Transportasi: Daihatsu Rocky

  • Impor dari Jepang, Kapan Rocky Hybrid Masuk Garasi Konsumen?

    Impor dari Jepang, Kapan Rocky Hybrid Masuk Garasi Konsumen?

    Jakarta

    PT Astra Daihatsu Motor (ADM) membawa Rocky hybrid untuk pasar Indonesia. Statusnya masih diimpor dari Jepang. Kalau pesan di acara Gaikindo Indonesia International Auro Show (GIIAS) 2025, kapan unitnya diterima konsumen?

    “Delivery pertama paling cepat adalah November,” kata Sri Agung Handayani, Marketing Director dan Corporate Communication Director PT Astra Daihatsu Motor, Kamis (24/7/2025).

    Ada jeda sekitar tiga bulan dari saat pemesanan hingga Daihatsu Rocky Hybrid masuk ke garasi konsumen.

    “Kami menyelesaikan kewajiban kita pada pemerintah. Termasuk pencatatan kuota impor dan lain-lain,” jelas Agung.

    Lantaran Rocky Hybrid datang dari luar negeri dan belum rakitan lokal, mobil ini termasuk dalam kategori yang diatur kuota impor oleh pemerintah Indonesia. Saat ini belum ada informasi resmi soal batas kuota unit Rocky Hybrid. Daihatsu juga tidak menyebut Rocky Hybrid dijual dalam edisi terbatas.

    “Saat ini kita masih CBU dari Jepang, tidak perlu meragukan lagi kualitas,” kata Agung.

    “Mesin ini sudah digunakan 130 ribu unit di Jepang sejak tahun 2021, untuk mesin hybrid ini,” tambahnya lagi.

    Dalam hal efisiensi bahan bakar, Rocky Hybrid mampu mencapai 28 KM/L dengan mode pengujian WLTC (Worldwide Harmonized Light Vehicles Test Cycle), bahkan mampu mencapai 34,8 KM/L berdasarkan metode pengujian JC08 (Japan Cycle 08) yakni pengujian efisiensi bahan bakar di Jepang. Selain efisiensi bahan bakar, Rocky Hybrid juga rendah emisi karena hanya menghasilkan 83 gram CO2/km.

    Daihatsu Rocky Hybrid sudah bisa dipesan di seluruh outlet resmi Daihatsu dengan harga Rp293.900.000 OTR DKI Jakarta. Rocky Hybrid tersedia dalam 3 pilihan warna, yaitu Black Mica Metallic, Shining Pearl White dan Laser Blue Crystal Shine.

    Rocky Hybrid dijamin dengan garansi baterai Hybrid selama 8 tahun atau 160.000 kilometer (km), garansi kendaraan selama 3 tahun atau 100.000 KM, serta gratis jasa servis 5 kali hingga 50.000 km.

    (riar/rgr)

  • Alasan Rocky Hybrid Meluncur di Indonesia, Harga di Bawah Rp 300 Juta

    Alasan Rocky Hybrid Meluncur di Indonesia, Harga di Bawah Rp 300 Juta

    Jakarta

    Daihatsu Rocky hybrid resmi meluncur di Indonesia dengan harga spesial. Mobil yang diimpor utuh dari Jepang itu dijual di bawah Rp 300 juta selama periode Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2025. Kenapa akhirnya Daihatsu membawa Rocky hybrid ke sini?

    Lewat kehadiran Daihatsu Rocky e-Smart hybrid, PT Astra Daihatsu Motor berkomitmen melahirkan produk elektrifikasi dengan banderol yang kompetitif. Di sisi lain, Daihatsu melihat potensi pasar yang bisa berkembang di Indonesia.

    “Kita sudah melakukan survei market dalam dua tahun terakhir, kita percaya ada konsumen pertama di urban, dan second buyer dari loyalis tetap Daihatsu,” jelas Sri Agung Handayani, Marketing Director dan Corporate Communication Director PT Astra Daihatsu Motor di ICE BSD City, Tangerang, Kamis (24/7/2025).

    Rocky Hybrid Foto: Grandyos Zafna/detikcom

    “Kita akan memaksimalkan penjualan Rocky Hybrid ini. Tujuan utama kita terlibat dalam elektrifikasi yang ada di Indonesia,” tambah dia.

    Meskipun statusnya saat ini masih CBU dari Jepang tetapi banderolannya cukup kompetitif untuk bersaing di pasar mobil hybrid. Misalnya merek lain yang memakai sistem series hybrid seperti Nissan Kicks e-Power misalnya saat ini dijual Rp 522,6 juta. Sementara Rocky Hybrid dijual Rp 293,9 juta!

    Perlu diketahui harga Rocky Hybrid itu hanya berlaku selama pameran GIIAS 2025 saja. Kemudian pengiriman baru akan sampai ke garasi konsumen paling cepat November 2025.

    Daihatsu Rocky Hybrid ini menggunakan sistem “serial hybrid” di mana motor listrik menggerakkan roda kendaraan sementara mesin bertindak sebagai generator untuk mengisi daya mesin. Daihatsu Rocky hybrid ini menggunakan mesin 1.2L (WA-VEX) untuk menyalakan generator.

    Motor listrik Rocky Hybrid mampu menghasilkan tenaga maksimum sebesar 106 PS dan torsi maksimum 170 Newton meter, sehingga menjadikan mobil ini memiliki torsi terbesar di kelasnya dengan akselerasi yang sangat responsif. Baterai pada Rocky Hybrid memiliki daya 0,74 kWh, atau 6 kali lebih besar dibandingkan mobil lain di kelasnya, bahkan setara dengan hybrid SUV medium yang beredar saat ini.

    Daihatsu Rocky e-Smart Hybrid adalah salah satu contoh mobil hybrid dengan pendekatan berbeda. Apalagi klaim konsumsi bahan bakarnya, cocok untuk penggunaan perkotaan yang dinamis.

    Dalam hal efisiensi bahan bakar, Rocky Hybrid mampu mencapai 28 Km/liter dengan mode pengujian WLTC (Worldwide Harmonized Light Vehicles Test Cycle), bahkan mampu mencapai hingga 34,8 Km/l berdasarkan metode pengujian JC08 (Japan Cycle 08) yakni pengujian efisiensi bahan bakar di Jepang. Selainefisiensi bahan bakar, Rocky Hybrid juga rendah emisi karena hanya menghasilkan 83 gram CO2/km.

    (riar/din)

  • Mengenal Sistem Hybrid Daihatsu Rocky, Pakai Slogan Real!

    Mengenal Sistem Hybrid Daihatsu Rocky, Pakai Slogan Real!

    Jakarta

    Daihatsu Rocky hybrid menggunakan slogan “Believe in Real” saat peluncuran di Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2025, Kamis (25/7/2025). Mari mengenal sistem hybrid yang ditawarkan Daihatsu.

    Sri Agung Handayani, Marketing Director dan Corporate Communication Director PT Astra Daihatsu Motor menjelaskan penggunaan slogan “real” saat peluncuran Rocky hybrid.

    “Jadi pada market yang beredar banyak kombinasi, ada hybrid yang series pararel, dan ada series. Kami adalah real, tanpa gabungan pararel. Jadi kami betul-betul series, di mana kerja daripada kendaraan itu menggunakan motor listrik sementara mesin hanya mengisi baterai,” jelas dia di ICE BSD City, Tangerang, Kamis (24/7/2025).

    PT Astra Daihatsu Motor (ADM) membawa Daihatsu Rocky hybrid dalam ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2025 di ICE BSD City, Tangerang, Rabu (23/7/2025). Foto: Rifkianto Nugroho

    Jadi Daihatsu Rocky e-Smart Hybrid yang baru meluncur ini bukan pararel ataupun series-pararel seperti yang umum digunakan oleh Toyota Hybrid System. Mesin pembakaran tidak terhubung langsung dengan roda penggerak.

    Daihatsu Rocky Hybrid ini menggunakan sistem “serial hybrid” di mana motor listrik menggerakkan roda kendaraan sementara mesin bertindak sebagai generator untuk mengisi daya mesin. Daihatsu Rocky ini menggunakan mesin 1.2L (WA-VEX) untuk menyalakan generator.

    Motor listrik Rocky Hybrid mampu menghasilkan tenaga maksimum sebesar 106 PS dan torsi maksimum 170 Nm, sehingga menjadikan mobil ini memiliki torsi terbesar di kelasnya dengan akselerasi yang sangat responsif. Baterai pada Rocky Hybrid memiliki daya 0,74 kWh, atau 6 kali lebih besar dibandingkan mobil lain di kelasnya, bahkan setara dengan hybrid SUV medium yang beredar saat ini.

    Daihatsu Rocky e-Smart Hybrid adalah salah satu contoh mobil hybrid dengan pendekatan berbeda. Apalagi klaim konsumsi bahan bakarnya, cocok untuk penggunaan perkotaan yang dinamis.

    Dalam hal efisiensi bahan bakar, Rocky Hybrid mampu mencapai 28 KM/L dengan mode pengujian WLTC (Worldwide Harmonized Light Vehicles Test Cycle), bahkan mampu mencapai hingga 34,8 KM/L berdasarkan metode pengujian JC08 (Japan Cycle 08) yakni pengujian efisiensi bahan bakar di Jepang. Selain efisiensi bahan bakar, Rocky Hybrid juga rendah emisi karena hanya menghasilkan 83 gram CO2/km.

    Daihatsu Rocky Hybrid sudah bisa dipesan seluruh outlet resmi Daihatsu dengan harga Rp 293.900.000 OTR DKI Jakarta. Rocky Hybrid tersedia dalam 3 pilihan warna, yaitu Black Mica Metallic, Shining Pearl White dan Laser Blue Crystal Shine.

    Rocky Hybrid dijamin dengan garansi baterai Hybrid selama 8 tahun atau 160.000 kilometer (km), garansi kendaraan selama 3 tahun atau 100.000 KM, serta gratis jasa servis 5 kali hingga 50.000 km.

    (riar/lua)

  • Daihatsu Rocky Limited Edition Meluncur, Cuma 10 Unit di Dunia

    Daihatsu Rocky Limited Edition Meluncur, Cuma 10 Unit di Dunia

    Jakarta

    Daihatsu Rocky edisi terbatas meluncur di GIIAS 2025, ICE BSD City, Tangerang Selatan, Jumat (25/7/2025). Namanya Daihatsu Rocky Crossfield yang dibangun dari varian 1.2 X CVT.

    Daihatsu Rocky Crossfield ini sebelumnya pernah tampil di GIIAS 2024 sebagai inspirasi modifikasi bertema outdoor. Kemudian Daihatsu Rocky Crossfield mendapat animo dari para pengunjung GIIAS sehingga akhirnya diwujudkan dalam bentuk produksi komersil.

    “Hari ini kami menghadirkan Rocky Limited Edition, Rocky Crossfield,” kata Marketing Director dan Corporate Communication Director PT Astra Daihatsu Motor (ADM) Sri Agung Handayani saat peluncuran di ICE BSD City, Tangerang Selatan, Jumat (25/7/2025).

    “Berasal dari 1.2 X CVT didesain lebih berani kokoh dan tangguh, beda dengan Rocky yang dimiliki saat ini,” jelasnya.

    Model ini dikembangkan dengan mengambil basis varian Rocky 1.2X CVT yang sudah terbukti menjadi varian paling favorit masyarakat Indonesia, di mana varian ini berkontribusi sekitar 66% dari total penjualan Daihatsu Rocky hingga Juni 2025.

    Beberapa pembeda Rocky Crossfield tersemat yang membuat mobil ini semakin spesial.

    Daihatsu Rocky Crossfield Foto: Ridwan Arifin

    Dari sisi eksterior memakai kelir oranye metalik yang dipadukan aksen Bumper Black Matte yang terlihat tangguh, serta Black Roof yang stylish dan modern dengan kesan 2 tone.

    Bagian grille depan bertuliskan Daihatsu menampilkan keunikan tersendiri karena hanya ada satu-satunya pada model Rocky.

    Tak hanya itu, mobil ini juga memiliki interior dengan sentuhan warna hitam di beberapa bagian, mulai dari Center Console Box, Door, AC Register, Steering Wheel Garnish, hingga Door inner handle. Sentuhan eksklusif ini membuat kabin terasa lebih sporty.

    Sesuai namanya, Rocky Limited Edition dihadirkan dalam jumlah terbatas hanya 10 unit. Daihatsu Rocky edisi spesial ini dijual dengan harga Rp 248.750.000 (OTR DKI Jakarta).

    Promo Daihatsu

    Untuk memiliki Rocky Limited Edition, pengunjung dapat memanfaatkan berbagai promo penjualan menarik Daihatsu dengan berbagai kemudahan, seperti gratis biaya admin, cashback spesial khusus trade-in, gratis asuransi, paket kredit spesial, bunga spesial, diskon spesial, hingga Lucky Bowl dengan hadiah menarik tiap harinya.

    Daihatsu juga hadirkan promo khusus Gebyar Merdeka Bahagia Sejak Pertama yang berlaku sejak 1 Juli-30 September 2025 bagi seluruh masyarakat di Indonesia. Bagi pembeli mobil Daihatsu pada periode tersebut berkesempatan membawa pulang hadiah menarik yang akan diundi berupa, Grand prize 1 unit mobil Gran Max Taft Guy; 9 unit sepeda motor; 9 keping emas; serta 45 voucher belanja. Filosofi angka 1945 pada hadiah undian merefleksikan tahun bersejarah kemerdekaan bangsa Indonesia.

    (riar/dry)

  • Harga Daihatsu Rocky Hybrid Diumumkan: Rp 290 Jutaan!

    Harga Daihatsu Rocky Hybrid Diumumkan: Rp 290 Jutaan!

    Jakarta

    PT Astra Daihatsu Motor (ADM) akhirnya mengumumkan Rocky e-Smart Hybrid di Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2025, Kamis (24/7/2025). SUV compact ramah lingkungan ini dijual di bawah Rp 300 juta, harga tersebut spesial selama acara GIIAS 2025.

    Sri Agung Handayani, Marketing Director dan Corporate Communication Director PT Astra Daihatsu Motor menyebutkan Rocky Hybrid ini produk ini masih diimpor dari Jepang, namun sudah disesuaikan spesifikasinya untuk pasar Indonesia.

    “Mulai hari ini Rocky Hybrid bisa dipesan di seluruh Indonesia. Kita memberikan spesial harga di GIIAS,” ujar Sri Agung saat peluncuran di ICE BSD City, Tangerang, Kamis (24/7/2025).

    Spesifikasi Daihatsu Rocky Hybrid

    Rocky Hybrid menggunakan mesin bensin 1.200 cc WA-VEX yang terintegrasi dengan baterai Hybrid sebesar 177,6 volt, serta transmisi khusus hybrid Transaxle. Motor listrik Rocky Hybrid mampu menghasilkan tenaga maksimum sebesar 106 PS dan torsi maksimum 170 Newton meter, sehingga menjadikan mobil ini memiliki torsi terbesar di kelasnya dengan akselerasi yang sangat responsif. Baterai pada Rocky Hybrid memiliki daya 0,74 kWh, atau 6 kali lebih besar dibandingkan mobil lain di kelasnya, bahkan setara dengan hybrid SUV medium yang beredar saat ini.

    Rocky Hybrid juga memiliki akselerasi responsif yang mampu mencapai kecepatan 0-100KM/Jam dalam waktu sekitar 10 detik menjadikannya yang tercepat di kelasnya.

    Dalam hal efisiensi bahan bakar, Rocky Hybrid mampu mencapai 28 KM/L dengan mode pengujian WLTC (Worldwide Harmonized Light Vehicles Test Cycle), bahkan mampu mencapai hingga 34,8 KM/L berdasarkan metode pengujian JC08 (Japan Cycle 08) yakni pengujian efisiensi bahan bakar di Jepang. Selain efisiensi bahan bakar, Rocky Hybrid juga rendah emisi karena hanya menghasilkan 83 gram CO2/km.

    Rocky Hybrid dilengkapi fitur advance safety. Terdapat 6 SRS Airbag, ABS (Anti-lock Braking System) dan EBD (Electronic Brakeforce Distribution) untuk memaksimalkan performa pengereman, VSC (Vehicle Stability Control) untuk menjaga stabilitas kendaraan, HSA (Hill Start Assist) yang dapat mencegah mobil mundur ketika berhenti di tanjakan selama beberapa saat, Blind Spot Mirror, dan ISOFIX semakin menjadikan aktivitas berkendara lebih aman.

    Rocky Hybrid dilengkapi 8 fungsi ASA (Advanced Safety Assist), seperti:

    Collision Warning & Avoidance Assist Brake yang dapat mengurangi resiko kecelakaan dari depan dan mampu mendeteksi sepeda motor dan pejalan kaki.Lane/Roadside Departure Warning & Lane Departure Prevention Control membantu menjaga kendaraan tetap di jalur dan mampu mengkoreksi arah kemudi.Pedal Misoperation Control dapat mendeteksi objek di depan-belakang mobil dan mencegah kecelakaan akibat kesalahan pengoperasian pedal.Front Departure Alert memberikan peringatan saat kendaraan lain di depan mulai bergerak maju, terutama saat di lampu merah lalu lintas.Stagger Alarm sebagai peringatan untuk beristirahat saat mendeteksi pola berkendara yang tidak stabil akibat kelelahan.Auto High Beam mampu mengatur lampu jauh otomatis dan menyesuaikan tingkat pencahayaan jalan serta keberadaan kendaraan dari arah berlawanan.Sensor di 6 titik yang dapat membantu saat bermanuver parkir atau melewati jalan sempit.Harga Daihatsu Rocky Hybrid

    Daihatsu Rocky Hybrid sudah bisa dipesan seluruh outlet resmi Daihatsu dengan harga Rp 293.900.000 OTR DKI Jakarta. Rocky Hybrid tersedia dalam 3 pilihan warna, yaitu Black Mica Metallic, Shining Pearl White dan Laser Blue Crystal Shine.

    Rocky Hybrid dijamin dengan garansi baterai Hybrid selama 8 tahun atau 160.000 KM, garansi kendaraan selama 3 tahun atau 100.000 KM, serta gratis jasa servis 5 kali hingga 50.000 KM.

    (riar/dry)

  • Inikah Mobil Baru Daihatsu yang Meluncur di Indonesia Pekan Depan?

    Inikah Mobil Baru Daihatsu yang Meluncur di Indonesia Pekan Depan?

    Jakarta

    PT Astra Daihatsu Motor (ADM) mengumumkan akan meluncurkan produk baru pekan depan. Menariknya, menurut video teaser yang beredar, kendaraan tersebut menggunakan mesin hybrid. Lantas, mobil apa gerangan?

    Kepastian Daihatsu meluncurkan mobil hybrid pekan depan diumumkan langsung Sri Agung Handayani selaku Direktur Pemasaran PT ADM. Menurutnya, kendaraan itu akan melantai di pameran Gaikindo Indonesia Internaional Auto Show atau GIIAS 2025.

    “Kami mengundang seluruh masyarakat untuk datang ke booth kami di GIIAS 2025, merasakan secara langsung inovasi terbaru ini, dan bersama-sama menyambut era baru kendaraan hybrid Daihatsu,” ujar Sri Agung Handayani di Cilandak, Jakarta Selatan.

    Mobil baru Daihatsu. Foto: Septian Farhan Nurhuda/detik.com

    Sayangnya, Sri Agung masih bungkam soal model kendaraan yang akan meluncur di pameran tahunan tersebut. Namun, intinya, harga mobil hybrid tersebut akan sangat menarik.

    “Intinya datang saja ke booth kami di GIIAS besok. (Harganya) pasti akan menarik,” kata Agung.

    Meski nama modelnya belum diungkap, namun kami telah mengantongi bocorannya. Mobil tersebut kemungkinan besar berasal dari segmen entry level atau pemula dan ditujukan untuk konsumen perkotaan. Bisa tebak nama produknya?

    Mobil Hybrid Daihatsu yang Rilis di GIIAS 2025

    Yes, mobil tersebut kemungkinan besar merupakan Daihatsu Rocky Hybrid. Kendaraan itu sudah pernah muncul di sejumlah pameran otomotif, termasuk GIIAS tahun lalu.

    Daihatsu Rocky Hybrid. Foto: Andhika Prasetia

    Daihatsu Rocky Hybrid yang diboyong ke pameran GIIAS tahun lalu merupakan varian tertinggi bernama Premium G HEV 1.2 L. Kendaraan ramah lingkungan dengan teknologi e-Smart hybrid tersebut sebelumnya lebih dulu mengaspal di Jepang.

    Dengan teknologi itu, Daihatsu Rocky Hybrid diklaim punya konsumsi bahan bakar yang irit, yakni 28 km/liter. Sementara mesinnya punya kapasitas 1.200cc tiga silinder dengan tipe WA-VEX.

    Dalam hal teknis, Daihatsu Rocky Hybrid memiliki desain mekanisme yang compact, di mana Transaxle (transmisi kendaraan bermesin depan berpenggerak roda depan atau FF) memiliki mekanisme transmisi daya yang terdiri dari motor generator (MG) sebagai daya penggerak, gigi reduksi, dan mekanisme diferensial. Bobot kendaraan juga menjadi lebih ringan berkat penggunaan baterai lithium ion yang compact berkapasitas 4,3 Ah dengan kepadatan energi tinggi.

    Soal fitur keselamatan dan keamanan, Daihatsu Rocky Hybrid dilengkapi berbagai sistem keamanan aktif Smart Assist. Mulai dari 19 fungsi keselamatan aktif yang berbeda, fungsi peringatan dan pengereman terhadap potensi tabrakan yang mendukung mode malam hari, pendeteksi pejalan kaki, hingga fungsi pendeteksi rambu lalu lintas untuk memberikan peringatan ‘maximum speed’ dan ‘stop’.

    Kendaraan juga telah mengadopsi rem parkir elektrik, disertai ACC (Adaptive Cruise Control) yang dapat membuat berkendara jarak jauh lebih nyaman. Rocky Hybrid juga menyematkan fitur CTA (Cornering Trace Assist) yang berfungsi menstabilkan kendaraan Ketika sedang menikung dengan memberikan pengereman ke roda agar tidak keluar dari jalur dan tetap aman dan nyaman ketika berkendara.

    (sfn/dry)

  • Suzuki Fronx Laris Manis, Salip Toyota Raize dan Honda WR-V

    Suzuki Fronx Laris Manis, Salip Toyota Raize dan Honda WR-V

    Jakarta

    Suzuki Fronx baru saja meluncur di Indonesia. Mobil baru ini mengungguli rivalnya dalam hal penjualan.

    Berdasarkan data wholesales Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), Suzuki Fronx terdistribusi sebanyak 1.782 unit. Angka ini menempatkan Fronx di urutan ke-8 mobil terlaris di Indonesia pada Juni 2025.

    Posisi kedua diisi Toyota Raize dengan angka penjualan sebanyak 619 unit dalam periode yang sama. Angka ini merosot dari bulan lalu yang mencetak 1.054 unit.

    Selanjutnya brand asal China, Chery juga berhasil mencuri perhatian masyarakat Indonesia. Chery Tiggo Cross menempati posisi tiga penjualan SUV compact terlaris dengan distribusi sebanyak 383 unit pada Juni 2025. Namun angka itu juga mengalami penurunan dari periode sebelumnya yang bisa mencapai 755 unit.

    Kemudian Honda WR-V menempati urutan keempat. Angka penjualannya tembus 285 unit, turun dari bulan Mei yang bisa mengirim 685 unit Honda WR-V dari pabrik ke dealer.

    Citroen C3 menempati posisi lima besar, penjualan versi listrik ataupun bensin bila ditotal mencapai 97 unit.

    Jangan lupakan SUV ringkas dari Wuling. Alvez terdistribusi sebanyak 81 unit pada periode yang sama. Angkanya menurun drastis jika dibandingkan bulan sebelumnya yang bisa tembus 165 unit.

    Sementara Rocky harus puas dengan penjualan sebanyak 52 unit pada Juni 2025. Angka ini turun dari bulan lalu yang bisa tembus 163 unit.

    Sementara itu, Nissan Magnite yang mengisi ceruk SUV compact mengisi pos ketujuh dengan capaian 1 unit.

    Berikut ini penjualan SUV ringkas per Juni 2025:

    1. Suzuki Fronx: 1.782 unit
    2. Toyota Raize: 619 unit
    3. Chery Tiggo Cross: 383 unit
    4. Honda WR-V: 285 unit
    5. Citroen C3: 97 unit
    6. Wuling Alvez: 81 unit
    7. Daihatsu Rocky: 52 unit
    8. Nissan Magnite: 1 unit.

    (riar/rgr)

  • Mungkinkah Subaru Rex Kembaran Daihatsu Rocky Dijual di Indonesia?

    Mungkinkah Subaru Rex Kembaran Daihatsu Rocky Dijual di Indonesia?

    Jakarta

    Subaru memiliki compact SUV di pasar Jepang yang dijual dengan nama Subaru Rex. Rex adalah crossover yang mengambil basis dari model Daihatsu Rocky dan juga Toyota Raize. Mungkinkah Subaru Rex dijual di Indonesia?

    Dijelaskan CEO Subaru Indonesia Arie Christopher, kecil kemungkinannya Subaru Indonesia menjual Subaru Rex. Soalnya mobil tersebut merupakan mobil yang khusus dijual hanya untuk pasar Jepang atau bahasa kerennya Japan Domestic Market (JDM).

    Subaru Rex Hybrid Foto: Dok. Subaru

    “Jadi begini, Rex itu kan platform-nya sama kayak Raize dan Rocky ya. Dan kebetulan Rex itu dipasarkan oleh Subaru hanya untuk pasar JDM. Jadi, gak ada versi ekspornya,” bilang Arie kepada wartawan dalam acara Subaru Luncheon di Jakarta, Selasa (24/6/2025).

    Arie menjelaskan lagi, andai Subaru Rex ada versi ekspornya pun, harganya tidak akan kompetitif jika dipasarkan di Indonesia. “Jadi ya nggak feasible lah untuk kita bawa ke Indonesia,” sambung Arie.

    Di sisi lain, Subaru Jepang dan Subaru Indonesia memiliki kebijakan khusus ketika ingin memasukkan suatu model mobil ke suatu negara. Intinya, mobil tersebut harus punya riwayat atau cerita yang jelas.

    “Jadi kita nggak mau, launching (model baru) jebrettt, tiga bulan kemudian discontinue. Jebrettt launching, satu tahun kemudian discontinue. Nggak bisa begitu. Kita, Subaru memperkenalkan mobil, journey-nya harus jelas. Once kita launching, kita harus yakin bahwa itu suitable untuk Indonesia. Long term-nya harus ada. Jangan nanti kustomer beli, tiba-tiba enam bulan kemudian sudah discontinue. Dan itu bukan make people smile seperti yang saya bilang,” terang Arie.

    “Kita ingin memperkenalkan Subaru ini untuk membuat orang itu tersenyum. Tersenyum dalam artian tersenyum karena experience-nya, tentang mobilnya, tentang APM-nya. Jadi kita ingin kustomer puas,” tukas Arie.

    (lua/rgr)

  • Subaru Rex Kembaran Daihatsu Rocky Kini Hadir dengan Pilihan Mesin Hybrid

    Subaru Rex Kembaran Daihatsu Rocky Kini Hadir dengan Pilihan Mesin Hybrid

    Jakarta

    Kembaran Daihatsu Rocky dan Toyota Raize, Subaru Rex, kini hadir model barunya. Subaru Rex versi 2025 hadir dengan pilihan mesin hybrid. Sebelumnya Rocky dan Raize juga sudah dibekali teknologi yang menggabungkan mesin konvensional dan motor listrik itu.

    Mengutip Paultan, Subaru Rex Hybrid ditawarkan di pasar Jepang dengan pilihan tipe G dan Z. Harganya antara 2.216.500 yen hingga 2.608.100 yen (Rp 250,5 juta hingga Rp 294,7 juta). Sebagai perbandingan, varian non hybrid dijual mulai 1.910.700 yen (Rp 215,9 juta) untuk varian basic G dan 2.274.500 yen (Rp 257 juta) untuk tipe Z.

    Subaru Rex Hybrid Foto: Dok. Subaru

    Subaru Rex pertama kali diluncurkan di Jepang, pada November 2022 sebagai rebadge Daihatsu Rocky. Dengan demikian, artinya Daihatsu Rocky kini memiliki dua saudara, yakni Toyota Raize dan Subaru Rex. Setelah Rocky dan Raize menggunakan mesin hybrid, Rex pun kini ikutan disuntik mesin hybrid.

    Model Subaru Rex Hybrid menggunakan sistem e-Smart Hybrid milik Daihatsu yang menggunakan listrik yang dihasilkan oleh mesin pembakaran internal (ICE) untuk tujuan menggerakkan motor listrik.

    Mesin ICE yang pada dasarnya adalah generator, adalah mesin bensin tiga silinder siklus Atkinson WA-VEX 1,2 liter yang menghasilkan 82 PS (80 dk atau 60 kW) pada 5.600 rpm dan torsi 105 Nm dari rentang putaran 3.200 rpm hingga 5.200 rpm.

    Subaru Rex Hybrid Foto: Dok. Subaru

    Energi disalurkan ke baterai lithium-ion 4,3 Ah yang kemudian menggerakkan motor listrik E1A di bagian depan dengan daya 106 PS (105 dk atau 78 kW), dan torsi 170 Nm. Mengikuti standar WLTC, konsumsi bahan bakar diklaim bisa seirit 28 km/liter atau 3,6 liter/100 km.

    Subaru Rex Hybrid memiliki desain yang berbeda untuk grille depannya, yang tampak identik dengan yang dipasang pada Rocky Hybrid. Istimewanya, Subaru Rex Hybrid ini hadir dengan pilihan warna yang mewah, sand khaki. Mobil ini hadir dengan pilihan velg aluminium 16 inci (G Hybrid) atau 17 inci (Z Hybrid).

    Subaru Rex Hybrid Foto: Dok. Subaru

    (lua/riar)

  • Murah Tapi Gak Murahan! Begini Rasanya Pakai Chery Tiggo Cross untuk Harian

    Murah Tapi Gak Murahan! Begini Rasanya Pakai Chery Tiggo Cross untuk Harian

    Jakarta

    Kehadiran Chery Tiggo Cross dengan banderol tak sampai Rp 300 juta tentu membuat rasa skeptis banyak pencinta otomotif mencuat.

    Kami sudah mencoba mobil ini untuk rutinitas harian dan mencari tahu apa saja kelebihan-kekurangannya. Penasaran? Simak ulasannya!

    Desain Simpel Tapi Nggak Nanggung

    Sekilas, tampang Tiggo Cross ini memang terlihat nggak neko-neko. Garis bodinya sederhana, headlamp-nya tajam, dan grill-nya minimalis. Pas dengan selera pasar saat ini dan menariknya desain Tiggo Cross tak mencerminkan harga jualnya yang terjangkau.

    Chery menyebut bahasa desainnya dengan Tiger Philosophy. Meski sedikit mirip dengan filosofi desain KIA, tapi ternyata Chery Tiggo Cross ini hadir dengan desain yang cukup unik dan berkarakter. Setidaknya menurut kami, ketimbang Tiggo 5X, desain Tiggo Cross ini lebih gampang disukai.

    Secara ukuran, Tiggo Cross hadir dengan dimensi yang tak terlalu besar untuk digunakan harian. Panjang sekitar 4,3 m, lebar 1,8 m, dan tinggi 1,6 m. Ground clearance 170 mm juga membuatnya cukup pas untuk digunakan di berbagai karakter jalan.

    Kabin Lega dan Fungsional

    Dimensinya yang besar membuat kabinnya terasa lega. Penggunaan material yang empuk dan terasa berkualitas di jok hingga door trim membuat kita lupa dengan harga jualnya yang tak sampai Rp 300 juta.

    Selain itu, bentuk joknya juga dirancang cukup ergonomis buat perjalanan pendek maupun agak jauh. Penggunaan panel instrumen digital 7 inci dan head unit 10,25 inci juga sukses kasih kesan modern.

    Yang menarik, fitur di dalam kabinnya sangat lengkap untuk harganya. Sebut saja, ada ambient light, wireless charging, hingga rem parkir elektrik model colek. Bahkan kabin mobil ini juga hadir dengan peredaman yang sangat baik.

    Chery Tiggo Cross Foto: Muhammad Zaky Fauzi Azhar

    Rasa Berkendara: Santai Buat Harian

    Chery menghadirkan Tiggo Cross dengan mesin yang identik sama Tiggo 5X. Mesinnya 1.5L naturally aspirated bertenaga 116 PS dan torsi 138 Nm.

    Diklaim, mesin ini hadir dengan transmisi CVT yang sudah disempurnakan dari Tiggo 5X. Namun dalam pengetesan kami, tak terasa ubahan yang terlalu signifikan terasa.

    Chery Tiggo Cross hadir dengan karakter akselerasi yang cekatan. Diinjak sedikit saja, mobil bisa langsung nyelonong. Namun sayang, di tarikan tengah ke atas, mobil ini seakan tak berdaya dan butuh raungan tinggi untuk mencapai tenaga yang diharapkan.

    Hemat kami, Tiggo Cross bisa sangat andal untuk rute harian di perkotaan yang sering stop n go. Namun jika dibawa ke luar kota dan menghadapi rute bebas hambatan hingga menyalip kendaraan lain, maka mesinnya kurang memanjakan.

    Cuma Dapat 13,3 km/Liter untuk Harian, Irit Nggak?

    Saat mengetes mobil dalam jangka panjang, kami juga sekalian tes efisiensi bahan bakarnya. Dalam hal ini, ada dua tes yang kami lakukan yakni di dalam kota dengan membawa mobil konstan rata-rata 25 km per jam dan di rute tol 90 km per jam.

    Hasilnya? Chery Tiggo Cross hanya berhasil mendapatkan angka 13,3 km per liter saat di tes di dalam kota dan 16,3 km per liter di rute tol. Melihat data ini, kami masih penasaran dan melakukan tes full to full dengan rute Jakarta-Bandung. Ternyata hasilnya setelah membawa mobil 141 km, Tiggo Cross butuh bensin 9,44 liter atau sama dengan 14,9 km per liter.

    Angka segitu tergolong kurang efisien untuk mobil harian. Apalagi di kelas Small SUV, Toyota Raize dan Daihatsu Rocky hingga Honda WR-V bisa mencatatkan hasil konsumsi BBM rata-rata yang lebih irit.

    Handling dan Suspensi

    Asyiknya, Chery merancang suspensi mobil ini dengan karakter yang pas. Benar-benar tak terasa murahan ketika meredam jalan. Terasa empuk tapi juga tak sampai bikin body roll yang menakutkan saat bermanuver.

    Namun catatan kami, Chery Tiggo Cross yang kami tes seakan kurang tuning suspensinya. Dalam hal ini, kami merasa soknya terlalu cepat ketika rebound atau kembali ke titik nol. Akibatnya, saat melahap speed trap atau polisi tidur yang ceper, soknya terasa mudah mentok.

    Di sisi lain, Chery merancang Tiggo Cross agar adaptive setirnya. Kita bisa atur mau ringan atau berat dengan mudah via headunit-nya. Dengan begini, Chery Tiggo Cross bisa sangat memudahkan saat hendak parkir ataupun bisa ajeg ketika dipacu.

    Fitur Cukup Lengkap di Kelasnya

    Satu hal yang sejak lama jadi keunggulan brand China adalah dari fiturnya yang sangat lengkap untuk harga jualnya yang terjangkau. Chery Tiggo Cross pun juga dapat fitur komplit.

    Airbag mobil ini ada 6, terus untuk Advanced Driver Assistant System (ADAS) pun berani diadu. Chery Tiggo Cross punya fitur Adaptive Cruise Control, Lane Departure Warning, Blind Spot Detection, Rear Cross Traffic Alert, Front Collision Warning, Lane Keeping Assist, dan masih banyak lagi.

    Fitur fundamental macam pengontrol traksi, hill-start assist control, ABS-EBD, hingga Tyre Pressure Monitoring System pun ada. Kamera 360 derajat hingga atap model sunroof pun ada di tipe termahalnya.

    Chery Tiggo Cross Foto: Muhammad Zaky Fauzi Azhar

    Kesimpulan: Worth It Buat Harian, tapi…

    Setelah dites dalam jangka panjang, kesimpulannya adalah Chery Tiggo Cross memang menarik untuk dipinang apalagi dijadikan mobil utama untuk harian. Bukan hanya karena harga jualnya yang terjangkau, tapi mobil ini juga menawarkan teknologi dan fitur keselamatan papan atas.

    Di sisi lain, harus diakui, mesin dari Chery Tiggo Cross ini tak seefisien teman sekelasnya. Namun transmisi CVT yang cekatan, rasanya bisa diandalkan untuk stop-n-go harian.
    Menurut kalian gimana, detikers?

    (mhg/rgr)