Transportasi: mobil listrik

  • 150 Mobil Listrik Aletra yang Diborong Jusuf Hamka Dipakai Buat Ini

    150 Mobil Listrik Aletra yang Diborong Jusuf Hamka Dipakai Buat Ini

    Jakarta

    Bos jalan tol Jusuf Hamka diketahui memborong 150 unit mobil listrik merek asli Indonesia, Aletra. Mobil-mobil itu bukan digunakan buat kebutuhan pribadi, melainkan buat operasional perusahaannya.

    PT Aletra Mobil Nusantara resmi melakukan serah terima perdana Aletra L8 EV rakitan lokal untuk pengusaha jalan tol Jusuf Hamka. Seremoni serah terima ini berlangsung di kantor PT Citra Marga Nusaphala Persada di Jakarta. Ini sekaligus menjadi tanda dimulainya distribusi Aletra L8 EV kepada semua konsumen di seluruh Indonesia.

    Proses pemesanan Aletra L8 EV sendiri sudah dilakukan Jusuf sejak akhir tahun lalu, tepatnya pada ajang Gaikindo Jakarta Auto Week (GJAW), 2024. Menariknya, pria yang akrab disapa Babah Alun tersebut langsung memesan 150 unit mobil listrik Aletra L8 EV.

    Aletra resmi serahkan unit L8 EV kepada bos jalan tol Jusuf Hamka Foto: Dok. Aletra

    Ratusan kendaraan ramah lingkungan tersebut akan digunakan sebagai kendaraan operasional kantor. Sebelumnya Jusuf diketahui sudah pernah membeli mobil listrik dalam jumlah besar untuk kendaraan operasional kantor, seperti Wuling Air ev, BinguoEV, dan Cloud EV.

    Adapun pertimbangan Jusuf memilih Aletra L8 EV lantaran mobil ini menawarkan kabin yang luas dan performa mumpuni. Selain itu, mobil yang kini dirakit lokal di PT Handal Indonesia Motor, Purwakarta, Jawa Barat, itu juga memiliki jarak tempuh yang lumayan jauh.

    “Perkembangan kendaraan listrik di Indonesia semakin pesat, ini perlu didukung ekosistem yang nyata. Saya memilih Aletra L8 EV karena tak hanya menawarkan kabin luas dan kenyamanan, juga performa yang bagus buat segala medan, tapi juga karena efisiensi yang dihasilkan dari tenaga baterainya yang tahan lama. Saya harap langkah ini dapat mendukung perluasan mobilitas hijau di Indonesia, sekaligus mendukung perkembangan Aletra sebagai brand mobil listrik yang lahir di Indonesia,” kata Jusuf Hamka yang menjabat sebagai penasihat PT Citra Marga Nusaphala Persada, dalam keterangan resmi yang diterima detikOto.

    Peluncuran perdana Aletra L8 EV menandai langkah baru pengembangan kendaraan listrik produksi lokal di Indonesia. Model MPV listrik ini menyasar pasar kendaraan keluarga yang kian melirik opsi ramah lingkungan. Foto: Rifkianto Nugroho

    Sebagai informasi, Aletra L8 EV merupakan MPV listrik berkonfigurasi captain seat dan 8 seater. Mobil ini dilengkapi motor listrik bertenaga tinggi dengan jarak tempuh hingga 540 km dalam sekali pengisian dengan baterai kapasitas 64,74 kWh.

    Aletra L8 EV juga dilengkapi kabin dan bagasi yang luas, fitur panoramic roof, kamera 360 derajat, serta active comfort suspension. Kendaraan ini tersedia dalam tiga pilihan warna elegan, Silk White, Titanium Grey, dan Onyx Black.

    “Penyerahan unit perdana AletraL8 EV ini menjadi babak baru perjalanan Aletra di Indonesia. Kepercayaan yang diberikan Bapak Jusuf Hamka, sebagai salah satu pelecut semangat kami, memperkuat keyakinan bahwa visi Aletra untuk menghadirkan kendaraan listrik multifungsi yang nyaman, aman, dan sesuai karakter jalan serta iklim Indonesia dapat terwujud. Dengan dimulainya distribusi kepada seluruh konsumen, kami optimis Aletra akan terus berperan aktif dalam mendorong mobilitas hijau dan membangun ekosistem EV berkelanjutan di tanah air,” bilang Andre Jodjana selaku CEO PT Aletra Mobil Nusantara.

    (lua/dry)

  • Bingo S, Senjata Baru Wuling buat ‘Bungkam’ BYD

    Bingo S, Senjata Baru Wuling buat ‘Bungkam’ BYD

    Jakarta

    Wuling menyiapkan senjata baru buat melawan dominasi BYD di segmen mobil listrik. Di China, Wuling menyiapkan SUV compact listrik terbaru, Wuling Bingo S.

    Baru-baru ini, seperti dikutip Carnewschina, Wuling merilis tampilan interior Wuling Bingo S. Kemungkinan, mobil listrik terbaru Wuling itu akan meluncur pada kuartal ketiga tahun ini di China.

    Wuling Bingo S menggunakan embel-embel ‘S’ yang berarti ‘Shift’. Menurut Wuling, nama itu mewakili transisi mulus menuju gaya hidup yang semarak.

    Wuling Bingo S Foto: Carnewschina

    Dari segi eksterior, Wuling Bingo S menawarkan empat pilihan warna yaitu Relaxed Grey, Free Blue, Leisure Purple, dan Blank White. Kendaraan ini mengadopsi “Flowing Light Design Aesthetic,” yang ditandai dengan gril depan tertutup yang diapit oleh kluster lampu depan LED “sayap terbang” yang membulat namun bersudut.

    Dari segi dimensi, Wuling Bingo S memiliki panjang 4.265 mm, lebar 1.785 mm, dan tinggi 1.600 mm, dengan jarak sumbu roda 2.610 mm. Dengan dimensi itu, Wuling Bingo S diklasifikasikan sebagai SUV kompak.

    Bingo S ditenagai oleh satu motor listrik tunggal yang menghasilkan daya maksimum 75 kW. Mobil ini akan ditawarkan dengan dua pilihan baterai: 31,9 kWh dan 41,9 kWh, yang masing-masing memberikan jangkauan berkendara listrik murni sejauh 325 km dan 430 km (berdasarkan CLTC).

    Di bagian interior, Wuling Bingo S menawarkan tata letak kokpit yang sederhana. Pelanggan akan memiliki pilihan dua skema warna interior: putih dan cokelat. Kabin dilengkapi dengan kluster instrumen LCD lengkap berukuran 8,88 inci dan layar head unit 12,8 inci yang menonjol.

    Wuling Bingo S menawarkan 25 kompartemen penyimpanan di seluruh kabin. Konsol tengah dilengkapi dengan tempat cangkir ganda yang fleksibel. Terdapat konsol dengan bantalan wireless charger buat ponsel di tengahnya. Wireless charger berdaya 50 kW itu sudah dilengkapi dengan pendingin udara.

    Wuling Bingo S akan bersaing dengan mobil listrik populer lain seperti Geely Geome Xingyuan dan BYD Dolphin. Kedua penantang Wuling Bingo S itu merupakan mobil listrik terlaris di China.

    (rgr/dry)

  • Berpotensi Laku Keras, Atto 1 Bakal Jadi Produk Pertama BYD yang Dirakit di RI?

    Berpotensi Laku Keras, Atto 1 Bakal Jadi Produk Pertama BYD yang Dirakit di RI?

    Jakarta

    BYD tengah jadi sorotan di pasar otomotif Indonesia usai meluncurkan mobil listrik Atto 1 dengan harga sangat terjangkau, mulai Rp 195 jutaan. Mobil ini juga menjadi magnet utama pengunjung pada pameran GIIAS 2025 yang baru berakhir belum lama ini. Tentu mobil listrik mungil bergaya sporty itu memiliki potensi laku keras di pasar Indonesia. Jika permintaan membludak, apakah Atto 1 bakal menjadi model pertama yang dirakit BYD di Indonesia?

    Seperti diketahui, BYD sudah resmi mengumumkan pembangunan pabrik perakitan mobil listrik mereka di Indonesia, tepatnya di kawasan Smartpolitan, Subang, Jawa Barat. Kehadiran pabrik ini jadi langkah strategis produsen asal China tersebut untuk memperkuat posisinya di pasar mobil listrik Indonesia yang semakin ramai.

    Luther T. Panjaitan, Head of Public & Government Relations PT BYD Motor Indonesia, belum bisa memastikan apakah Atto 1 benar-benar akan jadi produk perdana yang keluar dari jalur produksi lokal. Namun, ia memberi sinyal bahwa peluang itu terbuka lebar.

    “Kita belum bisa sampaikan (keputusannya). Tapi memang kita akan upayakan untuk mengoptimalkan fasilitas produksi nanti, ya kalau memang dia punya basis volume yang besar di satu domestic market yang sama, ya harusnya secara lumrah, secara bisnis, dia harus diproduksi di tempat yang sama, kira-kira begitu,” kata Luther di sela-sela kegiatan media test drive Semarang-Solo-Yogyakarta (13/8/2025).

    Terkait perkembangan pembangunan pabrik BYD di Indonesia, Luther menegaskan semuanya masih sesuai rencana mereka. Pabrik BYD di Indonesia dijadwalkan beroperasi pada awal 2026.

    “(Untuk pabrik) so far on track targetnya, mulai operasi masih sesuai dengan komitmen dari pemerintah, tidak ada perubahan,” tambah Luther.

    Jika benar Atto 1 jadi produk perdana dari pabrik BYD di RI, mobil listrik mungil ini berpotensi makin laris manis. Selain harganya yang terjangkau, produksi lokal akan memberi nilai tambah bagi konsumen, sekaligus mendukung ekosistem kendaraan listrik di Indonesia dan industri otomotif di Indonesia.

    (lua/rgr)

  • Harga Mobil Listrik Chery Terbaru, Paling Murah Segini

    Harga Mobil Listrik Chery Terbaru, Paling Murah Segini

    Jakarta

    Chery sudah punya dua model mobil listrik yang dijual di Indonesia. Mobil listrik Chery itu dijual mulai Rp 369 jutaan. Berikut ini daftar harga mobil listrik Chery terbaru.

    Chery menjadi salah satu pabrikan yang turut meramaikan pasar mobil listrik Tanah Air. Sejauh ini, Chery sudah memiliki dua model mobil listrik yaitu J6 dan E5. Soal harga, mobil listrik Chery itu cukup kompetitif, bahkan masih ada yang ditawarkan di bawah Rp 400 juta. Nah berikut ini daftar harga mobil listrik Chery di Indonesia.

    Harga Mobil Listrik Chery

    1. Harga Chery E5

    Chery E5 Pure: Rp 369,9 jutaChery E5: Rp Rp 399,9 juta

    2. Harga Chery J6

    Chery J6 RWD: Rp 505,5 jutaChery J6 RWD Phantom Edition: Rp 555,5 jutaChery J6 IWD: Rp 565,5 jutaSpesifikasi Mobil Listrik Chery

    Spesifikasi Chery E5

    Chery E5. Foto: Septian Farhan Nurhuda/detik.com

    Menyoal spesifikasi, Chery E5 sejatinya adalah Omoda E5 yang kini berganti nama. Ada dua versi Chery E5 yang ditawarkan yakni E5 Pure dan E5. Chery E5 menggendong baterai LFP yang menjanjikan jarak tempuh 430 km versi WLTP atau 505 km NEDC. Mobil ini bisa dicas menggunakan Ultra Fast Charging dari 30 persen hingga 80 persen hanya dalam waktu 28 menit. Mobil memiliki tenaga 201 daya kuda dan torsi 340 Nm. Akselerasi 0-100 km/jam dapat ditempuh dalam waktu 7,2 detik, sementara kecepatan maksimalnya 175 km/jam.

    Ada tiga mode berkendara yang ditawarkan yaitu Eco, Sport, dan Normal. Urusan fitur, Chery membekali mobil listrik termurahnya ini dengan 6 airbag, isofix, ABS, EBD, brake assist system, brake override system, electronic stability program, traction control, hill start assist control, hill descent control, tyre pressure monitoring system, hingga rear parking sensor. Ada juga fitur ADAS yang memiliki 17 fungsi untuk menambah keamanan dan keselamatan sepanjang perjalanan. Chery E5 fiturnya lebih lengkap lagi, ada tambahan berupa kamera 540 derajat, sunroof elektrik, hingga pintu bagasi elektrik.

    Chery J6 Foto: Chery

    Spesifikasi Chery J6

    Secara tampilan, Chery J6 mengusung desain serba mengotak khas kendaraan segala medan. Mobil listrik tersebut menggunakan bodi aluminum yang bobotnya diklaim ringan sehingga punya handling mumpuni.

    Chery J6 punya dimensi panjang 4.338 mm, tinggi 1.855 mm dan ground clearance 200 mm. Mobil nonemisi tersebut cukup kompak untuk difungsikan sebagai kendaraan off road. Chery J6 RWD menggunakan motor listrik dengan muntahan tenaga 184 PS dan torsi 220 NM. Kemudian baterainya 65,6 kwh dengan jangkauan maksimum 426 km.

    Sedangkan varian i-WD dirancang lebih bertenaga dengan motor listrik yang mampu menghasilkan daya 279 PS dan torsi 165-220 Nm. Sementara baterainya 69,7 kwh dengan konsumsi yang lebih boros, yakni 418 km dalam kondisi full.

    Fiturnya juga tak main-main, pabrikan sudah membekalinya dengan kursi penumpang yang bisa memijat, electric panoramic sunroof, headunit digital, 12 pengeras suara Harman Infinity, enam kantung udara, 14 ADAS (advanced driving assistant system) dan masih banyak lagi.

    (dry/rgr)

  • Video: Harga Terjangkau, BYD Otto 1 Siap Gebrak Pasar Mobil Listrik RI

    Video: Harga Terjangkau, BYD Otto 1 Siap Gebrak Pasar Mobil Listrik RI

    Jakarta, CNBC Indonesia -Industri otomotif indonesia kembali kedatangan pilihan kendaraan listrik baru. BYD memperkenalkan model city car yakni Atto One di pasar nasional dengan harga yang diklaim cukup kompetitif untuk segmen mobil listrik.

    Seperti apa penampakannya? Selengkapnya dalam program Autobizz CNBC Indonesia, Selasa (19/08/2025).

  • Video: China Resah Perang Harga Mobil Listrik Tak Terkendali

    Video: China Resah Perang Harga Mobil Listrik Tak Terkendali

    Jakarta, CNBC Indonesia -Pemerintah China mulai resah dengan perang harga mobil listrik yang kian tak terkendali. Kondisi ini dinilai mengancam stabilitas ekonomi, sehingga produsen diminta segera ambil langkah korektif atau pemerintah siap turun tangan.

    Selengkapnya dalam program Autobizz CNBC Indonesia, Selasa (19/08/2025).

  • Pembeli Mobil Listrik di Indonesia Bukan Cuma Mikirin Harga

    Pembeli Mobil Listrik di Indonesia Bukan Cuma Mikirin Harga

    Jakarta

    Harga bukan satu-satunya pertimbangan utama konsumen Indonesia ketika beralih ke mobil listrik. Berdasarkan riset “Potensi dan Tantangan Mobil Listrik di Indonesia dari Persepsi Pengguna” yang dilakukan Praxis, agensi public relation dan public affair, konsumen Indonesia tidak ingin hanya tergiur oleh harga murah, tapi kemudian kesulitan dalam pemakaian sehari-hari.

    “Survei ini secara komprehensif memotret perilaku, preferensi, dan aspirasi dari 1.200 pengguna mobil listrik di 12 kota besar di Indonesia, memberikan peta jalan yang jelas bagi para pemangku kepentingan industri,” jelas President Director Praxis, Adwi Yudiansyah dikutip dalam keterangannya.

    Survei ini menghasilkan beberapa temuan menarik:

    Daya tahan baterai (35,17%) menjadi faktor lebih penting bagi pengguna mobil listrik, mengungguli harga beli (21,33%) dan reputasi merek (18,5%)Saat dihadapkan pada pilihan promosi, mayoritas responden (52%) menyatakan garansi baterai sebagai penawaran yang paling memengaruhi keputusan pembelian mereka, diikuti dengan diskon harga beli (30%) dan bundling wall charger (10%)Hampir separuh responden (46%) menempatkan ketersediaan infrastruktur sebagai prioritas kebijakan utama, yang mencakup perluasan akses Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) dan jaminan ketersediaan bengkel resmi yang mumpuni79% pengguna menilai pengalaman berkendara mobil listrik lebih baik dibandingkan mobil konvensional, 78% pengguna juga merasa rata-rata durasi pengisian daya selama 6 jam terlalu lama. Angka ini sangat jauh dari durasi ideal yang mereka harapkan, yaitu 1-2 jam atau kurangSelain itu, media sosial (51%) terbukti menjadi platform paling efektif sebagai sumber informasi bagi pengguna mobil listrik dibandingkan pameran otomotif (22%).

    Head of Research Praxis Garda Maharsi mengatakan pasar mobil listrik di Indonesia semakin dewasa. Bukan soal harga murah lagi.

    “Temuan ini menunjukkan bahwa pengguna mobil listrik di Indonesia telah bergerak melampaui ‘demam harga murah’, namun juga memprioritaskan faktor penggunaan hingga kebijakan untuk jangka panjang. Ini menjadi tanda pasar yang semakin dewasa. Harapan kami, data ini dapat menjadi jembatan yang menghubungkan ekspektasi pengguna dengan strategi yang akan diterapkan oleh produsen, pemerintah, dan penyedia infrastruktur, sehingga akselerasi adopsi mobil listrik berjalan lebih efektif dan tepat sasaran,” kata dia.

    Pabrikan mobil listrik di Indonesia pun kini tak hanya fokus pada harga, tetapi juga menawarkan paket lengkap: garansi panjang, aplikasi khusus untuk pemantauan baterai, hingga jaringan bengkel resmi yang siap melayani pengguna.

    (riar/rgr)

  • Murahnya Atto 1 Bikin Pabrikan Lain Turunkan Harga Mobil? BYD Bilang Begini

    Murahnya Atto 1 Bikin Pabrikan Lain Turunkan Harga Mobil? BYD Bilang Begini

    Jakarta

    Kehadiran BYD Atto 1 dengan harga yang sangat kompetitif memiliki dampak luas. Salah satunya adalah membuat para kompetitor menurunkan harga jual mobil listriknya, sehingga memicu perang harga di market otomotif Indonesia. Bagaimana tanggapan BYD?

    Diketahui Atto 1 dipasarkan dengan harga mulai Rp 195 juta hingga Rp 235 juta. Harga tersebut memukul para kompetitor yang sudah eksis sebelumnya. Akhirnya mereka harus melakukan strategi ulang, baik dengan merevisi harga, maupun memberikan penawaran menarik berupa diskon atau potongan harga dengan nominal besar.

    Disampaikan Luther T. Panjaitan, selaku Head of Public & Government Relations PT BYD Motor Indonesia, pihaknya tidak melulu melihat dampak kehadiran Atto 1 terhadap market industri otomotif di Indonesia. BYD, kata Luther, lebih senang melihat dampak Atto 1 terhadap lingkungan hidup di Indonesia.

    “Pendapat saya dalam dampaknya (Atto 1) kepada market, kita melihat point of view-nya justru bukan hanya dari sisi industri, tapi soal lingkungan hidup, energy transition kemudian EV awareness. Ini kan semua adalah mimpi baik Indonesia untuk mengubah alternatif transportasi menjadi lebih hijau ya. Tentunya semakin banyak alternatif pilihan, semakin terjangkau, tentu semakin cepat bisa orang-orang berpindah kepada moda transportasi hijau ini,” bilang Luther di sela-sela kegiatan media test drive Semarang-Solo-Yogyakarta (13/8/2025).

    Dari sisi industri, Luther berharap kehadiran BYD Atto 1 bisa menyumbang market share mobil listrik di Indonesia yang saat ini terus meningkat tiap tahunnya. Harapannya, dengan Atto 1 yang ditargetkan sebagai volume market, BYD ingin bisa berkontribusi terhadap target pemerintah yang mencanangkan populasi dua juta mobil listrik pada tahun 2030.

    “Kedua, secara industri, artinya makin bisa menyumbang lebih banyak lagi kepada jumlah market share di Indonesia agar kita bisa mencapai total target mencapai penjualan mobil yang kita inginkan setiap tahunnya. Jadi ya mudah-mudahan Atto 1 ini bisa berkontribusi lebih, kan jelas dia lebih banyak masukannya kepada energy hijau atau new energy vehicle gitu,” tukas Luther.

    (lua/rgr)

  • Mobil Listrik Citroen E-C3 Diskon Besar-besaran, Turun Harga Hampir Rp 100 Juta

    Mobil Listrik Citroen E-C3 Diskon Besar-besaran, Turun Harga Hampir Rp 100 Juta

    Jakarta

    PT Indomobil National Distributor selaku Agen Pemegang Merk (APM) Citroën di Indonesia menggelar program penjualan menarik berupa penawaran spesial buat model mobil listrik Citroën E-C3. Khusus di Agustus 2025, E-C3 dijual Rp 289.500.000, artinya ada diskon sebesar Rp 95.500.000 karena sebelumnya model tersebut dijual seharga Rp 385.000.000.

    Citroën memberikan kemudahan bagi calon konsumen yang ingin memiliki mobil impiannya. Melalui program penjualan bertajuk, Comfort Yet Affordable yang berlaku mulai 1 hingga 31 Agustus 2025, konsumen dapat melakukan pembelian unit Citroën E-C3 All Electric dengan harga spesial sebesar Rp 289.500.000 (OTR Jakarta), serta mendapat bonus tambahan berupa LED Headlamp, Extended Free Service selama 5 tahun/70.000 km, serta Extended Warranty selama 5 tahun/150.000 km.

    Selain itu, program ini juga mencakup penawaran buat Citroën C3 bertransmisi manual dengan keuntungan tambahan lainnya meliputi Free Fuel Voucher, Free Kaca Film, Free Service selama 6 bulan/10.000 km serta Free Accesorries Package. Sedangkan untuk setiap pembelian Citroën C3 Aircross SUV, konsumen juga akan mendapatkan Extended Free Service selama 7 tahun/80.000 km, juga Extended Warranty selama 7 tahun/200.000 km.

    “Program Comfort Yet Affordable kami hadirkan untuk memberikan kesempatan terbaik bagi konsumen mewujudkan kepemilikan mobil Citroën E-C3 dengan nilai lebih. Tidak hanya menawarkan harga spesial, kami juga menambahkan berbagai bonus dan perlindungan ekstra seperti Extended Warranty serta Extended Free Service agar pelanggan merasa tenang dan nyaman dalam jangka panjang. Inilah cara kami memastikan bahwa setiap perjalanan bersama Citroën selalu menyenangkan sejak hari pertama,” kata Ferdinan Hendra selaku Sales & Marketing Division Head dari Citroën Indonesia, dalam keterangan resminya.

    Citroën C3 Foto: Dok. Citroen Indonesia

    Di samping itu, selama periode Januari – Juli 2025, Citroën telah meresmikan 7 dealer baru di berbagai kota, meliputi beberapa daerah di Jakarta seperti di Puri, Sedayu City, dan Harapan Indah serta di kota-kota lainnya seperti Semarang, Surabaya, Bali dan Medan. Seluruh dealer tersebut hadir dengan mengusung standarisasi desain terbaru dari Citroën global, melalui nuansa showroom yang nyaman, hangat dan modern seperti di dalam rumah.

    “Perluasan jaringan dealer ini adalah wujud komitmen Citroën buat makin dekat dengan pelanggan di seluruh Indonesia. Kami ingin memastikan bahwa setiap pemilik Citroën dapat merasakan layanan yang cepat, nyaman, dan terpercaya, didukung oleh teknisi bersertifikasi serta standar layanan global. Lewat program Part Availability 1×24 Hours or Free, kami memberikan kepastian dan rasa tenang bagi pelanggan, bahwa Citroën selalu siap memberikan yang terbaik, tidak hanya saat pembelian, tetapi juga sepanjang perjalanan kepemilikan kendaraan mereka,” bilang Tan Kim Piauw selaku CEO PT Indomobil National Distributor.

    (lua/din)

  • Pakai Baterai LFP, Harga Cuma Rp 80 Jutaan

    Pakai Baterai LFP, Harga Cuma Rp 80 Jutaan

    Jakarta

    Produsen otomotif asal China berlomba-lomba menghadirkan mobil listrik yang murah meriah. Kali ini, Geely menghadirkan mobil listrik mungil yang harganya terjangkau.

    Dikutip Carnewschina, Geely Livan Auto merilis gambar pertama dari kendaraan listrik mikro terbarunya. Mobil listrik kecil itu namanya Livan Smurh. Mobil ini diposisikan sebagai kendaraan listrik perkotaan yang ringkas.

    Livan Smurf memiliki powertrain motor listrk tunggal. Meski harganya murah, baterainya nggak sembarangan, mobil ini dilengkapi dengan paket baterai Lithium Iron Phosphate (LFP). Di China, Livan Smurf akan bersaing dengan Wuling Hongguang Mini EV, Chery QQ Icecream dan Bestune Pony.

    Livan Smurf menawarkan desain kotak kecil yang ringkas. Fascia depannya ditandai dengan gril yang sempit dan tertutup yang dilengkapi dengan lampu depan “Forest Spirit Eye”. Mata besar dipasangkan dengan bumper depan berwarna perak, menciptakan efek visual tersenyum. Port pengisian daya terletak di tengah bagian depan kendaraan.

    Dari samping, Smurf mempertahankan profil yang datar. Mobil ini ditawarkan dengan pilihan warna bodi dual-tone dan single-tone. Kendaraan baru ini dilengkapi dengan velg alloy Vibrant Pinwheel berukuran 14 inci.

    Mobil Listrik Murah Livan Smurf Foto: Dok. Livan

    Di bagian interior, Livan Smurf menghadirkan estetika yang sederhana. Interiornya menawarkan tiga pilihan warna: Sakura Pink, Castle Grey, dan Forest Green. Fitur-fitur praktis meliputi setir dua palang, tuas transmisi putar, serta headunit bergaya floating (mengambang).

    Mobil Listrik Murah Livan Smurf Foto: Dok. Livan

    Secara dimensi, Livan Smurf memiliki panjang 3.100 mm, lebar 1.558 mm, dan tinggi 1.610 mm, dengan jarak sumbu roda 2.015 mm. Berat kosongnya 815 kg dan berat kotor kendaraan 1.125 kg.

    Dibangun dengan konstruksi unibody, Livan Smurf memiliki overhang depan dan belakang masing-masing 553 mm dan 532 mm. Ukuran bannya 155/65R14, dan kendaraan ini dilengkapi dengan rem ABS untuk meningkatkan keselamatan.

    Livan Smurf ditenagai oleh motor listrik tunggal dengan daya maksimum 30 kilowatt (40 hp). Motor ini memungkinkan kendaraan mencapai kecepatan tertinggi 100 km/jam.

    Geely Livan Auto belum merilis daya jangkau dan harga resmi dari Livan Smurf. Namun diperkirakan, mobil ini akan dijual di bawah 36.000 yuan (Rp 81 juta).

    (rgr/din)