Transportasi: mobil listrik

  • Jepang-Korea Hati-Hati, Mobil China Tebar Ancaman-Laku Keras di RI

    Jepang-Korea Hati-Hati, Mobil China Tebar Ancaman-Laku Keras di RI

    Jakarta, CNBC Indonesia – Persaingan industri otomotif nasional kian ketat sepanjang Januari-Oktober 2025. Data penjualan menunjukkan dominasi merek Jepang masih kuat, namun gebrakan merek-merek asal China mulai menekan posisi pabrikan lama seperti Jepang dan Korea.

    Dari penjualan sebanyak 635.844 unit sepanjang 10 bulan 2025, Toyota masih menjadi penguasa pasar dengan penjualan mencapai 202.376 unit, disusul oleh Daihatsu di posisi kedua dengan 107.090 unit. Dua merek ini tetap menjadi tulang punggung industri otomotif Indonesia berkat jaringan diler yang luas dan kepercayaan konsumen yang tinggi.

    Namun, pabrikan Jepang mulai mendapat tekanan dari merek-merek pendatang baru, terutama asal China. BYD mencatat penjualan spektakuler sebesar 30.670 unit, menyalip sejumlah merek besar seperti Hyundai dalam waktu singkat. Di bawahnya, Chery juga menunjukkan performa impresif dengan 16.720 unit, lebih tinggi dari penjualan pabrikan Korsel Hyundai yang berada di angka 16.594 unit.

    Padahal Hyundai sempat mencuri perhatian dengan model-model elektrifikasinya, namun kini harus puas berada di posisi ke-10 dengan 16.594 unit, terpaut tipis dari Chery. Kondisi ini menunjukkan bahwa merek China berhasil merebut minat konsumen Indonesia yang kini semakin terbuka terhadap mobil listrik dan teknologi baru.

    Tak hanya BYD dan Chery, merek China lain seperti Denza (6.967 unit), Aion (4.822 unit), dan Geely (2.021 unit) juga mulai menancapkan kuku di pasar Tanah Air. Sementara itu, Vinfast asal Vietnam ikut meramaikan pasar dengan penjualan 3.050 unit, menandakan mulai beragamnya peta persaingan otomotif regional di Indonesia.

    Dari sisi kendaraan niaga, merek Jepang masih mendominasi. Mitsubishi Fuso dan Isuzu mencatat penjualan masing-masing 20.263 unit dan 20.112 unit, sementara Hino masih bertahan dengan 14.403 unit. Namun, tren jangka menengah menunjukkan bahwa merek China berpotensi masuk ke segmen ini melalui kendaraan listrik komersial.

    Secara keseluruhan, peta pasar otomotif Indonesia saat ini menunjukkan perubahan signifikan. Dari total 20 merek terlaris, enam di antaranya berasal dari China dan terus mencatat pertumbuhan penjualan yang konsisten. Dominasi Jepang memang belum tergoyahkan, tetapi kebangkitan brand China jelas menjadi ancaman nyata.

    Dengan strategi agresif, harga kompetitif, dan fokus pada kendaraan listrik, pabrikan China kini menjelma menjadi pesaing serius di salah satu pasar otomotif terbesar di Asia Tenggara.

    Brand Mobil Terlaris Januari-Oktober 2025:

    1. Toyota 202.376 unit

    2. Daihatsu 107.090 unit

    3. Mitsubishi Motors 56.516 unit

    4. Honda 50.270 unit

    5. Suzuki 49.803 unit

    6. BYD 30.670 unit

    7. Mitsubishi Fuso 20.263 unit

    8. Isuzu 20.112 unit

    9. Chery 16.720 unit

    10. Hyundai 16.594 unit

    11. Hino 14.403

    12. Wuling 13.679

    13. Denza 6.967

    14. Aion 4.822

    15. Vinfast 3.050

    16. Mazda 2.571

    17. Geely 2.021

    18. Morris Garage 1.610

    19. UD Trucks 1.454

    20. Lexus 1.352.

    (dce)

    [Gambas:Video CNBC]

  • Mantap! Wuling Darion Rakitan Cikarang Bakal Diekspor

    Mantap! Wuling Darion Rakitan Cikarang Bakal Diekspor

    Jakarta

    MPV terbaru Wuling Darion EV dan Darion PHEV diklaim menjadi produk yang khusus dirancang buat pasar Indonesia dan juga telah diproduksi di Indonesia. Kabar baiknya, mobil penumpang 7-seater ini juga bakal diekspor.

    Sebagai informasi, mobil bernama lengkap Wuling Darion tersebut telah dirakit secara lokal di pabrik PT SGMW Motor Indonesia (Wuling) di Cikarang, Jawa Barat. Indonesia jadi negara pertama di dunia yang memperkenalkan Wuling Darion. Bahkan negara pembuatnya, China, belum meluncurkan mobil ini.

    “Wuling Darion ini spesifikasinya memang spesial untuk market Indonesia saja. Dan bahkan, di Tiongkok (China) saat ini belum di-launching resmi juga untuk yang setipe,” bilang Marketing Operation Director Wuling Motors Ricky Christian kepada wartawan di Spike Air Dome PIK2, Jakarta Utara (5/11).

    “Dan untuk TKDN (Tingkat Komponen Dalam Negeri) Darion saat ini sudah mencapai lebih dari 40%. Dari Indonesia karena Wuling sudah ekspor ke beberapa negara saat ini, maka kita juga lagi penjajakan juga untuk produk (Darion) ini bisa diekspor,” sambung Ricky.

    Sebagai informasi, Wuling Darion ditawarkan dalam dua varian powertrain, PHEV (Plug-in Hybrid) dan EV (listrik full baterai). Wuling Darion EV dijual mulai Rp 356 juta dan Wuling Darion PHEV dipasarkan mulai Rp 439 juta. Harga itu berstatus OTR Jakarta dan khusus buat 1.500 pembeli pertama.

    Sedikit mengulas spesifikasinya, Darion PHEV menggunakan mesin 1.500 cc dedicated hybrid dengan motor drive bertenaga 150 kW. Motor listrik di mobil ini bisa menempuh jarak hingga 125 km (CLTC), dan kombinasi mesin bensin + baterainya bisa menempuh jarak hingga lebih dari 1.000 km.

    Sementara untuk varian listrik full baterai alias BEV, Darion ditenagai drive motor 150 kW yang bisa menempuh jarak hingga 540 km (CLTC). Baterai mobil listrik ini bisa dicas 30%-80% dalam waktu 30 menit.

    (lua/din)

  • BYD Atto 3 Punya Jarak Lebih Jauh, Jakarta-Madiun Sekali Isi

    BYD Atto 3 Punya Jarak Lebih Jauh, Jakarta-Madiun Sekali Isi

    Jakarta

    BYD Atto 3 dilaporkan punya varian dengan jarak tempuh lebih jauh. Kemampuan terbaru mobil listrik itu bisa menempuh jarak Jakarta – Madiun sekali isi daya.

    Dicuplik dari Carnewschina, Senin (10/11/2025), BYD Atto 3, yang juga dikenal Yuan Plus untuk pasar China bakal memiliki baterai pack Blade (Lithium Ferro Phosphate) berkapasitas 74.88 kWh, meningkat dari kapasitas sebelumnya 60.48 kWh atau 49.92 kWh.

    Dengan baterai tersebut, BYD Atto 3 disebut memiliki jarak tempuh hingga 650 km, berdasarkan standar uji CLTC Tiongkok. Well, jika dihitung secara kasar bisa melibas Jakarta – Madiun yang berjarak 637 kilometer.

    Peningkatan performa yang diungkapkan oleh MIIT (Kementerian Perindustrian dan Teknologi Informasi Tiongkok) memperlihatkan BYD tidak hanya meningkatkan jangkauan, tetapi juga secara drastis meningkatkan performa model Atto 3.

    Salah satu bocorannya, BYD Atto 3 menggunakan motor listrik TZ200XYC yang juga digunakan pada BYD Seal. Di atas kertas, BYD Atto 3 memiliki daya 230 kW (setara 308 hp), sementara versi sebelumnya 150 kW (201 hp). Artinya ada peningkatan sebesar 80 kW atau sekitar 107 hp.

    Seiring dengan peningkatan daya, kecepatan puncak (top speed) mobil ini juga ikut ditingkatkan dari 160 km/jam menjadi 180 km/jam.

    BYD Atto 3 memiliki kenaikan bobot model terbaru menjadi 1.880 kg, atau 190 kg hingga 255 kg lebih berat dari model sebelumnya. Ini adalah dampak langsung dari peningkatan teknis yang masif.

    Di sisi lain, dimensi mobil ini masih sama dengan model sebelumnya. Panjang 4.455 mm, lebar 1.875 mm, tinggi 1.615 mm, dan jarak sumbu roda 2.720 mm.

    BYD tidak hanya meningkatkan baterai dan performa, tetapi juga sudah memastikan bahwa Atto 3 dilengkapi dengan fondasi teknologi bantuan mengemudi canggih (ADAS) di seluruh varian. BYD Atto 3 saat ini sudah dilengkapi dengan sistem “God’s Eye” C ADAS yang ditopang oleh 29 sensor, – termasuk 5 radar millimeter-wave dan 12 kamera HD.

    Prubahan lokasi charging port dari fender depan kanan ke fender belakang kanan adalah penyesuaian desain yang penting, meskipun mungkin terlihat kecil. Dalam konteks penggunaan sehari-hari, lokasi pengisian daya di belakang (seperti pada tutup tangki bensin) seringkali dianggap lebih praktis dan familiar bagi banyak pengemudi.

    (riar/din)

  • Daftar Harga Mobil BYD Terbaru, Paling Murah Segini

    Daftar Harga Mobil BYD Terbaru, Paling Murah Segini

    Jakarta

    Daftar harga mobil BYD terbaru belum mengalami ubahan. Mobil listrik asal China itu paling murah bisa dibawa pulang dengan mahar Rp 190 jutaan.

    BYD jadi raja mobil listrik di Indonesia. BYD jadi satu-satunya produsen mobil listrik yang bertengger di 10 daftar mobil terlaris Tanah Air. Penjualannya hingga September 2025 sudah tembus 21.314 unit. Harga menjadi salah satu faktor pemikat di samping fiturnya yang lengkap.

    Mobil listrik BYD itu bisa dibawa pulang mulai Rp 190 jutaan. Ya, pabrikan asal Shenzhen tersebut diketahui belum melakukan penyesuaian harga mobilnya yang dijual di Indonesia. Nah buat kamu yang mau beli mobil BYD, berikut ini daftar harga lengkapnya.

    Harga Mobil BYD Terbaru

    Harga BYD Atto 1

    Atto 1 Dynamic: Rp 195 jutaAtto 1 Premium: Rp 235 juta

    Harga BYD Dolphin

    Dynamic Standard Range: Rp 369 jutaPremium Extended Range: Rp 429 juta

    Harga BYD M6

    Standard (7 Seater): Rp 383 jutaSuper (7 Seater): Rp 423 jutaSuperior Captain (6 Seater): Rp 433 juta

    Harga BYD Atto 3

    Advanced Standard Range: Rp 470 jutaSuperior Extended Range: Rp 520 juta

    Harga BYD Seal

    Premium Extended Range: Rp 639 jutaPerformance (AWD): Rp 750 juta

    Harga BYD Sealion 7

    Premium: Rp 629 jutaPerformance: Rp 719 jutaSpesifikasi Mobil BYD

    Dengan harga bervariasi, setiap mobil BYD punya spesifikasi berbeda-beda. Jarak tempuhnya paling rendah 300 km dan yang terjauh tembus 650 km. Pertama ada BYD Atto 1 yang mengusung baterai 30,08 kWh dan 38,88 kWh. Jarak tempuhnya hingga 380 km. Selanjutnya BYD M6 ditawarkan dalam opsi baterai 55,4 kWh dengan jarak 420 km dan 72,8 kWh jarak tempuhnya 530 km. Kemudian BYD Atto 3 versi Advanced-STD dibekali baterai 49,92 kWh dengan jarak tempuh 410 km. Versi Extended Range menggendong baterai 60,48 KWh dan jaraknya 480 km.

    BYD Dolphin punya opsi baterai 44,9 kWh dan 60,48 kWh. Jarak tempuhnya masing-masing 410 km dan 490 km. BYD Seal dan Sealion 7 dilengkapi baterai dengan kapasitas 82,56 kWh namun jarak tempuhnya berbeda. BYD Seal menjanjikan jarak tempuh 580 km untuk varian Seal Performance (AWD) sedangkan varian Premium jarak tempuhnya 650 km.

    Terakhir ada Sealion 7 dengan jarak tempuh 542 km untuk varian Performance dan 567 km untuk varian Premium. Nah itu tadi spesifikasi mobil BYD. Untuk diketahui, mulai tahun depan, mobil BYD bakal diproduksi di Indonesia. Soal harganya, bisa jadi akan ada penyesuaian.

    (dry/din)

  • Insentif Akan Disetop, Masyarakat China ‘Panik’ Buru-buru Beli Mobil Listrik

    Insentif Akan Disetop, Masyarakat China ‘Panik’ Buru-buru Beli Mobil Listrik

    Jakarta

    China sedang menghadapi gelombang pembelian mobil listrik terbesar dalam beberapa tahun terakhir.

    Penyebabnya bukan peluncuran model baru, melainkan kabar bahwa insentif pajak penuh untuk kendaraan listrik akan dihentikan mulai 2026.

    Mulai 1 Januari 2026, pembebasan pajak penuh untuk kendaraan energi baru (NEV) akan berakhir.

    Sebagai gantinya, per tahun depan, pemerintah China hanya memberikan insentif pajak pembelian NEV sebesar 50 persen.

    Dilansir dari Car News China, masuknya masa tenggang insentif pajak penuh ini memicu lonjakan penjualan besar-besaran di dealer mobil listrik.

    Sejumlah showroom di China melaporkan peningkatan pesanan hingga 60 persen dibanding bulan biasanya. Situasi ini menciptakan salah satu sales rush terbesar sepanjang tahun, menurut laporan Sina Finance.

    Perlu diketahui bahwa saat ini, mobil listrik di China masih menikmati pembebasan pajak pembelian hingga 30.000 yuan atau sekitar Rp 67 juta.

    Namun setelah aturan baru berlaku, angka tersebut akan dipangkas menjadi maksimal 15.000 yuan atau sekitar Rp 33 juta.

    Langkah ini menandai transisi penting dalam strategi industri otomotif China. Pemerintah ingin mendorong pasar yang lebih berorientasi pada nilai dan inovasi, bukan sekadar perang harga.

    Asosiasi Dealer Mobil China mendukung langkah ini. Menurut mereka, kebijakan baru ini punya tujuan agar produsen fokus pada kualitas, bukan lagi pada subsidi.

    Untuk mencegah kepanikan konsumen, beberapa merek sudah meluncurkan program “jaminan selisih pajak”.

    Artinya, pembeli yang memesan mobil listrik sebelum akhir November tapi menerima unit di 2026 tetap akan mendapat kompensasi pajak penuh.

    Selain itu, aturan kelayakan untuk insentif juga diperketat. Mobil plug-in hybrid dan range extender kini wajib memiliki jarak tempuh listrik murni minimal 100 kilometer.

    Langkah ini disebut untuk menyaring model berteknologi rendah yang hanya mengejar insentif.

    (mhg/rgr)

  • PLN resmikan SPKLU Center pertama di Jatim

    PLN resmikan SPKLU Center pertama di Jatim

    Surabaya (ANTARA) – PT PLN (Persero) meresmikan Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) Center pertama di Jawa Timur yang berlokasi di Kantor PLN Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan (UP3) Surabaya Selatan.

    “SPKLU center merupakan langkah strategis untuk memperkuat pertumbuhan ekosistem kendaraan listrik, begitu pula dengan pemilihan lokasi yang tepat yakni di Surabaya yang mana animo pengguna kendaraan listrik cukup tinggi,” kata General Manager PLN UID Jawa Timur Ahmad Mustaqir di Surabaya, Minggu.

    Ahmad mengatakan peresmian SPKLU merupakan bentuk nyata dukungan kami PLN grup terhadap kebijakan Perpres Nomor 79 tahun 2023 tentang Percepatan Program Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai (KBLBB).

    Ia mencatat, jumlah mobil listrik di Jawa Timur mencapai 3.500 unit naik secara signifikan 166,57 persen semakin meyakinkan bahwa tren transisi energi sudah menjadi keniscayaan.

    Direktur Retail dan Niaga PT PLN (Persero) Adi Priyanto menyatakan SPKLU Center Surabaya ini merupakan yang keempat di seluruh Indonesia dan merupakan bagian dari komitmen PLN untuk mewujudkan kemandirian energi melalui penggunaan kendaraan listrik yang ramah lingkungan.

    “Ada tiga quick win dalam penggunaan kendaraan listrik mulai dari biaya operasional yang lebih murah hingga sepertiga dibanding kendaraan konvensional, efisiensi energi yang tinggi, dan kontribusi nyata terhadap kelestarian lingkungan,” kata Adi.

    SPKLU Center ini memiliki 10 slot parkir khusus mobil listrik dengan empat unit pengisian daya tipe ultra fast charging (100-200 kW) dan dua unit pengisian daya tipe medium charging (22 kW).

    SPKLU tersebut pun dilengkapi fasilitas cafe, sport center dan musholla untuk menjawab kebutuhan tinggi tren pertumbuhan ekosistem kendaraan listrik.

    PLN mencatat konsumsi energi kWh di SPKLU yang naik 329,12 persen pada Oktober (yoy).

    Selain SPKLU Center, PLN telah memasifkan fasilitas dan infrastruktur kendaraan listrik yakni tercatat saat ini terdapat 280 unit SPKLU di 150 lokasi tersebar di berbagai wilayah Jawa Timur.

    Kepala Dinas ESDM Jawa Timur Aris Mukiyono menuturkan peresmian SPKLU Center merupakan tonggak sejarah dalam perjalanan transisi energi di Jawa Timur.

    “Inisiatif ini merupakan wujud nyata komitmen bersama dalam mengurangi emisi karbon dari sektor transportasi yang selama ini menyumbang emisi signifikan,” ujarnya.

    Pewarta: Astrid Faidlatul Habibah
    Editor: Biqwanto Situmorang
    Copyright © ANTARA 2025

    Dilarang keras mengambil konten, melakukan crawling atau pengindeksan otomatis untuk AI di situs web ini tanpa izin tertulis dari Kantor Berita ANTARA.

  • Rayakan HUT ke-14, NasDem Gelar Fun Walk hingga Aksi Sosial dan Bagikan Sembako

    Rayakan HUT ke-14, NasDem Gelar Fun Walk hingga Aksi Sosial dan Bagikan Sembako

    Liputan6.com, Jakarta – Ribuan kader Partai NasDem mengikuti kegiatan Fun Walk HUT ke-14 partai yang digelar Minggu (9/11/2025) pagi tadi.

    Para peserta dari berbagai daerah datang ke Jakarta, menandakan semangat kebersamaan dan perubahan sebagaimana jiwa dari partai restorasi tersebut.

    Ketua Panitia Fun Walk Nova Paloh menyampaikan, kegiatan kali ini bukan hanya sekedar olahraga pagi, melainkan simbol soliditas dan energi positif keluarga besar Nasdem di seluruh Indonesia.

    “Funwalk ini bukan sekadar jalan sehat, tapi langkah nyata untuk menyatukan hati seluruh kader dari DPP, DPW, hingga fungsionaris partai. Kita ingin menunjukkan bahwa NasDem bukan hanya bicara politik, tapi juga peduli pada kehidupan yang sehat dan bermakna,” tutur Nova kepada wartawan, Minggu (9/11/2025).

    Dia menjelaskan, kegiatan ini menjadi bagian dari rangkaian perayaan HUT ke-14 Partai NasDem, yang sejak awal telah diisi berbagai aksi sosial, seperti pengobatan gratis, donor darah, dan pembagian sembako untuk masyarakat. Fun Walk dilakukan dari depan Gedung DPP Partai NasDem, dimulai sejak pukul 06.40 WIB.

    “Dari pengobatan gratis sampai jalan sehat, semua adalah bentuk kepedulian kita. Karena bagi NasDem, politik harus membawa manfaat langsung bagi masyarakat,” papar Nova.

    Dia menjabarkan, terdata lebih dari 1.000 peserta memadati area kegiatan Fun Walk.

    Selain itu, kata Nova, mereka juga disuguhkan aneka hadiah, mulai dari sepeda listrik, televisi, kulkas, hingga grand prize mobil listrik Wuling EV sebagai simbol komitmen partai terhadap energi bersih dan masa depan ramah lingkungan.

    “Kita ingin kegiatan ini juga menginspirasi gaya hidup sehat dan berkelanjutan. Jadi bukan hanya sehat jasmani, tapi juga sadar akan perubahan menuju masa depan hijau,” terang dia.

     

    Di hari yang sama dengan sidang kasus suap Sekjen PDIP, Hasto Kristiyanto yang menyebut Joko Widodo. Sang Presiden ketujuh justru duduk satu meja dengan Ketua DPP PDIP, Puan Maharani. Di antara keduanya, ada Ketum Partai Nasdem, Surya Paloh dan duduk…

  • Segini Kekayaan Elon Musk Saat Paket Gaji Rp 16.000 T Disetujui

    Segini Kekayaan Elon Musk Saat Paket Gaji Rp 16.000 T Disetujui

    Jakarta

    Total kekayaan bersih Elon Musk justru melorot usai para pemegang saham Tesla menyetujui paket gaji US$ 1 triliun atau sekitar Rp 16.685 triliun (asumsi kurs Rp 16.685). Meski begitu, Elon Musk berada diurutan pertama orang terkaya di dunia versi Forbes.

    Mengutip data kekayaan di Forbes, Elon Musk memiliki total kekayaan bersih mencapai US$ 482,2 miliar atau sekitar Rp 8.045 triliun per 8 November 2025. Namun total kekayaan pria kelahiran Austin Texas ini justru melorot berdasarkan data Forbes pada Kamis (6/11), yakni sebesar US$ 491,4 miliar.

    Menurut Forbes, Elon Musk menjadi orang pertama yang diperkirakan memiliki kekayaan bersih sebesar US$ 500 miliar. Sementara pada awal tahun ini, kekayaan bersihnya telah mencapai US$ 400 miliar seiring kenaikan saham Tesla sebesar 20% sepanjang tahun.

    Elon Musk saat ini masih menjadi orang terkaya nomor satu di dunia. Adapun setelah Elon Musk, orang terkaya kedua di dunia adalah Larry Ellison dengan total kekayaan bersih US$ 293,5 miliar. Sementara di urutan ketiga, diisi oleh Jeff Bezos dengan total kekayaan bersih sebesar US$ 254,5 miliar.

    Berdasarkan catatan detikcom sebelumnya, diketahui Elon Musk mendapatkan dukungan mayoritas pemegang saham Tesla untuk paket gaji terbesar dalam sejarah, nilainya tembus US$ 1 triliun. Hal tersebut diputuskan dalam rapat pemegang saham yang digelar Kamis (6/11/2025) kemarin.

    Proposal tersebut disetujui dengan dukungan lebih dari 75% pemegang saham. Hasil pemungutan suara ini dinilai sangat penting bagi masa depan Tesla dan valuasinya, yang bergantung pada visi Elon untuk membuat kendaraan yang dapat mengemudi sendiri, menciptakan jaringan robotaxi di seluruh AS, dan menjual robot humanoid.

    Selain produsen mobil listrik Tesla, Elon Musk juga mendirikan SpaceX pada tahun 2002. Perusahaan ini ditaksir bernilai US$ 400 miliar berdasarkan penawaran tender pribadi pada bulan Agustus 2025. Forbes memperkirakan Elon Musk memiliki 42% saham SpaceX.

    Kemudian pada 2022, Elon Musk membeli perusahaan media sosial Twitter dalam kesepakatan senilai US$ 44 miliar. Ia menggabungkan perusahaan tersebut dengan xAI pada bulan Maret, sehingga nilai perusahaan gabungan tersebut mencapai US$ 113 miliar.

    (acd/acd)

  • HUT ke-14 NasDem, Ribuan Kader Jalan Sehat Rayakan Solidaritas dan Kepedulian Sosial

    HUT ke-14 NasDem, Ribuan Kader Jalan Sehat Rayakan Solidaritas dan Kepedulian Sosial

    FAJAR.CO.ID, JAKARTA — Suasana pagi Jakarta pada Minggu (9/10) dipenuhi lautan warna biru. Ribuan kader Partai NasDem tumpah ruah di jalanan, melangkah bersama dalam Funwalk HUT ke-14 Partai NasDem yang berlangsung meriah. Di bawah semangat “Seribu langkah, sejuta semangat”, acara ini bukan hanya sekadar kegiatan olahraga, tetapi juga simbol dari solidaritas, kebersamaan, dan semangat perubahan yang menjadi napas partai restorasi tersebut.

    Ketua Panitia Funwalk, Nova Paloh, menegaskan bahwa kegiatan ini bukan sekadar ajang seremonial tahunan. Lebih dari itu, Funwalk menjadi simbol penyatuan hati seluruh kader NasDem dari berbagai tingkatan, dari DPP hingga DPW.

    “Funwalk ini bukan sekadar jalan sehat, tapi langkah nyata untuk menyatukan hati seluruh kader dari DPP, DPW, hingga fungsionaris partai. Kita ingin menunjukkan bahwa NasDem bukan hanya bicara politik, tapi juga peduli pada kehidupan yang sehat dan bermakna,” ujar Nova.

    Acara ini merupakan bagian dari rangkaian perayaan HUT ke-14 Partai NasDem, yang sejak awal diisi dengan berbagai kegiatan sosial seperti pengobatan gratis, donor darah, dan pembagian sembako bagi masyarakat. Menurut Nova, ulang tahun partai bukan sekadar perayaan, melainkan momentum untuk menunjukkan kehadiran nyata partai di tengah rakyat.

    “Dari pengobatan gratis sampai jalan sehat, semua adalah bentuk kepedulian kita. Karena bagi NasDem, politik harus membawa manfaat langsung bagi masyarakat,” tuturnya.

    Lebih dari seribu peserta memadati area kegiatan sejak pagi. Tak hanya berjalan santai, peserta juga disuguhi berbagai hiburan dan hadiah menarik — mulai dari sepeda listrik, televisi, kulkas, hingga grand prize mobil listrik Wuling EV, simbol komitmen NasDem terhadap energi bersih dan masa depan ramah lingkungan.

  • Mesin Daihatsu Rocky Hybrid Bisa Dipasang ke Xenia

    Mesin Daihatsu Rocky Hybrid Bisa Dipasang ke Xenia

    Osaka

    Apa jadinya jika Daihatsu Xenia disuntik teknologi hybrid ala Rocky?

    Tim detikcom berkesempatan langsung datang ke markas Daihatsu Motor Corporation (DMC) di Osaka, Jepang, dan membawa bocoran menarik soal hal ini.

    Jurnalis Indonesia bersama Astra Daihatsu Motor mengunjungi markas Daihatsu Motor Corporation dan membedah teknologi Rocky Hybrid langsung bersama insinyurnya. Foto: dok. Astra Daihatsu Motor

    Chief Engineer Product Planning Division of Daihatsu Motor Co., Ltd., Hiroyuki Tokura, mengungkap bahwa teknologi e-Smart Hybrid yang digunakan pada Rocky Hybrid bisa saja dipasang ke model Daihatsu lain.

    Ia menegaskan sistem tersebut secara teknikal tidak terbatas hanya untuk kendaraan dua baris.

    “Secara teknikal point of view-nya dan teknologinya bisa (digunakan model lain),” kata Tokura saat ditemui di Ikeda, Osaka, Jepang beberapa waktu lalu.

    Namun saat disinggung soal kemungkinan penerapannya di Daihatsu Xenia, Tokura tidak langsung mengonfirmasi atau menepis kemungkinan tersebut.

    “Bisa untuk model lain Daihatsu,” tegasnya.

    Teknologi e-Smart Hybrid yang dimaksud Tokura merupakan sistem hybrid seri (series hybrid), di mana motor listrik menjadi penggerak utama roda, sementara mesin bensin berperan sebagai generator yang menghasilkan listrik untuk motor.

    Dengan kemampuan platform e-Smart Hybrid yang fleksibel, peluang teknologi ini digunakan di model tiga baris seperti Xenia terbuka lebar.

    Apalagi, Xenia masih menjadi salah satu tulang punggung penjualan Daihatsu di Indonesia. Kehadirannya dalam versi hybrid akan menjadi langkah penting menuju elektrifikasi di segmen MPV keluarga.

    Perlu diingat bahwa teknologi macam ini sudah ada di Indonesia lewat Daihatsu Rocky Hybrid. Model ini mengusung mesin 1.2 liter tiga silinder yang dikombinasikan dengan motor listrik bertenaga 106 PS dan torsi 170 Nm.

    Efisiensi bahan bakarnya diklaim bisa mencapai lebih dari 28 km per liter bahkan bisa saja di atas 30-an km per liter menurut pengujian.

    Sistem ini dikenal responsif karena torsi motor listrik langsung tersedia begitu pedal gas ditekan, sekaligus menjaga konsumsi bahan bakar tetap hemat.

    Daihatsu mengenalkan varian terbaru Xenia di ajang GIIAS 2024. Diberi nama Daihatsu Xenia ADS X, ini merupakan varian tertinggi dari MPV laris itu. Foto: Andhika Prasetia

    Tanggapan Astra Daihatsu Motor

    Saat dikonfirmasi lebih lanjut, PT Astra Daihatsu Motor (ADM) belum bisa bicara banyak mengenai rencana menghadirkan Xenia Hybrid. Marketing Director ADM, Sri Agung Handayani, belum memberikan komentar lebih rinci terhadap model tersebut.

    “Ya nanti ditunggu saja bagaimana nanti ke ke depannya,” ujarnya kepada detikcom di Osaka, Jepang.

    Agung juga menjelaskan bahwa teknologi series hybrid ini dianggap paling cocok untuk masyarakat Indonesia saat ini. Sebab bisa merasakan sensasi berkendara bak mobil listrik murni, senyap dan torsinya besar di awal, namun tidak perlu dicas.

    “Tapi kita memang sangat kuat (karena) memiliki (teknologi) series hybrid ini dibandingkan (pabrikan) yang lain,” sambung Agung.

    Saat ini, ADM juga tengah membuka peluang produksi lokal untuk model hybrid, seperti Rocky, di Indonesia.

    Sebelumnya, Daihatsu sempat mengisyaratkan bahwa pabrik Karawang sudah siap untuk menyesuaikan diri dengan tren elektrifikasi, tergantung dari arah kebijakan dan permintaan pasar.

    Bocoran dari Osaka ini memberi sinyal kuat bahwa transisi menuju era hybrid di segmen MPV keluarga hanya tinggal menunggu waktu.

    (mhg/rgr)