rp 280,8 juta. Di segmen Low SUV, Toyota punya Rush dengan banderol di bawah Rp 300 juta. Tercatat ada dua varian Rush yang dibanderol di bawah Rp 300 juta yaitu 1.5 G M/T Rp 288,5 juta dan 1.5 G A/T Rp 299,5 juta. Selanjutnya ada beberapa varian Toyota Raize yang harganya Rp 242,2 juta hingga Rp 293,9 juta. Terbaru, Toyota juga punya mobil hybrid yang harganya di bawah Rp 300 juta yakni Veloz Hybrid varian terendah. Veloz hybrid termurah ini dibanderol Rp 299 juta.

    2. Honda

    Honda WR-V Foto: Honda Prospect Motor

    Honda juga punya sejumlah amunisi mobil dengan harga di bawah Rp 300 juta dan calon rival mobil nasional RI. Pertama ada Honda Brio dengan banderol Rp 170,4 juta hingga Rp 258,2 juta. Di segmen SUV kompak, Honda memiliki WR-V. SUV berkapasitas lima penumpang ini punya dua varian yang ditawarkan dengan harga Rp 280,7-290,7 juta. Di segmen mobil tujuh penumpang, ada BR-V varian terendah seharga Rp 297,3 juta.

    3. Daihatsu

    Daihatsu Xenia Foto: Andhika Prasetia

    Semua model mobil Daihatsu punya opsi harga di bawah Rp 300 juta. Mulai dari Ayla, Sigra, Rocky, Xenia, Sirion, Terios, Luxio, hingga Gran Max ditawarkan di rentang harga Rp 200-300 jutaan.

    4. Suzuki

    Pilihan mobil di bawah Rp 300 juta yang disajikan Suzuki juga ada beberapa. Mulai dari Suzuki S-Presso yang seluruh variannya dijual di bawah Rp 200 juta. Selanjutnya ada Ertiga yang bisa dimiliki mulai dari Rp 236,1 juta. Suzuki XL7 juga punya beberapa opsi varian dengan harga di bawah Rp 300 juta. Tak ketinggalan, ada Suzuki Fronx. Ada empat varian Suzuki Fronx yang dibanderol di bawah Rp 300 juta.

    5. Mitsubishi

    Mitsubishi Xpander Foto: Mitsubishi

    Mobil di bawah Rp 300 juta yang ditawarkan Mitsubishi adalah Xpander. Tercatat ada empat varian Xpander yang dijual dengan harga di bawah Rp 300 juta yaitu GLS MT, GLS CVT, Exceed Tourer MT, dan Exceed Tourer CVT.

    6. Chery

    Chery Tiggo Cross Foto: Muhammad Zaky Fauzi Azhar

    Chery juga punya opsi mobil-mobil di bawah Rp 300 juta. Ada Tiggo Cross seharga Rp 259,5 juta hingga Rp 299,9 juta.

    7. BYD

    BYD Atto 1. Foto: Rifkianto Nugroho/detikcom

    Nggak cuma mobil bensin atau hybrid yang banderolnya di bawah Rp 300 juta. BYD juga punya mobil listrik di bawah Rp 300 juta lewat Atto 1. Harganya paling murah Rp 199 juta dan termahal Rp 235 juta.

    8. Wuling

    Amunisi mobil di bawah Rp 300 juta juga dimiliki Wuling. Opsinya ada beberapa mulai dari Formo, Confero S, Cortez S, dan Alvez. Di segmen mobil listrik, Wuling punya Air ev, dan juga satu varian BinguoEV.

    9. Hyundai

    Pabrikan asal Korea Selatan ini juga punya dua model yang dijual di bawah Rp 300 juta yaitu Cartenz X dan Creta.

    10. Jaecoo

    Jaecoo J5 Foto: Ridwan Arifin/detikoto

    Satu lagi mobil listrik punya harga di bawah Rp 300 juta. Adalah Jaecoo J5 yang banderolnya mulai Rp 249,9 juta hingga yang termahal Rp 299,9 juta.

    Nah itu tadi deretan mobil di bawah Rp 300 juta yang bakal jadi rival mobil nasional bikinan RI. Sebagai pendatang baru, tentunya mobil nasional bikinan RI harus punya daya tarik yang tak dimiliki rival selain harganya yang kompetitif.

    (dry/rgr)

  • Wuling Bikin Mobil Listrik Mungil Baru, Harga Tak Sampai Rp 100 Juta

    Wuling Bikin Mobil Listrik Mungil Baru, Harga Tak Sampai Rp 100 Juta

    Jakarta

    Produsen roda empat asal China, Wuling, membuat mobil listrik terbaru untuk konsumen domestik. Kendaraan tersebut merupakan Hongguang Mini EV yang dimensinya mendapat sedikit revisi. Berapa harganya?

    Disitat dari Carnewschina, Sabtu (6/12), indikasi kemunculan Hongguang Mini EV versi revisi terlihat dari katalog kendaraan terbaru milik Kementerian Perindustrian dan Teknologi Informasi China (MIIT).

    Dalam dokumen itu, model penyegaran tersebut terdaftar dalam enam varian berbeda. Wuling kini menstandarkan bahasa desain eksterior untuk dua pilihan bodi yang tersedia-dua pintu dan empat pintu.

    Wuling Hongguang Mini EV versi revisi. Foto: Doc. MIIT

    Foto dan data spesifikasi yang tercantum di MIIT menunjukkan perubahan paling mencolok ada pada lampu utama. Mini EV anyar kini menggunakan lampu depan berbentuk bulat, dipadukan dengan atap hitam bergaya floating roof.

    Pada varian empat pintu, Mini EV terbaru memiliki panjang 3.268 mm, lebar 1.520 mm, dan tinggi 1.575 mm. Angka tersebut sedikit lebih panjang dan lebih lebar dibanding model yang ada sekarang (3.256 x 1.510 x 1.578 mm).

    Sementara versi dua pintu tercatat berukuran 3.043 mm x 1.520 mm x 1.590 mm. Dibandingkan model yang beredar sekarang (3.064 x 1.493 x 1.614 mm), varian terbaru sedikit lebih pendek, lebih lebar, dan sedikit lebih rendah. Wheelbase juga mengalami koreksi dari 2.010 mm menjadi 1.965 mm.

    Tak ada perubahan untuk urusan tenaga. Mini EV terbaru tetap memakai motor listrik 30 kW buatan Liuzhou Saike, sama seperti model empat pintu yang dipasarkan saat ini. Dokumen MIIT juga belum mencantumkan pembaruan kapasitas baterai maupun jarak tempuh.

    Harganya juga belum diumumkan. Namun, menurut informasi yang beredar, banderolnya tak sampai Rp 100 juta. Sebab, Mini EV yang saat ini dipasarkan di China hanya dibanderol mulai dari 38.800 yuan atau Rp 91 jutaan.

    (sfn/dry)

  • Barunya Tembus Rp 750 Juta, Segini Harga Pasaran BYD Seal Bekas

    Barunya Tembus Rp 750 Juta, Segini Harga Pasaran BYD Seal Bekas

    Jakarta

    Harga baru BYD Seal tembus Rp 750 juta untuk varian tertingginya. Bagaimana dengan harga bekasnya?

    Kehadiran BYD Seal di Indonesia sempat membetot perhatian. Terlebih, harga jualnya juga cukup menarik beserta fiturnya berlimpah. Sedan listrik dengan performa tinggi itu harganya tak sampai Rp 1 miliar. Harga BYD Seal saat ini paling murah Rp 639 juta sedangkan yang termahal tembus Rp 750 juta. Tapi bagaimana dengan harga bekasnya?

    Ditelusuri detikOto dalam laman jual mobil bekas online, harga BYD Seal bekas itu ditawarkan di kisaran harga Rp 450-500 jutaan. Padahal usianya baru setahun. Salah satu contohnya BYD Seal Premium yang telah menempuh jarak sekitar 13.000 km. Mobil ini ditawarkan dengan harga 439 juta. Artinya dalam kurun waktu satu tahun, harganya sudah turun Rp 200 juta.

    Ada juga BYD Seal Performance dengan kilometer rendah (di bawah 10.000 km) ditawarkan dengan banderol Rp 500 juta. Pun status pajaknya masih aktif hingga tahun 2026. Harganya turun Rp 250 juta dibandingkan versi barunya.

    Tak bisa dipungkiri kalau bicara mobil listrik, harga bekasnya juga ikut jadi sorotan. Sebab, banyak mobil listrik yang harga jual kembalinya anjlok jika dibandingkan dengan mobil konvensional. Penurunan harga jual kembali mobil konvensional tetap ada, namun tak sebesar mobil listrik.

    Pakar Otomotif dan Akademisi Institut Teknologi Bandung (ITB) Yannes Martinus Pasaribu mengatakan, penyebab utama dan paling fundamental dari anjloknya resale value harga mobil listrik adalah karena risiko yang melekat pada baterai dan sangat pesatnya laju perkembangan teknologi baterai itu sendiri.

    “Baterai ini kan merupakan komponen termahal, mencakup 30-40% dari total harga kendaraan baru, juga sekaligus menjadi pusat kekhawatiran terbesar bagi calon pembeli mobil bekas,” kata Yannes beberapa waktu lalu.

    Kekhawatiran ini berakar pada degradasi kapasitas baterai yang tak terhindarkan seiring waktu pemakaian. Kata Yannes, sekitar 3.000 kali siklus pengecasan atau jika sudah mendekati sekitar 7-8 tahun, maka baterai akan kehilangan garansi pabrik.

    Direktur OLXMobbi Agung Iskandar punya penilaian tersendiri terkait penurunan harga mobil listrik bekas yang sangat signifikan. Agung menilai, banyaknya pendatang baru di segmen tersebut dengan harga jual lebih murah yang jadi pemicunya.

    “Harga jual mobil listrik bekas di pasaran saat ini terpantau mengalami tingginya depresiasi, bahkan lebih tinggi dibandingkan mobil hybrid dan mobil konvensional atau non-listrik,” terang Agung.

    (dry/din)

  • 584 Pasukan Putih Disiagakan Bantu Tangani Pasien Stroke di Jakarta
                
                    
                        
                            Megapolitan
                        
                        6 Desember 2025

    584 Pasukan Putih Disiagakan Bantu Tangani Pasien Stroke di Jakarta Megapolitan 6 Desember 2025

    584 Pasukan Putih Disiagakan Bantu Tangani Pasien Stroke di Jakarta
    Editor
    JAKARTA, KOMPAS.com –
    Gubernur DKI Jakarta Pramono Anung menyiagakan ratusan Pasukan Putih dari Dinas Kesehatan (Dinkes) DKI Jakarta untuk membantu menangani pasien
    stroke
    di Jakarta.
    “Ada
    Pasukan Putih
    yang jumlahnya 584, dan Pasukan Putih ini memang secara khusus memberikan pelayanan kepada lansia dan difabel. Maka untuk itu, kita tambahkan (tugasnya). Pasukan Putih kita tugaskan secara khusus untuk berkaitan dengan
    stroke
    ini,” ujar Pramono di Balai Kota Jakarta, Jakarta Pusat, Jumat (5/12/2025).
    Adapun Pasukan Putih merupakan julukan bagi petugas layanan kesehatan keliling dari Dinkes DKI Jakarta. Mereka bertugas untuk mendatangi langsung rumah warga rentan, di antaranya lansia dan penyandang disabilitas, untuk memberikan perawatan dasar, pendampingan, serta edukasi kesehatan.
    Menurut Pramono, dukungan Pasukan Putih sangat penting karena
    golden period
    atau masa kritis penanganan pasien
    stroke
    hanya berlangsung sekitar 4,5 jam.
    Ia mengakui, proses ini tidak mudah dilakukan di Jakarta yang memiliki banyak titik kemacetan.
    “Jakarta berkomitmen untuk penanganan siaga stroke ini dengan sungguh-sungguh. Dan kami juga memberikan fasilitas tambahan kepada Dinas Kesehatan untuk Pasukan Putih dilengkapi dengan ambulans-ambulans, dan kami mulai sekarang punya ambulans yang listrik, mobil listrik,” kata Pramono.
    Kepala Dinkes DKI Jakarta Ani Ruspitawati mengatakan, angka kecacatan akibat stroke di Jakarta mencapai 21,4 persen.
    “Angka kecacatan akibat stroke di Jakarta cukup tinggi. Ada 21,4 persen dan 2,9 persen di antaranya berakhir dengan kematian,” ujar Ani di Balai Kota Jakarta, Jakarta Pusat, Jumat.
    Ia melanjutkan,
    stroke
    merupakan penyakit yang perlu ditangani dengan cepat, yakni kurang dari 4,5 jam sejak gejala pertama muncul.
    Penanganan yang cepat dan tepat, menurut Ani, juga dapat berkontribusi pada peningkatan Global City Index melalui perbaikan kualitas hidup (
    quality of life
    ) dan peningkatan produk domestik bruto (PDB) per kapita.
    Oleh karena itu, Dinkes mendorong Jakarta bisa menjadi kota siaga
    stroke
    .
    Ani menyebut, Jakarta telah memiliki berbagai sumber daya yang mendukung upaya tersebut, di antaranya Pasukan Putih (petugas pelayanan kesehatan keliling), puskesmas, rumah sakit, layanan ambulans gawat darurat, command center, JakAmbulans, JakConnected, dan JakWarehouse.
    Menurut dia, pelayanan bagi pasien
    stroke
    juga harus terintegrasi dari hulu ke hilir, mulai dari pencegahan, respons cepat, perawatan akut, hingga rehabilitasi dan pemulihan.
    “Sehingga sistem ini memastikan setiap warga mendapatkan layanan yang cepat, tepat dan terstandar,” imbuhnya.
    Copyright 2008 – 2025 PT. Kompas Cyber Media (Kompas Gramedia Digital Group). All Rights Reserved.

  • Siap Meluncur, Wuling Binguo Pro Jadi Hatchback Listrik Baru Bermotor 65 kW

    Siap Meluncur, Wuling Binguo Pro Jadi Hatchback Listrik Baru Bermotor 65 kW

    JAKARTA – Wuling kembali menambah jajaran kendaraan listriknya di China setelah dokumen regulasi terbaru mengungkap model baru bernama Binguo Pro. Hatchback ini diposisikan sebagai versi lebih kecil dari Binguo S dan menjadi opsi tambahan di segmen mobil listrik kompak di bawah payung SAIC-GM-Wuling (SGMW).

    Berdasarkan data pendaftaran, Binguo Pro memiliki dimensi panjang 4.050 mm, lebar 1.758 mm, tinggi 1.580 mm, serta jarak sumbu roda 2.560 mm. Bobot kotor tercatat 1.670 kg dan bobot kosong 1.270 kg, sebagaimana dilansir Carnewschina, Sabtu, 6 Desember.

    Mobil ini mampu mencapai kecepatan maksimum 130 km per jam, sesuai angka yang tercantum dalam dokumen tersebut. Secara visual, Binguo Pro hadir dengan bahasa desain yang membulat.

    Lampu utama berbentuk lingkaran, handle pintu dibuat semi-flush, dan pelek menggunakan gaya petal-style, memberikan kesan sederhana dan bersahabat. Gaya ini berbeda dengan Binguo S yang tampil lebih tegas melalui garis bahu yang kuat dan lampu depan berbentuk poligonal.

    Pada sektor penggerak, Binguo Pro dibekali motor listrik berdaya 65 kW. Tenaga tersebut disalurkan melalui baterai LFP (lithium iron phosphate) yang diproduksi oleh Gotion High-Tech.

    Spesifikasi teknis lain seperti kapasitas baterai, fitur pengisian ulang, hingga estimasi jarak tempuh belum diungkap dalam dokumen. Jika dibandingkan Binguo S, model baru ini berada di level yang lebih rendah.

    Binguo S tersedia dengan motor 75 kW serta pilihan baterai 31,9 kWh dan 41,9 kWh. Informasi mengenai harga Binguo Pro juga belum dicantumkan, sehingga detail tambahan diperkirakan baru muncul saat peluncuran resmi.

    Kehadiran Binguo Pro menunjukkan strategi SGMW untuk memperluas portofolio mobil listrik kompak mereka. Dengan opsi yang semakin beragam, pasar hatchback listrik di China diproyeksikan akan semakin kompetitif, terutama bagi konsumen perkotaan yang membutuhkan kendaraan efisien dan berukuran ringkas.

  • Geely Catat 1.200 SPK di GJAW 2025, Ini Model Terlarisnya

    Geely Catat 1.200 SPK di GJAW 2025, Ini Model Terlarisnya

    Jakarta

    Geely Auto Indonesia menutup partisipasi perdananya di Gaikindo Jakarta Auto Week (GJAW) 2025 dengan capaian positif. Merek asal China ini mengklaim meraih angka SPK (surat pemesanan kendaraan) hingga 1.200 unit. Apa model yang paling diminati?

    Geely EX2 diklaim jadi kontributor terbesar terhadap total SPK dengan porsi lebih dari 60%, serta mencatat lebih dari 800 peserta test drive. Tingginya minat ini didorong desain modern dengan pilihan warna pastel yang unik, penggerak roda belakang, front trunk (frunk) berkapasitas 70 liter, serta kabin luas bernuansa premium.

    “Sepanjang pameran, Geely berhasil membukukan total 1.200 SPK dari model Geely EX2, Geely EX5, serta Starray EM-i. Kami berterima kasih atas antusiasme luar biasa terhadap lini produk kami selama GJAW 2025. Kami juga senang melihat seluruh portofolio yang dihadirkan, mulai kendaraan elektrifikasi hingga first impression model ICE, mendapat sambutan yang sangat positif dari pengunjung,” ujar Constantinus Herlijoso, Sales & Channel Development Director Geely Auto Indonesia.

    Deretan SUV Geely Perkuat Daya Tarik di GJAW 2025

    Geely EX5 masih menunjukkan minat tinggi dari konsumen, khususnya kalangan profesional dan keluarga yang membutuhkan SUV listrik medium dan fleksibel untuk berbagai kebutuhan. Sepanjang Januari-Oktober 2025, model ini juga tercatat sebagai salah satu dari 10 mobil listrik terlaris di Indonesia.

    Sebagai model perdana Geely di Indonesia, EX5 menghadirkan perpaduan desain elegan, performa responsif, didukung build quality dan standar keselamatan global. Kombinasi tersebut menjadikan Geely EX5 salah satu pilihan menarik.

    Di segmen hybrid, SUV PHEV Geely Starray EM-i menjadi salah satu pilihan utama bagi pengunjung bermobilitas tinggi yang ingin beralih ke kendaraan elektrifikasi tanpa khawatir jarak tempuh. Teknologi EM-i Super Hybrid menawarkan efisiensi tinggi, jangkauan lebih dari 1.000 km, dan konsumsi bahan bakar yang hemat, sehingga menjadi salah satu alasan utama Starray EM-i dipilih konsumen.

    Sebagai first impression untuk lini ICE Geely di Indonesia, Coolray menarik perhatian pengunjung berkat desain sporty dan karakter enerjik, serta reputasinya akan performa bertenaga. Kehadiran model ini melengkapi portofolio Geely dengan memperkenalkan jajaran kendaraan bermesin bensin sekaligus memperluas pilihan bagi konsumen Indonesia, sejalan komitmen menghadirkan dua model ICE pada 2026.

    (lua/dry)

  • Jakarta Siaga Stroke 2026: Dari Pasukan Putih hingga Ambulans Listrik
                
                    
                        
                            Megapolitan
                        
                        5 Desember 2025

    Jakarta Siaga Stroke 2026: Dari Pasukan Putih hingga Ambulans Listrik Megapolitan 5 Desember 2025

    Jakarta Siaga Stroke 2026: Dari Pasukan Putih hingga Ambulans Listrik
    Editor
    JAKARTA, KOMPAS.com
    — Penanganan stroke di Jakarta mendapat perhatian serius dari pemerintah, mulai dari tingkat nasional hingga pemprov DKI Jakarta.
    Stroke menjadi salah satu penyakit kardiovaskular dengan angka kematian tinggi dan biaya kesehatan nasional yang besar.
    Wakil Menteri Kesehatan (Wamenkes) Dante Saksono Harbuwono mengatakan, stroke merupakan salah satu penyakit penyebab kematian terbesar di Indonesia.
    Data Kementerian Kesehatan mencatat ada 330.000 kematian akibat stroke.
    “Dan salah satu yang membuat pembebanan (biaya) kesehatan nasional paling tinggi adalah stroke. Komitmen
    Jakarta
    Siaga Stroke 2026 membuat Jakarta harus lebih siap dan tanggap terhadap kejadian stroke,” ujar Dante di Balai Kota Jakarta, Jumat (5/12/2025).
    Dante menekankan pentingnya penanganan cepat, yakni dalam masa kritis 4,5 jam sejak gejala pertama muncul.
    “Kalau pasien dari awal ke jalan kemudian langsung diobati bisa menuju rumah sakit, dari symptom to needle, dari home to needle, sampai masuk jarum, sampai masuk obat 4,5 jam. Maka bisa selamat dan terhindar dari kecacatan,” tambahnya.
    Gubernur DKI Jakarta
    Pramono Anung
    memberikan tugas baru kepada Pasukan Putih dari Dinas Kesehatan (Dinkes) DKI Jakarta, yakni membantu penanganan pasien stroke di ibu kota.
    “Ada Pasukan Putih yang jumlahnya 584, dan Pasukan Putih ini memang secara khusus memberikan pelayanan kepada lansia dan difabel. Maka untuk itu, kita tambahkan (tugasnya). Pasukan Putih kita tugaskan secara khusus untuk berkaitan dengan stroke ini,” ujar Pramono.
    Pasukan Putih merupakan petugas layanan kesehatan keliling yang mendatangi rumah warga rentan, termasuk lansia dan penyandang disabilitas, untuk perawatan dasar, pendampingan, dan edukasi kesehatan.
    Pramono menekankan dukungan Pasukan Putih sangat penting karena golden period penanganan stroke hanya berlangsung sekitar 4,5 jam.
    Selain itu, Pramono meluncurkan Jakarta Sistem Informasi Manajemen Puskesmas atau JakSimpus, sistem informasi manajemen puskesmas digital yang terintegrasi untuk mendukung respons cepat pasien stroke.
    Ia juga menyebutkan adanya tambahan fasilitas ambulans, termasuk ambulans listrik.
    “Kami juga memberikan fasilitas tambahan kepada Dinas Kesehatan untuk Pasukan Putih dilengkapi dengan ambulans-ambulans, dan kami mulai sekarang punya ambulans yang listrik, mobil listrik,” jelas Pramono.
    Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) DKI Jakarta Ani Ruspitawati menyebutkan, angka kecacatan akibat stroke di Jakarta mencapai 21,4 persen, dengan 2,9 persennya berakhir kematian.
    “Angka kecacatan akibat stroke di Jakarta cukup tinggi. Ada 21,4 persen dan 2,9 persen di antaranya berakhir dengan kematian,” ujar Ani.
    Ani menekankan pentingnya penanganan cepat dan terstandar, dari pencegahan, respons cepat, perawatan akut, hingga rehabilitasi dan pemulihan.
    “Sehingga sistem ini memastikan setiap warga mendapatkan layanan yang cepat, tepat, dan terstandar,” tambahnya.
    Ia juga menegaskan bahwa Jakarta sudah memiliki berbagai sumber daya pendukung, mulai Pasukan Putih, puskesmas, rumah sakit, layanan ambulans gawat darurat, command center, JakAmbulans, JakConnected, hingga JakWarehouse.
    (Reporter: Dian Erika Nugraheny | Editor: Abdul Haris Maulana)
    Copyright 2008 – 2025 PT. Kompas Cyber Media (Kompas Gramedia Digital Group). All Rights Reserved.