Transportasi: mobil listrik

  • Tanpa Rilis Produk Baru, Beli Mobil Honda di GJAW Bisa Cicilan Mulai Rp 2 Juta

    Tanpa Rilis Produk Baru, Beli Mobil Honda di GJAW Bisa Cicilan Mulai Rp 2 Juta

    Jakarta

    PT Honda Prospect Motor (HPM) tidak merilis produk baru dalam gelaran Gaikindo Jakarta Auto Week (GJAW) 2024. Honda memberikan sejumlah program penjualan.

    “Kami menghadirkan 10 unit mobil Honda yang sudah menemani perjalanan konsumen kami,” Hendra Kustiawan, Director Honda Jakarta Center di GJAW, ICE BSD, Tangerang, Jumat (22/11/2024).

    Honda juga menawarkan berbagai program penjualan dan purna jual menarik yang memudahkan calon konsumen untuk memiliki mobil Honda.

    Program-program tersebut antara lain DP ringan mulai dari 10 persen, bunga nol persen, cicilan mulai dari Rp 2 juta, tenor hingga 7 tahun, program trade-in, voucher servis dan suku cadang gratis, grand prize perjalanan ke Vietnam, serta lucky dip dengan total hadiah hingga ratusan juta rupiah.

    Nah, khusus cicilan Rp 2 juta itu hanya diberikan kepada calon pembeli Honda Brio.

    “Itu sebenarnya untuk Brio, mulai dari Rp 2 juta,” ujar Hendra.

    Booth Honda yang berada di Hall 5, booth 5D, memiliki luas 760 m² dan dirancang dengan nuansa khas Honda yang advanced dan sporty.

    Dari 10 mobil tersebut, terdapat dua mobil Honda yang dipajang kendati belum resmi dipasarkan di Indonesia, yakni Honda Step WGN e:HEV dan Honda e:N1.

    Honda STEP WGN, merupakan Premium MPV yang telah mendapatkan respons sangat positif dari konsumen selama GIIAS. Mobil ini ditampilkan kembali pada ajang GJAW 2024 untuk memberikan pengalaman baru bagi pengunjung yang belum sempat melihatnya secara langsung.

    Sementara itu Honda e:N1 merupakan mobil listrik pertama Honda di Indonesia, yang sebelumnya meraih penghargaan sebagai “Favorite Exhibit Car” pada GIIAS 2024. Kehadirannya kembali di ajang GJAW 2024.

    “Kehadirannya di GJAW 2024 kali ini akan memberi kesempatan bagi bapak dan ibu untuk melihat secara langsung inovasi Honda yang menjadi sorotan sebelum resmi diluncurkan tahun depan,” kata Hendra.

    (riar/lth)

  • Keren! Indonesia Pasok Bahan Produksi Baterai Mobil Listrik ke Tesla – Page 3

    Keren! Indonesia Pasok Bahan Produksi Baterai Mobil Listrik ke Tesla – Page 3

    Liputan6.com, Jakarta Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Bahlil Lahadalia memastikan program hilirisasi nikel Indonesia berada di jalur yang tepat. Salah satu indikator keberhasilannya adalah ekosistem produksi baterai kendaraan listrik yang mulai terbentuk.

    “Hilirisasi nikel sudah berada pada rel yang benar,” ujar Bahlil dalam acara Minerba Expo 2024 di Balai Kartini, Jakarta, Senin (25/11/2024).

    Ekspor Prekursor untuk Tesla

    Indonesia kini telah mencapai tahap di mana material prekursor untuk baterai kendaraan listrik dapat diekspor ke produsen global, termasuk Tesla. Prekursor adalah bahan baku utama baterai yang digunakan untuk membuat katode.

    “Bulan ini, prekursor baterai buatan Indonesia sudah diekspor ke Amerika untuk produk Tesla,” tegas Bahlil.

    Selain ekspor prekursor, Indonesia juga memiliki fasilitas produksi baterai listrik dengan kapasitas 10 gigawatt di Karawang, Jawa Barat. Fasilitas ini dikelola oleh PT Indonesia Battery Corporation (IBC), yang menjadi tulang punggung pembangunan ekosistem baterai di Tanah Air.

    “Sekarang kita sudah punya ekosistem baterai mobil listrik. Kapasitasnya mencapai 10 gigawatt di Karawang,” jelasnya.

    Fokus pada Hilirisasi Produk Jadi

    Di bawah pemerintahan Presiden Prabowo Subianto, Indonesia terus mendorong hilirisasi mineral, khususnya nikel, untuk menghasilkan produk jadi. Upaya ini bertujuan meningkatkan nilai tambah dan memperluas dampak ekonomi dari sektor pertambangan.

    “Kita tidak hanya menciptakan nilai tambah, tapi juga mendorong hilirisasi hingga ke produk barang jadi,” tambah Bahlil.

     

  • Bermain di Segmen Premium dan Lahirkan MPV Listrik

    Bermain di Segmen Premium dan Lahirkan MPV Listrik

    Jakarta

    Produsen mobil premium asal China Maxus akhirnya memulai perjalanan di Indonesia. Tidak tanggung-tanggung Maxus langsung memperkenalkan dua Multi Purpose Vehicle (MPV) listrik, yakni Mifa 7 yang dihargai Rp 788 juta dan Mifa 9 Rp 1.088.000.000, pada Gaikindo Jakarta Auto Week (GJAW) 2024.

    Langkah Maxus di Indonesia bisa dikatakan cukup berani mengingat meski market MPV merupakan market terbesar di Indonesia, namun bermain disegmen premium yang notabene memiliki market kecil perlu diacungi jempol.

    Tentu Maxus hadir di tanah air bukan tanpa strategi, menurut Overseas Regional Manager SAIC MAXUS AUTOMOTIVE CO., LTD, Zhang Wei, pada Gaikindo Jakarta Auto Week (GJAW) 2024, menjelaskan SAIC bersama PT Indomobil Energi baru menyadari langkah dan mengetahui apa yang menjadi tujuan Maxus di Indonesia.

    “Kami langsung memperkenalkan 2 model sekaligus di Indonesia, dan itu yang menjadikan kami lebih lama untuk bisa memperkenalkannya, padahal kami sudah memperkenalkan Mifa 9 di GIIAS 2023. Maxus bersama indomobil group kini lebih siap untuk memperkenalkan dua model secara langsung. Kami memperkenalkan 2 produk ini dengan harga yang cocok untuk konsumen kami,” ucap Zhang Wei.

    “saat ini kami melakukan secara CBU, dan saat ini langkah ini kami nilai menjadi langkah yang tepat, kami percaya memperkenalkan produk yang tepat, yaitu MPV listrik premium pertama di dunia. Jadi harga yang kami tawarkan sangat murah dibandingkan dengan fitur yang kami tawarkan terutama tentang sisi ekonomi, fitur-fitur dan kenyamanan yang kami tawarkan,” Zhang Wei menambahkan.

    Pameran otomotif Gaikindo Jakarta Auto Week (GJAW) 2024 di ICE BSD City, Tangerang, Banten, diikuti model dan merk baru yang masuk Indonesia, salah satunya Maxus. Pada hari pertama GJAW 2024, produsen mobil listrik asal Tiongkok yang diboyong Indomobil Group sebagai Agen Tunggal Pemegang Merek (ATPM) tersebut resmi meluncurkan dua MPV listrik andalannya Mifa 7 dan Mifa 9. Foto: Rifkianto Nugroho

    Zhang menambahkan Maxus sangat menyadari bermain pada segmen premium tidaklah mudah, berbagai strategi perlu diterapkan.

    “Kami menargetkan market premium, kami tahu pasar ini tidak besar. Kami tidak mempermasalahkan volume kecil karena bermain di segmen premium, karena memang kami melihat demikianlah produk kami. tapi ini menjadi langkah awal kami,” ujar Zhang Wei.

    “Partner kami (indomobil group) melakukan riset, dan ini hasilnya kami memperkenalkan kendaraan penumpang premium. Dan di masa mendatang kami belum bisa membicarakannnya sekarang, nanti akan kami beritahukan produk apa saja yang sudah kami persiapkan di Indonesia,” kata Zhang Wei sambil tersenyum.

    Zhang Wei pun menuturkan strategi apa saja yang akan dilakukan Maxus di Indonesia.

    “Strategi kami, Pertama-pertama, kedua model ini memiliki segmen yang berbeda. Satu model MPV luxury dengan dimensi yang lebih besar, satu model luxury tapi kami memiliki model yang berbeda. Kami bisa mengatakan kami menjadi yang pertama memperkenalkan Luxury MPV EV dan kami mulai mengirimkan produk kami pada Desember 2024. Dan untuk Mifa 7, ini produk yang menarik, karena harga yang kami tawarkan bisa dikatakan murah. Berdasarkan riset kami, banyak konsumen yang menginginkan kendaraan listrik keluarga yang memiliki dimensi besar,” kata Zhang.

    Pameran otomotif Gaikindo Jakarta Auto Week (GJAW) 2024 di ICE BSD City, Tangerang, Banten, diikuti model dan merk baru yang masuk Indonesia, salah satunya Maxus. Pada hari pertama GJAW 2024, produsen mobil listrik asal Tiongkok yang diboyong Indomobil Group sebagai Agen Tunggal Pemegang Merek (ATPM) tersebut resmi meluncurkan dua MPV listrik andalannya Mifa 7 dan Mifa 9. Foto: Rifkianto Nugroho

    “Selain itu mobil listrik memiliki sisi ekonomis yang tinggi, memiliki pajak murah, dan tidak perlu perawatan yang rumit, dan ramah lingkungan. Dan kami juga bisa memberikan pengalaman dan kenyamanan MPV listrik sesungguhnya, konsumen akan mendapatkan banyak keuntungan dengan memilih kendaraan kami,” Zhang Wei menuturkan.

    Dalam kesempatan yang sama Chief Operating Officer PT Indomobil Energi Baru, Yudhy Tan menambahkan target pertama

    “Untuk pertama target kami adalah memberikan pelayanan terbaik kepada konsumen. Memberikan yang terbaik, apa yang mereka butuhkan. Kami akan memberikan diler terbaik, service center, dan semua yang terbaik untuk konsumen. Sehingga bisa membuat konsumen happy memiliki kendaraan kami,” tutup Yudhy.

    (lth/rgr)

  • Kia EV3, SUV Baru dari KIA yang Siap Diluncurkan di Indonesia Tahun Depan

    Kia EV3, SUV Baru dari KIA yang Siap Diluncurkan di Indonesia Tahun Depan

    GELORA.CO – SIAP dipasarkan di Indonesia tahun depan, Kia EV3 menjadi salah satu kendaraan listrik yang diharapkan mampu mendukung transisi energi berkelanjutan di Tanah Air.

    Tahun ini KIA telah meluncurkan segmen mobil listrik SUV dengan memperkenalkan EV3, yang mengusung inovasi terbaru dalam teknologi ramah lingkungan dan efisiensi energi.

    Walaupun mobil ini merupakan berbasis SUV namun, desain eksterior mobil tersebut memadukan kesan sport dan futuristis.

    Mobil ini menggunakan platform E-GMP yang juga digunakan oleh Hyundai Motor Group.

    Varian EV3 Standard hadir dengan baterai berkapasitas 58,3 kWh, sementara EV3 Long Range memiliki baterai yang lebih besar, yaitu 81,4 kWh.

    Keduanya dilengkapi dengan motor listrik berdaya 150 kW yang menghasilkan torsi sebesar 283 Nm.

    EV3 hadir dalam dua pilihan varian, yaitu Standard dan Long Range. Varian Standard memiliki baterai berkapasitas 58,3 kWh yang diklaim dapat menempuh jarak hingga 450.

    Sementara itu, varian Long Range dilengkapi dengan baterai 81,4 kWh, diklaim memungkinkan jangkauan hingga 600 km.

    Dengan tenaga tersebut memungkinkan akselerasi 0-100km per jam dengan waktu 7,5 detik serta memiliki kecepatan maksimum 170 km per jam.

    Untuk pengisian baterai, Kia mengklaim mobil ini hanya membutuhkan waktu sekitar 31 menit untuk mengisi baterai dari 10-80 persen.

    Interior dalam mobil ini dirancang dengan gaya minimalis dan modern, menggunakan material berkualitas tinggi yang menciptakan kesan mewah sehingga pengemudi akan merasakan suasana yang nyaman dan luas.

    Di Indonesia sendiri, mobil ini baru akan dipasarkan tahun depan karena saat ini masih dalam tahap persiapan dan penyesuaian untuk memenuhi regulasi serta kebutuhan pasar lokal.

    Untuk harga kia EV3 ini diperkirakan akan dibandrol dengan harga 20,000usd atau 500 juta rupiah . []

  • Mudahnya Pasang Charging Mobil Listrik di Rumah, Bisa Lewat Aplikasi

    Mudahnya Pasang Charging Mobil Listrik di Rumah, Bisa Lewat Aplikasi

    Jakarta

    Dalam upaya mempercepat pengembangan ekosistem kendaraan listrik di Indonesia, PLN memperkenalkan konsep baru fitur Home Charging Services yang lebih inovatif dan efisien lewat aplikasi PLN Mobile. Bersama PT BYD Motor Indonesia, salah satu pemain utama dalam industri kendaraan listrik di Indonesia, secara eksklusif sosialisasi ini diluncurkan di booth BYD di Gaikindo Jakarta Auto Week (GJAW) 2024, di Hall 6, ICE-BSD.

    Peluncuran fitur baru ini menjadi bagian upaya strategis PLN untuk mendorong literasi masyarakat terkait infrastruktur kendaraan listrik dan mempercepat adopsi kendaraan listrik di Indonesia. Dengan pembaruan ini, PLN tidak hanya memberikan solusi praktis bagi pelanggan, tetapi juga memperkenalkan transformasi digital yang mendukung kemajuan ekosistem kendaraan listrik di tanah air.

    Seluruh proses layanan Home Charging, mulai dari pengajuan hingga pemasangan, kini dapat dilakukan melalui aplikasi PLN Mobile. PLN memperkenalkan empat keunggulan utama melalui fitur baru dalam aplikasi PLN Mobile yang dirancang mempermudah layanan Home Charging bagi pelanggan.

    Pertama, proses pengajuan layanan kini dapat dilakukan langsung dari aplikasi tanpa perlu datang ke kantor PLN. Kedua, pelanggan diberikan fleksibilitas buat memilih jadwal pemasangan yang sesuai kebutuhan mereka. Ketiga, pembayaran digital yang terintegrasi memungkinkan transaksi cepat, aman, dan transparan. Keempat, fitur tracking progress memungkinkan pelanggan memantau status layanan secara real-time, mulai pengajuan hingga instalasi selesai.

    “Konsep baru ini dirancang untuk memberikan kenyamanan yang lebih maksimal, sekaligus mendukung adopsi kendaraan listrik secara lebih luas di Indonesia. Melalui inovasi ini, kami ingin memastikan bahwa masyarakat dapat mengakses layanan Home Charging dengan mudah, cepat, dan transparan. Kolaborasi dengan BYD juga memperkuat komitmen kami membangun ekosistem kendaraan listrik yang lebih kokoh di Indonesia, di mana tidak hanya kendaraan listrik yang semakin mudah diakses, tetapi juga infrastruktur pengisian daya yang mendukungnya” ujar Fikri Praditya selaku Manager Pelayanan Pelanggan BUMN PT PLN (Persero).

    Kolaborasi PLN dan BYD di GJAW 2024 Foto: Dok. BYD Indonesia

    Kolaborasi BYD dan PLN

    Sebagai salah satu pemain kendaraan listrik di Tanah Air, BYD memiliki peran krusial dalam mempercepat adopsi kendaraan listrik di Indonesia. Dengan lebih dari 31 jaringan yang tersebar di 18 kota di seluruh Indonesia, BYD telah menunjukkan komitmen kuat dalam mendukung perkembangan infrastruktur kendaraan listrik di tanah air. Kolaborasi antara PLN dan BYD menghadirkan sinergi yang kuat, menggabungkan keahlian BYD dalam kehadiran inovasi teknologi kendaraan listrik dengan jaringan dan infrastruktur PLN yang luas di seluruh Indonesia.

    Kolaborasi ini diperkuat dengan kehadiran peluncuran fitur baru secara eksklusif di booth BYD yang memberikan kesempatan kepada konsumen untuk langsung mengeksplorasi fitur-fitur baru dalam aplikasi PLN Mobile. Aplikasi ini dapat diunduh secara gratis di Google Play Store dan Apple App Store. Di booth ini, pengunjung dapat bertanya langsung kepada perwakilan PLN mengenai layanan Home Charging, mendapatkan informasi lebih lanjut, dan merasakan kemudahan yang ditawarkan dalam mempercepat transisi menuju kendaraan listrik.

    “Keberadaan fitur baru ini semakin memperkuat upaya kami dalam mempercepat adopsi kendaraan listrik di Indonesia. BYD berkomitmen untuk menghadirkan kendaraan listrik inovatif yang dapat merangsang pertumbuhan pasar dan menginspirasi masyarakat untuk beralih ke mobilitas ramah lingkungan. Sementara itu, PLN, dengan jaringan infrastruktur yang luas dan fitur Home Charging terbaru, memastikan proses pengisian daya semakin mudah, cepat, dan efisien. Kolaborasi antara BYD dan PLN ini menciptakan sinergi yang saling mendukung, membangun ekosistem kendaraan listrik yang lebih kuat dan memudahkan masyarakat Indonesia untuk bertransisi menuju masa depan yang lebih hijau dan berkelanjutan,” ujar Luther T. Panjaitan selaku Head of Public & Government Relations, PT BYD Motor Indonesia.

    Dalam pengembangan aplikasi Home Charging yang inovatif ini, BYD tidak hanya berperan sebagai pendukung, tetapi juga aktif terlibat dalam proses pembuatan fitur-fitur aplikasi yang relevan dengan kebutuhan pengisian daya kendaraan listrik. Berdasarkan pengalaman di pasar global, BYD memberikan wawasan yang cukup penting untuk memastikan aplikasi ini benar-benar memenuhi harapan konsumen kendaraan listrik di Indonesia. Keterlibatan BYD dalam pengujian dan optimasi aplikasi juga bertujuan agar aplikasi tersebut berjalan dengan baik, memudahkan konsumen dalam mengakses layanan pengisian daya, dan memberi manfaat nyata bagi masyarakat.

    Ke depannya, BYD berencana untuk terus memperluas jaringan kerja sama dengan berbagai mitra lokal lainnya, untuk mendukung perkembangan ekosistem kendaraan listrik yang lebih luas di Indonesia. Melalui kolaborasi yang semakin solid dengan berbagai pihak, BYD berkomitmen untuk terus berperan aktif, bersama-sama mendukung perkembangan ekosistem kendaraan listrik dan mewujudkan masa depan transportasi berkelanjutan di Indonesia.

    (lua/rgr)

  • Harga Termahal Tembus Rp 2,7 Miliar, Intip Spesifikasi 2 Mobil Listrik Zeekr

    Harga Termahal Tembus Rp 2,7 Miliar, Intip Spesifikasi 2 Mobil Listrik Zeekr

    Jakarta

    Zeekr resmi memperkenalkan dua mobil listrik premiumnya, Zeekr X dan Zeekr 009, pada ajang Gaikindo Jakarta Auto Week (2024). Harga kedua mobil listrik tersebut ‘tidak murah’, dari Rp 1 miliaran hingga Rp 2 miliaran. Seperti apa spesifikasinya?

    Spesifikasi Zeekr X

    Sebagai SUV mewah yang dirancang khusus memenuhi tuntutan kehidupan perkotaan dan dinamika kota modern, Zeekr X mempunyai dimensi eksterior yang kompak, tapi tetap menawarkan interior yang luas dan mewah.

    Dikembangkan dengan platform Sustainable Experience Architecture (SEA), Zeekr X menawarkan perpaduan luar biasa antara desain, teknologi canggih, performa tinggi dan jaminan keselamatan, serta jarak tempuh mengesankan dan kemampuan pengisian daya cepat.

    Zeekr X Foto: Luthfi Anshori/detikOto

    Zeekr X dilengkapi dengan baterai lithium-ion 66 kWh yang menawarkan jarak tempuh hingga 440 km (WLTP) / 540 km (NEDC) hanya dengan sekali pengisian daya. Sistem pengisian cepat DC (150 kW) dapat mengisi ulang baterai dari 10-80% dalam waktu 30 menit. ZEEKR X dapat berakselerasi dari 0 hingga 100 km/jam hanya dalam 3,8 detik.

    Zeekr X mendapat peringkat keselamatan Euro NCAP serta peringkat efisiensi energi Green NCAP 5 bintang yang maksimal. Fitur keamanan Sentry Mode memastikan bahwa saat kendaraan diparkir dan terkunci, sistem akan merekam video dari aktivitas mencurigakan di sekitar kendaraan. Rekaman ini hanya dapat diakses oleh pengemudi dan disimpan di hard drive kendaraan atau USB flash drive yang terhubung.

    Mobil ini juga dilengkapi 8 I-Beam Impact Samping buat melindungi baterai dari benturan, dan sistem 7 airbag untuk perlindungan optimal. Zeekr X ditawarkan dengan harga indikatif antara Rp 1,1 – 1,3 miliar.

    Zeekr 009 Foto: Luthfi Anshori/detikOto

    Spesifikasi Zeekr 009

    Zeekr 009 adalah kendaraan mewah papan atas dengan performa tinggi yang dirancang untuk memenuhi kebutuhan individual yang modern. Ditenagai oleh sistem penggerak motor ganda dengan output daya maksimum 450 kW (603 dk) dan torsi 693 Nm. Zeekr 009 dapat berakselerasi dari 0 hingga 100 km/jam hanya dalam 4,5 detik.

    Dengan baterai lithium-ion 116 kWh, kendaraan ini menawarkan jarak tempuh hingga 582 km (WLTP), menjadikannya pilihan ideal bagi mereka yang mengutamakan performa dan efisiensi energi.

    Menawarkan tingkat kenyamanan dan keselamatan tertinggi untuk semua penumpang, Zeekr 009 dilengkapi dengan kabin yang dirancang untuk menghadirkan kemewahan ala kabin first class di pesawat terbang. Kursi baris kedua dilengkapi dengan Sofaro First-Class Aeronautic Seats yang memiliki meja lipat, serta pelapis kulit Nappa untuk sentuhan kemewahan. Semua kursi dilengkapi dengan sistem pijat elektrik untuk kenyamanan maksimal.

    Zeekr 009 juga dilengkapi dengan Yamaha Surround Stereo Luxury Speakers dengan 30 speaker untuk memastikan pengalaman audio sempurna, sementara ambient lighting di seluruh kabin semakin memperkaya nuansa kemewahan.

    Buat memastikan kenyamanan maksimal selama perjalanan, Zeekr 009 dilengkapi suspensi udara performa tinggi dan CCD Electromagnetic Damping, yang efektif mengurangi getaran di dalam kabin. Dalam hal keselamatan, kendaraan ini dilengkapi dengan teknologi canggih yang dirancang untuk melindungi penumpang secara optimal, termasuk struktur belakang aluminium solid dan tujuh airbag untuk setiap posisi tempat duduk di kabin.

    Zeekr 009 ditawarkan dengan harga indikatif antara Rp 2,25 – 2,7 miliar.

    (lua/rgr)

  • PLN gandeng Icon Plus gunakan EV sebagai kendaraan operasional

    PLN gandeng Icon Plus gunakan EV sebagai kendaraan operasional

    Makassar (ANTARA) – PT PLN (Persero) menggandeng PLN Icon Plus dalam mempercepat pengembangan ekosistem kendaraan listrik melalui penggunaan mobil listrik (electric vehicle/EV) sebagai kendaraan operasional.

    Berdasarkan keterangan resminya di Makassar, Minggu, telah dilakukan penandatanganan kerja sama Sewa Kendaraan Operasional EV antara PLN Unit Induk Distribusi Sulawesi Selatan, Sulawesi Tenggara, dan Sulawesi Barat (UID Sulselrabar) dengan PLN Icon Plus Regional Sulawesi dan Indonesia Bagian Timur.

    General Manager PLN UID Sulselrabar Budiono menyampaikan bahwa selain menyediakan 40 unit infrastruktur SPKLU yang tersebar di 32 lokasi di Provinsi Sulawesi Selatan, Sulawesi Tenggara, dan Sulawesi Barat, PLN juga berkomitmen meningkatkan penggunaan kendaraan ramah lingkungan untuk menunjang efisiensi operasional.

    “Beberapa program percepatan transisi energi sudah kami jalankan, salah satunya adalah mendorong ekosistem kendaraan listrik, yang dimulai dari lingkungan kantor terlebih dahulu,” ujar Budiono.

    Dalam kerja sama ini, PLN UID Sulselrabar akan menggunakan tiga unit EV untuk menunjang kegiatan operasional sehari-hari.

    Ia menambahkan bahwa PLN UID Sulselrabar menargetkan akan mengoperasikan 13 unit EV sebagai kendaraan operasional pada tahun depan.

    “Sebagai lokomotif dalam program transisi energi, PLN harus menjadi role model dalam penggunaan kendaraan ramah lingkungan. Kami optimistis ke depannya masyarakat akan semakin masif menggunakan EV,” jelas Budiono.

    Budiono juga menyebut antusiasme masyarakat Sulselrabar terhadap kendaraan listrik terus meningkat. Hingga saat ini, jumlah transaksi pengisian daya di SPKLU mencapai 5.652 transaksi sejak pertama kali beroperasi.

    Pada kesempatan yang sama, Komisaris Utama PLN Icon Plus Supirman mengapresiasi inisiatif PLN UID Sulselrabar dalam penggunaan EV.

    “Sebagai subholding dan lokomotif transformasi digital PLN, Icon Plus siap berkolaborasi dalam pengembangan ekosistem kendaraan listrik, baik melalui digitalisasi maupun dukungan penuh terhadap penggunaan EV,” ujar Supirman.

    Pewarta: Nur Suhra Wardyah
    Editor: Biqwanto Situmorang
    Copyright © ANTARA 2024

  • Mobil Listrik Bertampang Suzuki Jimny Bakal Masuk Indonesia Tahun Depan

    Mobil Listrik Bertampang Suzuki Jimny Bakal Masuk Indonesia Tahun Depan

    Jakarta

    Pasar mobil listrik di Indonesia bakal makin semarak. Sebab, sejumlah produsen dari berbagai negara berlomba-lomba menjual produk terbaiknya di segmen terkait.

    Produsen roda empat asal Vietnam, VinFast, tak mau ketinggalan meramaikan pasar elektrifikasi di Indonesia. Setelah memasarkan VinFast VF e34 dan VF 5, mereka berencana menjual produk baru yang tampangnya mirip Suzuki Jimny.

    Kendaraan tersebut merupakan VinFast VF 3 yang telah meluncur di negara asalnya. Kabarnya, mobil nonemisi itu akan merambah pasar Indonesia mulai tahun depan.

    “Tahun depan kita tambah lagi satu model baru di Indonesia. Namanya VinFast VF 3, mudah-mudahan bisa kuartal pertama,” ujar Davy Jeffry Tulian selaku Chief Sales Officer (CSO) VinFast Indonesia kepada detikOto di pameran Gaikindo Jakarta Auto Week atau GJAW 2024, Jumat (22/11).

    VinFast VF 3. Foto: Doc. VinFast.

    Sayangnya, ketika ditanya mengenai bocoran harga dan tanggal pastinya, Davy belum bisa mengungkapnya. Namun, dia yakin, kendaraan tersebut akan diminati konsumen di Indonesia.

    “Itu tunggu tanggal mainnya saja ya,” kata dia.

    Sebagai catatan, VinFast VF 3 sudah dijual di Vietnam dan sejumlah negara lain di Asia Tenggara. Kendaraan tersebut punya dimensi kompak dengan desain semi off road seperti Suzuki Jimny.

    VinFast telah mendaftarkan kendaraan tersebut ke Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia RI (Kemenkumham).

    Dalam dokumen bertajuk Berita Resmi Desain Industri No. 64/DI/2023 yang dirilis Direktorat Hak Cipta dan Design Industri Direktorat Jenderal Kekayaan Intelektual, Kemenkumham, VinFast VF 3 punya desain mengotak dengan sentuhan modern.

    VinFast VF 3 dibekali baterai dengan daya jelajah maksimum 215 km (NEDC). Sementara motor listriknya mampu menghasilkan tenaga 40 dk dan torsi 110 Nm.

    Di Vietnam, VinFast VF 3 dibanderol mulai 240 dong atau sekira Rp 153 jutaan. Namun, belum diketahui, berapa harganya ketika kelak masuk ke Indonesia.

    (sfn/rgr)

  • Mobil Hidrogen Toyota Mirai Curi Atensi Menteri: Tinggal Bikin Infrastruktur

    Mobil Hidrogen Toyota Mirai Curi Atensi Menteri: Tinggal Bikin Infrastruktur

    Jakarta

    Menteri Perindustrian Agus Gumiwang terlihat menghampiri mobil ramah lingkungan Toyota Mirai. Padahal mobil tersebut dipajang di luar hall Gaikindo Jakarta Auto Week 2024 di ICE BSD Tangerang, Jumat (22/11/2024).

    Toyota Mirai itu dipajang depan pintu hall 10 ICE BSD Tangerang. Agus ditemani President Director PT TMMIN Nandi Julyanto dan Vice President Director PT TAM Henry Tanoto.

    “Ini basisnya hidrogen, salah satu teknologi otomotif yang menurut pandangan saya tidak lama lagi akan hadir,” kata Agus kepada wartawan di ICE BSD Tangerang, Jumat (22/11/2024).

    “Nah ini Toyota sudah menyiapkan produk basis engine-nya 100 persen hidrogen. Itu kenapa saya datang ke sini.”

    “Tinggal infrastruktur disiapin, charging station untuk hidrogen kita siapkan. Sehingga nanti hidrogen bisa jalan,” jelas dia.

    Toyota Mirai yang hadir dalam acara tersebut merupakan Gen-2. Ini merupakan mobil fuel cell electric vehicles (FCEV) yang menggunakan hidrogen murni sebagai sumber energi penggerak motor listrik sehingga dipastikan nol emisi hanya berupa air murni, serta senyap khas mobil listrik. Teknologi ini dapat ikut dimanfaatkan oleh moda transportasi lain, termasuk sumber energi untuk industri, perusahaan, dan rumah tangga.

    FCEV menggunakan sumber energi terbarukan yang tersedia luas di alam yang dapat diolah menjadi gas hidrogen. Dengan segala keunggulannya, FCEV menjadi salah satu opsi mobility solution masa depan di Indonesia. Berlimpahnya sumber daya alam untuk memproduksi gas hidrogen, memberikan kesempatan untuk ikut mengurangi pemakaian BBM fosil.

    Di sisi lain, Agus juga meminta Toyota untuk bisa memproduksi Mirai di Indonesia.

    “Tentu a long the way kita minta Toyota Mirai konsep lokal kontennya. Tapi a long the way, yang penting hidrogennya dulu,” jelas Agus.

    Mirai terbaru ditopang oleh platform Toyota New Global Architecture (TNGA), sasis ukuran GA-L. Sel bahan bakar dari semula di bawah kabin sekarang menjadi di bawah kap mesin.

    Mirai generasi kedua sudah dijual di Jepang sejak tahun 2020. Namun di Indonesia, Mirai baru dibawa untuk kebutuhan studi.

    Mirai menggunakan tiga tangki untuk menyimpan bahan bakar hidrogen yang digunakan untuk menggerakkan motor listriknya, dan ini mengakibatkan jangkauan operasinya ditingkatkan menjadi 850 km, atau 30% lebih banyak dari 650 km pada Mirai generasi pertama, yang memiliki dua tangki.

    Mirai dapat dimanfaatkan sebagai sumber listrik darurat saat listrik padam akibat bencana dan untuk situasi darurat lainnya, menawarkan listrik melalui dua jalur pasokan listrik yang berbeda. Yang pertama adalah dengan menghubungkan stop kontak catu daya eksternal mobil ke sistem catu daya listrik DC eksternal khusus.

    (riar/rgr)

  • Mobil Listrik KIA EV3 Resmi Melantai di Indonesia, tapi Belum Dijual!

    Mobil Listrik KIA EV3 Resmi Melantai di Indonesia, tapi Belum Dijual!

    Jakarta

    Setelah lama dinanti, akhirnya PT Kereta Indo Artha selaku agen pemegang merek KIA di Indonesia mendatangkan mobil listrik terbarunya.

    Namun bukan EV5, KIA justru memamerkan SUV kompak full elektrik di ajang Gaikindo Jakarta Auto Week 2024, EV3. Tak tanggung-tanggung, KIA menghadirkan trim paling ‘sporty’ dari mobil ini alias EV3 GT Line.

    KIA ternyata hanya memamerkan mobil ini dan belum berencana menjualnya dalam waktu dekat. Ario Soerjo selaku Marketing and Development Division Head KIA mengatakan kehadiran EV3 sekadar untuk perkenalan.

    KIA EV3 meluncur di ajang Gaikindo Jakarta Auto Week 2024 Foto: Muhammad Hafizh Gemilang

    “Kia merasa bangga dapat kembali berpartisipasi dalam ajang MUF Gaikindo Jakarta Auto Week tahun ini. Keikutsertaan kali ini merupakan kesempatan baik bagi kami untuk menampilkan kendaraan listrik terbaru Kia, yakni Kia EV3, untuk pertama kalinya di Indonesia,” ujar Ario.

    “Iya ini perkenalan saja. Preview, preview,” ujar Ario kepada detikOto.

    Ario memastikan bahwa KIA EV3 belum dijual dalam waktu dekat, setidaknya belum di tahun 2024 ini.

    KIA EV3 Foto: Muhammad Hafizh Gemilang

    KIA EV3 hadir dengan platform khusus mobil listrik Electric Global Modular Platform (E-GMP). Mobil ini hadir dengan dimensi kompak. Panjang totalnya 4.300 mm, lebar 1.850 mm, tinggi 1.560 mm, dan wheelbase 2.680 mm. Di atas kertas, dimensi mobil ini mirip Hyundai All New Kona Electric dan Chery Omoda E5.

    Secara global, KIA menghadirkan EV3 dalam dua varian yakni Standard Range dan Long Range. Diklaim, EV3 Standard Range dapat menempuh jarak 436 km dengan baterai 58,3 kWh yang terisi penuh. Sedangkan EV3 Long Range bisa menempuh 605 km dengan baterai 81,4 kWh.

    Kendati berbeda dari segi baterai dan jarak tempuh, KIA EV3 Standard Range dan Long Range dibekali motor listrik yang sama. Tenaganya diklaim tembus 204 HP dan torsi maksimal 283 Nm.

    (mhg/rgr)