Transportasi: mobil listrik

  • Logam Tanah Jarang Jadi Senjata Perang Dagang, China Kuasai 70 Persen Pasokan Global, AS Sangat Bergantung untuk Industri Pertahanan

    Logam Tanah Jarang Jadi Senjata Perang Dagang, China Kuasai 70 Persen Pasokan Global, AS Sangat Bergantung untuk Industri Pertahanan

    Neodymium dan praseodymium digunakan untuk membuat motor magnet permanen, teknologi yang mengubah listrik dari baterai menjadi gerakan, seperti memutar roda mobil listrik.

    Motor jenis ini juga dapat bekerja sebaliknya, mengubah gerak menjadi listrik, misalnya melalui putaran baling-baling turbin angin.

    Logam tanah jarang ini disebut langka, meski sebenarnya unsur-unsur tersebut cukup melimpah di kerak bumi. Unsur cerium misalnya, lebih banyak daripada timah atau timbal.

    Tantangannya adalah menemukan deposit dengan konsentrasi tinggi yang cukup ekonomis untuk ditambang.

    Proses ekstraksinya juga berisiko terhadap lingkungan, karena membutuhkan air dan energi dalam jumlah besar untuk memisahkan logam dari batuan.

    Penambangan juga berpotensi mencemari tanah dan air tanah, mengingat logam tanah jarang sering ditemukan bersama unsur radioaktif seperti uranium dan thorium.

    Pada dekade 1960-1980-an, AS sempat menjadi produsen terbesar logam tanah jarang, sebelum China mengambil alih dengan operasi berbiaya rendah yang membanjiri pasar global dan membangun hampir monopoli di rantai pasok dunia.

    China kini menyumbang sekitar 70% produksi global. Negara itu menghasilkan 270.000 ton logam tanah jarang pada 2024 — dua kali lipat dibanding lima tahun sebelumnya, menurut data US Geological Survey. AS berada jauh di posisi kedua dengan 45.000 ton.

    Dominasi China diperkuat oleh cadangan besar yang dimilikinya, hampir separuh dari total dunia, yakni sekitar 44 juta ton, lebih dari dua kali lipat cadangan Brasil di posisi kedua.

  • Harga Wuling Air ev Bekas Setelah 2 Tahun, Pasarannya Segini

    Harga Wuling Air ev Bekas Setelah 2 Tahun, Pasarannya Segini

    Jakarta

    Harga Wuling Air ev terbaru dijual mulai Rp 184 jutaan. Kalau harga bekas yang sudah berumur dua tahun berapa ya?

    Wuling Air ev jadi salah satu mobil listrik yang sering terlihat wara-wiri di jalan. Dari sisi harga, Wuling Air ev terbilang terjangkau. Dua varian ditawarkan dengan banderol di bawah Rp 200 juta, yaitu Air ev Lite Standard Range Rp 184 juta dan Air ev Lite Long Range Rp 195 juta. Sedangkan varian tertinggi, Air ev Pro Long Range tembus Rp 250 juta.

    Harga Pasaran Wuling Air ev Bekas

    Dengan banderol segitu, mungkin banyak yang penasaran, berapa harga jual kembali Wuling Air ev yang berusia dua tahun? Sebagai catatan, Wuling Air ev lansiran tahun 2023 hadir dalam dua varian yaitu Standard Range dan Long Range.

    Berdasarkan catatan detikOto, versi Standard Range dibuka dengan harga Rp 240 juta sedangkan Long Range Rp 299 juta. Gimana harga bekasnya? Mengutip laman jual mobil bekas online, harga Wuling Air ev bekas berusia dua tahun ini bervariasi. Namun kebanyakan ditawarkan dengan banderol di kisaran Rp 110-120 jutaan.

    Contohnya adalah Wuling Air ev Standard Range dengan jarak tempuh di atas 49.000 km, ditawarkan dengan harga Rp 110 juta. Ada juga Air ev Standard Range dengan jarak tempuh 18.000 km dibuka mulai harga Rp 115 juta. Selanjutnya ada Air ev Long Range dengan jarak tempuh 19.000 km, ditawarkan dengan harga Rp 123 juta. Ada juga yang menawarkan Air ev Long Range dengan harga sedikit lebih tinggi yakni Rp 125 juta. Jarak tempuhnya juga rendah yaitu 9.000 km.

    Spesifikasi Wuling Air ev

    Kalau diperhatikan, depresiasi harga Wuling Air ev tahun 2023 itu cukup dalam yaitu hampir dari separuh harganya. Sebagai informasi tambahan, Wuling Air ev standard range menggunakan baterai lithium ferro-phophate (LFP) dengan kapasitas 17,3 kWh. Dengan kapasitas tersebut, mobil bisa menempuh jarak hingga sejauh 200 kilometer.

    Sedangkan untuk Wuling Air ev tipe long range memiliki kapasitas baterai 26,7 kWh. Buat yang senang jalan-jalan, varian long range cocok untukmu karena dapat menempuh perjalanan hingga sejauh 300 kilometer. Dari segi fitur, Wuling Air ev sudah disematkan berbagai teknologi canggih dan mumpuni, mulai dari Electric Power Window, Multifunction Steering Wheel, hingga USB Charging Port. Jangan khawatir baterai mobil mudah rusak dan korsleting, karena sudah mendapatkan rating IP67 waterproof battery.

    Untuk varian long range, fitur yang tersedia jauh lebih banyak, seperti Integrated Floating Widescreen dengan layar meter cluster 10,25 inci dan layar head unit dengan ukuran yang sama, keyless entry, synthetic leather seat, Smart Start System, dan Extended Horizon LED DRL.

    Dari segi keselamatan, Wuling Air ev dilengkapi dengan dua airbags, sistem pengereman double cakram dengan sistem ABS dan EBD. Selain itu, ada juga fitur seperti TPMS hingga Sound Module for Pedestrian Warning agar berkendara jadi lebih aman dan nyaman

    (dry/rgr)

  • Salip BYD, Ini Tulang Punggung Penjualan Chery di Indonesia

    Salip BYD, Ini Tulang Punggung Penjualan Chery di Indonesia

    Jakarta

    Chery menyalip BYD dalam catatan penjualan sepanjang September 2025. Model ini yang jadi tulang punggungnya.

    Chery mulai mendapatkan kepercayaan masyarakat Indonesia. Brand asal China ini terus menggempur produk baru serta terus membangun layanan purnajual. Hal itu berdampak pada penjualan yang positif. Terbaru, Chery bahkan menyalip BYD yang biasanya tembus 10 besar sebagai mobil terlaris di Indonesia.

    Dalam data terbaru wholesales Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) penjualan mobil per September 2025 naik 0,5 persen dari bulan sebelumnya dari 61.777 unit menjadi 62.071 unit.

    Khusus Chery, pabrikan yang bermarkas di Wuhu itu mendistribusikan 2.105 unit pada bulan lalu. Atas hasil ini,Chery mengisi posisi ke-8 mobil terlaris di Indonesia per September 2025. Di sisi lain, penjualan BYD turun 57,5 persen atau sekitar 1.474 unit dibandingkan Agustus. BYD pada September mendistribusikan 1.088 unit secara wholesales. Praktis posisinya disalip Chery.

    Penjualan Chery pada September 2025 memang mengalami tren peningkatan pada September 2025 dibandingkan Juli (1.539 unit) dan Agustus (1.179 unit).

    Model terlaris Chery justru bukan datang dari mobil listrik. Melainkan teknologi hybrid yang dipasang pada mobil termurah Chery saat ini.

    “Kita dominasi untuk model itu masih didominasi sama varian sih di Tiggo Cross. Karena Tiggo Cross didominasi juga sama Tiggo Cross CSH,” ujar Head of Brand & Marketing Chery Sales Indonesia, Rifkie Setiawan di Bandung, Jawa Barat, Jumat (10/10/2025).

    “Kalau dari overall Chery, Tiggo Cross udah 50 persen. Memang saat ini kita lagi fokus untuk mendorong CSH,” terang dia.

    “Tiggo Cross, CSH-nya yang paling banyak. 80 persen,” tambah Rifkie.

    Sejauh ini line up mobil Chery yang ditawarkan di Indonesia kebanyakan memang jenis SUV, dari Tiggo Series, Omoda Series, termasuk mobil listrik J6.

    Chery akan memperbesar target tahun depan di Indonesia. Termasuk salah satunya menambah portofolio produk.

    “Kita dibandingkan tahun lalu kita masih growth ya, kalau di tahun lalu kita sudah jualan di 1.800, tahun ini kita udah 2.000-an per bulan. Dan ini akan terus kita tingkatkan sampai memang target kita itu di 3.000-an untuk tahun depan,” kata Rifkie.

    (riar/dry)

  • Sudah Segini Mobil Polytron yang Dibeli Orang Indonesia

    Sudah Segini Mobil Polytron yang Dibeli Orang Indonesia

    Jakarta

    Mobil Polytron sudah meluncur di Indonesia sejak meluncur Mei 2025. Sudah berapa banyak mobil Polytron yang dibeli orang Indonesia?

    Polytron mencoba peruntungan di pasar roda empat Tanah Air. Peluncuran mobil itu juga sekaligus menandai 50 tahun kehadiran Polytron di Indonesia. Mobil listrik Polytron itu punya nama G3 dan G3+ . Mobil itu mengusung bentuk Sport Utility Vehicles (SUV), mirip dengan Skyworth EV K yang sudah melantai di China.

    Angka Penjualan Mobil Polytron di Indonesia

    Kalau di pasar elektronik barang-barang Polytron banyak dicari, bagaimana dengan mobil listriknya? Sudah berjalan empat bulan, berapa banyak mobil Polytron yang dibeli orang Indonesia? Mengutip data penjualan wholesales yang dirilis Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) periode September 2025, secara wholesales ada kenaikan. Bila pada Agustus distribusi mobil Polytron dari pabrik ke dealer hanya 21 unit, maka pada bulan kesembilan naik dua kali lipat lebih menjadi 50 unit.

    Penjualan retail (dari dealer ke konsumen) juga naik dua kali lipat. Sebelumnya hanya 12 unit terjual, maka pada September menjadi 29 unit. Polytron diketahui mendistribusikan mobil listriknya mulai Juli 2025. Dalam tiga bulan, total ada 93 unit mobil Polytron yang terdistribusi dari pabrik ke dealer. Sedangkan secara retail, jumlahnya masih sangat kecil yaitu 47 unit. Dengan penjualan segitu, Polytron masih sulit bertarung dengan merek-merek lainnya. Pangsa pasarnya pun masih nol persen.

    Adapun untuk bertarung di pasar dalam negeri, Polytron langsung mengeluarkan dua amunisi berupa mobil listrik. Mobil listrik pertama Polytron ini punya dimensi yang cukup bongsor: panjang 4.720 milimeter (mm), lebar 1.908 mm, tinggi 1.696 mm, dan jarak poros roda depan ke belakang 2.800 mm.

    Soal kemampuannya, dua varian itu memiliki jarak tempuh 402 kilometer (CLTC). Kecepatan tertingginya 150 km/jam. Di atas kertas dari titik nol ke 100 km per jam bisa berlari selama 9,6 detik.

    Polytron mengandalkan baterai Lithium Ferro Phospate (LFP) berkapasitas 51,916 kWh dan power 150 kW. Sementara torsinya 320 Nm, khas mobil listrik yang punya akselerasi instan.

    Harga Mobil Polytron

    Menyoal harga, Polytron ini tersedia dalam opsi sewa baterai atau termasuk baterai. Berikut ini daftar harganya:

    Opsi berlangganan baterai

    Polytron G3 Rp 299 jutaPolytron G3+ Rp 339 jutaBiaya langganan baterai: Rp 1,2 juta.

    Opsi termasuk beli baterai:

    Polytron G3 Rp 419 jutaPolytron G3+ Rp 459 juta

    (dry/din)

  • Rahasia Pajak Tahunan Mobil Listrik Nggak Sampai Rp 150 Ribu

    Rahasia Pajak Tahunan Mobil Listrik Nggak Sampai Rp 150 Ribu

    Jakarta

    Mobil listrik mendapat perlakuan spesial dari pemerintah. Salah satunya adalah pajak kendaraan bermotor (PKB) yang sangat rendah. Bahkan, mobil listrik seharga miliaran rupiah pun cuma pajak STNK-nya tak sampai Rp 150 ribu.

    Di Jakarta, kendaraan listrik berbasis baterai dibebaskan dari pajak kendaraan bermotor (PKB). Jadi, PKB yang harus dibayarkan pemilik kendaraan tiap tahunnya adalah 0 persen. Meski dibebaskan dari PKB, setiap tahun mobil listrik harus diproses perpanjangan pajaknya. Ada biaya SWDKLLJ atau sumbangan wajib dana kecelakaan lalu lintas jalan yang harus dibayarkan setiap tahun.

    Biaya SWDKLLJ itu pun murah. Untuk mobil, SWDKLLJ hanya Rp 143.000. Jadi, pemilik mobil listrik hanya perlu bayar Rp 143.000 setiap tahunnya untuk perpanjangan pajak.

    Dikutip dari situs resmi Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) DKI Jakarta, kendaraan listrik atau kendaraan bermotor listrik berbasis baterai mendapat insentif dari pemerintah. Pemerintah Provinsi DKI Jakarta telah mengeluarkan Peraturan Gubernur DKI Jakarta Nomor 38 Tahun 2023 yang salah satunya adalah mengatur tentang kebijakan pajak kendaraan listrik.

    Peraturan ini memberikan sejumlah insentif signifikan bagi pemilik kendaraan listrik, terutama terkait dengan Pajak Kendaraan Bermotor (PKB) dan Bea Balik Nama Kendaraan Bermotor (BBNKB), Tepatnya terdapat pada Pasal 10 Peraturan Gubernur DKI Jakarta Nomor 38 Tahun 2023 yang berbunyi:

    1. Pengenaan PKB KBL Berbasis Baterai untuk orang atau barang, ditetapkan sebesar 0% (nol persen) dari dasar pengenaan PKB.
    2. Pengenaan PKB KBL Berbasis Baterai untuk angkutan umum untuk orang, ditetapkan sebesar 0% (nol persen) dari dasar pengenaan PKB.
    3. Pengenaan PKB KBL Berbasis Baterai untuk angkutan umum untuk barang, ditetapkan sebesar 0% (nol persen) dari dasar pengenaan PKB.
    4. Pengenaan PKB KBL Berbasis Baterai sebagaimana dimaksud pada ayat (1) sampai dengan ayat (3), tidak termasuk kendaraan yang dikonversikan dari bahan bakar fosil menjadi kendaraan berbasis baterai.
    5. Kepemilikan KBL Berbasis Baterai kedua dan seterusnya diberikan insentif tidak dikenakan tarif pajak progresif.
    6. Penyerahan kepemilikan KBL Berbasis Baterai diberikan insentif tidak dikenakan BBNKB, dilaksanakan sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan.

    Dari aturan di atas disebutkan bahwa pajak tahunan kendaraan listrik ditetapkan sebesar 0 persen dari dasar pengenaan PKB. Artinya, kendaraan listrik yang dimiliki oleh perorangan atau perusahaan tidak dikenakan PKB sama sekali. Hal ini berlaku baik untuk kendaraan pribadi maupun kendaraan umum, baik untuk angkutan orang maupun barang.

    (rgr/dry)

  • Wisata Malam di Ragunan Mulai Dibuka Hari Ini, Simak Jam Operasional dan Cara Beli Tiketnya! – Page 3

    Wisata Malam di Ragunan Mulai Dibuka Hari Ini, Simak Jam Operasional dan Cara Beli Tiketnya! – Page 3

    Kemudian, bagi yang ingin menikmati atraksi feeding time atau melihat satwa nokturnal, pihak Ragunan juga menyiapkan mobil listrik dan buggy car dengan tarif sewa Rp250.000 per jam.

    “Kendaraan ini kami sediakan untuk rute tertentu yang menampilkan satwa-satwa aktif di malam hari,” jelasnya.

    Beberapa satwa yang bisa disaksikan dalam sesi pemberian makan (feeding time) antara lain kuda nil, harimau Sumatera, pelikan, mamalia kecil, dan reptil di area terarium. Jadwal atraksi dilakukan pada waktu yang berbeda-beda sesuai dengan mekanisme yang telah ditetapkan oleh pengelola.

    “Untuk keamanan satwa, jadwal pemberian makan diatur bergantian. Ada yang di awal jam buka, ada juga yang menjelang penutupan,” ucap Wahyudi.

    Bagi pengunjung yang datang sejak pagi hingga sore, tiket malam harus dibeli terpisah, karena harga tiket Zoo Malam berbeda dari tiket siang. Selain itu, pengelola juga menyediakan jalur olahraga malam dari Pintu Utara menuju Bundaran Pusat Primata Schmutzer bagi warga yang ingin beraktivitas ringan tanpa melihat satwa.

    “Selama tidak melewati batas jalur yang sudah kami tentukan, pengunjung boleh memutar beberapa kali untuk olahraga malam,” kata dia.

     

  • Makin Ganas! BYD Atto 3 Pakai Motor Listrik BYD Seal

    Makin Ganas! BYD Atto 3 Pakai Motor Listrik BYD Seal

    Jakarta

    BYD akan meluncurkan Atto 3 terbaru. Versi terbaru dari BYD Atto 3 itu sudah terdaftar di China. Kabarnya, SUV listrik terbaru tersebut akan menggunakan mesin BYD Seal.

    Diberitakan Carnewschina, BYD Atto 3 terbaru akan memiliki tambahan tenaga 107 daya kuda. Crossover ini mengadopsi motor listrik dari sedan listrik BYD Seal yang tenaganya mencapai 230 kW atau 308 daya kuda.

    Artinya, BYD Atto 3 terbaru kemungkinan mengadopsi sistem tegangan tinggi 800V dengan kemampuan pengisian daya DC yang lebih cepat.

    Sejatinya, BYD Atto 3 baru saja mendapat penyegaran yang meluncur di China pada Maret 2025. Namun, penyegaran itu difokuskan pada kemampuan ADAS.

    Kini, pembaruan akan menyasar ke dapur pacunya. Kabarnya, BYD Atto 3 terbaru nanti akan mendapatkan peningkatan tenaga.

    Eksterior BYD Atto 3 terbaru yang dapat mesin BYD Seal itu identik dengan model 2025 yang diluncurkan pada bulan Maret. Mobil ini memiliki intake udara berbentuk trapesium yang besar, lampu depan berwarna hitam, dan pilar D yang dihitamkan. Namun, mobil ini memiliki velg baru berukuran 18 inci.

    BYD Atto 3 terbaru ini punya dimensi panjang 4.455 mm, lebar 1.875 mm dan tinggi 1.615 mm dengan jarak sumbu roda 2.720 mm.

    Bobotnya pun bertambah. BYD Atto 3 terbaru akan memiliki berat kosong 1.880 kg, naik dari 1.625 kg di versi sebelumnya. Perbedaan bobot itu mengindikasikan penggunaan baterai yang lebih besar. Namun, BYD belum mengungkapkan kapasitas baterai mobil listrik ini.

    Mobil ini ditenagai oleh motor listrik magnet permanen TZ200XYC dengan daya puncak 230 kW (308 hp). Tenaganya naik 107 hp daripada versi sebelumnya.

    Dilaporkan, BYD Atto 3 akan mengadopsi motor yang sama dengan crossover fastback Denza N7 dan sedan BYD Seal. Model-model ini mengadopsi sistem tegangan tinggi 800V.

    Belum ada informasi lebih lanjut tentang kendaraan ini. Namun, Atto 3 kemungkinan akan memasuki pasar China tahun ini.

    (rgr/dry)

  • Wisata Malam Ragunan Dibuka, Nikmati Kebun Binatang Mulai 18.00 WIB
                
                    
                        
                            Megapolitan
                        
                        10 Oktober 2025

    Wisata Malam Ragunan Dibuka, Nikmati Kebun Binatang Mulai 18.00 WIB Megapolitan 10 Oktober 2025

    Wisata Malam Ragunan Dibuka, Nikmati Kebun Binatang Mulai 18.00 WIB
    Editor
    JAKARTA, KOMPAS.com
    – Taman Margasatwa Ragunan (TMR) kini resmi beroperasi hingga malam hari mulai Sabtu (11/10/2025), dimulai pukul 18.00 WIB.
    Pengunjung dapat menikmati suasana kebun binatang di bawah cahaya bulan melalui program bertajuk “Night at the Ragunan Zoo”.
    Kepala Unit Pengelola Taman Margasatwa Ragunan (UPTMR), Endah Rumiyati, menjelaskan bahwa program malam hari ini memberikan pengalaman berbeda bagi masyarakat Ibu Kota.
    “Ragunan akan membuka program Night at the Ragunan Zoo yang akan dilaksanakan setiap malam Minggu dengan jam operasional pukul 18.00–22.00 WIB,” ujar Endah dalam keterangan tertulisnya, Kamis (9/10/2025).
    Melalui program ini, pengunjung akan diajak berkeliling melihat satwa nokturnal, yaitu hewan yang aktif di malam hari.
    Perjalanan dilakukan menggunakan mobil listrik (e-car) dengan tarif Rp250.000 per jam untuk lima orang.
    “Pengunjung akan diajak berkeliling ke beberapa kandang satwa nokturnal yang telah ditentukan,” kata Endah.
    Selama tur berlangsung, pengunjung bisa menyaksikan atraksi pemberian makan satwa serta mendengarkan edukasi dari penjaga hewan (zookeeper).
    Jadwal kegiatan akan berbeda setiap minggunya untuk memberikan variasi pengalaman bagi pengunjung.
    Untuk mendukung kegiatan malam hari, pengelola telah menyiapkan sistem penerangan di area satwa dan jalur wisata tanpa mengganggu perilaku alami hewan.
    Area piknik malam juga telah disiapkan, lengkap dengan petugas keamanan dan pemandu yang berjaga selama jam operasional berlangsung.
    “Kami memastikan satwa yang ditampilkan tetap merasa nyaman dan tidak terganggu oleh aktivitas pengunjung,” jelas Endah.
    Wacana pembukaan Ragunan hingga malam hari sebelumnya telah disampaikan oleh Gubernur DKI Jakarta Pramono Anung.
    Ia menilai langkah ini sebagai upaya menambah pilihan wisata malam bagi warga Jakarta.
    “Jadi sekali lagi, untuk Margasatwa Ragunan ini betul-betul saya ingin perbaiki dan saya lagi berpikir apakah sudah waktunya dibuat Ragunan ini tidak hanya siang, tetapi malam hari juga,” kata Pramono saat meninjau Ragunan pada 14 Agustus 2025.
    Pramono mencontohkan konsep safari night di Taman Safari, Cisarua, Kabupaten Bogor, yang terbukti menjadi daya tarik wisatawan setiap akhir pekan.
    Copyright 2008 – 2025 PT. Kompas Cyber Media (Kompas Gramedia Digital Group). All Rights Reserved.

  • Mitsubishi Destinator Tempel Honda Brio

    Mitsubishi Destinator Tempel Honda Brio

    Jakarta

    Kijang Innova masih tak terbendung di daftar mobil terlaris. Menariknya, dalam daftar tersebut juga tak ada lagi mobil listrik. Simak lengkapnya berikut.

    Penjualan mobil di Indonesia belum juga pulih. Sepanjang September 2025, penjualan secara wholesales memang mencatat kenaikan, namun tak signifikan. Data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) menunjukkan, secara wholesales kenaikannya hanya 0,5 persen atau sekitar 294 unit.

    Penjualan retail justru sebaliknya, mengalami penurunan. Masih dalam data yang sama, penjualan mobil dari dealer ke konsumen itu turun dari 66.518 unit pada Agustus menjadi 63.723 unit pada September 2025.

    Dari angka penjualan itu, Kijang Innova masih belum terbendung. Penjualannya tercatat masih yang terbanyak dibandingkan model lainnya. Distribusi Innova yang disumbang model Zenix dan Reborn itu bahkan mencapai 6.143 unit. Unggul jauh dibandingkan penghuni posisi kedua yakni Daihatsu Gran Max dengan torehan 3.932 unit.

    Selanjutnya di tempat ketiga ada mobil sejuta umat Toyota Avanza. Pesona Avanza memang masih belum bisa tergantikan dengan Low MPV lainnya. Sepanjang bulan kesembilan, distribusi Avanza itu mencapai 2.804 unit. Mengekor persis di belakang Avanza, ada Suzuki Carry pikap yang mencatatkan distribusi sebanyak 2.682 unit. Kemudian menutup posisi lima besar ada Toyota Calya. LCGC 7-seater ini terdistribusi sebanyak 2.523 unit.

    Menariknya, dalam daftar mobil terlaris periode September ini tak ada mobil listrik. Untuk tahu lebih lengkapnya, berikut ini 20 mobil terlaris di Indonesia selama bulan kesembilan.

    20 Mobil Terlaris September 2025

    1. Kijang Innova (Reborn dan Zenix): 6.143 unit
    2. Daihatsu Gran Max pikap: 3.932 unit
    3. Toyota Avanza: 2.804 unit
    4. Suzuki Carry pikap: 2.682 unit
    5. Toyota Calya: 2.523 unit
    6. Toyota Rush: 2.273 unit
    7. Honda Brio (Satya dan RS): 2.104 unit
    8. Mitsubishi Destinator: 2.042 unit
    9. Daihatsu Gran Max (Minibus dan Blindvan): 1.918 unit
    10. Daihatsu Sigra: 1.738 unit
    11. Hilux pikap: 1.498 unit
    12. Honda HR-V: 1.474 unit
    13. Toyota Agya: 1.342 unit
    14. Mitsubishi Xpander (termasuk Xpander Cross): 1.301 unit
    15. Daihatsu Terios: 1.265 unit
    16. Chery Tiggo Cross CSH: 1.042 unit
    17. Suzuki Fronx: 1.000 unit
    18. Isuzu Traga: 997 unit
    19. Toyota Fortuner: 950 unit
    20. Mitsubishi L300 pikap: 927 unit

    (dry/rgr)

  • Telkomsel Serahkan Mobil BYD Dolphin ke 13 Pemenang SIMPATI HOKI

    Telkomsel Serahkan Mobil BYD Dolphin ke 13 Pemenang SIMPATI HOKI

    Jakarta, CNBC Indonesia – Telkomsel resmi menyerahkan hadiah Grand Prize berupa mobil listrik BYD Dolphin kepada tiga pelanggan pemenang program undian SIMPATI HOKI. Hadiah diserahkan oleh VP Consumer Business Area Jabotabek Jabar Telkomsel, Tuty R. Afriza, di GraPARI Alia, Jakarta.

    Ketiga pemenang yang berasal dari Jakarta, Bekasi, dan Sorong, mewakili keberagaman pelanggan Telkomsel dari berbagai wilayah Indonesia. Mereka adalah bagian dari 13 pemenang Grand Prize yang mencerminkan jangkauan Telkomsel dan kedekatan dengan pelanggan di setiap daerah.

    “Program SIMPATI HOKI adalah bentuk apresiasi kami kepada pelanggan yang setia menggunakan layanan SIMPATI. Hadiah mobil listrik ini bukan hanya simbol penghargaan, tetapi juga mencerminkan komitmen Telkomsel untuk menghadirkan pengalaman digital terbaik bagi pelanggan. Kami ingin terus melangkah lebih jauh, tidak hanya sebagai penyedia konektivitas, tetapi juga sebagai enabler yang membuka peluang lebih luas bagi masyarakat Indonesia,” kata VP SIMPATI Product Marketing Telkomsel, Adhi Putranto, dikutip Jumat (10/10/2025).

    Selain tiga pemenang tersebut, 10 pemenang lainnya akan menerima hadiah mobil listrik BYD Dolphin di lokasi masing-masing. Seluruh pajak dan biaya pengiriman hadiah ditanggung sepenuhnya oleh Telkomsel.

    Program SIMPATI HOKI berlangsung sejak 1 Juni hingga 31 Agustus 2025, yang menghadirkan berbagai hadiah selama tiga periode, mulai dari paket liburan domestik, sepeda motor All New Yamaha NMAX 155, hingga mobil listrik BYD Dolphin sebagai hadiah utama di periode terakhir.

    Selama periode Agustus 2025, tercatat 28,7 juta pelanggan turut berpartisipasi dan mengumpulkan total lebih dari 93,5 juta kupon undian. Secara keseluruhan, sepanjang periode 1 Juni-31 Agustus 2025, program SIMPATI HOKI mencatatkan partisipasi lebih dari 80,5 juta pelanggan, dengan akumulasi lebih dari 243,3 juta kupon undian.

    (rah/rah)

    [Gambas:Video CNBC]