Transportasi: LRT Jabodebek

  • LRT Jabodebek catat 2 juta pengguna pada November 2024

    LRT Jabodebek catat 2 juta pengguna pada November 2024

    Jakarta (ANTARA) – LRT Jabodebek mencatatkan total 2.033.103 pengguna pada bulan November 2024, dengan rata-rata jumlah pengguna pada hari kerja mencapai 83.609 orang.

    Sementara pada akhir pekan tercatat 36.096 pengguna, serta pada 26 November 2024, LRT Jabodebek mencatatkan rekor jumlah pengguna harian tertinggi sejak diresmikan pada 28 Agustus 2023, dengan total mencapai 94.172 pengguna.

    Manager Public Relations LRT Jabodebek, Mahendro Trang Bawono di Jakarta, Kamis menyatakan angka ini menunjukkan bahwa LRT Jabodebek telah menjadi pilihan masyarakat dalam memenuhi kebutuhan transportasi yang efisien, nyaman dan dapat diandalkan.

    “Hal ini memotivasi LRT Jabodebek untuk terus berinovasi dan memastikan layanan tetap menjadi pilihan bagi masyarakat Jabodebek,” katanya.

    Dikatakan dia, sebagai bagian dari upaya untuk memenuhi kebutuhan masyarakat, LRT Jabodebek menambah 10 perjalanan pada akhir pekan mulai 23 November 2024. Penambahan ini bertujuan untuk memberikan lebih banyak fleksibilitas bagi para pengguna, terutama pada akhir pekan yang semakin ramai.

    Selain itu, pihaknya berhasil mempertahankan ketepatan waktu yang baik, dengan angka 98,68 persen pada bulan November, lebih tinggi dibandingkan pada bulan Oktober yakni 98,32 persen.

    Lebih lanjut, bulan November juga menjadi momen penting dengan peresmian naming right Stasiun Dukuh Atas menjadi Stasiun Dukuh Atas BNI.

    Langkah ini juga menandakan bahwa LRT Jabodebek semakin dikenal sebagai mitra strategis dalam kerjasama branding, dengan berbagai peluang kemitraan yang terbuka untuk mendukung pengembangan lebih lanjut.

    Ia mengatakan, dengan komitmen untuk terus meningkatkan pelayanan, LRT Jabodebek berharap dapat memberikan kontribusi yang lebih besar terhadap mobilitas masyarakat Jabodetabek dan mendorong lebih banyak orang untuk beralih ke transportasi umum yang lebih ramah lingkungan.

    Pewarta: Ahmad Muzdaffar Fauzan
    Editor: Biqwanto Situmorang
    Copyright © ANTARA 2024

  • Erick Thohir: KA Bandara Bakal Tersambung ke LRT Jabodebek – Page 3

    Erick Thohir: KA Bandara Bakal Tersambung ke LRT Jabodebek – Page 3

    Selain peningkatan konektivitas, Erick juga membahas pembatalan proyek Terminal 4 Bandara Soekarno-Hatta senilai Rp14 triliun.

    Dana tersebut dialihkan untuk penataan ulang Terminal 1, 2, dan 3, dengan fokus pada kenyamanan penumpang dan pengembangan terminal khusus keberangkatan haji dan umrah.

    “Rencana pembangunan Terminal 4 telah dibatalkan. Sebagai gantinya, dana Rp1 triliun digunakan untuk menata terminal yang sudah ada agar lebih representatif,” jelas Erick.

    Ia menyoroti pentingnya memberikan fasilitas yang sesuai dengan kebutuhan penumpang, termasuk jemaah haji dan umrah.

    “Kasihan saudara-saudara kita yang mau haji dan umrah kalau ditempatkan di lokasi yang kurang representatif. Layout terminal harus diatur agar mendukung tujuan ibadah mereka,” tambahnya.

    Selain itu, Erick juga memastikan bahwa fasilitas penumpang disesuaikan dengan kelas layanan masing-masing, seperti low-cost carrier, premium, maupun penerbangan ibadah.

    “Semua fasilitas harus terintegrasi, menciptakan persepsi yang baik bagi pengguna,” pungkasnya.

  • LRT Jabodebek Catat Rekor Pengguna Harian di November 2024 – Page 3

    LRT Jabodebek Catat Rekor Pengguna Harian di November 2024 – Page 3

    Liputan6.com, Jakarta LRT Jaodebek mencatatkan total 2.033.103 pengguna pada November 2024. Rata-rata jumlah pengguna pada hari kerja mencapai 83.609, sementara pada akhir pekan tercatat 36.096 pengguna LRT Jabodebek.

    Pada 26 November 2024, LRT Jabodebek mencatatkan rekor jumlah pengguna harian tertinggi sejak diresmikan pada 28 Agustus 2023, dengan total 94.172 pengguna.

    Manager Public Relations LRT Jabodebek Mahendro Trang Bawono mengatakan, pihaknya juga menambah 10 perjalanan pada akhir pekan mulai 23 November 2024.

    “Penambahan ini bertujuan memberikan lebih banyak fleksibilitas bagi para pengguna, terutama pada akhir pekan yang semakin ramai,” ujar Mahendro, Kamis (5/12/2024).

    Ketepatan Waktu

    Selain itu, LRT Jabodebek berhasil mempertahankan ketepatan waktu yang baik. Dengan angka 98,68 persen pada November, lebih tinggi dibandingkan 98,32 persen pada Oktober.

    Adapun tiga stasiun dengan jumlah pengguna terbanyak pada November 2024, yakni Stasiun Dukuh Atas BNI, Harjamukti, dan Kuningan.

    Stasiun Dukuh Atas BNI mencatatkan 312.364 pengguna tap in dan 276.789 pengguna tap out, disusul Stasiun Harjamukti dengan 231.860 pengguna tap in dan 240.456 pengguna tap out, serta Stasiun Kuningan dengan 186.180 pengguna tap in dan 178.908 pengguna tap out.

     

  • 643.290 Tiket Kereta Jarak Jauh Terjual untuk Libur Nataru

    643.290 Tiket Kereta Jarak Jauh Terjual untuk Libur Nataru

    Jakarta, Beritasatu.com – PT Kereta Api Indonesia (KAI) mencatat sebanyak 643.290 tiket kereta api jarak menengah dan jauh telah terjual untuk periode libur Natal 2024 dan Tahun Baru 2025 (Nataru). Angka ini mencakup 23,22% dari total kapasitas tempat duduk yang disediakan oleh KAI, yaitu 2.770.864 kursi.

    “Jumlah tiket kereta untuk  libur Nataru yang terjual ini adalah data sampai hari Senin, 2 Desember 2024. Penjualan masih berlangsung sehingga angka ini akan terus berubah dan bertambah,” ujar VP Public Relations KAI, Anne Purba, di Jakarta dilansir dari Antara, Selasa (3/12/2024).

    Anne menjelaskan KAI Group telah menyediakan total 44.754.280 tempat duduk untuk melayani berbagai perjalanan selama periode 19 Desember 2024 hingga 5 Januari 2025. Perincian kapasitas tersebut meliputi 3.572.588 kursi untuk kereta api jarak jauh KAI, 35.407.300 kursi untuk layanan KAI Commuter, 4.142.520 kursi untuk LRT Jabodebek, 588.304 kursi untuk LRT Sumsel, 487.728 kursi untuk KAI Bandara, dan 519.264 kursi untuk Kereta Cepat Indonesia-China (KCIC).

    “Kami berharap masyarakat segera memesan tiket kereta untuk Nataru agar liburan akhir tahun dapat direncanakan dengan lebih baik,” tambah Anne.

    Untuk mempermudah pemesanan tiket kereta untuk Nataru, KAI menyediakan layanan digital melalui aplikasi Access by KAI. 

  • KAI Siapkan 44,7 Juta Tempat Duduk untuk Angkutan Libur Natal dan Tahun Baru – Page 3

    KAI Siapkan 44,7 Juta Tempat Duduk untuk Angkutan Libur Natal dan Tahun Baru – Page 3

    Liputan6.com, Jakarta – PT Kereta Api Indonesia (KAI) Group telah menyiapkan 44.754.280 tempat duduk untuk angkutan Natal 2024 dan Tahun Baru 2025 guna memastikan kenyamanan dan kelancaran perjalanan bagi penumpang selama masa liburan.

    “Jelang libur Natal dan Tahun Baru 2024/2025 yang berlangsung pada 19 Desember 2024 hingga 5 Januari 2025, KAI Group menyediakan total 44.754.280 tempat duduk,” kata Vice President Public Relations KAI Anne Purba dalam keterangannya di Jakarta, Minggu (1/12/2024).

    Anne merinci bahwa jumlah tempat duduk tersebut terdiri dari 3.572.588 untuk penumpang KAI, 35.407.300 untuk KAI Commuter, 4.142.520 untuk LRT Jabodebek, 588.304 untuk LRT Sumsel, 7.416 untuk KAI Wisata, 487.728 untuk KAI Bandara, 29.160 untuk KA Makassar-Parepare, dan 519.264 untuk KCIC.

    Ia juga menjelaskan bahwa KAI Group telah menyiapkan total 40.782 perjalanan kereta api selama periode tersebut. Rinciannya adalah 7.328 perjalanan kereta api yang dikelola KAI, 23.204 perjalanan KAI Commuter, 1.872 perjalanan KAI Bandara, 5.598 perjalanan LRT Jabodebek, 1.772 perjalanan LRT Sumsel, 36 perjalanan yang dikelola KAI Wisata, 108 perjalanan KA Makassar-Parepare, dan 864 perjalanan Whoosh oleh KCIC.

    Hingga 1 Desember 2024 pukul 07.00 WIB, tercatat sebanyak 613.079 tiket kereta jarak jauh dan menengah telah terjual untuk periode 19 Desember 2024 hingga 5 Januari 2025, atau 22,13 persen dari total 2.770.864 tempat duduk yang tersedia.

    Penjualan tiket tertinggi untuk arus keberangkatan terjadi pada H-4 (21 Desember 2024) dengan total 46.887 tiket, sedangkan untuk arus balik tertinggi terjadi pada H+4 (29 Desember 2024) dengan total 45.425 tiket.

    Anne menambahkan bahwa angka tersebut masih akan terus berubah dan bertambah karena penjualan tiket masih berlangsung.

    “KAI berharap masyarakat dapat segera memesan tiket dan merencanakan liburan dengan matang karena tiket KA masa Nataru masih cukup banyak tersedia,” ujar Anne. dilansir dari Antara.

     

  • Erick Thohir: KA Bandara Bakal Tersambung ke LRT Jabodebek – Page 3

    Kapan LRT Jabodebek Sampai Bogor? Ini Bocorannya – Page 3

     

    Liputan6.com, Jakarta – Penumpang LRT Jabodebek terus meningkat dan mampu mencetak rekor tertinggi pada Oktober kemarin sejak pertama kali beroperasi pada 28 Agustus 2023. Pada Oktober 2024, LRT Jabodebek melayani total 2.204.785 pengguna, meningkat 13 persen atau 251.690 pengguna dibandingkan bulan September.

    Rata-rata pengguna harian LRT Jabodebek pada hari kerja tercatat sebanyak 81.327, naik 1,6 persen dari bulan lalu. Sementara akhir pekan semakin ramai dengan rata-rata 41.784 pengguna, melonjak 18 persen.

    Dari segi operasional, LRT Jabodebek juga menunjukan performa lebih baik. Ketepatan waktu naik menjadi 98,32 persen pada Oktober, sedikit lebih tinggi dibandingkan bulan September yang mencapai 98,31 persen.

    Dengan perkembangan positif jumlah pengguna tersebut, sebagian besar masyarakat berharap adanya perpanjangan rute LRT Jabodebek hingga ke wilayah Bogor. Lantas kapan hal itu bisa terwujud?

    Manager Public Relations LRT Jabodebek Mahendro Trang Bawono menjelaskan, rencana perpanjangan rute KRL Jabodebek hingga ke Bogor sudah dalam tahap pembahasan oleh Kementerian Perhubungan.

    “Dengan pembahasannya sih baru sampai kementerian terkait,” ujar Mahendro kepada awak media di Ayana Mid Plaza, Jakarta, Kamis (28/11/2024).

    Meski demikian, pihaknya mengaku belum memperoleh informasi lebih lanjut terkait hasil pembahasan tersebut. Saat ini, pihaknya masih fokus untuk meningkatkan layanan LRT Jabodebek seiring meningkatnya jumlah penumpang.

    “Cuma hasilnya apa kami belum update lagi,” singkat Mahendro menutup perbincangan.

    Reporter: Sulaeman

    Sumber: Merdeka.com

  • Naik LRT Jabodebek Maksimal Rp 10.000 saat Libur Pilkada

    Naik LRT Jabodebek Maksimal Rp 10.000 saat Libur Pilkada

    Foto Bisnis

    Antara Foto/Idlan Dziqri Mahmudi – detikFinance

    Rabu, 27 Nov 2024 20:00 WIB

    Jakarta – LRT Jabodebek menerapkan operasional pola akhir pekan dengan tarif murah pada momen Pilkada 2024. LRT Jabodebek memberlakukan tarif promo maksimal Rp10 ribu.

  • Besok Pilkada Serentak, Tarif LRT Jabodebek Maksimal Rp10.000

    Besok Pilkada Serentak, Tarif LRT Jabodebek Maksimal Rp10.000

    Bisnis.com, JAKARTA – LRT Jabodebek akan mengoperasikan pola akhir pekan (weekend) dengan 270 perjalanan dengan tarif maksimal Rp10.000 saat Pilkada serentak besok, Rabu (27/11/2024). 

    Manager Public Relations LRT Jabodebek Mahendro Trang Bawono mengatakan dalam rangka mendukung pelaksanaan Pilkada serentak pada Rabu, 27 November 2024, pemerintah telah menetapkan hari tersebut sebagai libur nasional.

    Sejalan dengan itu, LRT Jabodebek akan mengoperasikan pola weekend dengan 270 perjalanan, serta tarif yang lebih terjangkau—mulai dari Rp 5.000 hingga maksimal hanya Rp 10.000.

    Sebagai informasi, tarif maksimal Rp 10.000 ini merupakan tarif LRT Jabodebek pada saat akhir pekani. Sedangkan pada hari kerja, tarif yang berlaku mulai dari Rp 5.000 hingga maksimal Rp 20.000. 

    “Kebijakan tarif ini dirancang untuk memberikan kemudahan bagi masyarakat dalam memilih moda transportasi yang hemat biaya dan tetap nyaman di berbagai kondisi,” kata Mahendro dalam keterangan resmi, Selasa (26/11/2024). 

    Adapun jadwal keberangkatan pertama pada relasi LRT Jabodebek selama libur nasional Pilkada adalah sebagai berikut:

    • Dukuh Atas BNI – Harjamukti: pukul 06.28 WIB

    • Dukuh Atas BNI – Jatimulya: pukul 06.21 WIB

    • Harjamukti – Dukuh Atas BNI: pukul 05.35 WIB

    • Jatimulya – Dukuh Atas BNI: pukul 05.25 WIB

    Sementara keberangkatan terakhir selama libur nasional Pilkada adalah sebagai berikut:

    • Dukuh Atas BNI – Harjamukti: pukul 22.39 WIB

    • Dukuh Atas BNI – Jatimulya: pukul 22.31 WIB

    • Harjamukti – Dukuh Atas BNI: pukul 21.46 WIB

    • Jatimulya – Dukuh Atas BNI: pukul 22.13 WIB

    Mahendro Trang Bawono mengklaim bahwa kebijakan ini diambil untuk memudahkan masyarakat dalam menjalankan hak pilih mereka dengan memanfaatkan moda transportasi massal yang terjangkau.

    “Dengan tarif maksimal hanya Rp 10.000, kami ingin memastikan LRT Jabodebek menjadi pilihan masyarakat pada hari libur nasional. Kami berharap langkah ini tidak hanya mendukung mobilitas yang nyaman dan aman, tetapi juga meringankan masyarakat yang bepergian selama Pilkada,” ujar Mahendro.

  • KAI selamatkan aset negara berupa tanah-bangunan senilai Rp1 triliun

    KAI selamatkan aset negara berupa tanah-bangunan senilai Rp1 triliun

    Kerjasama tersebut tentunya sangat penting dalam memastikan proses penertiban berjalan lancar dan efektif

    Jakarta (ANTARA) – PT Kereta Api Indonesia (KAI) berhasil menyelamatkan aset negara berupa tanah dan bangunan senilai Rp1 triliun selama periode Januari hingga November 2024, sebagai upaya menjaga dan mengelola kekayaan negara secara optimal.

    “Dari Januari hingga 18 November 2024 KAI berhasil menertibkan aset lahan dan bangunan perusahaan seluas 775.069,39 m2 dengan nilai Rp1.007.491.607.828,” kata Vice President Public Relations KAI Anne Purba di Jakarta, Sabtu.

    Anne menyampaikan bahwa KAI berkomitmen menjaga seluruh aset berupa tanah dan bangunan yang diamanahkan pemerintah. Upaya ini merupakan bagian dari tanggung jawab KAI dalam mengelola dan mengoptimalkan aset negara.

    “Selain bergerak di jasa angkutan kereta api, KAI juga terus mengoptimalkan aset berupa tanah dan bangunan yang dimilikinya melalui berbagai bentuk kerja sama komersial,” ujar Anne.

    Dia menyebutkan, pada tahun 2022 KAI berhasil menertibkan 933.058,21 m2 lahan dan bangunan perusahaan dengan nilai aset Rp1.696.107.018.408.

    Kemudian pada tahun 2023 KAI kembali berhasil menertibkan lahan dan bangunan seluas 729.680,32 m2 senilai Rp2.086.050.525.471.

    Menurutnya, kinerja penertiban aset KAI merupakan hasil kolaborasi yang solid antara KAI dan berbagai pemangku kepentingan terkait seperti pemerintah, BPN, Kejaksaan, TNI, Kepolisian, serta pihak terkait lainnya.

    “Kerjasama tersebut tentunya sangat penting dalam memastikan proses penertiban berjalan lancar dan efektif,” tutur Anne.

    Dengan langkah-langkah yang diambil tersebut, KAI berharap dapat terus meningkatkan pengelolaan aset dan memberikan kontribusi positif bagi negara serta masyarakat.

    Ia menerangkan, dalam empat tahun sejak pandemi COVID-19 serta tambahan amanah proyek penugasan lain berupa memimpin penyelesaian proyek kereta cepat Jakarta – Bandung, aset KAI tumbuh sangat signifikan hingga 53 persen, yakni menjadi Rp81,37 triliun pada akhir tahun 2023.

    “Secara rata-rata, total aset KAI tumbuh 15,23 persen per tahun sejak tahun 2020, dan kedepannya pertumbuhan ini akan terus terjaga seiring dengan kenaikan operasional KAI di masa mendatang,” jelas Anne.

    Lebih lanjut, Anne menjelaskan, pertumbuhan aset KAI didorong oleh keinginan perusahaan untuk terus melakukan investasi khususnya peningkatan kualitas aset tetap berupa peremajaan armada sarana lokomotif, kereta, gerbong hingga fasilitas prasarana stasiun di seluruh wilayah operasi.

    Selain melakukan beragam investasi, KAI juga berupaya meningkatkan nilai aset yang dimiliki dengan beragam upaya komersialisasi seperti membuka kesempatan bagi perusahaan-perusahaan untuk bekerja sama dalam program branding di stasiun, kereta dan hak penamaan (naming rights) seluruh wilayah KAI Group Jawa dan Sumatera.

    Anne mengatakan, saat ini KAI memiliki total 569 Stasiun yang tersebar di Pulau Jawa dan Sumatera dengan rata-rata 320 perjalanan KA JJ dan KA Lokal yang dikelola KAI, 14 perjalanan KA Lokal yang dikelola KAI Commuter dan 42 perjalanan KA Bandara.

    Saat ini KAI telah berkontrak dengan berbagai perusahaan untuk naming rights/hak penamaan di empat stasiun seperti Stasiun Semarang Tawang Bank Jateng, Stasiun BNI City, Stasiun LRT Jabodebek Pancoran Bank BJB, dan Stasiun LRT Jabodebek Dukuh Atas BNI.

    “Upaya komersialisasi aset ini tentunya akan memberikan kontribusi bagi KAI dan negara. Melalui berbagai kerja sama komersial yang dilakukan, KAI tidak hanya memperkuat pendapatan perusahaan tetapi juga memberikan kontribusi berupa pajak dan dividen,” kata Anne.

    KAI berterima kasih kepada seluruh pihak yang mendukung proses penertiban aset pertanahan dan bangunan sehingga berjalan dengan lancar.

    “Hal ini tentunya sebagai komitmen bersama menjaga aset yang dimiliki negara yang diamanatkan kepada KAI serta memberikan kontribusi lebih dari perusahaan kepada Negara,” kata Anne.

    Pewarta: Muhammad Harianto
    Editor: Ahmad Wijaya
    Copyright © ANTARA 2024

  • Sah! KAI dan BNI Resmikan Naming Rights Stasiun Dukuh Atas BNI

    Sah! KAI dan BNI Resmikan Naming Rights Stasiun Dukuh Atas BNI

    Jakarta: PT KAI (Persero) bersama Bank BNI meresmikan penamaan atau Naming Rights Stasiun Dukuh Atas menjadi Stasiun Dukuh Atas BNI. Program ini menjadi salah satu langkah strategis untuk memperluas visibilitas merek sekaligus mendukung peningkatan kualitas layanan transportasi publik di Jabodetabek.
     
    Direktur Utama KAI Didiek Hartantyo mengatakan, program ini memberikan peluang besar bagi perusahaan untuk memanfaatkan aset transportasi publik sebagai media pengenalan brand yang efektif. Terlebih dengan banyaknya pengguna transportasi berbasis kereta ini memungkinkan brand menjangkau masyarakat lebih luas.
     
    “KAI sebagai operator transportasi massal memiliki jangkauan yang sangat luas dan melayani jutaan penumpang setiap tahunnya. Kesempatan ini memberikan nilai tambah bagi mitra kami untuk memperkenalkan merek mereka dengan cara yang relevan dan langsung menjangkau masyarakat,” ujar Didiek dalam keterangan tertulisnya, Rabu, 20 November 2024.
    Melalui program Naming Rights, mitra perusahaan yang bekerja sama akan mendapatkan berbagai manfaat, seperti penempatan nama brand di media KAI, termasuk aplikasi Access by KAI, situs web resmi KAI, papan penunjuk arah (signage), peta jalur, pengumuman, hingga media publikasi lainnya.
     

     
    Didiek menyebut program ini merupakan bagian dari upaya KAI untuk mengoptimalkan pendapatan melalui komersialisasi aset yang dimiliki perusahaan. Ia mengungkapkan, program seperti ini sudah dilakukan oleh KAI di sejumlah lokasi lain.
     
    “Seperti Stasiun Pancoran bank bjb dan Stasiun Semarang Tawang Bank Jateng. Kami berkomitmen untuk terus memanfaatkan aset-aset strategis KAI secara maksimal demi mendukung pelayanan dan keberlanjutan perusahaan,” tambah Didiek.
     
    Sejak 28 Agustus 2023 hingga Oktober 2024, KAI mencatat jumlah pengguna LRT Jabodebek sebanyak 21.421.290 pengguna, dengan rata-rata 81.327 pengguna setiap hari kerja (weekday) pada Oktober 2024. Khusus di Stasiun Dukuh Atas BNI, rata-rata 17.573 pengguna setiap harinya dari Januari hingga November 2024, dengan rata-rata Tap In sebanyak 9.121 pengguna dan Tap Out sebanyak 8.452 pengguna.
     
    Stasiun Dukuh Atas BNI merupakan stasiun dengan integrasi transportasi umum paling lengkap yang dikelola oleh KAI. Stasiun ini terhubung langsung dengan berbagai moda transportasi lain, seperti KA Bandara Soekarno-Hatta, Commuter Line, MRT Jakarta, dan Transjakarta sehingga menjadi hub transportasi strategis di wilayah Jabodebek.
     
    “Kami percaya, sinergi antara KAI dan Bank BNI ini tidak hanya mendukung pengembangan transportasi publik, tetapi juga memberikan dampak positif bagi kedua belah pihak. Kolaborasi ini mencerminkan upaya nyata kami untuk terus berinovasi dan memberikan layanan yang lebih baik bagi seluruh pengguna transportasi publik,” tutup Didiek.
     
    Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
    dan follow Channel WhatsApp Medcom.id

    (END)