Transportasi: mobil listrik

  • Alasan Insentif Mobil Listrik Impor Tidak Lagi Berlanjut

    Alasan Insentif Mobil Listrik Impor Tidak Lagi Berlanjut

    Video Tambah Tahu: Alasan Insentif Mobil Listrik Impor Tidak Lagi Berlanjut

    KuTips: 3 Langkah Awal Jika Curiga Anak Alergi Makanan

    677 Views | Senin, 22 Sep 2025 20:43 WIB

    Insentif mobil listrik CBU bakal resmi berakhir Desember 2025 🚗⚡️. Penjualannya sempat melonjak, tapi tahun depan aturannya berubah.

    Kira-kira apa ya alasannya? Tonton selengkapnya untuk tahu jawabannya!

    Gabriella Naomi – 20DETIK

  • Indosat (ISAT) Incar Pelanggan Baru, Tebar 4 Mobil Listrik BYD M6

    Indosat (ISAT) Incar Pelanggan Baru, Tebar 4 Mobil Listrik BYD M6

    Bisnis.com, JAKARTA — PT Indosat Tbk. (ISAT) berupaya menambah pelanggan baru sekaligus menjaga pelanggan eksisting tidak berpindah ke operator seluler lain dengan menawarkan program loyalitas tukar poin.

    Hadiah utama program ini berupa 4 unit Mobil Listrik BYD M6 Standard, 4 unit Motor Listrik ALVA N3, 4 unit Samsung S25 Ultra 256GB, serta 4 unit Apple Watch 10.

    Diketahui, Indosat tengah berupaya dalam menjaga para pelanggannya. Pada semester I/2025, Indosat tercatat melayani 95,4 juta pelanggan atau mengalami koreksi sekitar 5,5 juta pelanggan dibandingkan semester I/2024. Penyusutan terjadi sejalan dengan langkah perusahaan dalam melakukan konsolidasi SIM.

    Adapun untuk menambah pelanggan baru dan menjaga masyarakat yang telah menggunakan kartu Indosat makin loyal terhadap perusahaan, ISAT memberikan program Pesta Hadiah IM3Poin.

    VP Head of Loyalty & Engagement Indosat Ooredoo Hutchison Lucida Gloria Utami Dewi mengatakan program Pesta Hadiah tidak hanya menyasar pelanggan eksisting, juga pelanggan baru.

    Dengan langkah ini perusahaan optimistis dapat meningkatkan jumlah pelanggan, yang sempat terkoreksi pada semester I/2025.

    “Salah satu tujuannya kita apresiasi pelanggan baru. Dari join pertama saja sudah kami apresiasi,” kata Lucida, Senin (22/5/2025).

    Sebelumnya, Director & Chief Commercial Officer Indosat Ooredoo Hutchison Bilal Kazmi mengatakan kehadiran Pesta Hadiah IMPoin 2025 merupakan wujud apresiasi perusahaan atas loyalitas pelanggan terhadap IM3 dan IM3 Platinum.

    Indosat ingin agar setiap interaksi pelanggan dengan IM3 memberi pengalaman yang mengesankan, termasuk dengan kemudahan memakai aplikasi IM3. 

    “Simpel itu IM3,” kata Bilal.

    Bilal menjelaskan untuk mengikuti program ini pelanggan cukup melakukan transaksi seperti aktivasi paket internet, pembayaran tagihan IM3 Platinum minimal Rp70.000, upgrade ke IM3 Platinum, atau aktivasi Kartu Perdana IM3.

    Setiap transaksi akan otomatis memberikan tiket undian melalui SMS maupun aplikasi MyIM3.

    Pelanggan juga bisa menukarkan 700 poin IMPoin di aplikasi MyIM3 untuk mendapatkan tiket tambahan. Seluruh tiket undian tercatat transparan di halaman Voucher Aktif aplikasi MyIM3, sehingga pelanggan dapat memantau partisipasinya secara langsung.

    “Semakin sering bertransaksi, semakin besar peluang untuk meraih hadiah,” kata Bilal.

    Pemenang Pesta Hadiah IMPOIN 2025, akan diumumkan di website resmi IM3, akun media sosial IM3, serta notifikasi melalui SMS/WhatsApp.

  • Harga Mobil Listrik Impor Diprediksi Naik 30% Usai Insentif Dicabut

    Harga Mobil Listrik Impor Diprediksi Naik 30% Usai Insentif Dicabut

    Jakarta

    Pemerintah melalui Kementerian Perindustrian (Kemenperin) akan menghentikan pemberian insentif untuk mobil listrik impor mulai tahun depan. Keputusan tersebut diprediksi akan berpengaruh langsung ke harga jual kendaraan nonemisi di Indonesia.

    Pengamat otomotif senior dari Institut Teknologi Bandung (ITB), Yannes Pasaribu mengatakan, jika mobil listrik tetap berstatus impor utuh atau CBU (completely built up) saat insentif dicabut, maka akan ada kenaikan harga hingga 30-40 persen. Nominalnya sangat beragam, tergantung model kendaraan.

    “Jika APM yang sudah berkomitmen mengembangkan TKDN 40% di 2026 gagal memenuhi Permenperin 35/2024 tentang verifikasi industri dan syarat CBU, maka selain mereka kena denda (bank garansi), pemerintah akan menghentikan insentif pembebasan bea masuk, PPnBM DTP 100% dan PPN DTP 10% mulai 2026,” ujar Yannes kepada detikOto, Senin (22/9).

    “Sehingga harga EV impor berpotensi melonjak 30-40% akibat kenaikan pajak tersebut, yang mencapai kisaran 15-40% untuk PPnBM dan 12% PPN tanpa diskon, ditambah bea masuk 7,5-50% tergantung tipe kendaraan,” tambahnya.

    Insentif mobil listrik impor dicabut. Foto: Jaguar.com

    Mulai 1 Januari 2026, para produsen yang sebelumnya menikmati insentif impor harus memproduksi mobil listrik di Indonesia dengan jumlah setara kuota impor CBU. Produksi tersebut harus menyesuaikan aturan TKDN yang sudah ditetapkan pemerintah.

    Bagi pabrikan yang tidak memenuhi ketentuan impor dan lokalisasi, maka pemerintah bisa mengambil uang ‘ganti rugi’ dari bank garansi.

    Bank garansi itu menjadi jaminan bagi pemerintah. Jika produsen gagal memenuhi komitmen produksinya sesuai target yang ditetapkan, maka bank garansi tersebut akan dicairkan atau hangus untuk mengembalikan insentif yang telah diberikan pemerintah.

    Insentif mobil listrik dicabut tahun depan. Foto: Andhika Prasetia

    Yannes menjelaskan, produsen yang masih mengimpor mobil listrik entry level tahun depan akan menghadapi tantangan besar. Sebab, harganya akan mengalami lonjakan dan tak bisa bersaing lagi dengan low cost green car atau LCGC.

    “Nasib APM yang masih mengimpor EV low cost pada 2026 akan menghadapi tantangan besar ketika harga naik 30-40%, karena harganya jadi kurang kompetitif dengan LCGC lokal yang kisaran harganya di Rp 200 jutaan dan sudah punya infrastruktur BBM luas dengan biaya operasional rendah,” kata dia.

    (sfn/dry)

  • GAC Indonesia Jamin Tak ‘Permainkan’ Harga Mobil Listrik

    GAC Indonesia Jamin Tak ‘Permainkan’ Harga Mobil Listrik

    Jakarta

    Resale value mobil listrik sedang jadi pembicaraan di Indonesia akhir-akhir ini. Gara-garanya ada beberapa agen pemegang merek yang menurunkan harga jual model mobil listriknya. Guangzhou Automobile Group Co., Ltd. (GAC) tak ingin meniru strategi itu. GAC Indonesia menjamin harga mobil listriknya tidak turun.

    Seperti disampaikan CEO GAC Indonesia, Andry Ciu, produk-produk GAC Indonesia seperti AION dan Hyptec sebentar lagi akan ‘dilindungi’ dengan Price Shield. “Dengan itu, kita akan menjamin bahwa produk GAC tidak akan merevisi turun harga jual kendaraan kita,” ungkap Andry kepada wartawan di Jakarta, Kamis (18/9/2025).

    Andry menambahkan, dengan kebijakan tersebut konsumen jadi tidak perlu ragu, ketika ingin meminang mobil listrik besutan GAC Indonesia, baik itu merek AION, maupun merek Hyptec.

    “Jadi bagi customer yang ragu, waduh jangan-jangan nanti dikoreksi nih harganya. Nanti jadi rugi nih kalau beli barang China, sukanya penyakitnya turun-turunin harga nih. Dengan kita keluarin nanti Price Shield, ini jaminan buat customer bahwa produk GAC tidak akan merevisi turun harga kendaraan,” tegas Andry.

    Diberitakan sebelumnya, mobil listrik di Indonesia mengalami resale value atau harga jual kembali yang anjlok. Gara-garanya ada beberapa tipe mobil listrik yang mengalami penurunan harga. Gara-gara penurunan harga itu, banyak konsumen sebelumnya yang kecewa.

    Selain itu, kebijakan tersebut juga berpengaruh ke pasar mobil listrik bekas, di mana dealer mobil bekas belum banyak yang berani mengambil unit mobil listrik bekas karena dibayang-bayangi harga barunya yang tidak pasti.

    “Karena (harga) tahun kemarin dengan tahun ini, harga barunya saja bisa lebih murah di tahun ini. Itu salah satu faktor yang membuat median price (mobil listrik) tak pasti. Jadi kami selaku pelaku usaha mobil bekas, juga masih ragu-ragu menyetok mobil listrik di showroom,” ungkap Dedi Saeful Anwar dari Azzami Mobilindo kepada detikOto belum lama ini.

    (lua/dry)

  • Mitsubishi Eclipse Cross Lahir Kembali, Kini Jadi Mobil Listrik Murni

    Mitsubishi Eclipse Cross Lahir Kembali, Kini Jadi Mobil Listrik Murni

    Jakarta

    Mitsubishi resmi meluncurkan mobil listrik baru di Eropa. Kali ini, mobil listrik itu dikemas dalam bentuk Mitsubishi Eclipse Cross generasi kedua.

    Mitsubishi Eclipse Cross telah lahir kembali menjadi mobil listrik murni. Di Eropa, mobil listrik Mitsubishi itu menggunakan basis Renault Scenic E-Tech. Memang, beberapa mobil Mitsubishi di Eropa menggunakan basis Renault.

    Menggunakan basis Renault Scenic, Mitsubishi Eclipse Cross mendapatkan baterai berkapasitas 87 kWh. Sekali cas sampai penuh, mobil ini bisa menjangkau jarak hingga 600 km (berdasarkan WLTP).

    Mitsubishi Eclipse Cross EV Foto: Dok. Mitsubishi

    Motor tunggal di bagian depan menghasilkan tenaga 160 kW dan torsi 330 Nm. Mobil ini dapat berakselerasi dari nol hingga 100 km/jam dalam 8,4 detik. Konsumen juga mendapatkan dukungan pengisian cepat DC hingga 150 kW dan pengisian AC 22 kW.

    Mitsubishi Eclipse Cross EV Foto: Dok. Mitsubishi

    Mitsubishi Eclipse Cross terbaru masih memperlihatkan sisi Renault-nya dari luar. Namun, Mitsubishi setidaknya telah mencoba membedakan gayanya kali ini, dengan mengadopsi bahasa desain “Smart Armour”. Bagian depan menghadirkan tampilan Dynamic Shield khas Mitsubishi, dengan sudut bemper berbentuk D berwarna perak yang menjepit gril tertutup. Terdapat lampu daytime running light (DRL) yang linear di depan.

    Di bagian samping, trim jendela krom membentang sepanjang tepi bawah hingga pilar C. Di bagian belakang, lampu belakang memiliki grafis linier yang sama dengan DRL, dipadukan dengan strip hitam yang membentang di pintu bagasi, plus desain bumper belakang hitam yang berbeda.

    Beralih ke interior, sama seperti kembarannya dari Prancis, Mitsubishi Eclipse Cross dibekali layar instrumen dan infotainment 12,3 inci. Sisi layar hiburannya berupa panel potret dengan layanan Google bawaan.

    Mitsubishi Eclipse Cross EV Foto: Dok. Mitsubishi

    Mobil ini juga mengadopsi atap electrochromic panoramic glass. Di bagian dalam sudah tersedia Apple CarPlay dan Android Auto nirkabel, pengisi daya nirkabel Qi 15 watt, dan sistem suara Harman Kardon sepuluh speaker.

    Dari segi keselamatan, Eclipse Cross hadir dengan sistem semi-otonom Level 2 Mi-Pilot, serta fitur My Safety Person yang memungkinkan pengguna untuk dengan cepat mengatur tingkat bantuan pengemudi yang diinginkan.

    Mitsubishi Eclipse Cross akan diproduksi massal kuartal keempat tahun ini di pabrik Renault di Douai, Prancis.

    (rgr/din)

  • Daftar Harga Mobil Polytron Terbaru, Paling Murah Segini

    Daftar Harga Mobil Polytron Terbaru, Paling Murah Segini

    Jakarta

    Harga mobil listrik Polytron paling murah Rp 299 juta. Berikut ini daftar harga mobil Polytron terbaru.

    Polytron tak cuma jual barang elektronik. Setelah merambah pasar roda dua Tanah Air dengan motor listrik Fox-R, Polytron juga mencoba peruntungannya di pasar roda empat dalam negeri pada Mei 2025. Polytron meluncurkan mobil listrik G3 dan G3+. KEduanya merupakan SUV dengan konsep modern.

    Mobil listrik Polytron ini merupakan buah kerjasama dengan produk Skyworth K EV. Soal harga, Polytron menawarkan dua opsi kepemilikan mobil listrik G3 dan G3+. Kamu bisa memilih opsi berlangganan atau opsi beli baterai. Kalau berlangganan, harganya jadi lebih murah ketimbang opsi beli baterai. Opsi berlangganan lebih murah karena mobil bisa dimiliki mulai Rp 299 jutaan. Tapi kalau memilih opsi beli baterai, harga termurahnya Rp 419 juta. Lengkapnya berikut ini.

    Daftar harga mobil Polytron terbaru per September 2025

    Opsi berlangganan

    Polytron G3 Rp 299 JutaPolytron G3+ Rp 339 jutaBiaya langganan: Rp 1,2 juta.

    Opsi termasuk beli baterai:

    Polytron G3 Rp 419 jutaPolytron G3+ Rp 459 juta

    Perlu digarisbawahi, harga tersebut berlaku khusus untuk wilayah Jakarta. Harga bisa jadi berbeda di wilayah lainnya. Dengan banderol segitu, Polytron memberikan garansi lima tahun untuk kendaraan. Garansi baterai diberikan seumur hidup dengan opsi pembelian berlangganan. Sedangkan bila pembelian dengan opsi beli baterai, garansi yang diberikan selama delapan tahun.

    Seberapa Laris Mobil Polytron?

    Dengan harga segitu, seberapa laris ya mobil Polytron? Dalam data penjualan wholesales yang dirilis Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) periode Agustus 2025, total distribusi mobil Polytron adalah 21 unit. Sementara bila dihitung dari distribusi keseluruhan sejak Juli 2025, sudah ada 43 unit Polytron G3 dan G3+ yang dikirim ke dealer.

    Dalam data penjualan retail (dari dealer ke konsumen), pada periode Juli dan Agustus secara total ada 18 unit Polytron yang dikirim ke garasi konsumen Tanah Air. Sebagai pendatang baru, Polytron memang tak mencanangkan target yang tinggi sebagaimana merek China. Direktur Komersial Polytron Tekno Wibowo pada Mei 2025 menyebut bahwa perusahaan menargetkan bisa menjual 1.500 unit hingga akhir tahun.

    (dry/din)

  • Pintu Mobil Tesla Makan Korban Lagi, 2 Anak Terbakar Hidup-Hidup

    Pintu Mobil Tesla Makan Korban Lagi, 2 Anak Terbakar Hidup-Hidup

    Jakarta, CNBC Indonesia – Fitur teknologi di mobil Tesla lagi-lagi memakan korban jiwa. Tiga orang terbakar hidup-hidup di mobil Tesla yang meledak.

    Berdasarkan laporan di Bild dan 20 Minuten, sebuah Tesla terbakar setelah menabrak pohon di Schwerte, Jerman pada 7 September 2025. Seorang pria berusia 43 tahun dan dua orang anak tewas terbakar di dalam mobil listrik tersebut, serta satu orang anak luka.

    Kecelakaan di Jerman sampai saat ini masih dalam tahap penyelidikan. Peran teknologi swa-kemudi dan desain Tesla belum bisa dipastikan, tetapi cerita soal kejadian cukup membuat publik curiga.

    Detail soal kecelakaan di Jerman belum terungkap. Namun, laporan sementara menyatakan mobil Tesla tersebut terpelintir ketika berusaha mendahului sebaris mobil di depannya, kemudian terperosok ke parit dan menabrak pintu.

    Mobil listrik Tesla kemudian terbakar. Pengemudi dan dua anak berusia 9 tahun di dalamnya tewas terbakar. Satu orang anak usia 9 tahun berhasil keluar dari mobil kemudian diterbangkan ke rumah sakit.

    Beberapa orang dilaporkan berusaha membuka pintu Tesla untuk menyelamatkan korban, tetapi gagal. Pemadam kebakaran juga disebut kesulitan untuk memadamkan api yang berkobar. 

    Kasus serupa pernah terjadi di Jerman yang berujung pada gugatan hukum atas Tesla. Tesla dituduh berbohong lewat iklan mereka soal teknologi Autopilot dan sistem Swa-Kemudi Penuhnya. Gugatan yang sama dihadapi Tesla di Negara Bagian Florida.

    Pintu Tesla juga kerap menimbulkan masalah karena sulit dibuka dalam keadaan darurat. Pintu di Tesla Model Y tidak berfungsi saat pasokan daya dari baterai putus. Pintu harus dibuka secara manual lewat mekanisme tertentu, yang sulit dilakukan oleh anak. Perusahaan yang dipimpin Elon Musk itu kini sedang menyiapkan rancangan baru.

    Taksi tanpa pengemudi Tesla yang baru diuji coba di jalan dalam beberapa bulan terakhir juga dilaporkan kerap terlibat dalam kecelakaaan.

    (dem/dem)

    [Gambas:Video CNBC]

  • Momen Trump-Elon Musk Reuni Pertama Kali Usai Bentrok Berbulan-bulan

    Momen Trump-Elon Musk Reuni Pertama Kali Usai Bentrok Berbulan-bulan

    Jakarta, CNBC Indonesia – Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump dan CEO Tesla Elon Musk akhirnya kembali reuni. Mereka terlihat mengobrol untuk pertama kalinya di depan publik pasca berbulan-bulan terlibat adu mulut di internet.

    Momen kebersamaan Trump dan Musk tertangkap kamera saat keduanya menghadiri upacara peringatan (memorial service) Charlie Kirk pada Minggu (21/9) waktu setempat.

    Tampak jejeran politikus papan atas Republik turut hadir di State Farm Stadium, Glendale, Arizona, tempat memorial service untuk Kirk digelar. Ribuan orang berkumpul untuk mengenang mendiang Kirk yang tewas ditembak pada 10 September 2025.

    Sebelum Trump maju ke atas panggung untuk menyapa massa, Musk tampak menghampirinya dan duduk di bangku sebelah yang kosong, dikutip dari Fortune, Senin (22/9/2025).

    Mereka tampak saling berjabat tangan dan mengobrol santai layaknya kawan lama yang baru bertemu. Musk kemudian membagikan foto kebersamaannya dengan Trump ke akun X personalnya dengan menuliskan caption ‘For Charlie’ (untuk Charlie).

    Foto: Presiden AS Donald Trump dan CEO Tesla Elon Musk berbincang saat menghadiri peringatan memorial aktivis konservatif Charlie Kirk di State Farm Stadium, Glendale, Arizona, Minggu (21/9/2025). (X/@elonmusk)
    Presiden AS Donald Trump dan CEO Tesla Elon Musk berbincang saat menghadiri peringatan memorial aktivis konservatif Charlie Kirk di State Farm Stadium, Glendale, Arizona, Minggu (21/9/2025). (X/@elonmusk)

    Akun X resmi Gedung Putih juga membagikan momen Trump dan Musk yang tampak berbicara dan diambil dari sisi belakang. Musk kemudian turut me-retweet unggahan tersebut.

    Ini adalah kali pertama Trump dan Musk terlihat bersama di depan publik sejak Juni 2025, ketika keduanya saling sindir di media sosial terkait rencana pengeluaran dan pajak yang ditetapkan Trump.

    Saat ‘One Big Beautiful Bill’ maju ke Kongres, Musk mengkritiknya habis-habisan. Ia menyebut aturan itu akan menambah utang AS. Selain itu, aturan tersebut juga mengakhiri insentif pajak untuk mobil listrik dan modul energi solar, produk-produk yang dijual Tesla milik Musk.

    Musk bahkan menyebut peran Trump dalam kasus Jeffrey Epstein dan mengancam akan menarik roket SpaceX yang sangat dibutuhkan oleh pemerintah federal.

    Tak tinggal diam, Trump mengancam akan mengerahkan Lembaga Efisiensi Pemerintah (DOGE) yang sebelumnya dikepalai Musk untuk menyelidiki subsidi yang diterima perusahaan-perusahaan Musk.

    Seiring waktu, ketegangan keduanya mulai reda, tetapi Trump menekankan hubungannya dengan Musk telah berakhir. Trump juga mengatakan tak memiliki rencana berkomunikasi dengan Musk dalam waktu dekat.

    Pada pertengahan tahun ini, Kirk sempat menyebut Musk dan Trump pada akhirnya akan kembali bersatu. Kirk menilai Musk dan Trump akan jauh lebih kuat jika bersama.

    (fab/fab)

    [Gambas:Video CNBC]

  • Bayar Rp 50 Ribu Masih Kembalian, Pajak Motor Listrik Cuma Segini!

    Bayar Rp 50 Ribu Masih Kembalian, Pajak Motor Listrik Cuma Segini!

    Jakarta

    Pajak motor listrik murah meriah. Bahkan kalau bayar Rp 50 ribu setiap tahun, masih ada kembaliannya.

    Pajak tahunan jadi salah satu pertimbangan bagi seseorang sebelum membeli kendaraan. Tapi buat kamu yang mau membeli motor listrik, tampaknya nggak perlu pusing nih mikirin pajak tahunan. Soalnya, pajak tahunannya nggak sampai Rp 50 ribu.

    Pajak Tahunan Motor Listrik

    Ditelusuri detikOto dalam laman Informasi Data Kendaraan dan Pajak Kendaraan Bermotor Pemerintah Provinsi DKI Jakarta, untuk motor listrik Maka Cavalry kepemilikan pertama atas nama perusahaan, pajak tahunannya Rp 35 ribu. Pajak tahunan itu hanya berupa Sumbangan Wajib Dana Kecelakaan Lalu Lintas Jalan (SWDKLLJ) untuk kendaraan roda dua. Tak ada PKB Pokok yang dibebankan untuk motor listrik dengan nilai jual Rp 31,6 juta itu. Sedangkan harga jualnya diketahui Rp 35,85 juta.

    Ya, kendaraan listrik memang mendapat keringanan berupa pembebasan pajak kednaraan bermotor (PKB) dan Bea Balik Nama Kendaraan Bermotor (BBNKB). Jadi nggak cuma mobil listrik, motor listrik berbasis baterai tidak dikenai pajak lagi.

    Aturan ini berlaku sejak diundangkan pada 11 Mei 2023 yang tercantum Peraturan Menteri Dalam Negeri (Permendagri) Nomor 6 Tahun 2023 tentang Dasar Pengenaan Pajak Kendaraan Bermotor, Bea Balik Nama, dan Pajak Alat Berat Tahun 2023. Berikut ini bunyi pasal 10:

    1. Pengenaan PKB KBL Berbasis Baterai untuk orang atau barang ditetapkan sebesar 0 persen dari dasar pengenaan PKB
    2. Pengenaan BBNKB KBL Berbasis Baterai untuk orang atau barang ditetapkan sebesar 0 persen dari dasar pengenaan BBNKB

    Spesifikasi Motor Listrik Maka Cavalry

    Adapun soal Maka Cavalry, memiliki jarak tempuh 160 km hanya dalam sekali pengecasan. Hal ini berkat baterai berkapasitas 4 kWh dan mode berkendara Hi-Regen yang bisa memperpanjang jarak tempuh. Baterainya pun tersertifikasi IP67 sehingga tahan debu dan tahan air sedalam 60 cm.

    Secara performa, skuter listrik ini bisa menghasilkan tenaga puncak 12 dk dan torsi 242 Nm. Cavalry bisa mencapai kecepatan maksimal 105 km/jam dan berakselerasi dari 0-60 km/jam hanya dalam 4,8 detik. Cavalry juga mampu menanjak hingga kemiringan 30 derajat. Terkait pengecasan, setiap pembelian Maka Cavalry sudah termasuk dengan Maka Charger. Buat menempuh jarak sejauh 20 km per hari, motor listrik ini bisa dicas dengan Maka Charger selama 60 menit menggunakan daya 500 watt, max 6A.

    Kemudian jika menggunakan Maka Charger+ dengan 1.200 watt, max 15 A, bisa dicas selama 26 menit. Selanjutnya jika menggunakan Maka Fast Charging Station dengan 5.500 watt, max 52 A, hanya membutuhkan waktu 12 menit.

    (dry/din)

  • BYD Siapkan Sealion 6 Buat Jegal Toyota Harrier-Mitsubishi Outlander

    BYD Siapkan Sealion 6 Buat Jegal Toyota Harrier-Mitsubishi Outlander

    Jakarta

    BYD makin agresif di pasar otomotif Jepang. Dalam waktu dekat, BYD bakal meluncurkan Sealion 6 PHEV untuk menjegal penjualan Toyota Harrier hingga Mitsubishi Outlander PHEV.

    BYD berencana untuk mengenalkan mobil berteknologi PHEV (plug-in hybrid) di Jepang mulai Januari 2026. Kabarnya, mobil PHEV pertama BYD yang akan dijual di Jepang itu adalah Sealion 6 atau kalau di China dikenal dengan nama Song Plus. BYD disebut bakal mengumumkan kehadiran Sealion 6 itu pada ajang Japan Mobility Show di Tokyo pada Oktober 2025.

    Diberitakan Car News China, Presiden BYD Jepang Atsuki Tofukuji menyebut peluncuran mobil PHEV itu diharap bisa meningkatkan konsen soal jarak tempuh yang sering dikaitkan dengan mobil listrik. Ia menggambarkan langkah ini juga sekaligus penting untuk memperluas kehadiran BYD di Jepang.

    Langkah BYD ini terbilang berani, mengingat pasar Jepang cukup didominasi mobil domestik. Lebih lagi, segmen PHEV di Jepang didominasi mobil populer sekelas Toyota Harrier dan Mitsubishi Outlander. BYD berupaya keras menjegal laju keduanya dengan kehadiran Sealion 6 tersebut.

    Sejatinya Sealion 6 dianggap kurang kompetitif dari sisi jangkauan dan efisiensi bahan bakar ketimbang para rivalnya itu, BYD bakal menggunakan strategi harga. Di Jepang, mobil PHEV umumnya ditawarkan dengan banderol di atas lima juta yen (di atas Rp 500 jutaan), nah BYD justru berencana menjualnya di bawah ambang harga tersebut. Kabarnya, BYD Sealion 6 PHEV ini bakal dibanderol USD 24.130 atau sekitar Rp 400 jutaan.

    Secara global, mobil PHEV BYD ini mencatatkan pangsa pasar lebih tinggi ketimbang mobil listrik murni. Pada tahun 2024, BYD menjual 4,27 juta kendaraan, di mana 2,48 juta (58 persen) di antaranya disumbang dari PHEV. Sebagai perbandingan pada periode yang sama, mobil listrik BYD terjual sebanyak 1,76 juta unit (41 persen). Di luar Jepang, mobil PHEV BYD ini sudah merambah Eropa dan juga beberapa negara di Asia Tenggara termasuk Thailand, Filipina, dan Singapura.

    (dry/din)