Solo Raih Penghargaan karena Ramah Disabilitas, Apa Saja yang Sudah Dilakukan?
Tim Redaksi
SOLO, KOMPAS.com
– Pemerintah Kota (Pemkot) Solo, Jawa Tengah, meraih Anugerah Prakarsa Inklusi dari Komisi Nasional Disabilitas. Penghargaan ini diberikan atas komitmen Solo dalam mewujudkan kota yang ramah bagi penyandang disabilitas.
Penghargaan tersebut diserahkan di Pendapi Gede
Solo
, Minggu (23/11/2025) malam.
Wali
Kota Solo
, Respati Ardi, menjelaskan bahwa keberpihakan terhadap penyandang
disabilitas
sudah memiliki dasar hukum yang kuat.
Perlindungan dan pemenuhan hak disabilitas diatur dalam Peraturan Daerah Kota Surakarta Nomor 9 Tahun 2020.
Sementara kewajiban pelaku usaha menerima pekerja disabilitas tercantum dalam Peraturan Daerah Nomor 1 Tahun 2023 tentang Ketenagakerjaan.
Dalam Pasal 42, penyandang disabilitas disebut memiliki hak setara untuk memperoleh pekerjaan sesuai persyaratan dan kualifikasi.
BUMD wajib mempekerjakan minimal 2 persen penyandang disabilitas, sementara perusahaan swasta menyediakan setidaknya 1 persen dari total pekerja.
“Mewajibkan satu persen pelaku usaha menerima rekan-rekan disabilitas,” ujar Respati.
Pemkot Solo juga memastikan dukungan konkret melalui pelatihan khusus bagi penyandang disabilitas melalui Dinas Tenaga Kerja (Disnaker).
“Dari Disnaker ada pelatihan khusus disabilitas dan kita fasilitasi pelaku usaha kreatif yang disabilitas,” kata Respati.
Langkah ini bertujuan meningkatkan daya saing penyandang disabilitas agar mampu beradaptasi dan bersaing di dunia kerja.
Komitmen Solo sebagai kota inklusif juga terlihat pada layanan transportasi umum. Mulai 2026, penyandang disabilitas akan digratiskan menggunakan bus Batik Solo Trans (BST).
“Yang sebelumnya transportasi umum berbayar, disabilitas kita gratiskan,” ungkapnya.
Respati menegaskan bahwa upaya yang dilakukan Pemkot Solo belum berhenti. Ke depan, seluruh fasilitas umum dan fasilitas sosial di Solo ditargetkan ramah bagi penyandang disabilitas.
“Saya tidak ingin mengasihani disabilitas, tapi memberi hak yang setara untuk disabilitas,” ujarnya.
Copyright 2008 – 2025 PT. Kompas Cyber Media (Kompas Gramedia Digital Group). All Rights Reserved.
Transportasi: BST
-
/data/photo/2025/11/24/69244c3b69918.jpg?w=1200&resize=1200,0&ssl=1)
Solo Raih Penghargaan karena Ramah Disabilitas, Apa Saja yang Sudah Dilakukan? Regional 25 November 2025
-
/data/photo/2025/10/31/6904588c858de.jpg?w=1200&resize=1200,0&ssl=1)
Bajaj Dilarang Beroperasi di Solo, Wali Kota Ungkap Alasannya Regional 31 Oktober 2025
Bajaj Dilarang Beroperasi di Solo, Wali Kota Ungkap Alasannya
Tim Redaksi
SOLO, KOMPAS.com –
Pemerintah Kota (Pemkot) Solo, Jawa Tengah, resmi melarang operasional bajaj atau angkutan umum roda tiga di seluruh wilayah Kota Solo.
Kebijakan ini tertuang dalam Surat Edaran (SE) Wali Kota Solo Nomor 12 Tahun 2025, yang diresmikan pada 29 Oktober 2025.
Larangan tersebut mengacu pada beberapa regulasi, yakni Undang-Undang Nomor 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan, Peraturan Pemerintah Nomor 55 Tahun 2012 tentang Kendaraan, serta sejumlah Peraturan Menteri Perhubungan yang mengatur penyelenggaraan angkutan umum dan sewa khusus.
Wali Kota Solo, Respati Ardi, mengatakan kebijakan ini bertujuan untuk menjaga keselamatan, keamanan, kenyamanan, keterjangkauan, dan keteraturan transportasi di Kota Solo.
Dalam SE tersebut, terdapat tiga poin penting yang mengatur tentang operasional bajaj di Solo:
Bajaj dilarang beroperasi sebagai angkutan umum, karena tidak sesuai dengan ketentuan yang berlaku.
Kendaraan roda tiga pribadi masih diperbolehkan, sesuai PP Nomor 55 Tahun 2012.
Aplikasi penyedia layanan bajaj daring diminta menghentikan operasionalnya di wilayah Kota Solo.
Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Solo, Taufiq Muhammad, menegaskan bahwa larangan ini sudah resmi berlaku sejak surat edaran diterbitkan.
“Sudah resmi berlaku. Kalau digunakan sebagai kendaraan pribadi masih bisa, tapi untuk angkutan umum tidak boleh sesuai regulasi,” ujar Taufiq saat dihubungi, Jumat (31/10/2025).
Ia berharap masyarakat dan pengelola aplikasi transportasi menaati aturan baru tersebut, serta mendukung sistem transportasi resmi yang telah disediakan pemerintah.
“Silakan gunakan Batik Solo Trans (BST), Trans Jateng, bus, feeder, atau transportasi daring yang sudah berizin resmi,” tambahnya.
Pemkot Solo menegaskan bahwa kebijakan ini bukan untuk membatasi pilihan transportasi warga, tetapi untuk meningkatkan kualitas dan keselamatan layanan angkutan umum.
Masyarakat diimbau menggunakan moda transportasi yang sudah terdaftar dan berizin resmi, agar lebih aman dan nyaman.
Copyright 2008 – 2025 PT. Kompas Cyber Media (Kompas Gramedia Digital Group). All Rights Reserved. -

Cara Cek DTKS Lewat HP, agar Dapat Bansos PKH, BNPT dan PIP
Cek DTKS via HP untuk dapat Bansos PKH, BPNT, dan PIP: Buka browser, akses cekbansos.kemensos.go.id, isi data wilayah dan nama sesuai KTP, masukkan captcha, lalu tekan “CARI DATA”.
Bisnis.com, JAKARTA – DTKS adalah Data Terpadu Kesejahteraan Sosial yang meliputi Pemerlu Pelayanan Kesejahteraan Sosial (PPKS), Penerima Bantuan dan Pemberdayaan Sosial, serta Potensi dan Sumber Kesejahteraan Sosial (PSKS). DTKS memuat 40% penduduk yang mempunyai status kesejahteraan sosial terendah dan dapat menerima BST dan PKH.
Adapun DTKS merupakan pemberian bantuan sosial (Bansos) untuk memenuhi kebutuhan dasar masyarakat yang bersumber dari APBN yang programnya berupa Program Keluarga Harapan (PKH) dan Bantuan Pangan Non-Tunai (BPNT).
Bagi Anda yang ingin mendapatkan bantuan sosial BPKH, BPNT dan PPI, harus terdaftar dalam DTKS tersebut.
Cara Cek DTKS Lewat HP
Buka Aplikasi Peramban (Browser) di HP Anda:
Peramban itu seperti Google Chrome, Mozilla Firefox, Samsung Internet, atau aplikasi lain yang biasa Anda gunakan untuk membuka internet. Sentuh ikonnya di layar HP Anda untuk membukanya.
Ketik Alamat Website Resmi Kementerian Sosial:
Di bagian atas layar peramban (di kolom alamat website), ketik alamat ini dengan benar: https://cekbansos.kemensos.go.id/ .
Pastikan tidak ada salah ketik huruf atau angka. Setelah selesai, tekan tombol “Enter” atau ikon “Go” (biasanya bergambar panah atau kaca pembesar) di keyboard HP Anda.Isi Data Wilayah Anda:
Setelah website terbuka, Anda akan melihat beberapa kolom kosong yang harus diisi.
Memilih Provinsi: Sentuh kolom “Provinsi”, lalu cari dan pilih nama provinsi tempat tinggal Anda dari daftar yang muncul.
Lalu Pilih Kabupaten/Kota: Lakukan hal yang sama untuk “Kabupaten/Kota” Anda.
Pilih Kecamatan: Lanjutkan dengan memilih “Kecamatan” Anda.
Dan Pilih Desa/Kelurahan: Terakhir, pilih “Desa/Kelurahan” tempat Anda tinggal.Masukkan Nama Lengkap Anda Sesuai KTP:
Setelah mengisi data wilayah, di bawahnya Anda akan menemukan kolom “Nama Penerima Manfaat”.
Ketik nama lengkap Anda di kolom ini, sama persis dengan yang tertera di KTP Anda. Perhatikan huruf besar/kecil dan spasi.Masukkan Kode Verifikasi (Captcha):
Di bagian bawah, Anda akan melihat sebuah kotak dengan beberapa huruf dan angka acak. Ini disebut kode “Captcha”. Kode ini berfungsi untuk memastikan Anda bukan robot.
Lihat kode tersebut baik-baik, lalu ketik ulang kode itu di kolom kosong di sebelahnya.
Tips: Jika kode sulit dibaca atau buram, Anda bisa menekan tombol “Refresh” (biasanya ikon panah melingkar di samping kode) untuk mendapatkan kode baru yang lebih jelas. Jangan menyerah jika langsung salah!Tekan Tombol “CARI DATA”:
Setelah semua kolom terisi dengan benar, sentuh tombol berwarna biru atau hijau yang bertuliskan “CARI DATA”.
Lihat Hasil Pengecekan:
Tunggu beberapa saat. Website akan memproses permintaan Anda.
Jika data Anda ditemukan, Anda akan melihat informasi seperti nama lengkap, NIK, usia, dan status kepesertaan dalam berbagai program bantuan sosial (misalnya, PKH, BPNT).
Jika nama Anda tidak ditemukan, akan muncul pesan yang menyatakan “Data Tidak Ditemukan” atau sejenisnya. -

Gerhana Bulan Total Muncul 7 September 2025, Sebagian Bumi Bakal Gelap
Bisnis.com, JAKARTA – Pada 7 September 2025, akan terjadi gerhana bulan total.
Gerhana ini akan terlihat oleh sebagian besar penduduk Eropa, Asia, Afrika, dan Australia, serta sebagian Amerika Selatan. Dari tempat saya tinggal, di Inggris, gerhana akan dimulai ketika bulan berada di bawah cakrawala, tetapi sekitar 20 menit kemudian, sekitar pukul 19.30, gerhana akan terlihat dan akan tetap seperti itu hingga gerhana berakhir.
Gerhana bulan 7 September akan terjadi antara pukul 15.28 dan 20.55 GMT dengan bulan sepenuhnya terbenam dalam bayangan gelap Bumi — yang dikenal sebagai umbra — selama 82 menit totalitas yang menakjubkan antara pukul 17.30 dan 18.52 GMT.
Sekitar 77% populasi dunia, sekitar 6,2 miliar orang, akan dapat menyaksikan seluruh fase total gerhana bulan, dengan hampir 88% (7,1 miliar orang) menyaksikan setidaknya sebagian fase penumbra, menurut Time and Date.
Namun, di Eropa, bulan akan terbit dalam kondisi gerhana, sehingga pengaturan waktu dan pandangan yang jelas ke cakrawala timur akan menjadi kunci. Berikut ini adalah waktu terbitnya bulan dan totalitas di beberapa kota di Eropa:
Berikut ini waktu totalitas terjadi di beberapa kota utama.
Perth, Australia: 01.30 hingga 02.52 AWST pada hari Senin, 8 September 2025
Mumbai, India: 23.00 IST pada hari Minggu, 7 September 2025 hingga 00.22 IST pada hari Senin, 8 September 2025
Kairo: 20.30 hingga 21.52 EEST pada hari Minggu, 7 September 2025
Cape Town, Afrika Selatan: 19.30 hingga 20.52 SAST pada hari Minggu, 7 September 2025
Berlin 19.37 CEST 19.30-20.52 CEST
Wina 19.20 CEST 19.30-20.52 CEST
Budapest 19.08 CEST 19.30-20.52 CEST
Paris 20.17 CEST 19.30-20.52 CEST
Madrid 20.34 CEST 19.30-20.52 CEST
London 19.30 BST 18.30-19.52 BSTWaktu-waktu ini hanya untuk totalitas bagian paling dramatis dari gerhana. Namun, ada baiknya melihat ke atas setidaknya 75 menit lebih awal untuk menyaksikan gerhana sebagian saat bayangan Bumi perlahan merayap di atas bulan, dan tetap tinggal setelah totalitas untuk melihat bulan berangsur-angsur kembali ke kecerahan penuhnya.
Ketika ini terjadi, bulan bergerak ke dalam bayangan Bumi. Inilah sebabnya mengapa bulan selalu terlihat selama gerhana bulan – hanya saja tampak lebih gelap dan lebih merah. Satu-satunya cahaya yang masih mencapai permukaan bulan dan dipantulkan kembali kepada kita telah melewati atmosfer Bumi, yang menyebarkan sebagian besar panjang gelombang cahaya kecuali yang merah.
Untuk mengetahui kapan Anda dapat melihat gerhana, dan seberapa banyak gerhana yang akan terlihat dari tempat tinggal Anda, Anda dapat menggunakan peta gerhana interaktif. Peta ini akan memberi Anda gambaran terbaik tentang cara melihatnya.
Berbeda dengan gerhana matahari, Anda tidak memerlukan alat pelindung khusus untuk melihat gerhana bulan – cukup langit yang cerah. Setelah Anda tahu kapan harus melihat, temukan bulan dan saksikan ia menggelap dan memerah (lihat gambar). Anda mungkin ingin melihat penampakannya melalui teropong. Jika Anda tinggal di Inggris, bulan akan berada rendah di ufuk timur malam itu, jadi Anda perlu mencari tempat dengan pandangan yang jelas ke arah timur.
Peristiwa khusus ini dikenal sebagai Harvest Blood Moon – “Harvest” karena bulan purnama ini terjadi tepat sebelum ekuinoks musim gugur, dan “Blood” karena warna merah bulan saat gerhana.
-

BST Tidak Cair Padahal Terdaftar? Cek 5 Kemungkinan Masalahnya
Jakarta –
Bantuan Sosial Tunai (BST) merupakan salah satu program pemerintah yang dirancang untuk membantu meringankan beban ekonomi masyarakat. Namun ada kalanya bansos ini tak kunjung cair meski dirinya terdaftar sebagai penerima bantuan.
Berbagai program bansos sangat bergantung pada sistem pendataan yang digunakan pemerintah untuk menyeleksi penerima yang memenuhi syarat, yakni Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS).
Sayang dalam pelaksanaannya masih banyak masyarakat yang mengeluh lantaran nama mereka tercantum di DTKS, tapi hingga saat ini tidak atau bahkan belum pernah mendapat bansos.
Melansir situs resmi Desa Tenggulang Baru Provinsi Sumatra Selatan, berikut beberapa kemungkinan masalah penyebab bansos tidak cair beserta langkah penyelesainnya:
1. NIK valid namun tidak ditemukan di Dispendukcapil
Langkah Penyelesaian: Update KK (kartu keluarga) ke Dispendukcapil. Beberapa kasus yang telah terjadi, ditemukan bahwa KK tidak sinkron antara Dukcapil daerah dan di pusat.
2. NIK ganda
Langkah Penyelesaian: Lakukan perbaikan data melalui operator SIKS-NG di desa/kelurahan/distrik masing – masing wilayah.
3. NIK Penerima bantuan dinyatakan meninggal oleh Dukcapil
Langkah Penyelesaian: Jika sesuai dengan kondisi lapangan, dapat diusulkan untuk dihapus dari data SIKS-NG, namun jika berbeda maka lakukan usulan perbaikan data di Dukcapil setempat.
4. NIK Ditemukan namun beda nama di Dukcapil (NIK dipakai orang yang berbeda)
Langkah Penyelesaian: Lakukan perbaikan data diri di Dukcapil dengan membawa data pendukung.
5. Belum Melakukan Update Data
Dari beberapa kasus diatas, penerima bansos yang namanya tertera dalam DTKS hendaknya melakukan perbaikan data atau memperbaharui data yang valid di Dispendukcapil setempat secara mandiri agar tidak mempengaruhi proses pemberian bantuan sosial oleh pemerintah.
Jika penerima bantuan enggan memperbaiki data dasar tersebut karena berbagai macam alasan ada baiknya untuk melaporkan atau menyampaikan hal tersebut kepada pihak desa/kelurahan agar oleh pemerintah setempat diusulkan untuk dihapus dari daftar usulan calon penerima bansos.
Cara Daftar Ulang atau Mengajukan Nama di DTKS
Bagi masyarakat yang merasa berhak mendapat bantuan ini namun tidak terdaftar, segera daftarkan diri di aplikasi cek bansos. Berikut ini adalah cara daftar menjadi peserta bansos yang bisa kamu lakukan menggunakan HP:
1. Unduh aplikasi “Cek Bansos” di HP
2. Masuk ke “Daftar usulan”
3. Klik “Tambah Usulan”
4. Isi data diri yang ingin diusulkan PKH, kemudian pilih jenis bansos PKH
5. Setelah langkah-langkah di atas, tunggu proses verifikasi dan validasiJika berdasarkan hasil verifikasi dan validasi yang bersangkutan sudah benar berhak mendapatkan bansos, ke depan penerima akan menerima pencairan bantuan.
Kemudian jika ada perubahan data seperti berpindah tempat tinggal atau ada anggota keluarga baru, yang bersangkutan dapat update data DTKS agar haknya tidak dicabut pemerintah.
Dalam catatan detikcom yang melansir dari situs resmi Falkutas Hukum Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara, berikut langkah-langkah update data kependudukan di DTKS:
– Datangi kantor desa/kelurahan atau RT/RW setempat
– Bawa KTP, KK, dan dokumen pendukung lainnya
– Sampaikan maksud untuk memperbarui data DTKS
– Petugas akan menginput data melalui aplikasi SIKS-NG
– Tunggu proses verifikasi dan validasi dari Dinas SosialTonton juga video “Mensos Tanggapi soal ODGJ Dapat Bansos Seumur Hidup” di sini:
(igo/fdl)
-

Dari Tes Tabrak Nilai 0 sampai Krisis di China
Jakarta –
Merek mobil listrik asal China, Neta, dikabarkan sedang di ambang kebangkrutan. Start-up mobil listrik yang berbasis di Shanghai, China, itu sedang diterpa krisis.
Dilaporkan Reuters, Zhejiang Hozon New Energy Automobile, sebagai pemilik merek kendaraan listrik China Neta, secara resmi memasuki proses kebangkrutan. Hal itu dilaporkan oleh media lokal China CCTV. Menurut laporan itu, beberapa showroom Neta di Shanghai juga telah ditutup.
“Menurut platform pengungkapan kebangkrutan perusahaan nasional China, seorang kreditor bulan lalu mengajukan petisi kebangkrutan terhadap perusahaan tersebut,” demikian dikutip Reuters.
Dikutip situs berita Thailand The Nation, seorang kreditor, Shanghai Yuxing Advertising telah mengajukan petisi kebangkrutan terhadap Hozon. Kreditor itu mengutip biaya pencetakan pameran yang belum dibayar.
Neta beberapa kali diterpa isu miring. Mulai dari krisis di China, bahkan sampai mobil listriknya yang dites tabrak tapi dapat nilai nol.
Tes Tabrak Nilai Nol
Belum lama ini, lembaga penilaian mobil baru untuk negara-negara Asia Tenggara atau ASEAN NCAP (New Car Assessment Program) melakukan uji tabrak untuk mobil listrik Neta V. Hasilnya mengecewakan, Neta V diganjar nilai nol bintang dalam tes tabrak ASEAN NCAP tersebut.
Dalam pengujian ini, ada dua tes tabrak yang dijalani Neta V, yaitu tabrakan depan dan tabrakan samping. Saat dites tabrak depan, dua airbag untuk sopir dan penumpang depan langsung keluar. Namun, ASEAN NCAP menilai, Neta V tampil mengecewakan dengan memperoleh poin nol untuk uji offset depan. Sampel boneka pengemudi dalam pengetesan menerima perlindungan yang buruk di kepala, leher, dada, dan tungkai bawah kanan. Alhasil, ASEAN NCAP diberi nilai 0,00 untuk tes tabrak depan.
Selanjutnya, ASEAN NCAP menguji tabrakan samping. ASEAN NCAP menilai, boneka pengujian menerima perlindungan marjinal di bagian dada saat tes tabrak samping. Dalam uji benturan samping, model ini hanya memperoleh 6,31 poin dari 8,00 poin dengan boneka menerima perlindungan marjinal di dada. Lebih jauh, model ini tidak dilengkapi dengan peralatan Teknologi Pelindung Kepala (HPT), yang mengakibatkan tidak memperoleh poin apa pun untuk penilaian. Totalnya, Neta V hanya mendapat skor 7,89 poin dari nilai maksimal 40,00 poin untuk kategori perlindungan penumpang dewasa (AOP).
Lalu, untuk perlindungan penumpang anak (COP), Neta V hanya meraih skor 13,51 poin dari nilai maksimal 20,00 poin. Dalam penilaian dinamis untuk kategori COP, NETA V tampil baik dalam uji tabrakan depan dan benturan samping. Namun, Neta V menerima poin buruk untuk penilaian pemasangan Child Restraint System (CRS). Meskipun memiliki ISOFIX dan pemasangan top tether, model ini tidak dapat dipasang dengan baik pada lebih dari setengah daftar CRS yang direkomendasikan ASEAN NCAP.
Untuk penilaian Safety Assist, Neta V cuma mendapat nilai 7,14 poin dari nilai maksimal 20 poin. Sebab, mobil ini tidak memiliki fitur Autonomous Emergency Braking (AEB) untuk jalan perkotaan maupun luar kota, Forward Collision Warning (FCW), Lane Keep Assist (LKA) dan Lane Departure Warning (LDW). Neta V cuma memiliki ABS, ESC dan pengingat penggunaan sabuk pengaman sisi pengemudi.
Kemudian untuk kategori keselamatan untuk pengendara sepeda motor, Neta V diganjar nilai nol. Sebab, mobil ini tidak memiliki fitur-fitur seperti Blind Spot Technology (BST), Auto High Beam (AHB) dan Pedestrian Protection (PP).
Berdasarkan penilaian itu, ASEAN NCAP memberikan skor 28,55 poin untuk Neta V. Nilai itu membuat Neta V diganjar rating penilaian nol bintang.
Krisis Neta di China
Tak cuma itu, Neta juga diterpa isu krisis di negara asalnya. Pada November 2024, Neta dikabarkan menyetop produksi sekaligus memangkas gaji karyawannya di China.
Penyebabnya, penjualan mobil Neta di China disebut-sebut menurun drastis. Dikutip Car News China, berdasarkan informasi dari sumber di industri kendaraan energi terbarukan China, penjualan mobil Neta merosot 40 persen pada Oktober 2024 dibandingkan periode sebelumnya. Media DoNews memberitakan bahwa pabrik Neta di Tongxiang, Zhejiang, menghentikan produksi selama setengah bulan. Gaji karyawan ikut dipangkas menyesuaikan dengan kondisi tersebut.
Neta juga diterpa isu miring lagi. Merek yang berbasis di Shanghai itu disebut-sebut telah membubarkan tim riset dan juga pengembangan (R&D), serta tak mampu membayar kewajibannya ke para vendor.
Namun, Neta merespons pemberitaan media China tersebut. Neta membantah rumor yang mengatakan pihaknya membubarkan tim riset dan pengembangan (R&D). Menurut Neta, rumor dan propaganda lainnya terkait Neta adalah informasi yang tidak benar. Di sisi lain, Neta tidak membantah bahwa perusahaannya sedang melakukan efisiensi.
“Rumor yang beredar di internet mengenai “NETA AUTO membubarkan Tim R&D serta propaganda lainnya adalah informasi yang tidak benar,” tulis keterangan Neta Auto.
Tapi, isu krisis Neta semakin menjadi-jadi. Dealer mobil listrik Neta satu-satunya di Singapura tutup. Padahal, dealer tersebut baru beroperasi tiga bulan. Mengutip laporan The Business Times, kondisi showroom Neta itu sudah kosong. Tak ada karyawan yang bekerja ataupun mobil yang dipamerkan. Sejatinya dealer tersebut baru beroperasi tiga bulan, tepatnya dimulai pada Januari 2025.
Hingga kabar terbaru, Neta disebut resmi memasuki proses kebangkrutan. Beberapa showroom Neta di Shanghai juga tutup.
Lakukan Restrukturisasi
Belum lama ini, Neta juga mengumumkan proses restrukturisasi. Hal ini salah satunya bertujuan untuk menyelesaikan krisis utang melalui prosedur hukum.
“Perusahaan induk Neta Auto, yakni Hozon New Energy Automobile Co., Ltd. telah memulai proses restrukturisasi hari ini. Restrukturisasi ini merupakan tindakan penyelamatan diri yang aktif yang dipimpin oleh pemerintah dan diawasi oleh Pengadilan Menengah Rakyat Jiaxing di Provinsi Zhejiang, dengan tujuan menyelesaikan krisis utang melalui prosedur hukum, memperkenalkan sumber daya strategis, mengoptimalkan sistem manajemen, dan membuka jalur baru untuk pembangunan berkelanjutan perusahaan. Kami memahami bahwa pilihan ini mempengaruhi setiap mitra, karyawan, dan pemilik mobil,” demikian dikutip dari pernyataan resmi Neta.
Dalam pernyataan tertulisnya, Neta mengakui bahwa Hozon New Energy menghadapi rintangan berkala akibat persaingan ketat di sektor energi baru. Penurunan penjualan, beban utang, dan masalah rantai pasokan semuanya mengakibatkan kesulitan operasional.
Namun, sebagai merek yang pernah menduduki puncak tangga penjualan di antara kekuatan baru dengan penjualan tahunan sebesar 152.000 kendaraan, Hozon New Energy masih memiliki akumulasi teknologi inti dan nilai pasar. Tujuan utama restrukturisasi ini adalah untuk memastikan produksi, menstabilkan pengiriman, dan melindungi hak dan kepentingan. Perusahaan akan direvitalisasi melalui optimalisasi utang, perbaikan manajemen, dan suntikan modal.
“Hozon New Energy dengan tulus berterima kasih kepada pemerintah di semua tingkatan, kreditor, pemasok, dan pemilik mobil global atas kepercayaan dan dukungan mereka. Selama masa restrukturisasi, kami akan mematuhi prinsip komunikasi yang transparan dan mengungkapkan progress secara berkala melalui situs web resmi dan saluran resmi kami. Meski jalan menuju kelahiran kembali itu sulit, kami sungguh yakin bahwa dengan kerja sama semua pihak, Hozon New Energy akan kembali ke pasar dengan cara yang lebih stabil dan berkontribusi pada pengembangan industri energi baru yang berkualitas tinggi,” katanya.
(rgr/din)
-

Kepedulian Taruna Akpol Ajari Anak Jalanan Calistung di Tebet Jaksel
Jakarta –
Taruna Akpol menggelar kegiatan belajar-mengajar bagi anak-anak di Manggarai, Tebet, Jakarta Selatan. Anak-anak tersebut diajari membaca, menulis, dan berhitung (calistung).
Kegiatan tersebut diselenggarakan di Rumah Baca Zhaffa yang memiliki konsep Taman Bacaan Masyarakat. Hadir lima orang taruna Akpol yang turut mengajarkan anak-anak tersebut membaca, menulis, dan menghitung.
“Terwujudnya kegiatan belajar mengajar bersama ini, berawal dari permintaan salah satu taruna, BST John Anderson, yang menghubungi via telepon,” ujar Yudy Hartanto selaku Founder Rumah Baca Zhaffa, Senin (7/4/25).
Yudy mengaku merasa sangat senang dan bersemangat karena kesempatan tersebut dianggapnya sangat langka. Lima Taruna Akpol yang terdiri dari BST John Anderson, BST Aiman Dzaky, ABT Satrio Akbar, ABT Rashya Resdianto, ABT Bizzahro Pharsa pun mengaku sangat senang dan bangga karena melihat semangat anak-anak tersebut.
“Kami berharap kegiatan ini dapat memotivasi rekan-rekan kami (calon perwira Polri) untuk semangat mewujudkan salah satu tugas seorang polisi yaitu memberikan pelayanan kepada masyarakat melalui pendidikan sebagai salah satu wujud pemenuhan hak asasi manusia, yang dalam hal ini diberikan kepada anak jalanan,” jelas BST Jhon.
Sementara para taruna Akpol itu juga berharap agar anggota polisi dan masyarakat dapat terus bermitra, saling membantu, mendukung, serta menginspirasi untuk mewujudkan Indonesia Emas 2045. Kegiatan ini diikuti dengan penuh semangat oleh para peserta belajar-mengajar.
(mei/knv)
Hoegeng Awards 2025
Baca kisah inspiratif kandidat polisi teladan di sini


