Transportasi: mobil listrik

  • Parpol Kesiangan dan Kita yang Terjebak dalam Dilema Anggaran Formula E

    Parpol Kesiangan dan Kita yang Terjebak dalam Dilema Anggaran Formula E

    JAKARTA – Fraksi Partai Solidaritas Indonesia (PSI) di DPRD DKI Jakarta menyatakan penolakan pada penyelenggaraan Formula E. Protes ini sejatinya baik. Namun, sayang kesiangan. Saat ini, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta telah membayar commitment fee. Jika dibatalkan sekarang, anggaran daerah sebesar Rp360 miliar justru bisa terbuang sia-sia.

    Anggota Fraksi PSI Anthony Winza Prabowo menyampaikan alasan menolak Formula E. Menurutnya, acara ini sejatinya tak ada dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) yang diajukan Gubernur Anies Baswedan dalam lima tahun jabatannya.

    Alasan lain, Anthony menyoroti alokasi anggaran yang menurutnya lebih baik digunakan untuk kepentingan rakyat. Membenahi sarana dan prasarana daerah, misalnya. Bukan apa-apa. Saat ini, neraca keuangan DKI Jakarta tengah mengalami defisit.

    “Saya pikir lebih bijak kalau kita anggarkan untuk sesutau yang lebih penting. Misal, rehab gedung sekolah atau penyediaan air bersih kepada masyarakat, mengingat APBD berasal dari rakyat. Kami memandang APBD harus dapat menjawab kebutuhan daripada keinginan,” tutur Anthony ditemui di Gedung DPRD DKI, Kamis (7/11/2019).

    Terpisah, Corporate Secretary PT Jakpro Hanni Sumarmo mengatakan besar anggaran penyelenggaraan Formula E telah disepakati oleh sejumlah komisi di DPRD. Katanya, anggaran itu telah disertakan dalam APBD 2020, tahun Formula E rencananya digelar.

    “Kan sudah dibahas di Komisi B dan Komisi C. Komisi itu kan ada berbagai fraksi. Ya, sudah selesai. Sudah lolos. Artinya tidak ada masalah. Tinggal jadwal disampaikan di Banggar,” kata Hanni.

    Balap Formula E (Instagram/@fiaformulae)

    Terkait dengan wacana Formula E sebagai langkah mendorong mobil listrik di Jakarta, PSI mengkritisi. Anggota DPRD Fraksi PSI lainnya, Anggara Wicitra Sastroamidjojo menilai alasan tersebut tak masuk akal.

    Menurutnya, logika lebih masuk akal untuk menyambut mobil listrik adalah membangun infrastruktur pendukung. Bukan menyelenggarakan Formula E. “Kalau memang tujuannya untuk mendorong penggunaan mobil listrik, kita bisa kok dengan anggaran sebesar itu membangun infrastruktur menunjang mobil listrik,” kata Anggara.

    “Misalnya, pemprov bikin charger-charger mobil listrik di ribuan tempat. Beli juga ratusan bus listrik. Tapi, kenapa Pak Anies cuma bikin event panggung,” tambahnya.

    Dilema

    Kritik PSI barangkali beralasan. Tapi, menolak Formula E bisa jadi malah menimbulkan kerugian lebih besar bagi daerah. Peneliti Forum Masyarakat Peduli Parlemen (Formappi) Lucius Karus jadi salah satu yang menyoroti dilema tersebut.

    “Jika sudah mengeluarkan anggaran ratusan miliar seperti itu, ya sayang juga. Terbuang begitu saja kalau dibatalkan,” kata Lucius dihubungi VOI, Kamis (7/11/2019).

    Menurut Lucius, PSI perlu memahami bahwa ada anggaran sebesar Rp360 miliar yang telah digelontorkan Pemprov DKI. Maka, meski kritik PSI masuk akal, sejatinya penolakan ini kesiangan.

    Namun, Lucius juga memahami posisi PSI yang belum masuk DPRD ketika commitment fee disetujui masuk dalam APBD 2019. Maka, PSI harus mengambil langkah politik yang lebih strategis untuk menyatakan penolakan ini.

    Saat ini, PSI harus melakukan pendekatan kepada partai-partai politik di DPRD untuk mencari solusi dari dilema ini. Langkah strategis tentu dibutuhkan. Sebab, partai-partai lain di DPRD adalah mereka yang menyetujui anggaran commitment fee Rp360 miliar. 

    “Makanya, dalam pertimbangan penolakan ini, PSI mesti membicarakan dulu kepada seluruh anggota DPRD dalam proses pembahasan anggaran itu,” kata Lucius.

    Anies Baswedan bersama perwakilan FIA Formula E (Instagram/@aniesbaswedan)

    PSI sendiri telah menyampaikan bahwa mereka akan menyatakan penolakan ini di forum resmi, yakni pembahasan di Banggar DPRD DKI Jakarta. PSI juga akan mempertanyakan kajian investasi Formula E yang sampai saat ini belum diserahkan Pemprov DKI.

    “Kami sedang coba bangun komunikasi. Kebetulan, dari 106 lebih, setengahnya kan anggota dewan baru. Kami mencoba komunikasi angggota dewan lain untuk menyamakan visi dan misi,” ucap Anggara. 

    Sebagai informasi pelengkap, pada Jumat (20/9) lalu Anies resmi mengumumkan ke publik bahwa Jakarta bakal menjadi tuan rumah Formula E. Acara yang digelar dengan nama Jakarta E-prix akan diselenggarakan pada 6 Juni 2020.

    Demi bisa menyelenggarakan Formula E, Pemprov DKI mengajukan anggaran mencapai sekitar Rp1,6 triliun dengan rincian Rp360 miliar untuk commitment fee kepada federasi Formula E, Rp934 miliar dana penyelenggaraan yang akan dikelola oleh Dinas Pendidikan dan Olahraga (Dispora) DKI, serta Rp305,2 miliar biaya penyelenggaraan yang dibutuhkan Jakpro.

  • Taksi Vietnam Xang SM Uji Coba di Jakarta, Gratis hingga 17 Desember!

    Taksi Vietnam Xang SM Uji Coba di Jakarta, Gratis hingga 17 Desember!

    Bisnis.com, JAKARTA – Perusahaan Taxi Xanh SM melakukan uji coba layanan taksi gratis di area Jakarta Selatan dan Jakarta Pusat hingga 17 Desember 2024. 

    Informasi tersebut beredar di media sosial X, salah satu pengguna @lenny_diary membagikan sebuah postingan terkait perusahaan Vietnam baru di Jakarta. 

    Layanan taksi gratis tersebut berlaku di area Jakarta Selatan dan Jakarta Pusat hingga 17 Desember 2024. 

    “Kalau di jalan liat taksi hijau biru gini, nah itulah Xanh SM uang lagi uji coba dan bisa order by apss atau cegat di jalan kek biasa,” tulis @Lenny_Diary, dikutip Jumat (13/12/2024). 

    Taksi Vietnam tersebut menggunakan mobil listrik Vietnam dan dilengkapi dengan kamera 360. 

    Adapun berdasarkan aplikasinya, diskon taksi Xanh SM yitu sebesar 100% maksimal Rp120.000 dengan 2 perjalanan per hari untuk semua fitur layanan taksi. 

    Cara pemesanan adalah melakukan registrasi akun Xanh SM dengan nama, nomor handphone dan email aktif. Pada halaman utama klik ‘mau pergi kemana?”, lalu tentukan tujuan. 

    Pengguna dapat menggunakan kode promo sebanyak 2 kali. Promo tidak termasuk biaya tambahan seperti tol, parkir dan diharapkan membayar biaya tambahan tersebut langsung ke pengemudi. 

    Kemudian promo berlaku untuk semua metode pembayaran kecuali corporate billings dan Xanh E-Card. Promo tidak berlaku juga menggunakan kode lain. 

  • Bukti AS Butuh China, Percuma Pemerintah Blokir Terus-terusan

    Bukti AS Butuh China, Percuma Pemerintah Blokir Terus-terusan

    Jakarta, CNBC Indonesia – Nvidia akhirnya buka suara terkait rumor yang menyebut raksasa chip asal Amerika Serikat (AS) tersebut akan memangkas atau menyetop total ekspor chip AI canggih ke China.

    Nvidia mengatakan pihaknya akan tetap melanjutkan bisnis di China dan mendukung klien di area tersebut. Nvidia menegaskan bahwa rumor yang beredar keliru dan China merupakan pasar penting bagi perusahaan.

    Rumor penyetopan ekspor Nvidia ke China muncul setelah pemerintah setempat melancarkan penyelidikan terhadap akuisisi Nvidia ke Mellanox Technologies.

    Pemerintah China mengkaji kesepakatan bernilai US$6,9 miliar tersebut akibat dugaan masalah kompetisi yang melanggar hukum di negara kekuasaan Xi Jinping.

    Selain itu, isu geopolitik antara China dan AS juga kian memanas. Baru-baru ini, AS mengeluarkan kebijakan pembatasan ekspor tahap ketiga yang makin memperketat penjualan teknologi canggih ke China.

    Menanggapi hal ini, China balas dendam dengan menyetop ekspor tiga mineral penting, yakni germanium, gallium, dan antimon ke AS. Mineral-mineral itu digunakan untuk pengembangan alat perang, semikonduktor, hingga baterai pada mobil listrik.

    Nvidia sendiri tak gentar menghadapi berbagai isu geopolitik tersebut. Dikutip dari YahooFinance, Jumat (13/12/2024), Nvidia justru menambah jumlah karyawan di China.

    Penambahan karyawan mayoritas dialokasikan untuk divisi riset dan pengembangan pada teknologi pengemudi tanpa awak. Saat ini Nvidia memperkerjakan 200 orang di Beijing. Secara total, karyawan Nvidia di China sudah hampir 4.000 orang, menurut laporan Bloomberg.

    Nvidia bertujuan meningkatkan kapasitas AI untuk akurasi yang lebih mumpuni dan penyelesaian masalah yang lebih kompleks. CEO Nvidia Jensen Huang mengatakan pentingnya konsep ‘berpikir panjang’ pada penelitian AI.

    Pengembangan ini diproyeksikan untuk mendorong pengeluaran yang lebih besar pada infrastruktur dan aplikasi AI.

    Sebelumnya, Nvidia sudah dilarang untuk menjual chip generasi terbaru ke China. Namun, China berkontribusi besar pada pendapatan Nvidia. Alhasil, Nvidia mengembangkan chip khusus yang dirancang untuk China dan ‘mengelabui’ aturan pemerintah AS. 

    (fab/fab)

  • Daftar Mobil Listrik Terlaris November 2024: BYD M6 Laris Manis

    Daftar Mobil Listrik Terlaris November 2024: BYD M6 Laris Manis

    Jakarta

    BYD M6 belum terkejar rival-rivalnya. Selama November 2024, BYD M6 merupakan mobil listrik terlaris di Indonesia.

    Posisi BYD M6 masih kokoh di puncak daftar mobil listrik terlaris di Indonesia. MPV perdana yang mengusung baterai sebagai sumber tenaganya ini mencatatkan penjualan yang cukup moncer. Sebagaimana dirilis dalam data distribusi wholesales Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), BYD mengirimkan 1.770 unit M6 ke dealer-dealernya.

    Angka distribusi itu membuat BYD M6 sulit dikejar rival-rivalnya. Di posisi kedua juga masih datang dari keluarga BYD. Seal menjadi mobil listrik terlaris kedua yang terdistribusi sebanyak 637 unit. Di posisi ketiga ada Wuling BinguoEV yang terdistribusi sebanyak 484 unit. Selanjutnya di tempat keempat, masih dihuni mobil listrik Wuling. Adalah Air ev yang mencatatkan distribusi sebanyak 451 unit.

    Selanjutnya ada Chery Omoda E5 yang terdistribusi sebanyak 339 unit. Chery Omoda E5 itu dibuntuti Hyundai Kona EV. Pendatang baru dari Hyundai itu terkirim sebanyak 329 unit. Untuk melihat datanya lebih lengkap, berikut ini tim detikOto himpun daftar mobil listrik terlaris di Indonesia periode November 2024.

    Daftar Mobil Listrik Terlaris November 2024

    1. BYD M6: 1.770 unit
    2. BYD Seal: 637 unit
    3. Wuling BinguoEV: 484 unit
    4. Wuling Air ev: 451 unit
    5. Chery Omoda E5: 339 unit
    6. Hyundai Kona EV: 329 unit
    7. BYD Atto 3: 306 unit
    8. Wuling Cloud EV: 150 unit
    9. MG 4 EV: 134 unit
    10. Hyundai Ioniq 5: 130 unit
    11. BYD Dolphin: 129 unit
    12. Citroen EC3: 79 unit
    13. Neta V-II: 70 unit
    14. Chery J6: 64 unit
    15. Neta X: 63 unit
    16. BMW iX1: 43 unit
    17. BMW i5: 17 unit
    18. BMW i7: 16 unit
    19. MG ZS EV: 14 unit
    20. MINI Aceman: 12 unit
    21. Mitsubishi L100 EV: 11 unit
    22. Hyundai Ioniq 6: 6 unit
    23. Volvo EX30: 6 unit
    24. MINI Cooper SE: 6 unit
    25. MINI Countryman: 4 unit
    26. Toyota bZ4X: 4 unit
    27. Volvo XC40: 3 unit
    28. BMW iX: 3 unit
    29. Kia EV9: 1 unit
    30. Mercedes-Benz EQS 450+: 1 unit
    31. Mercedes-Benz EQB 250: 1 unit

    Bila dihitung secara keseluruhan, kontribusi mobil listrik masih terbilang kecil. Dari total 74.347 unit, distribusi mobil listrik baru sekitar 5.277 unit atau sekitar tujuh persen. Sementara sisanya masih didominasi mobil bermesin konvensional.

    (dry/din)

  • Penjualan Lemas, Hyundai Manuver Jualan Mobil Hybrid di Indonesia

    Penjualan Lemas, Hyundai Manuver Jualan Mobil Hybrid di Indonesia

    Jakarta, CNN Indonesia

    Chief Operating Officer PT Hyundai Motors Indonesia (HMID) Fransiscus Soerjopranoto membeberkan alasan penurunan penjualan mobil baru yang dialami perusahaan tahun ini dan manuver menjual mobil hybrid usai bergembar-gembor mobil listrik.

    Berdasarkan data Gaikindo, Hyundai mengalami penurunan penjualan retail berturut-turut selama Juli-November 2024. Angka retail merek asal Korea Selatan ini tak pernah lebih dari 2.000 unit sejak Juni.

    Distribusi mobil baru dari dealer ke konsumen pada Juli hanya menyentuh 1.759 unit dan terus menunjukkan tren negatif, yakni 1.555 unit pada Agustus, 1.491 unit pada September, 1.451 unit pada Oktober dan 1.651 unit pada November.

    Saat ini Hyundai ada di posisi sembilan dalam daftar merek mobil terlaris di dalam negeri dengan catatan 20.543 unit selama 11 bulan.

    Selama 11 bulan pada 2023 Hyundai tercatat menjual 32.684 unit dan menuntaskan tahun itu dengan hasil 35.736 unit yang menempatkannya di posisi enam.

    Menurut Frans, gejolak penjualan mobil baru Hyundai lantaran permintaan konsumen mulai bergeser dari mobil listrik ke hybrid. Hal ini disebut sudah ditanggapi perusahaan dengan menjalankan perubahan strategi untuk mengatasinya.

    “Kalau penurunannya Hyundai sekarang karena kan ada tren market juga. Terus kemudian Hyundai juga lagi menyesuaikan dengan produk-produk apa yang akan diperkenalkan ke market,” ujar Frans saat ditemui di kawasan SCBD, Jakarta Selatan, Kamis (12/12).

    Ia menjelaskan sebelumnya Hyundai lebih fokus pada mobil listrik hingga menjadi pemain utama di segmen premium. Namun dikatakan pasar mobil listrik telah berubah karena kehadiran berbagai merek segmen menengah dan munculnya opsi lain, yaitu mobil hybrid.

    “Nah oleh karena itu, Hyundai juga harus merevisi strateginya, makanya sekarang kita masuk ke mobil-mobil hybrid dengan memperkenalkan Santa Fe, terus kemudian Tucson,” ujar Frans.

    Nah itu menjadi pertanda bahwa Hyundai sedang melakukan revisi terhadap strateginya karena kita mau jualan lebih banyak lagi. Dan respon terhadap Hyundai hybrid cukup luar biasa, sampai sekarang masih inden,” papar dia lagi.

    Hyundai telah meluncurkan dua model mobil hybrid dalam dua bulan terakhir, yaitu Santa Fe Hybrid dan Tucson Hybrid. Keduanya mendapat respon dari masyarakat dengan masing-masing mencatatkan 1.400 unit SPK dan 40 unit SPK.

    (rac/fea)

    [Gambas:Video CNN]

  • Mengintip Perkembangan SPKLU Asal Jepang di Indonesia – Page 3

    Mengintip Perkembangan SPKLU Asal Jepang di Indonesia – Page 3

    Liputan6.com, Jakarta Terra Charge menutup tahun ini sebagai pengisian kendaraan listrik (EV) dengan berbagai pencapaian besar. Diluncurkan pada Agustus 2024, Terra Charge, Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) Nomor 1 dari Jepang, mencapai tonggak penting dalam perjalanannya dengan melampaui 10% dari target ambisiusnya. Ini menjadi langkah awal yang kuat untuk membangun ribuan  di seluruh Indonesia.

    Seperti diketahui, pemerintah Indonesia menargetkan penjualan 50 ribu mobil listrik pada 2024 dengan dukungan insentif pajak, seperti PPN 1% dan pembebasan PPnBM. Hasilnya, penjualan mobil listrik meningkat hingga 177% dibandingkan dengan tahun sebelumnya.

    Namun, salah satu tantangan utama adalah memastikan pertumbuhan ini didukung infrastruktur pengisian daya yang memadai. Terra Charge hadir sebagai solusi dengan menyediakan jaringan pengisian yang andal untuk mempercepat adopsi kendaraan listrik.

    Managing Director Terra Charge Indonesia Go Suzuki menyampaikan dalam waktu empat bulan, Terra Charge berhasil bermitra dengan berbagai pihak, termasuk pengembang properti ternama dan komunitas seperti Plaza Mandiri, Chillax Sudirman, dan Sheraton Hotel.

    Bahkan, lokasi-lokasi properti yang strategis di Jabodetabek, Bandung, Surabaya, Makassar, dan Bali kini dilengkapi dengan stasiun pengisian berstandar kualitas Jepang sehingga memberikan kemudahan bagi pengguna EV di Indonesia.

    “Kami sangat bangga dengan perkembangan yang kami capai dalam waktu singkat. Ini menunjukkan dedikasi tim kami serta kepercayaan dari mitra dan pengguna EV yang terus bertambah.”

    “Ke depan, kami akan terus fokus menyediakan solusi pengisian daya yang mudah diakses, efisien, dan ramah lingkungan untuk mendukung target energi bersih Indonesia,” kata Go Suzuki.

     

  • Hasil Uji Tabrak Zeekr X

    Hasil Uji Tabrak Zeekr X

    Jakarta

    Mobil listrik dari pabrikan China, Zeekr X, diuji tabrak oleh lembaga penilaian kendaraan baru Australia, Australasian NCAP (New Car Assessment Program). Hasilnya, Zeekr X mendapat nilai sempurna dalam uji tabrak itu.

    Dikutip dari siaran pers ANCAP, mobil listrik Zeekr itu melakoni debut yang baik dalam peringkat keselamatan. ANCAP mengganjar Zeekr X dengan peringkat keselamatan bintang lima.

    Zeekr X dianugerahi poin maksimum untuk perlindungan penumpang dalam uji tabrakan benturan samping. Sedangkan struktur depan Zeekr X menghadirkan risiko sedang bagi penumpang kendaraan yang melaju kencang dalam uji MPDB (yang mengevaluasi kompatibilitas kendaraan ke kendaraan).

    Dua airbag di depan, serta airbag yang melindungi dada dan samping untuk melindungi kepala merupakan fitur standar pada mobil listrik tersebut. Airbag di bagian tengah memberikan perlindungan tambahan bagi penumpang kursi depan saat terjadi tabrakan dari samping.

    Sistem pengereman darurat otonom serta sistem lane keep assist (LKA), lane departure warning (LDW), emergency lane keeping (ELK), hingga speed assistance system (SAS) yang bisa mengenali rambu batas kecepatan menjadi fitur standar pada mobil ini.

    Zeekr resmi meluncurkan dua produk mobil listrik premiumnya di ajang Gaikindo Jakarta Auto Week (GJAW) 2024, ICE, BSD-City, Tangerang. Model Zeekr X ditawarkan dengan harga indikatif antara Rp 1,1 – 1,3 milyar. Sementara buat model Zeekr 009 ditawarkan dengan harga indikatif antara Rp. 2,25 – 2,7 miliar. Foto: Rifkianto Nugroho

    Untuk perlindungan penumpang dewasa, Zeekr X meraih nilai 36,76 poin (91%) dari nilai maksimal 40,00 poin. Lalu untuk perlindungan penumpang anak, mobil ini meraih nilai 42,81 poin dari nilai maksimal 49 poin (87%). Untuk perlindungan terhadap pengguna jalan rentan, Zeekr X diganjar nilai 52,96 dari 63 (84%). Dan untuk fitur safety assist, mobil ini dapat nilai 15,19 dari 18 (84%). Atas hasil itu, Zeekr X berhak dapat peringkat bintang lima dari ANCAP.

    Zeekr X dikembangkan dengan platform Sustainable Experience Architecture (SEA). Zeekr X dilengkapi dengan baterai lithium-ion 66 kWh yang menawarkan jarak tempuh hingga 440 km (WLTP) / 540 km (NEDC) hanya dengan sekali pengisian daya. Sistem pengisian cepat DC (150 kW) dapat mengisi ulang baterai dari 10-80% dalam waktu 30 menit. ZEEKR X dapat berakselerasi dari 0 hingga 100 km/jam hanya dalam 3,8 detik.

    Mobil ini dilengkapi 8 I-Beam Impact Samping buat melindungi baterai dari benturan, dan sistem 7 airbag untuk perlindungan optimal. Di Indonesia, Zeekr X ditawarkan dengan harga indikatif antara Rp 1,1 – 1,3 miliar.

    (rgr/din)

  • Nah Lho! Limbah Baterai Mobil Listrik Mulai Dipertanyakan

    Nah Lho! Limbah Baterai Mobil Listrik Mulai Dipertanyakan

    Jakarta

    Lembaga Amnesty International mengeluarkan laporan bahwa masifnya kendaraan listrik di dunia mengabaikan hak asasi manusia dengan mengabaikan atau tidak mengatasi risiko rantai pasokan dalam memproduksi kendaraan listrik.

    Dikutip Autocar, Amnesty International menerbitkan laporan penelitian sebanyak 102 halaman, yang menyebutkan kegagalan produsen mobil dalam mengatasi risiko rantai pasokan mineral, sehingga berpotensi menyebabkan tambang kobalt, lithium, nikel dan tembaga, yang mencemari lingkungan, mengandung risiko kesehatan masyarakat di sekitarnya.

    Sebagai bagian dari studi tersebut, Amnesty International mengevaluasi kebijakan uji tuntas hak asasi manusia dari 13 produsen kendaraan listrik. Amnesty International pun memberikan masing-masing kartu skor yang memberi peringkat pada kebijakan tersebut berdasarkan ‘kebijakan hak asasi manusia, proses identifikasi risiko, pemetaan dan pelaporan rantai pasokan, serta mediasi’, dengan memberi peringkat pada skala satu (terburuk) hingga 90 (terbaik).

    Tercatat ada beberapa pabrikan yang memberikan jawabannya, namun ada juga pabrikan yang menolak untuk menjawab pertanyaan akan dampak dari produksi baterai kendaraan listrik.

    Nilai tertinggi yang diberikan Amnesty International kepada Mercedes-Benz mencapai 51 poin.Tesla memperoleh skor 49 poin dan Stellantis mengumpulkan 42 poin. Volkswagen Group, BMW, dan Ford semuanya memperoleh skor 41 poin.

    Pada spektrum terendah, Amnesty International memberi produsen mobil China BYD 11 poin, sementara Mitsubishi 13 poin dan Hyundai 21 poin, yang artinya mendapat nilai buruk.

    Pabrik Baterai Mobil Listrik Foto: Ridwan Arifin/detikcom

    Sekretaris Jenderal Amnesty International Agnès Callamard mengatakan tercatat BYD dan Mitsubishi dinilai yang memiliki nilai terendah.

    “Skor tersebut sebagai ‘kekecewaan besar,’ dan bahkan BYD kurang transparansi mengenai uji tuntas hak asasi manusia dalam rantai pasokan baterainya. Mereka Hyundai dan Mitsubishi tidak memiliki dan memberikan kedalaman dan informasi yang diperlukan,” ujar Agnes.

    Sementara Amnesty International memberikan kesempatan kepada setiap produsen mobil untuk membalas dan menerbitkan tanggapan mereka secara lengkap dalam sebuah laporan, sebagai informasi agar berimbang.

    Dalam sebuah pernyataan, Hyundai mengatakan pihaknya mengakui telah menerima penilaian Amnesty International, dan berkomitmen pada rantai pasokan yang berkelanjutan dan etis yang menjunjung tinggi hak asasi manusia, perlindungan lingkungan, dan keselamatan. Namun berbanding terbaik, BYD dan Mitsubishi dikatakan menolak memberikan pernyataan sebagai tanggapan atas temuan tersebut.

    Sebagai catatan dalam upaya meningkatkan visibilitas rantai pasokan, Uni Eropa akan meluncurkan paspor baterai mulai 1 Februari 2027, yang diperlukan untuk semua baterai kendaraan listrik di atas 2 kWh.

    (lth/din)

  • Kemenperin dan Chery Bahas Taksi Terbang di Indonesia

    Kemenperin dan Chery Bahas Taksi Terbang di Indonesia

    Jakarta, CNN Indonesia

    Wakil Menteri Perindustrian (Wamenperin) Faisol Riza menerima kunjungan PT Chery Motor Indonesia di Kantor Kemenperin, Kamis (12/12). Dalam pertemuan ini poin utama adalah transportasi publik canggih membahas taksi terbang dan bus terapung di masa depan.

    Menurut Faisol, untuk menunjang dua jenis kendaraan tersebut beroperasi Indonesia, pemerintah harus melakukan kajian mendalam dan menyiapkan regulasi yang mengatur operasional jenis transportasi masa depan itu.

    “Masih perlu kajian mendalam dan penyesuaian dengan regulasi di dalam negeri, terutama Kementerian Pertahanan. Selain itu, karena ini juga menyangkut transportasi publik, maka perlu ada regulasi dari Kementerian Perhubungan,” kata Faisol mengutip Antara.

    Selanjutnya, pertemuan ini juga membahas mengenai penjualan mobil listrik(electrical vehicle)dan kendaraan hibrida(hybrid)di Indonesia. Wamen Faisol mendorong industri otomotif turut membantu pemerintah dalam membuat ekosistem kendaraan listrik di Indonesia lebih agresif.

    Untuk mendukung tujuan ini, pemerintah telah mendukung melalui sejumlah regulasi dan insentif. Di antaranya pembebasan bea masuk impor kendaraan listrik, Pajak Pertambahan Nilai (PPN), dan Pajak Penjualan Barang Mewah (PPnBM) yang akan terus diperpanjang hingga akhir tahun depan.

    “Tahun ini kami sudah siapkan paket insentif itu, tapi ternyata penggunaan terhadap paket itu belum optimal. Jadi seharusnya utilisasinya itu bisa lebih dari yang kita siapkan, tapi ternyata masih rendah,” ujar Faisol.

    Terakhir, Wamenperin menggarisbawahi mengenai regulasi Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN). Dan TKDN penting untuk membantu meningkatkan ekonomi lokal dengan menciptakan permintaan terhadap produk dan jasa dalam negeri.

    “Kami bisa membantu mempersiapkan transformasi teknologi pada seluruh industri pendukung di otomotif ini, dan mengembangkan RND(Research and Development)bersama-sama,” terangnya.

    Sementara itu, CEO of Chery International Commercial Vehicle She Cairong ketersediaan kedua jenis transportasi itu diharapkan membantu pemerintah Indonesia dalam mengatasi tantangan geografis.

    Cairong tidak menjelaskan apakah Chery yang akan menyediakan dua jenis kendaraan itu untuk masyarakat Indonesia.

    “Sama halnya seperti di China yang secara geografis memiliki banyak sungai, maka taksi terbang dan bus terapung ini bisa membantu konektivitas di dalam negeri,” ucap She Cairong.

    (Antara/mik)

    [Gambas:Video CNN]

  • Mantap! Tempat Ngecas Mobil Listrik VinFast Bakal Makin Mudah Ditemui

    Mantap! Tempat Ngecas Mobil Listrik VinFast Bakal Makin Mudah Ditemui

    Jakarta

    Tempat ngecas mobil listrik VinFast makin banyak. V-Green, perusahaan Vietnam yang fokus berinvestasi pada infrastruktur kendaraan listrik bekerja sama dengan Prime Group, konglomerat multinasional yang berpusat dari Uni Emirat Arab. Keduanya sepakat mengembangkan jaringan stasiun pengisian daya kendaraan listrik VinFast di Indonesia.

    Kedua perusahaan tersebut menargetkan pembangunan 100.000 stasiun pengisian daya VinFast di Indonesia dalam tiga tahun ke depan. Total investasinya mencapai USD 1,2 miliar.

    V-GREEN akan memprioritaskan pembangunan stasiun pengisian daya VinFast di Jakarta, Surabaya, Bali, dan sekitarnya, dengan rencana ekspansi ke wilayah lain di Indonesia pada tahap berikutnya. Seiring meningkatnya adopsi kendaraan listrik, wilayah-wilayah ini menjadi fokus strategis ekspansi V-GREEN di pasar Indonesia, mendukung lini kendaraan listrik perkotaan VinFast yang beragam.

    Pembangunan stasiun pengisian daya akan dimulai pada Januari 2025 dengan sejumlah stasiun ditargetkan beroperasi di tahun yang sama.

    Kolaborasi ini akan memanfaatkan kekuatan finansial dan jaringan mitra global Prime Group. Konglomerat multi-sektor yang beroperasi di Timur Tengah dan Afrika itu akan bertanggung jawab atas pengelolaan pendanaan untuk pengembangan infrastruktur pengisian daya EV VinFast.

    Sementara itu, V-GREEN akan bertanggung jawab atas riset pasar, identifikasi lokasi strategis, serta pembangunan dan operasional jaringan stasiun pengisian daya untuk memenuhi permintaan pengguna EV yang terus berkembang di Indonesia.

    “Dengan keahlian kami di berbagai industri, kami bangga bermitra dengan V-GREEN untuk mengoptimalkan potensi sektor transportasi hijau di Indonesia, salah satu pasar paling menjanjikan di Asia Tenggara. Kami yakin kolaborasi ini didukung reputasi dan kemampuan eksekusi V-GREEN yang kuat, tidak hanya akan menguntungkan kedua perusahaan, tetapi juga berkontribusi signifikan pada pertumbuhan pasar EV di Asia Tenggara. Kemitraan dengan V-GREEN ini akan membuka peluang global lainnya, dimulai dari Indonesia, lalu berkembang ke Timur Tengah, Eropa, Inggris, dan Amerika Serikat. Kemitraan ini akan menciptakan manfaat yang luar biasa bagi masyarakat dan komunitas global,” kata Tamer Wagih Salem, Chairman Prime Group.

    CEO V-GREEN Nguyen Thanh Duong menyatakan kolaborasi dengan mitra strategis asal Timur Tengah itu membuka peluang baru bagi V-GREEN untuk memperluas jaringan pengisian kendaraan listrik global.

    “Melalui kerja sama ini, kami akan menciptakan ekosistem kendaraan listrik yang komprehensif, mengurangi dampak lingkungan, dan meningkatkan kualitas hidup. Kolaborasi ini juga akan memberikan manfaat yang signifikan bagi kedua perusahaan, konsumen, serta masyarakat. Bersama VinFast dan GSM, kami berkomitmen untuk mempromosikan kampanye ‘Untuk Masa Depan Hijau’ di Indonesia,” sebutnya.

    V-GREEN didirikan oleh Pendiri VinFast, Pham Nhat Vuong, yang memegang 90% saham. Terpisah dari departemen pengembangan stasiun pengisian daya VinFast, V-GREEN fokus berinvestasi pada seluruh infrastruktur kendaraan listrik. Langkah ini sejalan dengan misi perusahaan untuk mengembangkan ekosistem hijau dan mempercepat revolusi transportasi listrik.

    Sementara itu, sejak peluncuran resminya di Indonesia, VinFast telah memasarkan dua model kendaraan listrik, VF e34 dan VF 5. Perusahaan asal Vietnam itu secara aktif memperluas jaringan dealer, menerapkan strategi penjualan yang menarik, dan memulai pembangunan pabrik perakitannya di Subang, Jawa Barat, untuk meningkatkan kapasitas produksi globalnya.

    (rgr/dry)