Transportasi: mobil listrik

  • PLN Pastikan Kesiapan SPKLU Jelang Libur Nataru 2024/2025

    PLN Pastikan Kesiapan SPKLU Jelang Libur Nataru 2024/2025

    Jakarta: PT PLN (Persero) menyelenggarakan kegiatan touring kendaraan listrik bertajuk
    “Roadshow PLN Mobile EVenture: Jelajah Liburan dengan Kendaraan Listrik 2024,” pada 3-8 Desember 2024. Sebanyak enam wilayah akan dilewati dan menjadi tempat persinggahan para peserta dalam perjalanan tur tersebut.
     
    Para peserta memulai perjalanan dari Jakarta, tepatnya Kantor PLN Pusat sebagai titik awal keberangkatan. Tim EVenture kemudian melanjutkan perjalanan menuju lima wilayah lainnya yaitu Banten, Bandung, Semarang, Surabaya, dan Bali yang akan menjadi titik atau detinasi akhir mereka.
     
    Mengusung tema “Jelajah Liburan dengan Kendaraan Listrik,” Eventure 2024 digelar sebagai salah satu upaya PLN mempromosikan penggunaan kendaraan listrik, serta menunjukkan kesiapan infrastruktur Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) di Indonesia untuk mendukung penggunaan kendaraan rendah emisi. Hal ini sejalan dengan komitmen PLN dalam mendukung transisi energi yang lebih bersih dan ramah lingkungan.
     

     
    “Kehadiran EVenture ini menjadi satu langkah nyata untuk menunjukkan kesiapan kita, baik dari segi infrastruktur maupun komitmen untuk mewujudkan transisi energi yang berkelanjutan,” ujar Direktur Retail dan Niaga PLN Edi Sri Mulyanti. 

    SPKLU Siap Layani EV di Banyak Rest Area

    Dengan terlaksananya acara ini juga menjadi bukti komitmen PLN untuk selalu siap mendukung aktivitas masyarakat berkendara listrik, khususnya yang ingin melakukan perjalanan mudik selama periode libur Natal dan Tahun Baru (Nataru) 2024/2025. 
     

    Sejauh ini, PLN terus melakukan pengembangan penyediaan SPKLU terutama dalam setahun terakhir. Menjelang Nataru 2024, PLN sudah membangun fasilitas SPKLU sebanyak 400 mesin di ruas tol, tepatnya di rest area. Jumlah tersebut naik enam kali lipat dari Nataru 2023 yang saat itu baru tersedia 64 mesin.
     
    “Begitu pula untuk jumlah SPKLU skala nasional, pada Nataru 2023 jumlah SPKLU tercatat sebanyak 624 mesin, sedangkan pada Nataru 2024, jumlahnya melonjak menjadi 2446 unit atau meningkat 4 kali lipat,” kata Edi.
     
    Salah satu titik persinggahan dalam perjalanan ini adalah Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) di Rest Area KM 57. Fasilitas ini memainkan peran penting dalam mendukung kelancaran tur serta memperkenalkan infrastruktur kendaraan listrik kepada masyarakat.
     
    Rest Area KM 57 merupakan salah satu lokasi strategis di Tol Jakarta-Cikampek, yang telah lama dikenal sebagai pionir dalam penyediaan SPKLU di jalur tol. SPKLU ini mampu melayani kendaraan listrik dengan efisiensi tinggi, dilengkapi dengan fasilitas pengisian daya cepat (fast charging), sehingga cocok untuk perjalanan jarak jauh seperti EVenture.
     

    Upaya PLN mengembangkan SPKLU juga diakui General Manager PT PLN (Persero) UID Banten Moch Andy Adchaminoerdin. Ia memastikan PLN UID Banten juga mendukung pengembangan SPKLU ini di wilayahnya.
     
    “Jadi tersebar di beberapa titik, SPKLU dan SPBKLU, ada 98 yang tersebar di 61 titik. Jadi masyarakat pengguna mobil listrik tidak usah khawatir. Sepanjang ruas tol (rest area) sudah diisi (infrastruktur SPKLU),” kata Andy saat menyambut peserta tur PLN Mobile EVenture di Banten pada Selasa, 3 Desember 2024.
     
    Upaya pembangunan SPKLU ini juga dimaksimalkan di wilayah Jawa Barat. Sejauh ini, PLN UID Jawa Barat sudah menyediakan 293 SPKLU yang tersebar di 201 lokasi. 
     
    “Kami di PLN UID Jawa Barat juga telah menyiapkan fasilitas pengisian daya di lokasi strategis seperti pusat perbelanjaan, rest area, dan fasilitas umum lainnya,” kata General Manager PLN UID Jawa Barat Agung Murdifi.
     
    Kegiatan PLN Mobile EVenture 2024 sudah berlangsung di tiga wilayah. Mulai dari Jakarta, Banten, dan Bandung. Selanjutnya, para peserta tim EVenture melanjutkan perjalanan ke Semarang, dan kemudian Surabaya.
     

    Berbagai event menarik tersaji untuk masyarakat dalam penyelenggaraan ini. Salah satunya, Electric Vehicle Roadshow. Kegiatan ini digelar untuk memastikan kesiapan infrastruktur pengisian daya kendaraan listrik untuk mendukung event siaga Nataru pada Desember 2024. Kegiatan ini juga bertujuan untuk memperkenalkan dan mempromosikan penggunaan kendaraan listrik sebagai pilihan transportasi ramah lingkungan.
     
    Peserta roadshow juga akan mengunjungi unit kerja PLN di kota-kota yang dikunjungi sepanjang Jakarta-Bali. Kunjungan ini hampir semua dilakukan di rest area, sekaligu melakukan pengecekan unti-unit SPKLU di sepanjang ruas tol Jawa. 
     

     
    Adapun kegiatan ini juga dirancang untuk menunjukkan keandalan kendaraan listrik dalam melakukan perjalanan jarak jauh, sekaligus mengedukasi masyarakat mengenai manfaat kendaraan listrik.
     
    Selain roadshow, PLN Mobile juga menggelar talkshow di acara EVenture ini. Pada diskusi ini akan membahas terkait upaya PLN untuk mendorong percepatan kendaraan listrik, termasuk di lingkungan PLN. Selain itu, juga membahas bagaimana kesiapan PLN untuk menyongsong era kendaraan listrik.
     
    Acara Roadshow PLN Mobile EVenture: Jelajah Liburan dengan Kendaraan Listrik ini juga akan semakin menarik karena dilengkapi dengan hadirnya PLN Mobile EVenture Expo. Kegiatan yang dibungkus dalam expo ini menjadi ajang pameran inovasi kendaraan listrik yang diselenggarakan oleh PLN Mobile.
     
    Dalam acara ini, PLN Mobile mengusung tema “Jelajah Liburan dengan Kendaraan Listrik.” Melalui tema tersebut, PLN Mobile mengajak masyarakat untuk mengeksplorasi masa depan transportasi ramah lingkungan. 
     
    Secara keseluruhan, kegiatan ini juga menjadi media kolaborasi dengan berbagai pelaku industri otomotif, keuangan, dan asuransi. Dalam arasnya, acara ini bertujuan untuk mendorong adopsi kendaraan listrik menjadj gaya hidup sehari-hari sekaligus memperkenalkan solusi perjalanan dengan kendaraan yang hemat energi dan ramah lingkungan.
     
    Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
    dan follow Channel WhatsApp Medcom.id

    (ROS)

  • Apakah Prancis akan Terjerumus ke dalam Krisis Ekonomi? – Halaman all

    Apakah Prancis akan Terjerumus ke dalam Krisis Ekonomi? – Halaman all

    Presiden Emmanuel Macron membubarkan parlemen bulan Juni lalu setelah dalam pemilihan parlemen Uni Eropa partainya hanya memperoleh setengah dari jumlah suara yang diraup partai sayap kanan Rassemblement National, yang menempati posisi pertama.

    Macron lalu menunjuk Michel Barnier sebagai perdana menteri baru, sekalipun tidak ada dukungan mayoritas di parlemen.

    Pada hari Rabu (04/12) partai oposisi mengajukan mosi tidak percaya dan menjatuhkan pemerintahan Barnier. Hal ini sekarang menyebabkan krisis pemerintahan di Prancis, dan dapat menjerumuskan negara tersebut ke dalam krisis ekonomi yang parah.

    Perekonomian Prancis sebenarnya tampak berjalan cukup baik akhir-akhir ini. Tahun ini diperkirakan akan tumbuh sebesar 1,1 persen – sebagai perbandingan, perekonomian Jerman diperkirakan akan menyusut sebesar 0,2 persen. Angka inflasi juga berkisar dua persen – dua tahun lalu masih di atas lima persen. Tingkat pengangguran mencapai 7,4 persen – angka yang cukup baik untuk Prancis.

    Namun, angka-angka yang relatif positif ini tidak dapat menyembunyikan kelemahan mendasar dalam perekonomian Perancis, menurut Denis Ferrand, kepala lembaga penelitian ekonomi Rexecode yang berbasis di Paris. “Sejak 2019, perusahaan Prancis – dan Eropa – telah kehilangan daya saing yang signifikan dibandingkan dengan Cina,” katanya kepada DW. “Di Eropa, biaya produksi meningkat rata-rata 25 persen, di Cina hanya sebesar tiga persen.”

    Krisis struktural

    “Kami melakukan survei terhadap 1.000 pimpinan perusahaan kecil dan menengah di Prancis setiap kuartal mengenai perilaku investasi mereka – 45 persen ingin menundanya, 18 persen tidak berinvestasi sama sekali. Tren seperti ini sudah terlihat jelas pada awal tahun ini, tetapi pemilu parlemen yang lebih awal telah meningkatkan tren tersebut secara drastis,” kata Ferrand.

    Survei yang dilakukan perusahaan konsultan Inggris Ernest & Young (EY) terhadap 200 pimpinan perusahaan internasional pada pertengahan November lalu juga menunjukkan, sekitar setengah dari mereka telah mengurangi atau menunda rencana investasi di Prancis. Padahal menurut EY, Prancis telah menjadi negara Eropa yang paling banyak menarik investasi internasional sejak tahun 2019.

    Philippe Druon, pengacara kebangkrutan di firma hukum Paris Hogan Lovells, juga membenarkan sikap menahan diri para investor. “Saat ini sangat sulit menemukan pembeli bagi perusahaan-perusahaan yang sedang dalam proses kebangkrutan. Saat ini saya punya 60 kasus yang sedang dalam pengerjaan, dan ini merupakan jumlah yang sangat besar,” katanya kepada DW. “Jumlah kebangkrutan mendekati jumlah krisis keuangan internasional tahun 2008.” Menurut perkiraan, sekitar 65.000 perusahaan diperkirakan akan mengajukan kebangkrutan tahun ini – dibandingkan dengan sekitar 56.000 tahun lalu.

    “Ini juga merupakan efek mengejar ketinggalan – perusahaan sekarang harus membayar kembali pinjaman yang diberikan selama pandemi Corona – tetapi tidak hanya itu,” kata Philippe Druon. “Ini juga merupakan krisis struktural, misalnya di sektor otomotif dengan peralihan ke mobil listrik, tetapi juga di sektor real estate, di mana permintaan perkantoran berkurang setelah ada kerja dari rumah.” Selain itu, tingginya suku bunga di pasar modal akan membuat investasi menjadi lebih sulit untuk dibiaya.

    “Sebuah kesalahan besar”

    Setelah mosi tidak percaya berhasil menjatuhkan pemerintahan Barnier, anggaran dari tahun 2024 kemungkinan akan diterapkan untuk tahun depan. “Tetapi anggaran itu yang meningkatkan defisit anggaran kita sampai lebih dari enam persen,” kata Anne-Sophie Alsif, ekonom kepala di firma konsultan BDO.

    “Keputusan Macron untuk membubarkan parlemen adalah kesalahan besar – sekarang Prancis hanya bisa diperintah dengan membentuk pemerintahan koalisi, tapi itu tidak pernah dilakukan di Prancis. Situasi politik kami sangat tidak stabil,” ujar Alsif. Sejak tahun 1960-an, Prancis memang tidak mengenal pemerintahan koalisi.

    Christopher Dembik, penasihat investasi di perusahaan Swiss Pictet Asset Management cabang Paris, sebaliknya mengatakan, isu kebangkrutan Prancis terlalu berlebihan. “Adalah berlebihan untuk mengatakan bahwa Prancis sedang menghadapi krisis keuangan,” katanya kepada DW. “Itu berarti Prancis tidak lagi mampu membiayai kembali utangnya – seperti Yunani pada tahun 2009.”

    Menurut dia, kecenderungan seperti itu belum terlihat di pasar keuangan: “Manajer dana investasi Amerika mengatakan kepada saya bahwa mereka telah lama memperhitungkan risiko politik dalam perhitungan mereka, dan spread – yaitu perbedaan suku bunga pada obligasi pemerintah 10 tahun dibandingkan dengan Jerman – sekitar 80 poin, Perancis hanya membayar bunga 0,8 poin persen lebih banyak dibandingkan Jerman.

    Namun, ekonom Dennis Ferrand kurang yakin bahwa negaranya tidak akan terjerumus ke dalam krisis keuangan. “Sejauh ini, Prancis selalu mengandalkan fakta, negaranya ‘terlalu besar untuk gagal’, yaitu terlalu besar bagi negara-negara Eropa lainnya untuk membiarkannya bangkrut,” katanya. “Tetapi Brussels perlahan-lahan kehilangan kesabaran terhadap ketidakmampuan Prancis mengurangi utangnya.” Utang Prancis sekarang sudah lebih tinggi dari produk domestik brutonya.

    Diadaptasi dari artikel DW bahasa Jerman

  • Kontradiksi PPN 12%: Sasar Barang Mewah tapi Ada Kebijakan PPnBM DTP

    Kontradiksi PPN 12%: Sasar Barang Mewah tapi Ada Kebijakan PPnBM DTP

    Bisnis.com, JAKARTA — Presiden Prabowo memastikan pemerintah menerapkan tarif baru pajak pertambahan nilai atau PPN 12% hanya kepada barang mewah saja. Pada saat yang sama, pemerintah juga membebaskan sejumlah barang mewah dari pajak penjualan.

    Presiden Prabowo Subianto menyebut pengecualian pengenaan PPN sudah berlaku sejak 2013 lalu. Pemerintah hanya akan mengenakan pajak PPN jadi 12% kepada orang kaya. Saat menjawab awak media, Jumat (6/12/2024), presiden menyebut langkah pengecualian PPN merupakan bagian dari upaya perlindungan bagi masyarakat kecil.

    Sehari sebelumnya, Prabowo juga menerima audiensi pimpinan DPR di Istana Negara pada Kamis (5/12/2024). Wakil Ketua DPR Sufmi Dasco Ahmad menjelaskan bahwa pihaknya meminta pemerintah lebih selektif dalam mengenakan tarif PPN 12% sehingga hanya kenakan untuk barang mewah saja.

    Dia juga meminta secara khusus kepada Prabowo untuk menurunkan pajak bagi barang kebutuhan pokok. Menurut Dasco, Prabowo menyambut baik usulan DPR.

    “Bapak Presiden tadi menjawab bahwa akan dipertimbangkan dan akan dikaji,” ucapnya usai melakukan pertemuan, Kamis (5/12/2024).

    Padahal, pemerintah menerapkan pajak penjualan atas barang mewah ditanggung pemerintah (PPnBM DTP) untuk pembelian mobil. Kebijakan tersebut akan berakhir di akhir tahun ini, namun direncanakan akan diperpanjang pada tahun depan.

    Sekretaris Kemenko Bidang Perekonomian Susiwijono Morgiarso menilai sebenarnya tidak ada kontradiksi apabila pemerintah menerapkan tarif PPN 12% untuk barang mewah dan kebijakan PPnBM DTP pembelian mobil.

    Susi menjelaskan bahwa kenaikan tarif PPN menjadi 12% dan kebijakan PPnBM DTP pembelian mobil memilikinya tujuan yang berbeda. Pemerintah, sambungnya, menganggap insentif PPnBM DTP diperlukan untuk mendorong pertumbuhan ekonomi.

    “Jadi sektor-sektor yang dipilih [diberi insentif fiskal seperti PPnBM DTP] yang memang berkontribusi besar ternyata PDB [produk domestik bruto], yang properti, otomotif, yang sektor padat karya, yang gitu-gitu,” jelas Susi di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta Pusat, Jumat (6/12/2024).

    Dia meyakini insentif seperti PPnBM DTP pembelian mobil bisa berkontribusi agar target pertumbuhan ekonomi minimal 5,1% bisa tercapai pada akhir 2024. Begitu juga dengan Kuartal I/2025 karena pada saat itu belanja pemerintah belum bisa dimaksimalkan.

    “Jadi konteksnya lebih banyak memang untuk dorong pertumbuhan juga, bukan hanya semata-mata merespon [PPN 12%],” ujar Susi.

    Sementara itu, Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita tidak menampik para pelaku industri otomotif juga tengah mengkhawatirkan dampak kenaikan PPN menjadi 12% pada 2025 karena berisiko semakin menggerus penjualan otomotif.

    Oleh sebab itu, Agus mengatakan pemerintah telah membahas insentif yang akan diberikan untuk mendorong sektor otomotif pada 2025. Adapun, skema insentif yang telah dibahas di antaranya yakni insentif Pajak Pertambahan Nilai Ditanggung Pemerintah (PPN DTP) dan Pajak Penjualan Barang Mewah (PPnBM) untuk mobil listrik berbasis baterai (battery electric vehicle/BEV) hingga mobil hybrid.

    “Perhatian pemerintah adalah bagaimana kinerja dari industri, itu melalui insentif dan stimulus yang akan kita siapkan,” pungkas Agus dikutip Jumat (6/12/2024).

  • Wuling Tebar Promo Akhir Tahun, Bisa Beli Mobil Dapat Mobil!

    Wuling Tebar Promo Akhir Tahun, Bisa Beli Mobil Dapat Mobil!

    Jakarta

    Wuling coba menggoda konsumen setianya di Indonesia dengan memberi program menarik. Bahkan jika dihitung konsumen akan mendapat keuntungan hingga Rp 72 juta setiap melakukan pembelian kendaraan baru.

    Dijelaskan sepanjang bulan Desember, Wuling Motors (Wuling) menggelar program “Wuling Year End Sale” (YES) yang menawarkan berbagai promo menarik untuk memudahkan masyarakat dalam memiliki kendaraan Wuling impiannya. Program ini berlaku hingga penghujung tahun dan mencakup beragam penawaran istimewa mulai dari DP rendah, bunga ringan, gratis asuransi, serta paket YES dengan total benefit hingga Rp 72 juta. Wuling juga memberikan promo khusus bagi konsumen yang ingin membeli mobil listrik Wuling.

    “Sebagai bentuk komitmen kami dalam memberikan kemudahan bagi konsumen, Wuling Year End Sale turut digelar di bulan Desember. Program ini bisa dinikmati oleh konsumen yang menginginkan lini produk Wuling sebagai kendaraan yang dapat diandalkan untuk mobilitas hariannya. Year End Sale promo ini berlaku secara nasional dan untuk pembelian seluruh kendaraan mulai dari ICE, Hybrid, hingga EV,” ujar Sales Operation Manager Wuling Motors, Edison dalam siaran persnya.

    Salah satu daya tarik program YES adalah uang muka rendah mulai dari Rp 16 jutaan, khusus untuk pembelian lini kendaraan ICE (Internal Combution Engine) atau bensin. Kemudian, bagi pelanggan yang membeli model unggulan seperti Wuling Almaz dan BinguoEV, tersedia promo bunga ringan sebesar 0% hingga dua tahun.

    Bagi konsumen yang tertarik Air ev ataupun BinguoEV, program ini memberikan manfaat tambahan berupa gratis asuransi untuk pembelian kendaraan. Selain itu, setiap pembelian BinguoEV dan Cloud EV juga disertai hadiah langsung berupa perangkat DC Adapter. Tidak ketinggalan, khusus untuk pembelian BinguoEV, konsumen dapat menikmati paket YES dengan total benefit mencapai Rp 72 juta.

    Wuling Motors tebar diskon sampai 50 persen untuk pembeli mobil listrik yang beruntung saat gelaran GJAW 2024. Yuk lihat deretan mobilnya. Foto: Pradita Utama

    Tak cuma itu, promo YES juga mencakup ‘Worry-Free Bersama Wuling EV’. Program ini mencakup Free Lifetime Core EV Components Warranty untuk tiga komponen utama kendaraan listrik (Power Battery, Motor Controller, dan Drive Motor), Extensive Free Maintenance berupa gratis biaya jasa dan suku cadang hingga 15,5 tahun atau 155.000 km (mana yang tercapai lebih dahulu), serta fasilitas gratis perangkat charging 7kW AC beserta instalasinya. Khusus untuk pembeli Air ev, tersedia voucher listrik senilai Rp 2 juta untuk penggunaan selama satu tahun, yang semakin mempermudah konsumen dalam menikmati kendaraan listrik tanpa kekhawatiran.

    “Beragam penawaran yang dihadirkan tentunya ditujukan untuk memudahkan pelanggan dalam mendapatkan mobil impiannya dari lini produk yang dihadirkan oleh Wuling. Untuk dapat menikmati promo YES, pelanggan dapat berkunjung langsung ke dealer resmi Wuling terdekat dan menikmati promo YES sepanjang bulan Desember ini,” tambah Edison.

    Selain program untuk kendaraan listrik, Wuling juga menghadirkan promo khusus bagi pelanggan yang memilih lini SUV Wuling, New Almaz RS dan Alvez, melalui program ‘Berani Lebih Bersama Wuling SUV’ .Program ini menawarkan jaminan nilai jual kembali hingga 70% di tahun ketiga kepemilikan, gratis biaya jasa perawatan berkala hingga 8 tahun atau 100.000 kilometer, serta garansi seumur hidup untuk komponen inti hybrid. Program ini memberikan nilai lebih bagi pelanggan yang mencari kendaraan tangguh dan andal dengan layanan purna jual yang maksimal.

    Menambah kemeriahan program Year End Sale, Wuling juga memberikan kesempatan bagi konsumen untuk memenangkan hadiah utama berupa 1 (satu) unit BinguoEV secara gratis dan 1 (satu) unit BinguoEV dengan potongan harga sebesar 50% bagi pelanggan yang beruntung. Program ini berlaku untuk setiap pembelian unit kendaraan Wuling sampai dengan akhir bulan Desember 2024. Adapun seluruh program Wuling Year End Sale ini berlaku syarat dan ketentuan.

    (lth/dry)

  • Blokir China Bawa Petaka, Dunia Bisa Kacau

    Blokir China Bawa Petaka, Dunia Bisa Kacau

    Jakarta, CNBC Indonesia – Pembatasan dagang yang diberlakukan pemerintah China terhadap beberapa mineral strategis mulai membawa petaka ke perusahaan-perusahaan asing.

    Henkel yang merupakan perusahaan kimia dan kebutuhan konsumen asal Jerman, mengatakan kepada para kliennya bulan lalu bahwa perusahaan menunda pengiriman 4 tipe zat adhesive dan pelumas yang digunakan luas oleh produsen otomotif.

    Henkel juga mengatakan penundaan tersebut karena pembatasan ekspor salah satu mineral, antimon, dari Beijing, dikutip dari Reuters, Jumat (6/12/2024).

    Henkel menggunakan metal perak untuk membuat produk bermerek Bonderite dan Teroson, yakni bagian inti dari divisi teknologi adhesive perusahaan. Tahun lalu, divisi itu berkontribusi terhadap pendapatan perusahaan senilai 10,79 miliar euro.

    “Kami diberi tahu para pemasok bahwa impor material-material mentah ini tertunda karena menunggu persetujuan aplikasi lisensi dari pemerintah China,” menurut surat yang ditandatangai dua eksekutif senior tertanggan 8 November 2024, yang dilihat oleh Reuters.

    “Dampaknya, Henkel mendeklarasikan kondisi darurat terkait pengiriman produk-produk tersebut,” surat tersebut menambahkan.

    Surat dari Henkel dan perbincangan antara pelaku ekspor-impor, penambang, prosesor, dan pakar industri di Amerika Utara, Eropa, dan China, menunjukkan disrupsi yang terjadi karena larangan terbaru dari Beijing.

    Banyak perusahaan asing yang bergantung pada mineral-mineral penting dari China akan kesulitan mengganti pemasoknya.

    “Kami memantau situasi suplai global untuk antimon dan berniat mencari solusi terbaik untuk menanggulangi pesanan para konsumen,” kata Henkel saat dihubungi Reuters.

    Menurut firma intelijen pasar Argus, harga antimon yang penting untuk membuat peralatan militer seperti rudal inframerah, senjata nuklir, dan goggle khusus, naik 230% pada tahun ini menjadi US$39.000 per metrik ton.

    China merupakan pengasil antimon terbesar di dunia dan mendominasi produksi mineral-mineral penting lainnya.

    Pada tahun lalu, Beijing juga membatasi ekspor gallium dan germanium yang penting untuk pengembangan semikonduktor dan senjata, serta jenis grafit sebagai komponen baterai mobil listrik.

    Baru-baru ini, China kembali memperketat pembatasan mineral-mineral penting tersebut sebagai respons atas pengetatan blokir teknologi chip canggih dari AS.

    (fab/fab)

  • 5 Cara Ini Bisa Dongkrak Orang Beli Mobil Listrik – Page 3

    5 Cara Ini Bisa Dongkrak Orang Beli Mobil Listrik – Page 3

    Liputan6.com, Jakarta – Sejumlah negara tengah mengkampanyekan penggunaan kendaraan listrik seperti motor dan mobil listrik tak terkecuali Inggris. Namun saat ini Pemerintah Inggris tengah menghadapi kritik keras dari produsen mobil karena aturan mobil listrik terlalu ketat.

    Mereka mengklaim bahwa permintaan konsumen terhadap EV jauh di bawah harapan, sehingga sulit menjual dalam jumlah besar.

    Ford bahkan mengaitkan hal ini dengan keputusannya untuk memangkas 800 pekerjaan di Inggris, sementara Stellantis berencana menutup pabrik van di Luton sebagian karena peraturan baru.  

    Dikutip dari dari BBC, Jumat (6/12/2024), berikut ini sejumlah aturan yang bisa dipakai pemerintah untuk meningkatkan minat konsumen membeli dan menggunakan mobil listrik:  

    1. Berikan Subsidi Biaya

    Harga mobil listrik umumnya masih lebih mahal dibandingkan mobil berbahan bakar bensin atau diesel. Saat ini, pemerintah menawarkan beberapa insentif, seperti pajak mobil perusahaan yang rendah dan skema pengorbanan gaji.

    Namun, setelah penghentian hibah plug-in pada 2022, tidak ada lagi insentif untuk pembeli yang tidak mendapat mobil melalui perusahaan.

    Jurnalis otomotif dari kelompok kampanye FairCharge, Quentin Willson menyarankan pemerintah Inggris untuk mempertimbangkan pinjaman tanpa bunga untuk kendaraan listrik bekas bagi pengemudi berpenghasilan rendah dan pengurangan PPN pada mobil baru.

    2. Produksi Mobil Listrik yang Murah

    Harga mobil listrik terus menurun, terutama karena harga baterai menjadi lebih murah. Meskipun terdapat fluktuasi harga logam seperti litium dan kobalt, biaya baterai telah turun 70% sejak 2015. Meski demikian, mobil listrik murah masih sulit ditemukan.

    Pendiri Electric Vehicles Outlook, Roger Atkins mengatakan “Mobil seharga 50.000 pound hingga 60.000 pound bukanlah jenis mobil yang dapat dibeli semua orang.”

    Namun, beberapa pilihan lebih terjangkau mulai tersedia, seperti Dacia Spring yang dijual seharga 14.995 pound atau Leapmotor T03 yang sedikit lebih mahal.

  • Siap-Siap! PLN Mobile Gelegar Musik Prambanan 2024 Digelar Besok

    Siap-Siap! PLN Mobile Gelegar Musik Prambanan 2024 Digelar Besok

    Jakarta, CNBC Indonesia – PT PLN (Persero) kembali menghadirkan program spektakuler bertajuk “PLN Mobile Gelegar Musik Prambanan 2024” pada Sabtu, (7/12/2024). Acara apresiasi pelanggan PLN ini tidak hanya menyajikan konser musik musisi tanah air ternama, tetapi juga sajian hadiah yang fantastis dalam satu paket yang istimewa.

    Gelegar Musik Prambanan 2024 akan menghadirkan deretan musisi Indonesia papan atas seperti Yura Yunita, Juicy Luicy, Fourtwnty, Fanny Soegi, Denny Caknan, Shaggydog, Aftershine, Good Morning Everyone, Whisnu Santika, hingga Pertelon Koplo. Acara ini dipastikan menjadi momen yang memukau bagi ribuan penonton yang hadir di Candi Prambanan, Yogyakarta.

    Direktur Utama PLN, Darmawan Prasodjo menjelaskan, acara ini adalah bentuk komitmen PLN untuk terus mendekatkan diri dengan pelanggan sekaligus bentuk apresiasi kepada seluruh pelanggan setianya atas kepercayaan dan dukungan terhadap PLN.

    “PLN Mobile Gelegar Musik Prambanan 2024 ini adalah bentuk kami memberikan kado manis bagi para pelanggan setia kami. Lewat digitalisasi yaitu PLN Mobile, selain memberikan kemudahan kepada para pelanggan juga memberikan keuntungan,” ujar Darmawan dalam keterangan resminya, Jumat (6/12/2024).

    Program ini juga akan mengumumkan pemenang Gelegar PLN Mobile 2024 dengan apresiasi menjadi pelanggan yang aktif bertransaksi melalui PLN Mobile dari Januari hingga November 2024. Hadiah yang ditawarkan sangat fantastis, yaitu 1 unit mobil listrik, 5 paket wisata religi, 5 unit motor listrik, dan 5 keping emas.

    Di samping itu, Darmawan menambahkan, acara ini mendapatkan animo yang tinggi dari masyarakat, hal ini terbukti dari jumlah penjualan tiket yang telah mencapai lebih dari 12 ribu.

    “Antusiasme masyarakat terhadap acara ini sangat tinggi, hingga saat ini sudah ada lebih dari 12 ribu penonton yang melakukan pembelian tiket. Bagi masyarakat yang ingin menikmati pertunjukan musik ini, dapat segera melakukan pembelian pada aplikasi PLN Mobile,” imbuhnya.

    Bagi masyarakat yang ingin menikmati gelaran ini, tiket Gelegar PLN Mobile masih bisa didapatkan di aplikasi PLN Mobile dengan harga spesial Rp200 ribu dari harga reguler Rp275 ribu sampai dengan Jumat 7 Desember 2024. Sementara itu, untuk pembelian tiket di hari penyelenggaraan acara dapat dilakukan di venue acara.

    Dengan tiket ini pelanggan tidak hanya mendapatkan akses ke konser, tetapi juga ke Kawasan wisata Candi Prambanan. Adapun cara memesan tiket melalui aplikasi PLN Mobile sebagai berikut :

    1.⁠ ⁠Masuk ke menu Event di aplikasi PLN Mobile

    2.⁠ ⁠Klik banner PLN Mobile Gelegar Musik Prambanan 2024

    3.⁠ ⁠Klik beli tiket

    4.⁠ ⁠Pilih tiket dan jumlah sesuai yang diinginkan

    5.⁠ ⁠Tentukan metode pembayaran

    6.⁠ ⁠Lakukan pembayaran dan tiket bisa langsung tersedia di aplikasi serta email pelanggan.

    “Saat ini PLN tidak hanya fokus memberikan listrik yang handal, tetapi juga ingin memberikan layanan beyond kelistrikan bagi pelanggan, tentu hal ini akan semakin meningkatkan kepercayaan kepada PLN,” pungkasnya.

     

    (rah/rah)

  • PPN Naik Jadi 12 Persen, Menperin Agus Gumiwang Siapkan Insentif, Ini Respons TMMIN – Halaman all

    PPN Naik Jadi 12 Persen, Menperin Agus Gumiwang Siapkan Insentif, Ini Respons TMMIN – Halaman all

    TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA – PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) menyambut baik rencana pemerintah menerapkan insentif untuk mengantisipasi kenaikan pajak pertambahan nilai (PPN), sekaligus mendorong penjualan kendaraan di Indonesia.

    Seperti diketahui, Menteri Perindustrian (Menperin) Agus Gumiwang Kartasasmita mengatakan pemerintah telah membahas insentif yang akan diberikan untuk mendorong sektor otomotif pada 2025. 

    Adapun, skema insentif yang telah dibahas di antaranya yakni insentif Pajak Pertambahan Nilai Ditanggung Pemerintah (PPN DTP) dan Pajak Penjualan Barang Mewah (PPnBM) untuk mobil listrik berbasis baterai (battery electric vehicle/BEV) hingga mobil hybrid.

    “Kami menyambut gembira rencana pemerintah. Karena, di tengah kebijakan-kebijakan yang sifatnya kontraktif ini ada kebijakan yang sifatnya stimulus, yang membangun daya beli dunia usaha. Jadi inisiatif-inisiatif seperti ini yang sebenarnya diharapkan ya di kita. Ya mudah-mudahan bisa diimplementasikan itu,” ujar Wakil Presiden Direktur PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia, Bob Azam, Jumat (6/12/2024).

    Menurut Bob, insentif tersebut juga akan mendorong dunia usaha kembali bergeliat, khususnya di sektor otomotif.

    Seperti diketahui, saat ini penjualan mobil ditargetkan untuk mencapai 850.000 unit, jumlahnya turun antara 15-17 persen dibandingkan tahun lalu. 

    Dengan kenaikan PPN dan Opsen, industri otomotif diprediksi akan terkoreksi hingga dua kali lipat dari angka tahun 2024.

    “Kita sudah pernah pengalaman kan waktu COVID-19, begitu pemerintah kasih relaksasi (ppnbm), dampaknya penjualannya lebih bagus, malah tax revenue-nya pemerintah juga lebih naik. Jadi seperti yang sering saya sampaikan bahwa tidak selalu relaksasi itu berujung kepada tax revenue yang turun.  Sebaliknya tidak selalu tax rate yang naik berujung kepada tax revenue yang naik,” katanya lagi.

    Bob menjelaskan, pemerintah harus berhati-hati melihat berapa kadar tax yang tepat untuk ekonomi kita dengan income per capita sekitar 4.000 USD. Pasalnya, dengan struktur industri yang seperti ini belum tentu sama dengan negara lain.

    “Jadi kita gak bisa bilang negara kita lebih rendah atau lebih tinggi gitu lho. Tapi harus disesuaikan dengan struktur industri dan struktur ekonomi yang ada di kita,” ujarnya.

    Yang terpenting, kata Bob, tax rate berapa yang paling optimum bagi kita yang bisa meng-create ekonomi dan meng-create employment. Karena pertumbuhan tinggi tanpa ada employment, tanpa ada multiplier efek di pajak itu gak berkualitas. 

    “Jadi ke depan harus mulai diperhatikan pertumbuhan ekonomi yang berkualitas,” ujarnya. 

    Di sisi lain, Bob tidak mau berandai andai, tapi pengalaman membuktikan saat pandemi, relaksasi bisa mendorong penjualan kendaraan. 

    Bob mencontohkan, di beberapa negara seperti di Cina yang memberikan insentif bagi dunia usahanya supaya bisa terus produksi dan bisa ekspor, dan yang paling penting adalah meng-create employment.

    Gaikindo mencatat, sepanjang Januari – Oktober 2024, total penjualan mobil secara wholesales tercatat sebesar 710.406 unit atau turun 15 persen year-on-year (YoY) dari periode sama 2023 sebesar 836.128 unit.

    Sementara itu, penjualan mobil ritel atau dari diler ke konsumen juga turun 11,5 persen YoY menjadi 730.637 unit pada periode 10 bulan 2024, dibandingkan 825.692 unit pada periode yang sama 2023.

  • Nissan Gallery MT Haryono hadirkan pengalaman inovatif

    Nissan Gallery MT Haryono hadirkan pengalaman inovatif

    Elshinta.com – Nissan Motor Distributor Indonesia dengan bangga mengumumkan peresmian Nissan Gallery, MT Haryono yang dibuka pada hari ini,  bertempat di kompleks perkantoran Indomobil Group, Jakarta Timur. Acara yang mengusung tema “Elevate Excitement, Experience the Future of Urban Life” ini dihadiri oleh Asako Hoshino, Chief Brand & Customer Officer, MC-Japan-ASEAN Chairperson, Nissan Motor Co., Ltd., yang menyampaikan wawasan tentang visi Nissan dalam menghadirkan masa depan mobilitas yang lebih pintar, lebih aman, dan berkelanjutan.

    “Kami mengucapkan selamat kepada NMDI atas peresmian Nissan Gallery pertama di Indonesia dan yang pertama di ASEAN. Memberikan pengalaman unik kepada pelanggan di setiap interaksi dengan Nissan sangat penting untuk memperkuat merek Nissan di Indonesia. Kami berharap Nissan Gallery dapat memberikan pengalaman yang luar biasa, menyenangkan, dan mendalam bagi pelanggan Indonesia, yang akan membantu mereka lebih memahami teknologi canggih dan produk-produk menarik dari Nissan,” ujar Asako Hoshino, Chief Brand & Customer Officer dan MC-Japan-ASEAN Chairperson, Nissan Motor Co., Ltd, Kamis (5/12/2024).

    Asako Hoshino dalam keterangannya mengatakan terus berupaya meningkatkan kegembiraan dan kepuasaan bagi pelanggan di Indonesia, dengan menghadirkan konsep showroom inovatif yang dirancang menghadirkan pengalaman lebih menarik dan mendalam bagi pelanggan. Tidak hanya menampilkan jajaran kendaraan elektrifikasi unggulan Nissan, showroom juga menawarkan pengalaman interaktif yang menggambarkan kemajuan teknologi Nissan, mulai dari inovasi dalam mobilitas hingga fitur-fitur terkini yang mendukung kenyamanan dan keberlanjutan.

    “Sebagai bagian dari strategi membentuk masa depan berkelanjutan, Nissan sangat fokus pada pengembangan kendaraan listrik (EV) dan solusi mobilitas ramah lingkungan. Nissan Gallery mencerminkan strategi merek Nissan yang lebih luas, di mana integrasi kendaraan listrik dan teknologi canggih memainkan peranan penting dalam memberikan pengalaman berkendara yang lebih bersih, terhubung, dan lebih cerdas untuk masa depan,” ujar Asako Hoshino.

    Dalam kesempatan yang sama President Director Nissan Motor Distributor Indonesia Evensius Go, menyampaikan minat masyarakat pada mobil listrik terus meningkat. Bahkan jumlah seluruh kendaraan listrik yang terdistribusi secara nasional pada tahun ini diperkirakan akan mencapai lebih dari 100.000 unit, naik 5 kali lipat dalam kurun 2 tahun terakhir

    “Kami bangga, bahwa Nissan Gallery hadir di saat yang tepat, ketika konsumen mulai mengubah cara pandang mereka terhadap mobilitas terkini dan masa depan. Kami berharap, Nissan Gallery dapat memainkan peran aktif mengedukasi masyarakat seputar perkembangan kendaraan listrik serta memahami segala kelebihan dari teknologi yang ditawarkan Nissan,” ujar Evensius Go.

    Melalui Gallery Nissan yang baru dan dalam rangka mengurangi jejak karbon serta menciptakan masa depan yang lebih hijau, pengembangan teknologi kendaraan listrik Nissan dibangun secara global dengan strategi 2 pilar yang menghadirkan teknologi e-POWER dan BEV, sehingga konsumen memiliki pilihan sesuai dengan kondisi infrastruktur yang tersedia di lingkungannya. Nissan Gallery adalah tempat yang tepat dalam memberikan pemahaman lebih dalam tentang bagaimana Nissan memimpin transformasi ini, serta bagaimana teknologi dan inovasi dapat berkontribusi pada dunia yang lebih berkelanjutan.

    Dengan peresmian ini, Nissan mengundang masyarakat merasakan pengalaman luar biasa di Nissan Gallery, sebuah ruang inovasi yang menghadirkan visi masa depan mobilitas di Indonesia. Pengunjung dapat menyaksikan secara langsung teknologi terkini, desain futuristik, dan solusi transportasi ramah lingkungan yang dirancang untuk mengubah cara kita berkendara. Nissan Gallery bukan hanya sekadar showroom, tetapi simbol komitmen Nissan dalam menciptakan mobilitas yang lebih cerdas, berkelanjutan, dan memberikan pengalaman berkendara yang penuh makna.

    Penulis: M.Riskianto/Ter

  • Segini Penjualan Mobil Listrik Neta di GJAW 2024

    Segini Penjualan Mobil Listrik Neta di GJAW 2024

    Jakarta

    Merek mobil listrik asal China, Neta, berhasil meraih 302 SPK (surat pemesanan kendaraan) di pameran GJAW (Gaikindo Jakarta Auto Week) 2024. Dua model mobil listrik Neta menjadi andalan penjualan di pameran otomotif yang berlokasi di ICE-BSD City, Tangerang, itu.

    Seperti dijelaskan Neta Auto Indonesia dalam keterangan resminya, Neta berhasil mencatat 302 SPK untuk unit model Neta V-II dan Neta X. Pencapaian tersebut menjadi pelecut bagi Neta untuk terus menghadirkan kendaraan listrik berkualitas tinggi dengan harga kompetitif.

    “Kami berterima kasih atas kepercayaan pengunjung Gaikindo Jakarta Auto Week 2024 yang telah memilih Neta sebagai partner berkendara,” ungkap Peter Zhang, selaku Managing Director PT Neta Auto Indonesia, dalam keterangan resminya.

    Selama 10 hari acara GJAW 2024 berlangsung, Neta menampilkan seluruh line up produknya, yaitu Neta V-II, Neta X, juga menawarkan beragam promo penjualan menarik seperti gratis wall charger, gratis voucher pengisian daya 1.000 kWh, hingga lifetime warranty. Tak hanya itu, Neta juga mengumumkan pemenang program Lucky Dip dan menyerahkan langsung secara simbolik hadiah utama yaitu satu unit Neta V- II.

    Selain itu, pada ajang GJAW 2024 ini, Neta melakukan penandatanganan kerjasama fleet dengan PT Trans Luxury Indonesia untuk mendukung mobilitas yang hijau, demi mewujudkan pembangunan berkelanjutan.

    Peter Zhang menegaskan bahwa pencapaian di acara GJAW 2024 menjadi dorongan positif bagi Neta untuk terus berinovasi dan berkembang di pasar kendaraan listrik Indonesia.

    “Kami percaya bahwa Indonesia memiliki potensi besar untuk menjadi salah satu pasar kendaraan listrik terbesar di dunia. Dengan hadirnya NETA, kami berkomitmen buat mendukung transisi menuju mobilitas yang lebih ramah lingkungan. Sebagai bagian dari strategi jangka panjang, Neta akan fokus untuk memperluas jaringan purnajual, supaya memudahkan konsumen mendapatkan produk dan layanan terbaik dari Neta,” tukas dia.

    (lua/din)