Transportasi: mobil listrik

  • Nasib Pilu 9 Ribu Karyawan Produsen Mobil Jepang

    Nasib Pilu 9 Ribu Karyawan Produsen Mobil Jepang

    Jakarta

    Salah satu raksasa otomotif asal Jepang, Nissan, akan melakukan pemutusan hubungan kerja (PHK) 9.000 karyawan di seluruh dunia. Langkah PHK massal ini dimaksudkan untuk mengurangi produksi global imbas sepinya penjualan mobil perusahaan di China dan Amerika Serikat.

    Melansir Reuters, Sabtu (9/11/2024), jumlah pemangkasan ini kurang lebih setara 6,7% dari total karyawan perusahaan di seluruh dunia yang mencapai 133.580 orang. Melalui pemangkasan itu Nissan dapat menurunkan kapasitas produksi global perusahaan hingga 20%.

    Di luar itu pemangkasan ini menjadi lebih penting untuk dilakukan Nissan guna mengurangi beban biaya sebesar US$ 2,6 miliar atau Rp 40,74 triliun (kurs Rp 15.672/dolar AS) pada tahun fiskal 2024 ini di tengah kemerosotan penjualan di China dan AS tersebut.

    Lebih lanjut, Nissan juga memangkas prospek laba tahunannya sebesar 70% menjadi 150 miliar yen atau US$ 975 juta (Rp 15,28 triliun). Ini merupakan kedua kalinya mereka menurunkan perkiraan tersebut tahun ini.

    Kondisi ini terjadi lantaran penjualan Nissan mengalami penurunan yang cukup drastis di Negeri Tirai Bambu imbas dominasi produsen mobil listrik BYD dan brand lokal lainnya di kawasan itu.

    Namun masalah yang lebih serius bagi Nissan mungkin terjadi di AS, di mana mereka tidak memiliki produk mobil hybrid yang mampu bersaing di pasar Negeri Paman Sam itu. Kondisi ini berbeda dengan rival perusahaan asal Jepang, Toyota yang berhasil menerima lonjakan permintaan mobil hybrid.

    “Nissan salah mengartikan permintaan mobil hybrid di Amerika Serikat. Kami tidak memperkirakan HEV (Hybrid Electric Vehicle) akan meningkat secepat ini,” kata CEO Makoto Uchida dalam konferensi pers.

    “Kami mulai memahami tren ini menjelang akhir tahun fiskal lalu,” jelasnya seraya menambahkan bagaimana perusahaan gagal dalam membuat beberapa perubahan pada model inti kendaraan hibrida miliknya sehingga tertinggal di pasar AS.

    (hns/hns)

  • AION Umumkan Harga Hyptec Pintu Gullwing di Indonesia: Rp 835 Juta!

    AION Umumkan Harga Hyptec Pintu Gullwing di Indonesia: Rp 835 Juta!

    Jakarta

    AION akhirnya mengumumkan harga mobil listrik Hyptec HT. Mobil itu dibanderol mulai Rp 685 juta dan versi pintu gullwing Rp 835 juta.

    AION Indonesia baru saja mengumumkan harga resmi dari Hyptec HT Premium dan Ultra. Sebelumnya, mobil tersebut sudah lebih dulu mejeng di ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2024.

    Harga Hyptec HT

    Kala itu AION Indonesia memang sudah membuka prebook untuk untuk tipe premium. Sementara model Hyptec HT Ultra yang memiliki pintu gullwing baru dipajang. Hyptec HT tipe Premium kini dibanderol Rp 685 juta sedangkan Hyptect HT Ultra dijual seharga Rp 835 juta.

    AION Hyptec HT Foto: Andhika Prasetia

    “Pada ajang GIIAS 2024 yang lalu harga khusus Hyptec HT mendapat respon sangat positif. Kini kami mengumumkan harga resminya yang tetap menarik. Kami meyakini harga ini akan menjadi salah satu faktor kesuksesan Hyptec HT di pasar EV Indonesia dan mampu menjadi yang terdepan di kelasnya,” ujar CEO AION Indonesia Andry Ciu dalam siaran pers yang diterima detikOto.

    Spesifikasi Hyptec HT

    Bicara spesifikasi, Hyptec HT dirancang untuk memenuhi ekspektasi konsumen yang menginginkan performa tinggi, efisiensi energi, serta kenyamanan yang tiada tara.
    Dibangun di atas platform AEP 3.0 yang dirancang khusus untuk kemudahan berkendara di perkotaan, SUV listrik ini memiliki radius putar 5,6 meter, sehingga mampu bermanuver tinggi di ruang terbatas. Fitur ASTC (Active Stability Traction Control) dan Koreksi Kemudi Aktif memastikan kendali yang stabil dan presisi, sehingga memberikan rasa aman saat berkendara.

    Bagi konsumen dengan mobilitas jarak tempuh yang tinggi, Hyptec HT dapat menjelajah hingga 620 km (NEDC) dalam satu kali pengisian daya secara penuh, sehingga sangat ideal untuk perjalanan sehari-hari maupun jarak jauh. Hyptec HT juga memiliki Teknologi Pemulihan Energi Tanpa Gangguan yang mampu meningkatkan efisiensi secara maksimal. Selain itu, fitur Pengisian Daya Cepat 800V memungkinkan pengisian kapasitas baterai dari 10-70% hanya dalam 15 menit atau setara dalam memiliki jarak tempuh 400 kilometer.

    Untuk menambah kenyamanan sepanjang perjalanan, Hyptec HT dilengkapi dengan ruang kepala dan kaki yang luas, lampu depan diamond-cut, pintu gull wing yang lebar, serta kabin kelas satu. Selain itu, ada juga 22 speaker Dolby Atmos, 32 pilihan pencahayaan ambient, atap panoramik, dan pilihan warna interior yang elegan.

    Memiliki fungsi V2L (Vehicle-to-Load) dengan daya 3,3 kW, membuat Hypec HT dapat memberikan kemudahan akses daya untuk kebutuhan di luar ruangan atau dalam keadaan darurat. Fitur ini sangat berguna bagi pengguna yang gemar beraktivitas di luar ruangan dan membutuhkan sumber daya listrik yang andal.

    Jika sebelumnya AION Indonesia memberikan Battery Lifetime Warranty hanya untuk 1000 pembeli pertama, kini seluruh pembeli Hyptec HT Premium maupun Ultra akan mendapatkan keuntungan tersebut. Selain itu para pembeli Hyptec HT juga akan mendapatkan garansi kendaraan selama 8 tahun atau 160.000 km dan gratis wall Charger 7 kW (termasuk instalasi) sebagai penawaran eksklusif untuk pemilik varian Premium ataupun Ultra.

    (dry/din)

  • Trump Menang Pilpres AS, Pemerintah Yakin Investor Asing Makin Lirik Indonesia

    Trump Menang Pilpres AS, Pemerintah Yakin Investor Asing Makin Lirik Indonesia

    Bisnis.com, JAKARTA — Pemerintah meyakini bahwa ke depan investor asing akan semakin melirik Indonesia usai calon presiden Amerika Serikat Donald Trump memenangkan ajang Pilpres 2024.

    Deputi Bidang Promosi Penanaman Modal Kementerian Investasi dan Hilirisasi/BKPM Nurul Ichwan menjelaskan, perang dagang antara Amerika Serikat (AS) dan China akan semakin terasa usai Trump kembali memimpin Negeri Paman Sam.

    Ketika pertama kali menjadi presiden AS pada 2017—2021, Trump sudah menaikkan tarif impor sejumlah komoditas strategis dari China yang kini akan semakin naik. Misalnya, tarif impor panel surya dan semikonduktor dari 25% (2018) menjadi 50% (2024) hingga tarif impor mobil listrik dari 25% (2018) menjadi 100% (2024

    Selama kampanye, sambung Ichwan, Trump juga kerap menyampaikan rencananya menetapkan blanket tariff sebesar 10—20% untuk semua barang impor ke AS dengan tambahan 60-100% tarif untuk barang asal China.

    Oleh sebab itu, dia meyakini perang dagang AS-China tersebut akan membuat investor asing melirik negara lain untuk menanamkan modalnya—terutama negara-negara-negara berkembang termasuk Indonesia.

    “Di tengah perang dagang AS-Tiongkok sejak 2019, Indonesia menerima relokasi dan diversifikasi investasi dari 58 perusahaan senilai US$14,7 miliar yang berasal dari AS, Eropa, dan Asia,” ungkap Ichwan kepada Bisnis, Sabtu (9/11/2024).

    Menurutnya, investor asing memang melirik negara-negara Asia Tenggara (Asean) sebagai alternatif dari China. Di Asean, menurutnya, investasi di sejumlah sektor penting seperti semikonduktor dan panel surya semakin meningkat pesat sejak perang dagang AS-China.

    Oleh sebab itu, Ichwan menegaskan pemerintah akan coba memanfaatkan perang dagang AS-China yang kemungkinan akan semakin terekskalasi akibat kemenangan Trump.

    Dia mengungkapkan, Presiden Prabowo Subianto sudah menekankan ingin meningkatkan daya saing dan iklim investasi di Indonesia terutama di sejumlah sektor prioritas seperti hilirisasi sumber daya alam, berbasis riset dan inovasi, investor berorientasi ekspor, serta sektor pendidikan dan kesehatan.

    “Tantangan geoekonomi global menuntut pelaku bisnis dan juga pemerintah untuk lebih adaptif serta memperkuat kerjasama internasional dengan prinsip diplomasi yang kita pegang, bebas dan aktif,” jelas Ichwan.

  • Tambah Lagi Produsen Rakit Bus Listrik di Indonesia, Gandeng Karoseri Lokal

    Tambah Lagi Produsen Rakit Bus Listrik di Indonesia, Gandeng Karoseri Lokal

    Jakarta

    Produsen bus berlomba-lomba melakukan perakitan dengan penggunaan komponen dalam negeri. SAG misalnya yang menggandeng karoseri lokal untuk mewujudkan hal itu.

    Pemerintah tengah gencar menggenjot percepatan kendaraan listrik di Tanah Air. Tak hanya mobil listrik yang dapat karpet merah berupa insentif PPN dari 11 persen jadi 1 persen, bus listrik juga bisa mendapat keistimewaan tersebut. Namun ada syarat yang harus dipenuhi para produsen kendaraan listrik untuk bisa mendapat insentif tersebut.

    Persyaratan itu dalam Peraturan Menteri Keuangan Nomor 8 Tahun 2024 tentang Pajak Pertambahan Nilai atas Penyerahan Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai Roda Empat Tertentu dan Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai Bus Tertentu yang Ditanggung Pemerintah Tahun Anggaran 2024.

    Pada pasal 3 ayat (1), mobil dan bus listrik tertentu yang berhak mendapatkan insentif PPN ini harus memenuhi kriteria nilai TKDN (tingkat komponen dalam negeri). Adapun kriteria nilai TKDN yang dimaksud sebagai berikut:

    a. KBL Berbasis Baterai Roda Empat Tertentu dengan nilai TKDN paling rendah 40% (empat puluh persen);

    b. KBL Berbasis Baterai Bus Tertentu dengan nilai TKDN paling rendah 40% (empat puluh persen); dan

    c. KBL Berbasis Baterai Bus Tertentu dengan nilai TKDN paling rendah 20% (dua puluh persen) sampai dengan kurang dari 40% (empat puluh persen).

    Guna memenuhi aturan tersebut, produsen bus berlomba-lomba untuk meningkatkan TKDN pada produknya. Salah satunya PT Sinar Armada Globalindo yang menggandeng karoseri lokal PT Piala Mas Industri (Piala Mas) guna merakit bus dengan penggunaan komponen lokal sesuai aturan.

    “SAG bangga mengumumkan kerja sama terbarunya dengan Piala Mas. Kemitraan yang kami lakukan ini memperkuat komitmen kami terhadap transportasi publik yang lebih rendah emisi sehingga berkontribusi terhadap transisi Indonesia menuju ekonomi yang lebih bersih,” ungkap Direktur Komersial dan Pengembangan Bisnis SAG Andre Jodjana dalam siaran pers yang diterima detikOto.

    SAG gandeng Piala Mas tingkatkan TKDN bus listriknya. Foto: Dok. SAG

    Selain peningkatan penggunaan komponen lokal, kemitraan ini juga diharapkan bisa terjadi transfer teknologi antara kedua belah pihak. Dengan begitu, kualitas komponen buatan lokal bisa meningkat dan dapat bersaing di pasar internasional.

    Di sisi lain, Kementerian Perhubungan Republik Indonesia telah meluncurkan Dokumen Peta Jalan Implementasi E-Mobility untuk program transportasi massal berbasis bus rapid transit (BRT) yang bertujuan untuk mencapai target 90 persen elektrifikasi armada transportasi publik perkotaan pada tahun 2030. Atau setara dengan lebih dari 45.000 unit bus listrik di 42 kota, dan target 100 persen pada 2040. Inisiatif ini bertujuan untuk mengurangi emisi Gas Rumah Kaca (GRK) dari sektor transportasi darat.

    SAG juga meyakini bahwa dengan penerapan TKDN terhadap bus listrik yang akan diproduksinya dapat meningkatkan penyerapan tenaga kerja dan kembali menghidupkan industri-industri kecil dalam negeri. Dengan demikian, perekonomian nasional bisa terus bergerak dan tumbuh secara berkelanjutan.

    Di industri bus dalam negeri, SAG pada tahun 2019 telah meluncurkan bus Low Deck 12M ke Indonesia. Bus tersebut telah beroperasi pada tahun 2023. SAG rencananya akan mengoperasikan bus High Deck 12M yang akan beroperasi sebagai armada TransJakarta mulai Desember 2024.

    (dry/din)

  • China Resmi Nyatakan ‘Perang’ ke Eropa, Seret Brussels ke Pengadilan

    China Resmi Nyatakan ‘Perang’ ke Eropa, Seret Brussels ke Pengadilan

    Jakarta, CNBC Indonesia – China secara resmi menyatakan gugatan perdagangan terhadap Uni Eropa (UE) di Pengadilan Sengketa Organisasi Perdagangan Dunia (WTO). Hal ini terkait kebijakan UE yang menerapkan tarif atas mobil listrik (EV) buatan Negeri Tirai Bambu di Benua Biru.

    Dalam pernyataan resmi, Kementerian Perdagangan China mengaku menyesal dengan adanya manuver tarif ini. Mereka menyebut langkah ini tidak memiliki dasar faktual dan hukum, melanggar peraturan WTO, merupakan penyalahgunaan langkah-langkah pemulihan perdagangan, serta merupakan proteksionisme perdagangan.

    “Untuk menjaga kepentingan pengembangan industri kendaraan listrik dan kerja sama transformasi ramah lingkungan global, China telah memutuskan untuk mengajukan gugatan terhadap tindakan akhir anti-subsidi UE,” tulis pernyataan tersebut dalam situs resmi Kementerian Perdagangan China.

    “Kami mendesak pihak Eropa untuk mengakui kesalahannya, segera memperbaiki praktik ilegalnya, dan bersama-sama menjaga stabilitas rantai industri kendaraan listrik global dan rantai pasokan serta situasi keseluruhan kerja sama ekonomi dan perdagangan China-UE,” dikutip Sabtu (0/11/2024).

    Langkah ini sendiri diambil China setelah UE berencana menerapkan tarif bagi EV buatan China hingga 35,3%. Brussels mengatakan, langkah itu bertujuan untuk melindungi produsen mobil Eropa dalam industri penting yang menyediakan lapangan kerja bagi sekitar 14 juta orang di seluruh Benua Biru.

    Selain EV, Ketegangan perdagangan China dan UE juga melanda sektor panel surya dan turbin angin. Brussels juga melancarkan penyelidikan atas dua benda tersebut, yang dianggap mengancam industri Eropa.

    Atas situasi ini, Beijing menerapkan tindakan anti dumping sementara’ terhadap produk alkohol brendi asal UE. Dalam implementasinya, Otoritas China disebut akan menerapkan tarif ‘jaminan yang sesuai’ kepada para importir alkohol tersebut.

    Dikatakan jumlahnya akan didasarkan pada perhitungan yang melibatkan harga yang disetujui oleh bea cukai, serta pajak impor. Namun sejumlah info telah menyebutkan tarif yang diharapkan dibayarkan setiap perusahaan, mulai dari 30,6% untuk cognac Martell, hingga 39% untuk Hennessy, dan 38,1% untuk Remy Martin.

    (dce)

  • Wuling Jadi Pilihan Masyarakat yang Kian Melek Teknologi Ramah Lingkungan

    Wuling Jadi Pilihan Masyarakat yang Kian Melek Teknologi Ramah Lingkungan

    JABAR EKSPRES – Antusiasme masyarakat Bandung terhadap mobil listrik menunjukkan lonjakan signifikan, menandakan pergeseran selera pasar otomotif di kota yang kerap menjadi pusat tren gaya hidup ini.

    Wuling Arista Bandung Suci mencatat penjualan mobil listrik sebesar 240 unit selama Januari-September 2024, angka yang mencerminkan minat masyarakat yang semakin sadar akan teknologi ramah lingkungan dan hemat biaya.

    Menurut Branch Manager Wuling Arista Bandung Suci, R. Reza Ramadhan, perubahan pola pikir masyarakat Bandung terlihat jelas. Mereka kini lebih peka terhadap kendaraan listrik yang tidak hanya efisien, tetapi juga mendukung gaya hidup ramah lingkungan.

    “Kami melihat tren positif di mana masyarakat tidak hanya mencari kendaraan fungsional, tetapi juga mempertimbangkan aspek keberlanjutan. Ini menjadikan Wuling sebagai alternatif utama bagi mereka yang ingin beralih dari mobil konvensional,” ungkap Reza saat ditemui Jabar Ekspres di Dealer Arista Bandung Suci, Jum’at (7/11/2024).

    Momentum Pemilihan Presiden yang baru-baru ini berlalu juga, disebut Reza turut berkontribusi dalam meningkatkan kepercayaan konsumen.

    “Stabilitas pascapemilihan membuat masyarakat kembali percaya diri dalam membuat keputusan besar, termasuk membeli mobil listrik yang semakin diminati,” tambahnya.

    Promo Spesial untuk Menggaet Berbagai Segmen Masyarakat

    Untuk semakin menarik minat berbagai segmen, Wuling memperluas program promosi mereka, termasuk untuk pelanggan korporasi, Pegawai Negeri Sipil (PNS), hingga Badan Usaha Milik Negara (BUMN). Program khusus ini diproyeksikan akan meningkatkan penjualan hingga 5 persen pada akhir tahun, terlebih dengan adanya paket subsidi tambahan bagi pelanggan setia Wuling.

    Reza menjelaskan bahwa perusahaan juga menyediakan berbagai promo akhir tahun yang kompetitif agar mobil listrik Wuling bisa diakses lebih banyak kalangan. Dengan harga yang lebih terjangkau, efisiensi biaya, serta berbagai subsidi dari pemerintah, mobil listrik diharapkan menjadi pilihan utama masyarakat Bandung yang ingin beralih ke kendaraan yang lebih ramah lingkungan.

    Mendukung Ekosistem Kendaraan Listrik Lokal

    Sebagai salah satu produsen mobil listrik pertama yang diproduksi di Indonesia, Wuling juga mendapatkan dukungan penuh dari pemerintah. Reza menyebutkan bahwa tingginya kandungan lokal pada kendaraan mereka membuat Wuling memenuhi syarat untuk mendapatkan subsidi pemerintah.

  • Alasan Sebenarnya Elon Musk Dukung Donald Trump Mati-matian Terungkap

    Alasan Sebenarnya Elon Musk Dukung Donald Trump Mati-matian Terungkap

    Jakarta, CNBC Indonesia – Elon Musk menjadi sorotan setelah Donald Trump memenangkan Pemilu AS. Orang terkaya di dunia tersebut terang-terangan mendukung Trump, bahkan sampai menggelontorkan uang lebih dari US$100 juta melalui komite politik America PAC yang ia bentuk untuk memenangkan kandidat dari Partai Republik.

    Beberapa politikus Republik memberikan kredit ke Musk atas kemenangan Trump melawan Kamala Harris dari Partai Demokrat. Trump sendiri memuja-muji Musk dalam pidato kemenangannya. Ia menyebut Musk sebagai “bintang baru” yang harus dijaga sebagai aset negara.

    Dikutip dari Inc, Jumat (8/11/2024), Musk sudah meminta imbalan dari Trump untuk kepentingan bisnisnya yang bergerak di berbagai sektor, mulai dari mobil listrik dan robot (Tesla), roket dan satelit (SpaceX), hingga media sosial (X).

    Permintaan khusus itu dilayangkan sebelum Trump dinyatakan menang dalam Pemilu AS, menurut laporan New York Times.

    “Musk meminta Trump merekrut beberapa karyawan SpaceX untuk posisi krusial di pemerintahan, termasuk di Departemen Kehakiman AS (DOJ), jika menang Pemilu AS,” tertera dalam laporan tersebut.

    Sebagai informasi, SpaceX memiliki kepentingan besar dengan pemerintah AS terkait kontrak untuk peluncuran roket satelit di luar angkasa dan lisensi menggelar internet berbasis satelit Starlink di area pinggiran AS.

    Namun, belakangan beberapa kontrak SpaceX dengan pemerintah yang bernilai miliaran dolar AS terancam.

    Salah satunya kontrak senilai US$4,4 miliar di bawah misi NASA ke Bulan yang disebut menghabis-habiskan anggaran. Selain itu, ada juga kontroversi permintaan subsidi hampir US$900 juta yang ditolak oleh Komisi Komunikasi Federal (FCC) untuk menyediakan akses internet satelit ke komunitas pedesaan AS.

    Menempatkan dua karyawan top SpaceX pada posisi strategis di DOJ diharapkan dapat memuluskan kepentingan Musk terhadap kontrak dan pendanaan dari pemerintah.

    Selain SpaceX, Tesla juga menerima keuntungan miliaran dolar AS setiap tahun dari kredit karbon dan keringanan pajak pembeli mobil listrik. Untuk menjaga hal ini, atau bahkan mungkin memperluas manfaatnya, Musk ingin menempatkan orang-orang dekatnya di pemerintahan Trump.

    “Memiliki teman baik di Gedung Putih akan jadi hal yang sangat menguntungkan Tesla dan SpaceX,” kata Scott Amey, General Counsel di pengawas kontrak federal Project on Government Oversight, kepada New York Times.

    “Kita patut khawatir dengan keputusan-keputusan yang tidak menguntungkan pembayar pajak, ketika ada hubungan dekat antara pemerintah dan pebisnis,” ia menuturkan.

    Pertanyaannya, apakah Trump bersedia membayar utang budi ke Musk sebesar itu? Melihat rekam jejaknya, sepertinya bukan hal yang tak mungkin.

    Sejak kalah pada Pemilu 2020, Trump beberapa kali menyerang kebijakan pemerintahan Biden terkait pendanaan dan promosi teknologi energi hijau.

    Sebagai bagian dari itu, Trump berjanji akan memangkas keringanan pajak US$7.500 untuk pembeli mobil listrik, yang tentunya menjadi mimpi buruk bagi Tesla. Namun, ketika Musk mendeklarasikan dukungan penuhnya bahkan lewat cara propaganda di media sosial X, Trump tampak melunak.

    “Saya mendukung mobil listrik,” kata Trump pada Agustus lalu, sebulan setelah Musk menyatakan dukungannya.

    “Saya harus [mendukung mobil listrik] karena Elon mendukung saya sepenuhnya,” ia menuturkan.

    Pada bulan lalu dalam kampanye Trump di Madison Square Garden, Musk juga menegaskan kembali kebersediaannya untuk mengepalai ‘Departemen Efisiensi Pemerintah’ yang direncanakan Trump.

    Organisasi itu memiliki misi untuk mengidentifikasi dan memangkas pengeluaran di lembaga pemerintah.

    Musk mengatakan rencananya saat mengepalai organisasi itu. Ia ingin memangkas setidaknya US$2 triliun dari total anggaran fiskal 2024 sebesar US$6,75 triliun.

    Beberapa pakar mengatakan intensi sebenarnya Musk untuk mendapat posisi itu adalah memeras dan mereduksi kekuasaan lembaga-lembaga federal.

    Namun, jika nantinya bukan Musk yang mendapatkan posisi di pemerintahan, melainkan ‘orang dekatnya’, maka sosok miliarder itu tak perlu pusing bertentangan dengan banyak pihak. Namun, ia bisa tetap meraup keuntungan untuk bisnisnya.

    (fab/fab)

  • Lebih dari 10.000 Unit Mobil Listrik BYD Terjual di Indonesia

    Lebih dari 10.000 Unit Mobil Listrik BYD Terjual di Indonesia

    Jakarta

    Penjualan mobil listrik BYD di Indonesia mencatatkan angka yang positif. Memulai perniagaan di Tanah Air sejak Januari 2024, BYD mengklaim telah berhasil menjual sekitar 10.000 unit mobil listrik di Indonesia. BYD memiliki empat model mobil listrik yang jadi andalan, yakni Seal, Atto 3, Dolphin, dan yang terbaru M6.

    “Selama empat bulan berturut-turut, kami menjadi EV key player di Indonesia, dan per November kami kalkulasikan penjualan BYD telah lebih dari 10.000 unit di Indonesia,” ungkap Head of Public Relations and Government Relations PT BYD Motor Indonesia, Luther Pandjaitan, di Jakarta, Kamis (7/11/2024).

    BYD M6 Superior Foto: Ryan Priatna

    Sementara itu, jika mengutip data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia atau Gaikindo, hingga bulan September 2024, BYD telah memasarkan sebanyak 8.536 kendaraan listrik. Data tersebut merupakan data penjualan wholesales atau distribusi dari pabrik ke dealer-dealer.

    Adapun rincian penjualan wholesales BYD Januari-September 2024, model Seal Premium Extended Range terjual 2.164 unit, Seal Performance 1.567 unit. Kemudian model Atto 3 Advanced Standard Range laku 59 unit dan Atto 3 Superior Extended Range terjual 2.698 unit.

    Lanjut ke model berikutnya, Dolphin Dynamic Standard Range laku 119 unit, Dolphin Premium Standard Range 741 unit. Sementara itu MPV listrik terbaru mereka, M6, dibeli sebanyak 768 unit untuk varian Superior Captain, 298 unit untuk varian M6 Superior, dan 122 unit untuk versi M6 Standard.

    Menyusul pertumbuhan penjualan yang signifikan di tahun pertama, BYD akan terus mengembangkan jaringan dealer-nya. Saat ini BYD sudah memiliki 30 outlet di 16 kota di Indonesia. BYD memiliki target membangun 50 jaringan dealer hingga akhir tahun 2024.

    BYD juga menjadi salah satu peserta yang hadir di pameran otomotif akhir tahun, Gaikindo Jakarta Auto Week (GJAW) di ICE-BSD City, Tangerang, yang diselenggarakan pada 22 November hingga 1 Desember.

    (lua/dry)

  • VinFast Dorong Akses Kendaraan Listrik Terjangkau bagi Konsumen Indonesia

    VinFast Dorong Akses Kendaraan Listrik Terjangkau bagi Konsumen Indonesia

    Jakarta

    VinFast, produsen otomotif dari Vietnam, tengah mengguncang pasar global dengan berbagai inovasi di industri kendaraan listrik. Dengan ambisi besar dan visi yang kuat untuk masa depan mobilitas berkelanjutan, VinFast telah menempatkan dirinya sebagai pemain penting dalam transisi menuju kendaraan ramah lingkungan. Kehadiran VinFast di Indonesia, sebuah negara yang semakin gencar mendukung penggunaan kendaraan listrik, memberikan alternatif yang menarik bagi konsumen lokal yang mencari pilihan kendaraan listrik ekonomis, efisien, dan berkelanjutan.

    Ekspansi Global VinFast dan Dampaknya bagi Indonesia

    VinFast tidak hanya fokus pada pasar domestik Vietnam; perusahaan ini telah mengambil langkah berani untuk bersaing di pasar internasional. Dengan memasuki pasar-pasar baru seperti Indonesia, VinFast memberikan dorongan tambahan bagi ekosistem kendaraan listrik di negara yang populasinya sangat besar.

    Di Indonesia, pemerintah telah memperlihatkan komitmennya terhadap kendaraan ramah lingkungan melalui berbagai kebijakan, subsidi, dan peningkatan infrastruktur pengisian daya listrik di kota-kota besar. Kehadiran VinFast yang membawa produk inovatif dan terjangkau ini mendukung agenda besar Indonesia dalam mencapai netralitas karbon dan meminimalkan emisi gas rumah kaca.

    VinFast dan Komitmen terhadap Lingkungan

    Di tengah meningkatnya kesadaran global akan pentingnya menjaga lingkungan, VinFast tidak hanya menjual produk, tetapi juga membawa misi besar untuk mengurangi dampak lingkungan. Komitmen ini diwujudkan melalui berbagai inovasi yang berfokus pada efisiensi produksi dan penggunaan material ramah lingkungan.

    VinFast secara aktif meminimalisir jejak karbon dalam setiap tahap produksi mobil mereka, termasuk penggunaan bahan daur ulang dan penerapan teknologi produksi yang lebih efisien. Langkah ini sejalan dengan visi global untuk menciptakan lingkungan yang lebih bersih dan masa depan yang lebih sehat bagi generasi mendatang.

    Pilihan Kendaraan Listrik yang Terjangkau dan Canggih

    VinFast memahami bahwa salah satu kendala utama dalam adopsi kendaraan listrik di banyak negara, termasuk Indonesia, adalah harga yang masih relatif tinggi. Oleh karena itu, VinFast merancang model kendaraan listrik yang terjangkau namun tetap menawarkan fitur-fitur unggulan.

    Dengan desain modern, performa tangguh, serta teknologi terkini yang disematkan, kendaraan listrik VinFast menjadi pilihan menarik bagi konsumen yang mendambakan mobil listrik dengan harga kompetitif tanpa harus mengorbankan kualitas. Pilihan ini memperluas aksesibilitas mobil listrik bagi berbagai kalangan masyarakat Indonesia.

    Menuju Masa Depan yang Ramah Lingkungan

    VinFast tidak hanya melihat kendaraan listrik sebagai tren sesaat, tetapi sebagai langkah nyata menuju masa depan yang lebih hijau. Dengan pendekatan bisnis yang inovatif dan fokus pada keberlanjutan, VinFast berkomitmen menjadi agen perubahan dalam industri otomotif global.

    Bagi VinFast, setiap produk yang mereka hasilkan adalah bagian dari langkah besar menuju dunia yang lebih ramah lingkungan. Komitmen terhadap masa depan ini diharapkan mampu menginspirasi pemain industri lainnya untuk juga memberikan perhatian lebih pada aspek keberlanjutan.

    Peran VinFast dalam Mendorong Revolusi Kendaraan Listrik di Indonesia

    Sebagai pionir kendaraan listrik yang menghadirkan berbagai inovasi, VinFast berperan penting dalam mendorong perubahan di sektor otomotif Indonesia. Dengan menawarkan kendaraan yang terjangkau dan ramah lingkungan, VinFast memberikan kontribusi nyata bagi masyarakat yang ingin beralih ke mobil listrik namun terhalang oleh keterbatasan biaya dan infrastruktur. Revolusi ini bukan hanya tentang teknologi, tetapi tentang kesadaran kolektif akan pentingnya menjaga bumi yang kita tinggali.

    Di masa depan, VinFast berencana untuk terus berinovasi dan memperkuat posisinya sebagai pelopor kendaraan listrik. Inovasi yang mereka tawarkan tidak hanya menciptakan pilihan baru bagi konsumen, tetapi juga mengajak kita semua untuk berpartisipasi dalam menciptakan perubahan menuju dunia yang lebih bersih dan lebih berkelanjutan.

    (anl/ega)

  • Penjualan Mobil Listrik Melambat, Hyundai Perbanyak Mobil Hybrid di Indonesia

    Penjualan Mobil Listrik Melambat, Hyundai Perbanyak Mobil Hybrid di Indonesia

    Jakarta

    Hyundai akan memperbanyak line up mobil hybrid di Indonesia. Secara global permintaan mobil listrik sekarang tengah melambat.

    Diberitakan detikcom sebelumnya, Hyundai juga menargetkan adanya peningkatan penjualan mobil hybird hingga 40 persen menjadi 1,33 juta unit pada tahun 2028. Langkah itu diambil di tengah melambatnya permintaan akan mobil listrik di seluruh dunia.

    “Belakangan ini, konversi ke kendaraan listrik tengah melambat sementara itu, permintaan akan mobil hybrid meningkat. Mobil hybrid menjadi opsi alternatif ketimbang mesin pembakaran internal,” kata Presiden dan CEO Hyundai Motor Jaehoo Chang dalam Investor Day sebagaimana dilansir Reuters.

    PT Hyundai Motor Indonesia (HMID) juga mengatakan sejalan dengan langkah prinsipal. Indonesia bakal dibanjiri mobil hybrid dari Hyundai. Sebagai langkah awal langsung memasarkan Hyundai Santa Fe.

    “Kita akan lebih banyak memperkenalkan banyak model di Indonesia,” kata Fransiscus Soerjopranoto selaku Chief Operating Officer (COO) PT HMID

    “Kita akan masuk ke model hybrid, seperti yang sudah disampaikan oleh CEO kita di investor day. Kita akan banyak fokus di mobil hybrid, selain mobil listrik,” jelasnya lagi.

    Hyundai menyebut permintaan mobil listrik mereknya masih diterima pasar Indonesia.

    “Secara persentase-nya mobil listrik tetap, kalau dulu Ioniq 5 hanya 500 jualannya, sekarang Kona tambah Ioniq 5 kira-kira 500, jadi ada kanibalisme, tapi itu tidak apa-apa. Untuk Hyundai tetap jalan, karena market-nya berubah. Kompetisinya berubah,” kata Frans.

    Hyundai berencana menggandakan jajaran produk mobil hybrid menjadi 14 model guna mengantisipasi lonjakan permintaan, khususnya di Amerika Utara. Meski begitu, Hyundai belum membocorkan waktu peluncuran dari deretan mobil hybridnya itu. Lewat cara ini, Hyundai akan sejalan dengan para rival seperti Toyota dan Ford.

    Tapi Hyundai akan mengambil cara yang berbeda dari rival-rivalnya di pasar global. Kabarnya Hyundai akan berekspansi ke segmen hybrid yang relatif baru. Segmen tersebut disebut dengan extended-range electric vehicle (EREV). Segmen hybrid ini tengah digandrungi di China namun belum populer secara global.

    EREV menggunakan baterai besar daripada model plug-in hybrid dan hanya bisa berjalan pada mode electric. Sementara itu mesin bensin berperan sebagai powerbank untuk mengecas saat baterai lemah.

    (riar/din)