Transportasi: Daihatsu Rocky

  • Jangan Kaget Kalau Mobil Toyota-Subaru Lahir di Pabrik Daihatsu

    Jangan Kaget Kalau Mobil Toyota-Subaru Lahir di Pabrik Daihatsu

    Kyoto

    Mungkin kita sudah terbiasa melihat Daihatsu Rocky kembar dengan Toyota Raize. Kalau ke Jepang, jangan heran jika melihat mobil yang sama tapi dengan emblem Subaru.

    Raize dan Rocky sebenarnya tidak hanya kembar berdua, melainkan ada saudaranya juga yakni Subaru Rex. Praktek ‘mobil kembar’ yang cukup umum dilakukan oleh Toyota Motor Corporation.

    Itu kenapa kami tak heran, saat berkunjung ke Daihatsu Kyoto Plant di Jepang, melihat banyak mobil yang dibuat menggunakan emblem Toyota hingga Subaru.

    Tim detikOto berkesempatan mengunjungi jantung industri Daihatsu di Jepang dalam kunjungan yang difasilitasi oleh Astra Daihatsu Motor. Fukushima, Manajer Pabrik Kyoto Daihatsu, menjelaskan skema produksi ini.

    “Terdapat dua model utama yang diproduksi di Pabrik Kyoto ini untuk brand Daihatsu dan Toyota Group, yaitu model kolaborasi Daihatsu Thor dengan Toyota Roomy dan Subaru Justy, serta Toyota Probox kendaraan komersial untuk pasar Toyota Motor Corporation,” ujarnya.

    Selain di Kyoto, pabrik Daihatsu yang lain juga menjadi tempat lahirnya banyak model Toyota dan Subaru.

    “Di Pabrik Shiga, kami memproduksi 2 model kolaborasi, seperti Daihatsu Rocky yang menjadi Toyota Raize dan Subaru Rex, serta Daihatsu Tanto yang dipasarkan sebagai Subaru Chiffon dengan jalur produksi gabungan untuk kendaraan Kei-Car dan Compact Car,” sambungnya.

    Strategi ini memungkinkan efisiensi biaya produksi dan pemanfaatan fasilitas secara maksimal. Melihat petanya, pabrik Daihatsu di Jepang mayoritas memproduksi mobil untuk pasar domestik. Pabrik Daihatsu Motor Kyushu Co., LTD di Oita misalnya memproduksi kendaraan komersial dan city car seperti Daihatsu Hijet Truck, Toyota PIXIS Truck, Subaru SAMBAR Truck, Daihatsu Hijet Cargo, Daihatsu Atrai, Daihatsu Move Canbus, Daihatsu Mira e:S, Toyota PIXIS EPOCH, Subaru PLEO PLUS, Daihatsu Taft, Daihatsu Move.

    Sementara itu, pabrik Daihatsu Head Quarter di Ikeda bertugas memproduksi mobil spesial seperti Copen. Pabrik Daihatsu Shiga di Ryuo ditugaskan menggarap model-model kolaborasi terbaru seperti Daihatsu Rocky, Toyota Raize, Subaru Rex, Daihatsu Tanto, dan Subaru Chiffon.

    Terakhir, pabrik Daihatsu Kyoto yang dikunjungi tim detikOto mengerjakan model multi-purpose vehicle (MPV) dan kendaraan komersial seperti Daihatsu Thor, Toyota Roomy, Subaru Justy, Daihatsu Probox, Toyota Familia VAN, serta kendaraan consignment.

    Kolaborasi erat semacam ini merupakan strategi umum dalam industri otomotif global untuk memangkas biaya pengembangan dan produksi.

    Daihatsu, dengan keahliannya dalam mobil-mobil compact, menjadi pilar penting bagi Toyota Group dalam menghadapi pasar kendaraan berukuran kecil di Jepang dan beberapa negara Asia.

    (mhg/dry)

  • Membedah Fitur Keamanan Daihatsu Rocky Hybrid yang Bikin Konsumen Tenang

    Membedah Fitur Keamanan Daihatsu Rocky Hybrid yang Bikin Konsumen Tenang

    Fitur keamanan di kendaraan merupakan teknologi yang sangat krusial. Sebab, fungsinya berkaitan langsung dengan keselamatan pengemudi dan penumpang. Hal tersebut yang sangat diperhatikan Daihatsu saat meluncurkan Daihatsu Rocky Hybrid di Indonesia.

    Sebagai pengingat, Daihatsu Rocky Hybrid secara resmi meluncur di pameran Gaikindo Indonesia International Auto Show atau GIIAS 2025. Meski berstatus sebagai kendaraan hibrida yang didatangkan utuh dari Jepang, namun mobil tersebut dibanderol menarik, yakni tak sampai Rp 300 juta.

    Butuh kalimat panjang untuk mengurai kelebihan yang ditawarkan Daihatsu Rocky Hybrid. Maka, mari kita meringkasnya menjadi dua tajuk utama: fitur keamanan dan garansi kendaraan.

    PT Astra Daihatsu Motor (ADM) membawa Daihatsu Rocky hybrid dalam ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2025 di ICE BSD City, Tangerang, Rabu (23/7/2025). (Foto: Rifkianto Nugroho/detikOto)

    Sebagai mobil hybrid pemula atau entry level, Daihatsu Rocky Hybrid menawarkan safety features atau fitur keamanan yang terbilang lengkap. Misalnya, enam SRS airbag (kantung udara) yang terpasang di sejumlah titik: dua di depan, dua di sisi kiri-kanan dan dua lainnya di sepanjang pilar A dan B.

    Kemudian kursi belakangnya sudah menggunakan ISO-FIX, yakni sistem pengaman standar internasional untuk memasang kursi bayi (child car seat) secara presisi dan lebih aman. Selain itu, ada immobilizer yang mencegah kendaraan dapat dinyalakan tanpa kunci asli yang terverifikasi.

    Di luar itu, pabrikan membekali Daihatsu Rocky Hybrid dengan fitur keselamatan lain, misalnya ABS (Anti-lock Braking System) dan EBD (Electronic Brakeforce Distribution) untuk memaksimalkan performa pengereman, VSC (Vehicle Stability Control) untuk menjaga stabilitas kendaraan dan HSA (Hill Start Assist) yang dapat mencegah mobil mundur ketika berhenti di tanjakan selama beberapa saat.

    Rocky Hybrid juga dibekali 8 fungsi ASA (Advanced Safety Assist), seperti Collision Warning & Avoidance Assist Brake yang dapat mengurangi resiko kecelakaan dari depan dan mampu mendeteksi sepeda motor dan pejalan kaki. Lane/Roadside Departure Warning & Lane Departure Prevention Control membantu menjaga kendaraan tetap di jalur dan mampu mengoreksi arah kemudi.

    Kemudian ada Pedal Misoperation Control untuk mencegah kecelakaan akibat kesalahan pengoperasi pedal, Front Departure Alert yang memberikan peringatan saat kendaraan lain di depan mulai bergerak maju, dan Stagger Alarm sebagai peringatan untuk beristirahat saat mendeteksi pola berkendara yang tidak stabil akibat kelelahan.

    Garansi Daihatsu Rocky Hybrid

    PT Astra Daihatsu Motor (ADM) membawa Daihatsu Rocky hybrid dalam ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2025 di ICE BSD City, Tangerang, Rabu (23/7/2025). Foto: Rifkianto Nugroho

    Selain fitur keamanan, faktor lain yang memberikan ketenangan ke pemilik kendaraan adalah warranty atau garansi unit.

    Perlindungan dan ketenangan pelanggan selama masa kepemilikan Rocky Hybrid dijamin dengan garansi baterai Hybrid selama 8 tahun atau 160.000 KM, garansi kendaraan selama 3 tahun atau 100.000 KM, serta gratis jasa servis 5 kali hingga 50.000 KM.

    Seluruh bengkel resmi Daihatsu siap melayani perawatan dan penanganan teknis sepanjang periode kepemilikan. Hal tersebut tentu membuat konsumen Rocky Hybrid merasa tenang dan tak perlu merasa khawatir.

  • Tarikan Nggak Pelit, Tetap Irit

    Tarikan Nggak Pelit, Tetap Irit

    Daihatsu Rocky Hybrid hadir dengan mengawinkan dua hal: performa mantap dan konsumsi bahan bakar hemat. Kombinasi ini jelas jadi nilai jual menarik yang ditawarkan ke konsumen Indonesia.

    Sebelum mengupas konsumsi bahan bakar Rocky Hybrid. Perlu diketahui, Daihatsu Rocky Hybrid ini menggunakan sistem “seri hybrid” di mana motor listrik menggerakkan roda kendaraan sementara mesin bertindak sebagai generator untuk mengisi daya mesin.

    Rocky Hybrid ini menggunakan sistem e-SMART Hybrid. Berbeda dengan hybrid konvensional yang biasanya mesin dan motor listrik bisa sama-sama menggerakkan roda, sistem Daihatsu terbilang unik. Sebagai gambaran umum, Rocky Hybrid digerakkan motor listrik, sementara mesin bensin hanya jadi “teman setia” yang kerja di balik layar buat jaga baterai tetap terisi.

    PT Astra Daihatsu Motor (ADM) membawa Daihatsu Rocky hybrid dalam ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2025 di ICE BSD City, Tangerang, Rabu (23/7/2025). (Foto: Rifkianto Nugroho)

    Rocky Hybrid menggunakan mesin bensin 1.200 cc WA-VEX yang terintegrasi dengan baterai Hybrid sebesar 177,6 volt, serta transmisi khusus hybrid Transaxle.

    Di atas kertas, mobil ini terbilang mumpuni buat dipakai harian. Motor listrik Rocky Hybrid mampu menghasilkan tenaga maksimum sebesar 106 PS.

    (Foto: Rifkianto Nugroho/detikOto)

    Di sisi lain, keunggulan dari Rocky Hybrid itu torsi maksimumnya bisa menyentuh 170 Newton meter (Nm), sehingga menjadikan mobil ini memiliki torsi terbesar di kelasnya.

    Imbasnya, Rocky punya akselerasi yang responsif. Perlu diketahui torsi akan memengaruhi kemampuan mobil dalam berakselerasi, menanjak, atau mengangkut beban.

    Spek lainnya, Rocky Hybrid menggunakan baterai dengan daya 0,74 kWh, atau 6 kali lebih besar dibandingkan mobil lain di kelasnya, bahkan setara dengan hybrid SUV medium yang beredar saat ini.

    (Foto: Grandyos Zafna/detikcom)

    Keunggulan yang tentu ditawarkan Rocky Hybrid ialah efisiensi bahan bakar. Rocky Hybrid mampu mencapai 28 Km/liter dengan mode pengujian WLTC (Worldwide Harmonized Light Vehicles Test Cycle), bahkan mampu mencapai hingga 34,8 Km/L berdasarkan metode pengujian JC08 (Japan Cycle 08) yakni pengujian efisiensi bahan bakar di Jepang. Selain efisiensi bahan bakar, Rocky Hybrid juga rendah emisi karena hanya menghasilkan 83 gram CO2/km.

    Angka tersebut bukan klaim di atas kertas belaka, Daihatsu melakukan sesi test drive bersama awak media. Berdasarkan hasil pengetesan, Daihatsu mengumumkan seluruh peserta media bisa mencapai konsumsi BBM lebih dari 30 km/liter. Menariknya ada peserta yang bisa tembus 47,8 km per liter.

    Metode pengukuran yang digunakan adalah dengan melihat data real-time dari MID (multi information display) kendaraan. Angka capaian konsumsi BBM itu masih bisa diperdebatkan dengan pengukuran metode full to full.

    Test drive ini dilakukan dengan kondisi normal melewati rute kombinasi yang biasa dilalui oleh masyarakat perkotaan. Beragam rute kombinasi seperti medan jalan yang menanjak-menurun, lalu lintas yang lancar maupun macet, kondisi jalan paving block ataupun aspal, dan juga melewati persimpangan. Kondisi berkendara pun dilakukan dengan tetap menyalakan AC secara normal dengan jumlah penumpang 3 – 4 orang.

  • Penjualan Mobil Astra Lagi Loyo, Merek Ini Jadi Juru Selamat

    Penjualan Mobil Astra Lagi Loyo, Merek Ini Jadi Juru Selamat

    Jakarta, CNBC Indonesia – PT Astra International Tbk (ASII) mencatatkan penurunan penjualan di sektor otomotif, baik roda dua (2W) maupun roda empat (4W) sepanjang paruh pertama 2025. Meskipun pangsa pasar relatif stabil di segmen motor, tekanan permintaan membuat volume distribusi menurun, sementara di pasar mobil, dominasi Astra mulai tergerus.

    Dalam segmen kendaraan roda dua, pasar nasional tercatat turun 2% dari 3,171 juta unit pada semester I 2024 menjadi 3,105 juta unit motor selama enam bulan pertama tahun ini. Penjualan Astra Honda Motor (AHM) ikut terdampak, meski pangsa pasarnya tetap stabil di level 77%.

    “Walau penjualan volume turun, kinerja kendaraan roda dua masih baik, ditopang utamanya sales mix yang lebih baik, kita jual di mid high dan perbaikan data ekspor,” kata Investor Relations Senior Analyst Astra International Mariam Sanad dalam Astra Media Day, Selasa (23/9/2025).

    Sementara itu, penurunan lebih dalam terjadi pada segmen roda empat. Pasar mobil wholesale nasional ambles 9%, dari 410.020 unit di semester I-2024 menjadi 374.741 unit pada periode yang sama tahun ini.

    Foto: Kolase Foto mobil Toyota Raize dan Daihatsu Rocky. (CNBC Indonesia)
    Kolase Foto mobil Toyota Raize dan Daihatsu Rocky. (CNBC Indonesia)

    Penurunan volume terjadi hampir di semua segmen pasar. Mobil low cost green car (LCGC) menyusut dari 89.643 unit (H1 2024) menjadi 68.030 unit (H1 2025). Sementara mobil penumpang 4×4 dan 4×2 juga ikut terkoreksi dari 220.133 (H1 2024) menjadi 213.621 unit (H1 2025). Lalu mobil komersial juga anjlok dari 96.935 unit (H1 2024) menjadi 90.674 unit (H1 2025).

    “Penurunan penjualan roda 4 hampir 10%, ini banyaknya penjualan mobil tipe low, market share Astra turun 57% ke 54%,” kata Mariam.

    Dari sisi merek, Toyota dan Lexus masih menjadi tulang punggung utama penjualan Astra dengan kontribusi 174.218 unit. Disusul Daihatsu sebanyak 124.843 unit dan Isuzu 11.276 unit. Merek lainnya menyumbang 64.405 unit.

    Meski pasar mobil tertekan, penjualan kendaraan elektrifikasi (xEV) menunjukkan geliat. Astra mencatatkan penjualan 67.000 unit xEV sepanjang semester I-2025, setara dengan 18% dari total penjualan roda empat. Dari jumlah tersebut, kendaraan hybrid electric vehicle (HEV) mendominasi 43%, sebagian besar berasal dari merek Toyota.

    Model hybrid seperti Kijang Innova Zenix HEV dan Yaris Cross HEV menjadi ujung tombak Astra dalam merespons pergeseran tren kendaraan ramah lingkungan di pasar domestik.

    (fys/wur)

    [Gambas:Video CNBC]

  • Bedah Teknologi Daihatsu Rocky Hybrid yang Bikin Irit BBM dan Kencang Akselerasi

    Bedah Teknologi Daihatsu Rocky Hybrid yang Bikin Irit BBM dan Kencang Akselerasi

    Daihatsu Rocky Hybrid kali pertama diperkenalkan di pameran GIIAS 2025 lalu. Mengusung nama Daihatsu Rocky e-Smart Hybrid, mobil ini dibekali teknologi strong hybrid yang bikin konsumsi bahan bakar irit, namun tanpa mengorbankan akselerasi. Yuk kenali lebih jauh teknologi s-Smart Hybrid di Daihatsu Rocky.

    Akselerasi Daihatsu Rocky Hybrid

    Berbeda dengan teknologi hybrid pada umumnya, Daihatsu Rocky e-Smart Hybrid memiliki teknologi hybrid unik, di mana kendaraan ini sepenuhnya digerakkan oleh motor listrik, sementara mesin bensinnya berfungsi sebagai generator untuk mengisi daya baterai. Teknologi hybrid semacam ini lazim disebut sebagai hybrid serial.

    Daihatsu Rocky Hybrid menggunakan mesin bensin 1.200 cc, WA-VEX, yang terintegrasi dengan baterai hybrid sebesar 177,6 volt, serta transmisi khusus, Hybrid Transaxle. Mobil ini dibekali baterai berdaya 0,74 kWh, diklaim 6 kali lebih besar dibandingkan mobil lain di kelasnya, bahkan setara hybrid SUV medium yang beredar saat ini.

    Sementara motor listrik Rocky Hybrid mampu menghasilkan tenaga maksimum sebesar 106 PS (105 dk) dan torsi maksimum 170 Nm, sehingga menjadikan mobil ini punya torsi terbesar di kelasnya dengan akselerasi sangat responsif, di mana kecepatan 0-100 km/jam klaimnya bisa diraih dalam 10 detik.

    Daihatsu Rocky Hybrid Foto: Rifkianto Nugroho

    Konsumsi BBM Daihatsu Rocky Hybrid

    Rocky Hybrid memberikan pengalaman berkendara dengan ‘Real Series Hybrid’, di mana salah satunya adalah keunggulan konsumsi bahan bakar. Dalam hal efisiensi bahan bakar, Rocky Hybrid disebut-sebut menjadi yang terbaik di kelasnya karena mampu mencapai hingga 34,8 km per liter berdasarkan metode pengujian JC08 (Japan Cycle 08) yakni pengujian efisiensi bahan bakar di Jepang.

    Menariknya, dalam sebuah pengujian bersama awak media, konsumsi bensin Daihatsu Rocky Hybrid bisa lebih irit lagi. Seperti tampak dalam acara test drive Rocky e-Smart Hybrid baru-baru ini. Dalam sesi tersebut, catatan konsumsi bahan bakar Rocky Hybrid cukup mengesankan. Konsumsi bahan bakar minyak (BBM) Rocky Hybrid ini benar-benar irit, bahkan setara motor matic 150 cc.

    Daihatsu mengumumkan seluruh peserta media bisa mencapai konsumsi BBM lebih dari 30 km/liter. Bahkan ada peserta yang bisa tembus 47,8 km per liter. Angka 47,8 km per liter itu setara dengan konsumsi BBM motor matic 150 cc seperti Yamaha Nmax dan Honda PCX.

    Test drive ini dilakukan dengan kondisi normal melewati rute kombinasi yang biasa dilalui oleh masyarakat perkotaan. Beragam rute kombinasi seperti medan jalan yang menanjak-menurun, lalu lintas yang lancar maupun macet, kondisi jalan paving block ataupun aspal, dan juga melewati persimpangan. Kondisi berkendara pun dilakukan dengan tetap menyalakan AC secara normal dengan jumlah penumpang 3-4 orang.

    Metode pengukuran yang digunakan adalah dengan melihat data real-time dari MID (multi information display) kendaraan. Angka capaian konsumsi BBM itu masih bisa diperdebatkan dengan pengukuran metode full to full.

    Selain efisiensi bahan bakar terbaik, Rocky Hybrid juga rendah emisi karena hanya menghasilkan 83 gram CO2/km. Ini menjadi bukti komitmen Daihatsu dalam mendukung kebijakan Carbon Neutral di Indonesia.

    Daihatsu Rocky Hybrid dijual dengan harga Rp 299.850.000 on the road Jakarta, tersedia dalam tiga pilihan warna, yaitu Black Mica Metallic, Shining Pearl White, serta Laser Blue Crystal Shine.

    Perlindungan dan ketenangan pelanggan selama masa kepemilikan Rocky Hybrid juga dijamin dengan garansi baterai Hybrid selama 8 tahun atau 160.000 km, lalu garansi kendaraan selama 3 tahun atau 100.000 km, serta gratis jasa servis 5 kali hingga 50.000 km. Seluruh bengkel resmi Daihatsu juga siap layani perawatan dan penanganan teknis sepanjang periode kepemilikan.

  • Irit Banget, Daihatsu Rocky Hybrid Bisa Tembus 47 Kilometer per Liter

    Irit Banget, Daihatsu Rocky Hybrid Bisa Tembus 47 Kilometer per Liter

    GELORA.CO  – PT Astra Daihatsu Motor (ADM) mencatat pencapaian efisiensi bahan bakar yang mengesankan melalui model Rocky e-Smart Hybrid.

    Dalam kegiatan uji kendara bertajuk Media Test Drive Rocky e-Smart Hybrid yang digelar di kawasan Pantai Indah Kapuk (PIK) 2, Tangerang, Banten, Rabu (18/9/2025), konsumsi bahan bakar tercatat mencapai angka tertinggi 47,8 kilometer per liter.

    Kegiatan yang melibatkan 40 awak media tersebut bertujuan untuk memberikan pengalaman langsung berkendara dengan teknologi hybrid terbaru dari Daihatsu, sekaligus menguji efisiensi konsumsi bahan bakar dalam situasi berkendara harian.

    Dikutip dari Kompas.com, uji jalan dilakukan di berbagai kondisi medan yang umum ditemui masyarakat urban, termasuk rute menanjak dan menurun, lalu lintas padat dan lancar, permukaan jalan beragam seperti aspal dan paving block, hingga area persimpangan. Kendaraan juga dikemudikan dengan kondisi normal, termasuk menyalakan pendingin udara (AC) serta membawa 3–4 orang penumpang.

    Dalam pengujian tersebut, seluruh peserta berhasil mencatat konsumsi bahan bakar lebih dari 30 km/L, dan beberapa di antaranya mencatatkan angka efisiensi hingga mendekati 48 kilometer per liter.

    Efisiensi bahan bakar tinggi yang dicapai Rocky Hybrid tidak terlepas dari teknologi Real Series Hybrid yang diusung Daihatsu.

    Teknologi ini menggabungkan tiga komponen utama.

    Pertama, Rocky Hybrid digerakkan sepenuhnya oleh motor listrik yang terhubung langsung dengan transmisi khusus hybrid Transaxle yang dapat menghasilkan tenaga maksimum sebesar 106 PS dan torsi maksimum 170 Nm yang responsif dan memberikan sensasi berkendara layaknya mobil listrik.

    Kedua, motor listrik ini ditenagai oleh baterai Hybrid bertipe Lithium-ion sebesar 177,6 volt mampu menghasilkan daya sebesar 0,74 kWh yang setara dengan mobil Hybrid kelas SUV Medium.

    Ketiga, untuk mengisi baterai Hybrid tersebut, Rocky Hybrid menggunakan mesin bensin 1.2L WA-VEX yang sangat efisien dan ramah lingkungan.

    Selain faktor kendaraan, cara berkendara juga mempengaruhi efisiensi bahan bakar

  • Wow! Konsumsi BBM Daihatsu Rocky Hybrid Ngalahin Nmax-PCX

    Wow! Konsumsi BBM Daihatsu Rocky Hybrid Ngalahin Nmax-PCX

    Jakarta

    Daihatsu menggelar acara test drive Rocky e-Smart Hybrid. Dalam sesi tersebut, catatan konsumsi bahan bakarnya cukup mengesankan. Konsumsi bahan bakar minyak (BBM) Rocky Hybrid ini benar-benar irit, bahkan setara motor matic 150 cc.

    Daihatsu mengumumkan seluruh peserta media bisa mencapai konsumsi BBM lebih dari 30 km/liter. Menariknya ada yang bisa tembus 47,8 km per liter.

    Well, angka 47,8 km per liter itu setara dengan konsumsi BBM motor matic 150 cc seperti Yamaha Nmax dan Honda PCX.

    Test drive ini dilakukan dengan kondisi normal melewati rute kombinasi yang biasa dilalui oleh masyarakat perkotaan. Beragam rute kombinasi seperti medan jalan yang menanjak-menurun, lalu lintas yang lancar maupun macet, kondisi jalan paving block ataupun aspal, dan juga melewati persimpangan. Kondisi berkendara pun dilakukan dengan tetap menyalakan AC secara normal dengan jumlah penumpang 3 – 4 orang.

    Metode pengukuran yang digunakan adalah dengan melihat data real-time dari MID (multi information display) kendaraan. Angka capaian konsumsi BBM itu masih bisa diperdebatkan dengan pengukuran metode full to full.

    Mobil ini memang didesain punya konsumsi BBM yang irit berdasarkan klaim pabrikan. Di atas kertas, Rocky Hybrid mampu mencapai 28 km/l dengan mode pengujian WLTC (Worldwide Harmonized Light Vehicles Test Cycle), sementara itu, angka 34,8 km/l didapat berdasarkan metode pengujian JC08 (Japan Cycle 08) yakni pengujian efisiensi bahan bakar di Jepang. Selain efisiensi bahan bakar, Rocky Hybrid juga rendah emisi karena hanya menghasilkan 83 gram CO2/km.

    Mesin dan spek baterai

    Rocky Hybrid digerakkan sepenuhnya oleh motor listrik yang terhubung langsung dengan transmisi khusus hybrid transaxle yang dapat menghasilkan tenaga maksimum sebesar 106 PS dan torsi maksimum 170 Nm yang responsif dan memberikan sensasi berkendara layaknya mobil listrik.

    Motor listriknya ditenagai oleh baterai Hybrid bertipe Lithium-ion sebesar 177,6 volt mampu menghasilkan daya sebesar 0,74 kWh yang setara dengan mobil Hybrid kelas SUV Medium.

    Guna mengisi baterai Hybrid tersebut, Rocky Hybrid menggunakan mesin bensin 1.2L WA- VEX yang diklaim efisien dan ramah lingkungan.

    Tips irit bersama Rocky Hybrid

    Pertama, menjaga kendaraan tetap berada di kecepatan konstan antara 40-80 Km/jam.

    Kedua, menggunakan transmisi mode-B saat melintasi jalan menurun sehingga dapat mengubah energi kendaraan menjadi energi listrik untuk mengisi baterai.

    Ketiga, menjaga jarak dengan pengemudi di depan. Selain lebih aman saat berkendara, hal ini juga dapat mengoptimalkan pengisian baterai Hybrid saat kendaraan dalam kondisi deselerasi.

    (riar/dry)

  • Sebulan Meluncur, Segini SPK Daihatsu Rocky Hybrid

    Sebulan Meluncur, Segini SPK Daihatsu Rocky Hybrid

    Jakarta

    Daihatsu Rocky Hybrid sudah dipasarkan di Indonesia sejak dua bulan lalu. Dibanderol tak sampai Rp 300 juta, selaku apa mobil buatan Jepang tersebut?

    Direktur Pemasaran PT Astra Daihatsu Motor (ADM), Sri Agung Handayani mengatakan, hingga saat ini sudah ada 2 ribu konsumen potensial yang tertarik membeli Rocky Hybrid. Sementara SPK-nya sudah tembus ratusan unit.

    “Kita mungkin leads aja ya. Kalau leads-nya kurang lebih 2 ribuan lah. Nah, kalau SPK-nya kurang lebih 300 sekian lah,” ujar Sri Agung Handayani saat ditemui di Pantai Indah Kapuk (PIK), Jakarta Utara.

    Penjualan Daihatsu Rocky Hybrid di Indonesia. Foto: Rifkianto Nugroho

    Agung menegaskan, pihaknya tak mau terlalu ‘ngoyo’ dalam menjual Rocky Hybrid di Indonesia. Sebab, kini dia dan timnya masih fokus ke pengenalan produk.

    “Saat ini kita masih fokus di pengenalan, di event ya. Nantilah kita tunggu di kuartal 4, satu per satu unitnya. Soalnya banyak ya. Kita gak ingin terlalu membombardir, kita juga ada prioritas,” kata dia.

    Sebagai catatan, Daihatsu Rocky Hybrid meluncur di pameran Gaikindo Indonesia International Auto Show atau GIIAS 2025. Kendaraan tersebut sempat dibanderol Rp 293 jutaan, sebelum akhirnya naik menjadi Rp 299 jutaan. Nominal itu berstatus on the road Jakarta.

    Rocky Hybrid dibekali mesin 1.2 liter yang dikawinkan transmisi khusus hybrid transaxle. Pembekalan tersebut membuat mobil mampu menghasilkan tenaga maksimum 106 PS dan torsi 170 Nm.

    Kendaraan hibrida itu mampu melaju dari 0-100 km/jam hanya dalam 10,36 detik. Efisiensi bahan bakarnya mencapai 28 km/l (WLTC) atau 34,8 km/l (JC08 Jepang), dengan emisi hanya 83 g CO₂/km. Sementara baterainya lithium-ion berkapasitas 0,74 kWh untuk menggerakkan motor listrik.

    (sfn/dry)

  • Ada Model Terbaru, Daihatsu Rocky Lama Masih Dijual di Indonesia?

    Ada Model Terbaru, Daihatsu Rocky Lama Masih Dijual di Indonesia?

    Jakarta

    PT Astra Daihatsu Motor (ADM) telah meluncurkan Daihatsu Rocky terbaru di Indonesia, Rabu (17/9). Kendaraan tersebut mendapat sentuhan baru di bagian interior dan eksterior. Lantas, masihkah model lama dijual di Tanah Air?

    Direktur Pemasaran PT ADM, Sri Agung Handayani menegaskan, Daihatsu Rocky lama masih tersedia di sejumlah dealer. Namun, pihaknya secara bertahap mulai melakukan shifting atau peralihan ke model terbaru.

    “(Daihatsu Rocky model lama) masih ada, tapi sudah disiapkan untuk menyambut model yang baru,” ujar Sri Agung Handayani setelah peluncuran Rocky terbaru di Pantai Indah Kapuk (PIK), Jakarta Utara.

    Daihatsu Rocky lawas. Foto: Grandyos Zafna

    Sri Agung Handayani menegaskan, konsumen sudah bisa memesan Rocky terbaru setelah peluncuran kendaraan. Sementara pengiriman unitnya akan dimulai bulan ini.

    “Delivery-nya mulai bulan ini, kami sudah siap mulai bulan ini,” kata dia.

    Secara umum, perubahan Daihatsu Rocky terbaru berada di bagian interior dan eksterior kendaraan. Pertama, yang paling kentara, pembaruan terdapat di bagian muka. Kini, mobil tersebut menggunakan gril model honeycomb yang modern.

    Khusus untuk varian tertinggi atau ADS, logo Daihatsu di depan ditulis secara utuh, bukan menggunakan logo seperti biasa. Kemudian pembaruan lainnya termasuk pelindung bumper depan dan belakang, lampu DRL, rear backdoor garnish dan stiker tambahan di sisi-sisi kendaraan.

    Daihatsu Rocky terbaru meluncur di Indonesia Foto: (Septian Farhan Nurhuda/detikOto)

    Untuk interior, sentuhan anyar terdapat pada nuansa ruangan yang kini serba hitam, termasuk setir kemudi. Lalu pembaruan lain ada di bagian AC register, door inner handle dan center console garnish.

    Daihatsu Rocky terbaru varian termurah dibanderol Rp 228 jutaan atau Rp 16 jutaan lebih mahal dibandingkan model sebelumnya. Namun, harga varian tertinggi atau ADS belum diumumkan saat momen peluncuran produk.

    (sfn/rgr)

  • Sat Set! Daihatsu Rocky Terbaru Dikirim ke Konsumen Mulai Bulan Ini

    Sat Set! Daihatsu Rocky Terbaru Dikirim ke Konsumen Mulai Bulan Ini

    Jakarta

    Daihatsu Rocky terbaru telah meluncur di Indonesia, Rabu (17/9). Kabar baiknya, konsumen yang mau memesan mobil tersebut tak perlu repot-repot bersabar, sebab unitnya akan langsung dikirim mulai bulan ini.

    Kepastian tersebut disampaikan Sri Agung Handayani selaku Direktur Pemasaran PT Astra Daihatsu Motor (ADM). Dia memastikan, unitnya sudah ready sehingga pengiriman bisa dilakukan secara cepat.

    “Delivery-nya mulai bulan ini, kami sudah siap mulai bulan ini,” ujar Sri Agung Handayani setelah peluncuran produk di Pantai Indah Kapuk (PIK), Jakarta Utara, Rabu (17/9).

    Daihatsu Rocky terbaru. Foto: Septian Farhan Nurhuda / detikcom

    Di kesempatan yang sama, Sri Agung juga memastikan, Daihatsu Rocky versi sebelumnya masih dijual di sejumlah dealer di Indonesia. Namun, pihaknya secara bertahap mulai melakukan shifting atau peralihan ke model terbaru.

    “(Daihatsu Rocky model lama) masih ada, tapi sudah disiapkan untuk menyambut model yang baru,” kata dia.

    Secara umum, perubahan Daihatsu Rocky terbaru berada di bagian interior dan eksterior kendaraan. Pertama, yang paling kentara, pembaruan terdapat di bagian muka. Kini, mobil tersebut menggunakan gril model honeycomb yang modern.

    Daihatsu Rocky terbaru. Foto: Septian Farhan Nurhuda / detikcom

    Khusus untuk varian tertinggi atau ADS, logo Daihatsu di depan ditulis secara utuh, bukan menggunakan logo seperti biasa. Kemudian pembaruan lainnya termasuk pelindung bumper depan dan belakang, lampu DRL, rear backdoor garnish dan stiker tambahan di sisi-sisi kendaraan.

    Untuk interior, sentuhan anyar terdapat pada nuansa ruangan yang kini serba hitam, termasuk setir kemudi. Lalu pembaruan lain ada di bagian AC register, door inner handle dan center console garnish.

    Daihatsu Rocky terbaru varian termurah dibanderol Rp 228 jutaan atau Rp 16 jutaan lebih mahal dibandingkan model sebelumnya. Namun, harga varian tertinggi atau ADS belum diumumkan saat momen peluncuran produk.

    (sfn/din)